Pengertian Browser Adalah Arti Definisi Android Komputer Windows Linux Fungsi, Cara Kerja dan Contoh Macam

Hal pertama yang harus dilakukan ketika ingin berselancar di dunia maya adalah wajib memakai browser. Secara umum definisi atau pengertian Browser adalah aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk melintasi, menyajikan serta mengambil sumber informasi pada www atau World Wide Web. Nantinya, sumber informasi akan diidentifikasi memakai Uniform Resource Identifier atau URI untuk gambar, halaman web, video dan berbagai bagian konten web.

A. Fungsi dan Tujuan Browser

Fungsi dan tujuan utama dari browser adalah membawa informasi untuk pengguna. Prosesnya akan dimulai pada saat memasukkan Uniform Resource Identifier atau URI. Nantinya, sumber yang sudah diambil dari web browser akan segera ditampilkan. HTML kemudian akan ditampilkan di mesin tata letak browser lalu diubah dari markup menjadi dokumen interaktif.

Dari HTML, browser biasanya juga dapat memunculkan jenis konten bagian dari halaman web. Biasanya, browser akan menampilkan audio, gambar, video serta file XML. Selain itu, seringkali juga memiliki plug in yang bisa mendukung aplikasi Flash serta applet Java. Apabila ditemui tipe file yang sudah ditetapkan untuk didownload, nantinya browser akan meminta pengguna untuk menyimpan file ke disk.

Selain itu, ada beberapa fungsi lain dari browser yang bisa didapatkan, seperti:

1. Untuk memudahkan Mencari Informasi Lewat Internet

Saat pengguna mau browsing, maka butuh web browser untuk media melakukan browsing. Web browser tersebut akan berfungsi untuk mengarahkan pengguna ke alamat website yang sedang ingin dikunjungi.

2. Untuk Menyimpan Data di Internet

Pada saat memakai web browser, maka mungkin pengguna pernah mendengar bookmark di web browser. Fitur bookmark ini berfungsi untuk menyimpan data pada internet sehingga ketika ingin dikunjungi lagi, tidak perlu mencarinya pada search engine.

3. Untuk Membuka File Memakai Ekstensi Tertentu

Browser juga berguna untuk media membuka file memakai ekstensi tertentu. Contohnya, pengguna dapat membuka file pdf memakai browser atau jika menyukai pemrograman web, maka bisa melihat hasilnya dengan browser tersebut.

B. Bagian Bagian Browser

Browser yang sering kita gunakan untuk menjelajah di dunia maya juga terdiri dari berbagai bagian dari mulai status bar, address bar, title bar dan masih banyak lagi.

  1. Status bar: Status bar merupakan kotak yang ada di bawah jendela browser. Status bar ini akan menampilkan banyak informasi tergantung dari yang sedang dilakukan pengguna. Namun biasanya, status bar akan memperlihatkan informasi kecepatan beban serta URL alamat yang sedang ditunjuk moouse.
  2. Address bar: Address bar merupakan kotak yang ada di bagian atas jendela browser. Fungsinya adalah untuk menampilkan semua URL atau alamat dari situs web.
  3. Title bar: Title bar atau bar judul terletak di paling atas jendela browser. Disini, anda akan melihat judul halaman dari web.
  4. Toolbar ikon: Toolbar serta ikon perusahaan browser terletak di atas kanan jendela browser, di bawah title bar. Disini, anda nantinya bisa melihat beberapa tombol seperti tombol refresh, tombol back, tombol home dan sebagainya.
  5. Display window: Display window atau jendela window merupakan istilah untuk ruang kerja browser dan ini berbentuk frame tempat anda melihat halaman website.
  6. Scroll bar: Pada saatmembuka sebuah situs web, maka pengguna haus melakukan scroll ke bawah untuk membaca serta melihat konten berikutnya. Dengan begitu, tandanya anda sudah memakai scroll bar.

C. Cara Kerja Browser

Untuk cara kerja browser sendiri bisa dilakukan dengan cara mengetik Uniform Resource Locator [URL] atau alamat dari situs di address bar pada web browser seperti contohnya Google.com. Sesudah itu, web browser akan mendapatkan permintaan dari pengguna lalu melakukan pengambilan data atau fetching di DNS Server.

Nantinya data yang sudah diambil berbentuk IP dari perintah yang diketik pengguna akan diperoleh dari web browser. Sesudah itu, web browser akan mengakses ke server memakai IP yang sudah diperoleh dari DNS Server tersebut.

Server kemudian akan memberikan data konten yang berasal dari google.com berbentuk HTML serta file lainnya seperti PHP, CSS dan lainnya. Seperti inilah cara kerja dari browser dalam mencari informasi memakai jaringan internet.

D. Macam Jenis Contoh Browser

Sekarang ini, ada beberapa web browser yang sudah bisa didownload secara gratis dan berikut beberapa browser terbaik dan terpopuler diantaranya:

1. Google Chrome

Salah satu browser yang paling banyak digunakan adalah Google Chrome. Ini adalah browser yang bisa dikatakan masih baru namun sudah berhasil mengalahkan browser lain yang lebih dulu dalam segi performanya.

Google Chrome ini bisa menarik banyak minat orang agar mau memakai produknya. Sedangkan dari tampilannya juga ramah pengguna sebab sangat sederhana sehingga semakin nyaman digunakan.

2. UC Browser

Browser berikutnya adalah UC Browser yang memiliki keunggulan dapat memperkecil data browsing. Ketika mengakses situs dengan data 150 MB, maka bisa diperkecil sampai 85% sehingga bisa lebih hemat data saat sedang browsing.

Kelebihan lain dari UC Browser adalah bisa mengelola hasil download meski dari segi desain terlihat kurang menarik dibandingkan browser lain seperti Opera.

3. Mozilla Firefox

Ini juga menjadi browser yang banyak dipakai karena memiliki performa bagus. Selain itu, browser yang satu ini juga bisa dikatakan lebih aman dibandingkan browser lain. Mozilla Firefox juga mempunyai banyak fitur seperti add on yang terus mengalami perkembangan.

4. Samsung Internet Browser

Ini juga menjadi salah satu contoh browser yang dipakai untuk browser mobile dan android dari perusahaan Samsung. Pada awalnya, browser ini hanya dapat dipakai khusus untuk android Samsung. Akan tetapi sekarang juga bisa dipakai merk lain hanya dengan menginstallnya di Play Store.

Samsung Internet Browser ini memiliki keunggulan yakni cepat serta ringan karena bebas dari iklan. Meski begitu, Samsung Internet Browser juga punya kekurangan yakni tampilannya yang bisa dikatakan tidak terlalu menarik dibandingkan browser lain.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.