Pengertian E-mail Adalah Definisi Arti Daftar Gratis Premium Cara Kerja, Fungsi, Jenis dan Kelebihan

Email atau Surel yang berarti surat elektronik merupakan sarana yang bisa dipakai untuk mengirimkan serta menerima pesan atau surat memakai format digital lewat jaringan internet dan komputer. Surat elektronik atau pesan digital bisa dibuat dan dikirimkan ke alamat email yang lain memakai laptop, komputer, smartphone dan tablet yang sudah terhubung ke internet.

Jika dulu cara mengirimkan surat hanya bisa dilakukan memakai kertas dan prosesnya memakan waktu hingga beberapa hari, maka jika dikirimkan lewat email hanya dalam beberapa detik sudah bisa terkirim. Untuk sekarang, mengirimkan pesan lewat email dianggap sebagai salah satu cara yang paling murah, efisien dan juga mudah.

A. Cara Kerja E-mail

Sebetulnya, bisa dikatakan cara kerja email sangatlah sederhana sama saja seperti saat anda menulis surat di kertas. Namun bedanya ketika memakai email, anda bisa mengirimpesan tersebut dengan lebih cepat dan bisa disertai juga dengan mengirim file yang ingin dikirimkan. Berikut ini akan dijelaskan cara kerja email selengkapnya:

  • Buka email kemudian tulis isi pesan yang akan dikirim.
  • Email server nantinya akan mengidentifikasi alamat email yang dituju kemudian mengirim pesan tersebut pada server email penerimanya.
  • Isi pesan akan tersimpan pada email server dan penerima email bisa membuka surat tersebut.
  • Ketika penerima membuka pesain di inbox atau kotak pos, maka aplikasi email dari penerima akan melakukan permintaan email baru yang ada di email server kemudian mengunduh ke komputer penerima email.
  • Sesudah itu, penerima email sudah bisa melihat serta membaca isi pesan yang sudah diunduh tersebut.

B. Fungsi Email

Jika dilihat secara umum, fungsi email adalah untuk mengirim surat atau pesan ke orang lain. Namun agar lebih jelas, berikut adalah beberapa fungsi dari email selegkapnya yang bisa anda dapatkan:

1. Untuk Mengirim Serta Menerima Pesan

Fungsi dari email yang paling umum adalah sebagai sarana mengirim serta menerika surat dari siapa saja dan dimana saja. Pesan ini nantinya bisa dikirim ke tujuan dalam waktu singkat sekitar beberapa detik saja. Akan tetapi, kecepatan pengiriman juga sangat tergantung dari internet pengirim dan juga penerima email.

2. Untuk Mengirim dan Menerima File

Email juga bisa dimanfaatkan untuk mengirim segala jenis file serta dokumen digital berukuran tertentu seperti teks, foto, video dan sebagainya. Umumnya, file akan ditambahkan ke dalam lampiran atau attachment di email tersebut.

3. Untuk Identitas Diri

Email juga memiliki fungsi untuk identitas diri pada internet. Dengan email, nantinya semua orang bisa menghubungi anda melalui alamat email yang anda punya. Bahkan pada banyak aspek, pemakaian email sudah menjadi kewajiban. Email sudah dijadikan sebuah syarat dalam proses aktivasi banyak layanan digital seperti berlangganan surat, aktivasi smartphone dan masih banyak lagi.

4. Untuk Mendaftar di Banyak Situs

Untuk kebanyakan layanan website sekarang ini memerlukan email anda supaya nantinya anda dapat melakukan aktivasi di banyak website. Dari mulai situs media sosial, game online, e-commerce, situs forum dan banyak layanan lainnya membutuhkan alamat email pengguna ketika mendaftar.

Ada begitu banyak layanan website yang butuh verifikasi pengguna dan semuanya hanya bisa dilakukan ketika pengguna punya alamat email yang valid.

5. Sebagai Media Pemasaran

Untuk pemasaran online sekarang ini, semakin banyak dilakukan dengan menggunakan email. Kebanyakan pebisnis akan melakukan pemasaran lewat email dengan tujuan meningkatkan penjualan. Pemasaran lewat email menjadi salah satu jenis pemasaran online tertua dan sekarang ini masih tetap menjadi salah satu yang efektif.

C. Jenis Email

Email bisa diklasifikasikan ke dalam 3 jenis yakni Webmail, POP mail serta forward mail.

1. POP Mail

POP Mail atau Post Office Protocol merupakan jenis email yang diperoleh pengguna dari ISP yang sudah dijadikan alamat email atau langganan pekerja yang diberikan perusahaan untuk pegawai.

2. Webmail

Webmail merupakan email berbasis website dimana pengguna email tersebut nantinya hanya bisa membuka email miliknya namun harus membuka halaman situs penyedia layanan email lebih dulu.

3. Forward Mail

Forward mail merupakan salah satu jenis layanan email untuk forward atau meneruskan email yang sudah diterima ke alamat email lainnya. Umumnya forward email ini hanya bisa dipakai untuk yang sering mengganti alamat emailnya.

D. Kelebihan Email

Ada beberapa kelebihan dari layanan email yang bisa anda manfaatkan sebagai sarana pengganti jasa layanan pengiriman surat konvesional:

1. Lebih Efisien

Apabila pada layanan konvensional surat bisa sampai dalam waktu 1 minggu hingga 1 bulan, maka dengan memakai email, pesan yang anda kirim bisa sampai dalam hitungan menit bahkan detik tergantung dari jaringan internet yang dipakai.

2. Lebih Murah

Jika pada surat bisa membutuhkan perangko, maka ketika mengirim email tidak butuh biaya sebagai jasa pengiriman. Hal yang anda butuhkan ketika ingin mengirim email adalah jaringan internet saja. Meski jarak mengirim email cukup jauh, namun tetap tidak berpengaruh ketika anda menggunakan email.

3. Lebih Praktis

Mengirim surat kovensional bisa dikatakaan cukup merepotkan karena butuh amplop, kertas dan juga perangko kemudian dibawa ke kantor pos. Namun dengan menggunakan email, maka semuanya bisa dilakukan dengan mudah yakni hanya perlu membuka gadget seperti laptop, komputer, smartphone dan gadget lain.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.