Apa Itu Email Marketing API Dan Apa Fungsinya?

Jagad.id – Email marketing (pemasaran) adalah komponen penting dari pemasaran digital. Selain memiliki ROI yang tinggi, ini adalah alat yang sangat serbaguna yang mampu beradaptasi dengan semua jenis merek dan kampanye. Pada artikel ini, kita akan berbicara tentang email marketing API.

Menggunakan API dalam pemasaran email memungkinkan Anda mengintegrasikan email ke aplikasi lain dan mengelola kampanye Anda secara otomatis dan efisien. Mari selami apa itu API email, kegunaannya.

Apa itu Email Marketing API?

API (Application Programming Interface) adalah seperangkat definisi dan protokol yang digunakan untuk mengintegrasikan perangkat lunak aplikasi, yang memungkinkan dua aplikasi berkomunikasi satu sama lain untuk melakukan fungsi yang berbeda.

Berkat API, pemrogram dapat mengakses berbagai fungsi aplikasi perangkat lunak menggunakan kode. Pengembang mengirimkan permintaan menggunakan kunci API unik untuk akun mereka. Setelah permintaan diterima, dia dapat mengakses berbagai fitur aplikasi seperti yang ditentukan dalam dokumentasi API.

Secara khusus, API email memungkinkan aplikasi lain untuk mengakses fungsi platform email, seperti membuat dan mengirim email transaksional, mengedit template, dan mengakses metrik email seperti jumlah email yang dikirim, email keluar, terbuka, dan klik.

Untuk Apa API Email?

API memiliki banyak kegunaan dalam pemasaran email dan pemasaran digital secara umum. Ini adalah beberapa yang paling banyak digunakan.

Mengirim Pesan Otomatis

Dengan menggunakan email marketing API, Anda dapat mengirim berbagai jenis pesan terjadwal dari situs web atau aplikasi:

Notifikasi email digunakan untuk memberi tahu pengguna tentang sesuatu yang penting terkait akun mereka, misalnya, bahwa langganan mereka ke layanan tertentu akan segera berakhir. Mampu mengirim jenis pesan ini secara otomatis sangat penting untuk meningkatkan basis pelanggan.

Pesan transaksional dipicu oleh tindakan pengguna, misalnya, pembelian di situs e-niaga. Dengan API email, Anda dapat mengirim email transaksional dengan semua informasi yang Anda anggap penting.

Secara keseluruhan, email marketing API memungkinkan Anda mengelola otomatisasi pemasaran dengan lancar dan memastikan bahwa informasi mencapai pengguna Anda pada waktu yang paling tepat.

Menghubungkan Perangkat Lunak Lain

Salah satu kasus penggunaan utama API adalah menghubungkan beberapa aplikasi dengan aplikasi lain dan memanfaatkan fungsinya bersama-sama. Anda dapat menghubungkan API email dengan lebih dari sekadar situs web Anda, misalnya, dengan alat pihak ketiga lainnya yang Anda gunakan secara teratur.

Alat yang paling sering digunakan dengan API email adalah:

  • CRM: Dengan API email, Anda dapat secara otomatis menyinkronkan kontak email Anda dengan alat CRM Anda atau mengatur email untuk dikirim secara otomatis saat kontak memenuhi persyaratan tertentu.
  • CMS: Menghubungkan API email ke CMS atau Sistem Manajemen Konten memungkinkan Anda mengirim email secara otomatis saat Anda membuat pembaruan ke situs Anda, misalnya untuk memberi tahu pengikut Anda setiap kali Anda memublikasikan konten baru.

Meningkatkan Analisis Pemasaran Email

API Email tidak hanya memungkinkan Anda mengakses fungsionalitas email tetapi juga statistik kinerja email. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakannya untuk membuat dasbor dan laporan khusus serta memantau informasi tepat yang Anda butuhkan pada saat tertentu.

4 Contoh Email API

SendGrid. API pemasaran email ini digunakan oleh perusahaan besar seperti Uber, Spotify, dan eBay. Keuntungan terbesarnya adalah tingkat pengiriman yang tinggi dan dasbor analitik. Paket gratis mencakup 100 email per hari.

Postmark. API email Postmark hanya mendukung email transaksional, bukan email pemasaran. Tujuannya adalah untuk mengirim semua email dalam waktu kurang dari 10 detik. Kelemahan terbesar adalah paket gratisnya sangat terbatas (hanya menawarkan 100 email per bulan). Paket berbayar berharga $35 per bulan untuk 30.000 email dan $200 per bulan untuk 300.000.

SparkPost. API email ini menonjol karena aspek teknisnya: ia mengklaim memiliki tingkat pengiriman terbaik di industri. Ini juga mencakup metrik waktu nyata dan peringatan kinerja. Pengalaman pengembang juga luar biasa. Paket uji coba mencakup 500 email per bulan dan yang berbayar seharga $20 untuk 30.000 email dan $205 untuk 300.000.

Amazon SES. Solusi Amazon memiliki harga yang sangat kompetitif, cepat dan andal, tetapi fungsinya terbatas. Dengan paket ini, pengguna dapat mengirim hingga 62.000 email per bulan secara gratis atau 300.000 dengan harga $23,80. Paket pembayaran standar dikenakan biaya $3 per bulan untuk 30.000 email atau $23,80 untuk 300.000.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang apa itu email marketing API dan apa fungsinya. Semoga dari ulasan diatas dapat membantu anda mendapatkan apa yang anda inginkan! Terima kasih!

error: This content is protected by DMCA