Tutanota

Perusahan layanan surat elektronik atau email saat ini memang sangat berkembang, dimana banyak sekali perusahaan email ini yang menyajikan layanan beragam untuk memuaskan keinginan dari pengguna. Dan salah satunya yang akan dibahas kali ini adalah Tutanota.

Mungkin nama tersebut terdengar asing di telinga anda, karena memang layanan pesan ini tidak sepopuler Yahoo maupun Gmail yang banyak digunakan di Indonesia. Nah untuk itu kali ini akan dibahas mengenai segala hal tentang Tutanota, seperti fitur, hingga kelebihan dan kelemahannya. Penasaran seperti apa? silahkan anda simak di bawah ini.

A. Pengertian Tutanota

Tutanota merupakan sebuah layana  email yang berbasi di Jerman, dan mereka ini berfokus pada privasi dari pengguna. Pihak Tutanota mengklaim jika mereka ini adalah β€˜Surat aman untuk semua orang’, tentu hal ini tidak terlepas dengan dukungan fitur keamanan enrkipsi miliknya.

Tutanota ini tidak mempromosikan lokasinya sebagai fitur layanan, namun mereka lebih menempatkan penekanan pemasaran mereka pada enkripsi serta memberikan kemudahan layanan pada pengguna. Dan hal tersebut menjadi sesuatu yang dijual oleh pihak Tutanota untuk menggoda minat dari para pengguna.

B. Fitur Tutanota

  1. Pihak perusahaan mengatakan jika Tutanota ini bisa digunakan gratis selamanya
  2. Setiap pengguna diberikan jatah media penyimpanan sebesar 1 GB
  3. Saat ini, untuk file lampiran yang bisa di inputkan kedalam Tutanota ini ukuran maksimalnya 25 MB saja
  4. Tutanota memberikan 1 alias gratis kepada pengguna. Dengan begini memungkinkan pengguna bisa memiliki 2 alamat email berbeda tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Namun bagi pengguna premium maka bisa mendapatkan lebih banyak lagi alamat email alias
  5. Tutanota menerapkan keamanan dengan enkripsi pada semua layanannya. Dengan begini, maka isi subjek pesan hingga lampiran dari pengguna dilindungi oleh enkripsi
  6. Tutanota sepenuhnya layanan Open Source, sehingga memungkinkan pengguna bisa melakukan sejumlah pengaturan secara mandiri
  7. Tutanota mendukung aplikasi pada OS Android maupun iOS, dan ini membuatnya lebih unggul dibandingkan sejumlah layanan lain
  8. Para pengguna Tutanota ini bisa mengirimkan pesan ke pengguna email lain dengan perlindungan enkripsi. Tidak hanya itu, email balasan dari pengguna lain pun juga dilindungi oleh enkripsi, sehingga sangat terjamin kerahasiaanya dari para peretas
  9. Tutanota ini memiliki beberapa fitur tambahan yang keren, hanya saja layanan tersebut hanya bisa diakses oleh para pengguna premium maupun bisnis

C. Kelebihan Tutanota

1. Privasi dan Keamanan Terjamin

Tutanota memberikan jaminan soal keamanan data privasi para pengguna, baik dalam pengiriman email ke pengguna lain maupun soal data diri anda. Maka tidak heran jika hal ini menjadi daya tariknya, dan nampak begitu menjanjikan untuk para pengguna.

Berbeda dengan layanan email pada umumnya, Tutanota ini dikenal memiliki banyak cara dalam mengimplementasikan enkripsi pada layanannya. Selain mendukung enkripsi dari ujung ke ujung, Tutanota ini juga menerapkan enkripsi pada kata sandi opsional pada saat orang lain mengirim pesan memakai layanan email lain.

Untuk cara kerja sederhananya begini, anda ingin mengirimkan email kepada pengguna lain seperti akun Gmail memakai akun Tutanota. Nah anda sebelumnya sudah menentukan atau memberikan kata sandi pada email tersebut berbasis enkripsi, sehingga hanya anda dan si penerima saja yang bisa membuka email tersebut, dengan syarat si penerima email ini sebelumnya sudah anda beritahu apa kata sandinya.

2. Punya Domain Khusus

Seperti halnya dengan email klien pada umumnya, dimana anda akan mendapatkan akun email khusus bawah domain Tutanota saat mendaftar nanti. Sama halnya yang diterapkan oleh ProtonMail, Tutanota ini memberikan sejumlah opsi untuk pengguna, mulai dari versi gratis hingga versi berbayar.

