Ketahui Perbedaan Parked Domain dan Addon Domain

Bagi Anda yang sering bersinggungan dengan website, tentu sudah tidak asing dengan istilah parked domain dan addon domain bukan?

Meskipun keduanya menggunakan kata domain, namun tahukah bahwa dua istilah ini ternyata memiliki makna berbeda? Untuk mengetahui perbedaan kedua, yuk langsung simak ulasan berikut.

Pengertian Parked Domain

Secara harfiah, ‘park’ berarti memarkir. Hal ini sama dengan pengertian parked domain yang merupakan nama domain yang sudah terdaftar dengan register domain namun tidak tersambung dengan layanan hosting. Beberapa orang memarkir domain dan tidak menggunakannya dengan alasan agar domain yang mereka miliki tidak disalahgunakan bahkan diambil oleh pihak tertentu. Selain itu, ada beberapa alasan lain mengapa seseorang memarkirkan domainnya.

1. Untuk Menyimpan Nama Domain

Bagi sebagian orang, seringkali ide muncul jauh lebih dulu sedangkan ide untuk mengeksekusinya masih dalam bayangan saja. Namun hal tersebut tidak jadi masalah. Saat Anda memiliki ide bisnis dan ingin membuat sebuah website, Anda bisa memesan nama domain yang Anda inginkan dan memarkirkannya sampai nanti Anda siap untuk mengembangkan bisnis Anda.

2. Melindungi Nama Domain

Dalam menjalankan bisnis online, sangat mungkin ada yang pihak-pihak yang ingin menjatuhkan. Ancaman yang seperti ini biasa dikenal dengan istilah Cybersquatting. Sangat mungkin ada pihak yang berusaha menjatuhkan bisnis Anda dengan cara mendaftarkan nama domain yang sama dan disalahgunakan. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa memarkir nama domain sekaligus seperti bisnisonline.com, bisnisonline.co.id, dan bisnisonline.id.

3. Mengamankan Ide

Anda tentu sadar bahwa menemukan ide bukanlah hal yang mudah. Karenanya sebelum ide nama bisnis Anda digunakan oleh orang lain, Anda bia memarkir nama domain Anda terlebih dahulu.

4. Website Masih dalam Proses

Sembari mempersiapkan website, Anda bisa membeli dan memarkir domain terlebih dahulu.

Pengertian Addon Domain

Addon domain diperuntukkan bagi Anda yang ingin membuat beberapa website baru tanpa mengeluarkan biaya lebih untuk membayar layanan hosting. Addon domain merupakan fitur yang memungkinkan Anda untuk menambahkan lebih dari satu domain baru ke hosting yang sudah Anda miliki sebelumnya.

Fungsi utama dari addon domain adalah menambahkan domain baru ke hosting yang sudah ada domain sebelumnya, sehingga resource yang ada juga dibagi sejumlah domain yang ingin ditambahkan. Pembagian tersebut terkait dengan disk space, bandwidth, dan lain sebagainya Meski begitu, namun cPanel hanya tetap ada satu, sehingga addon domain tidak mempunyai akses ke cPanel. Akses cPanel hanya bisa dilakukan menggunakan akun domain utama.

Selain yang disebutkan di atas, ada beberapa keuntungan lain bagi Anda yang menggunakan addon domain, antara lain:

1. Tidak Perlu Membuat Akun Hosting Baru

Seperti yang telah disebutkan, addon domain memungkinkan Anda untuk tidak membeli hosting baru. Hal ini tentu akan memudahkan, karena pembuatan hosting baru memerlukan waktu panjang dan menambah biaya pengeluaran Anda.

2. Dapat Menggunakan Resource yang Sama

Saat Anda menggunakan layanan addon, maka Anda bisa menggunakan resource yang sama, seperti space, bandwith, dan yang lainnya akan sama seperti website utama.

3. Dilengkapi Fitur yang Dibuat Otomatis

Addon domain mempunyai fitur-fitur yang bisa langsung siap digunakan, seperti FTP Manager, Cgi-bin, website statistic, dan fitur lainnya. Semua fitur yang diberikan ini akan terpasang secara otomatis.

4. Bisa Diakses Menggunakan Beberapa Alamat

Menggunakan addon domain akan memberikan kesempatan Anda untuk mengaksesnya dari mana saja. Hal ini tentu akan memudahkan Anda selaku pemilik website yang memiliki target penjualan dan pengunjung setiap bulannya.

Itulah tadi perbedaan tentang parked domain dan domain yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan kita semua. Bagi Anda yang berniat untuk membeli domain, Jetorbit menyediakan beragam ekstensi domain sesuai kebutuhan Anda.

Tidak hanya domain, namun masih ada produk lain dari Jetorbit yang bisa menunjang keberhasilan bisnis Anda, seperti layanan web hosting, email hosting, wordpress hosting, cloud vps managed, pembuatan website toko online, dan yang terbaru adalah layanan cloud hosting. Sesuaikan kebutuhan Anda dan jadilah bagian dari mereka yang berhasil mengembangkan bisnisnya bersama Jetorbit.

Previous articleCara Bayar Pajak Mobil Online Melalui e-Samsat