Pengertian HTTP Adalah Arti Definisi Koneksi Internet, Fungsi dan Cara Kerja contoh web

HTTP adalah salah satu bagian penting dan tidak bisa dipisahkan dalam beberapa proses seperti mengirim file, browsing dan lainnya yang berkaitan dengan aplikasi web. Namun, apa sebenarnya pengertian dari HTTP dan apa fungsi dari HTTP tersebut?, berikut penjelasan secara lengkap yang akan kami berikan di bawah ini.

A. Pengertian HTTP

HTTP merupakan protokol jaringan lapis aplikasi atau application layer yang sengaja dikembangkan untuk membantu proses tranfer di antara komputer. Prokol ini berfungsi untuk mentransfer informasi seperti contohnya file, dokumen, gambar serta video dari satu komputer ke komputer lainnya.

Seperti namanya, pemakaian protokol HTTP [Hypertext Transfer Protocol] berkaitan dengan hypertext sehingga akan ada banyak sumber yang menggunakan sumber daya dari tautan yakni jenis berkas yang berguna untuk referensi ke berkas lain atau direktori.

Protokol HTTP ini menyediakan sekumpulan perintah dalam komunikasi antar jaringan. Komunikasi ini bisa berlangsung antara web server dan komputer vclient begitu juga sebaliknya. Pada komunikasi tersebut, komputer client akan melakukan permintaan dengan cara mengakses alamat IP atau URL lalu web server akan mengelola perintah itu sesuai dengan kode yang sudah dimasukkan.

Contoh yang paling sederhana dari pemakaian protokol HTTP adalah pada komunikasi diantara komputer client dan juga web server. Komputer client akan membuat permintaan memakai browser ke web server. Sesudah itu, web server akan memberi tanggapan permintaan dengan cara mengirim data dokumen yang ada dalam web server sesuai dengan permintaan dari komputer client.

Sebetulnya, masih ada protokol lain untuk saling bertukar data serta informasi seperti FTP, SMTP, POP3 atau juga bisa IMAP. Akan tetapi protokol HTTP inilah yang paling banyak dipakai jika dibandingkan dengan yang lain. Alasan paling utama adalah karena HTTP memang didesain untuk mengelola dokumen HTML serta mengirim ke client.

Selain itu, protokol HTTP ini sangat fleksibel serta masih terus dikembangkan hingga sekarang yakni dengan menambahkan beberapa fitur yang baru. Inilah yang membuat HTTP menjadi protokol paling diandalkan serta tercepat dalam pertukaran data.

B. Fungsi HTTP

Fungsi utama dari HTTP adalah untuk mengatur format dan cara mentransmisikan data. HTTP juga berguna untuk mengatur cara web server serta browser memproses banyak perintah masuk.

Contohnya, pada saat anda memasukkan domain [URL] pada browser, maka URL yang sudah anda masukkan menjadi perintah di dalam web server untuk memberikan data halaman website yang sesuai dengan alamat akses. Hasil dari perintah tersebut berbentuk tampilan halaman website yang muncul di web server.

Fungsi berikutnya dari HTTP adalah untuk pengamanan data dari hacker serta pencurian. Ini juga ditandai dengan kemunculan HTTPS [Hypertext Transfer Protocol Secure] dengan fungsi yang sama yakni mengatur cara data diproses. Akan tetapi untuk HTTPS bisa dikatakan jauh lebih aman jika dibandingkan dengan HTTP.

Data yang nantinya diproses HTTPS akan dienkripsi lebih dulu untuk menghalangi user atau hacker yang ingin mencuri atau memata matai proses pertukaran data. Data yang tidak dienkripsi nantinya akan lebih mudah dibaca serta akan sangat merugikan khususnya jika itu adalah data penting seperti PIN, password, username, identitas pribadi dan berbagai data pening lainnya. Berikut adalah fungsi dari HTTP selengkapnya:

1. Enkripsi

Mengenkripsi data pertukaran supaya keamanan dari penyadap bisa terjaga dengan baik. Ini artinya pada saat anda menjelajahi sebuah situs web, maka tidak akan ada yang melihat atau mendengar percakapan tersebut, melacak aktivitas pada banyak laman atau mencuri informasi.

2. Integritas

Integritas berbagai data nantinya tidak bisa diubah atau dirusak selama transer baik itu dengan cara sengaja atau tanpa terdeteksi.

3. Autentikasi

Untuk membuktikan jika pengguna berkomunikasi dengan situs web yang memang diinginkan. Ini nantinya bisa melindungi dari serangan man in the middle atau MITM sekaligus membangun kepercayaan para pengguna sehingga akan menghasilkan keuntungan pada bisnis anda.

C. Cara Kerja HTTP

Berbicara tentang cara kerja dari HTTP, maka tidak lepas dari cara aplikasi web akan bekerja. Pertama yang harus anda ketahui adalah web resource seperti dokumen PDF, HTML, JSON dan berbagai file lain yang ada dan tersimpan di web server.

Agar web client bisa mengakses banyak macam resource dalam web server, maka akan dipakai URL. Protokol HTTP nantinya akan membantu koneksi supaya web client bisa mengambil web resourve di aplikasi web. Dengan URL ini, protokol HTTP akan bertugas untuk mengirim request serta memberi respon dari request URL yang sudah diberikan tersebut seperti menghapus, memperbarui atau mengganti file dalam server.

Sesudah permintaah serta respon dijalankan, maka web server tidak akan mengingat koneksi yang sudah terjadi tersebut. Untuk itu ketika HTTP mengirim permintaan ulang, maka web server akan langsung memproses seperti pada permintaan awal. Inilah sebabnya protokol HTTP dinamakan dengan stateless protocol.

Sementara untuk semua proses pengiriman permintaan web client hingga respon yang diberikan web server adalah HTTP Transaction.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.