Dan pastinya anda sudah paham, untuk akun gratis sejumlah fasilitas yang diberikan oleh Tutanota ini sangat terbatas, mulai dari penyimpanan, memiliki sedikit penyesuaian, hingga tidak bisa melakukan kustom domain. Sementara untuk akun berbayar memiliki sejumlah keunggulan yang cukup menggiurkan.

3. Open Source

Seperti yang sudah disinggung diatas tadi, jika Tutanota ini merupakan sebuah layanan open source dibawah lisensi GPL v3. Dengan begini maka pengguna bisa melakukan kustom pada tampilan dashboard mereka nantinya.

4. Lintas Platform

Dikarenakan Tutanota ini menggunakan perlindungan enkripsi, maka anda tidak di izinkan memakai klien email pihak ketiga, namun pihak Tutanota telah melakukan pekerjaan yang luar biasa untu mengembangkan aplikasi web miliknya serta aplikasi khusus untuk pengguna android maupun iOS.

Dengan kata lain, perangkat apapun yang anda pakai selama memiliki browser, maka bisa mengakses Tutanota tersebut.

5. Gampang Digunakan

Dan keunggulan terakhir dari Tutanota ini adalah, karena mereka merupakan klien email yang paling sederhana dan gampang sekali untuk digunakan. Hal ini dikerenakan pada saat anda menemui masalah pada akun Tutanota, anda sepertinya tidak perlu meminta bantuan komunitas untuk mengatasi masalah tersebut, karena anda bisa melakukannya sendiri.

D. Kelemahan Tutanota

1. Tidak Mendukung Integrasi Pihak Ketiga

Seperti yang anda tahu, karena dukungan fitur keamanan enkripsi ini membuat Tutanota tidak mendukung untuk memakai aplikasi pihak ketiga.  Dengan begini artinya anda tidak bisa memakai Tutanota ini pada aplikasi email lain, seperti Geary, Thunderbird, K-9 Mail dan lain sebagainya.

2. Dukungan Fitur Terbatas

Jika anda menggunakan Tutanota versi gratis, maka nantinya anda hanya mendapatkan jatah penyimpanan sebesar 1Gb saja. Selain itu, fitur yang anda dapatkan pun sangat terbatas, dan hanya memiliki satu pengguna saja nantinya.

Tentu, masalah ini akan menjadi hal yang biasa saja apabila menggunakan Tutanota ini sebagai akun pribadi sehari-hari, namun jika anda ingin menggunakannya untuk keperluan bisnis tentu hal ini sangat tidak masuk untuk digunakan.

Anda harus menggunakan layanan berbayar dari Tutanota untuk bisa menggunakan fitur yang lebih baik lagi. Namun untuk mendapatkan layanan ini anda juga harus rela menguarkan sedikit uang agar bisa mendaftarkan diri pada akun premium.

Selain itu, jika anda menggunakan akun gratis dari Tutanota ini masalah yang dihadapi juga pada bagian cara kerja enkripsi. Dimana untuk pesan yang anda kirim kepada pengguna lain akan tetap mendapat perlindungan enkripsi, namun untuk email yang anda terima dari pengguna lain yang mengirim pesan terlebih dahulu, maka email tersebut tidak di enkripsi.

Selain itu, pada Tutanota versi gratis ini adalah penggunaan nama domain. Dimana anda hanya akan diberikan pilihan beberapa versi kata Tutanota yang berbeda, seperti Tuta dan Tutamail sebagai domain diakhir alamat email anda.

3. Pemulihan Akun Cukup Rumit

Mungkin ini menjadi sisi buruk dari kecanggihan fitur keamanan enkripsi, dimana tidak ada kata yang mudah untuk mengatasi masalah lupa kata sandi. Maka dari itu anda dianjurkan benar-benar mengingat betul akun dan kata sandi dari akun Tutanota, agar nantinya tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

Cukup sekian yang bisa disampaikan mengenai pengertian, fitur hingga kelebihan serta kelemahan yang dimiliki oleh Tutanota kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda nantinya. Bagi anda yang ingin mencobanya silahkan, dikarenakan suatu layanan tidak akan tau pasti bagaimana kualitasnya tanpa melakukan pengujian secara langsung.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.