Hosting

Terkadang aktifitas webmaster seperti mengelola banyak website akan membuat seorang blogger pusing karena belum tau caranya. Hal tersebut sangatlah wajar karena banyak blogger yang harus merangkap tugas selain membuat konten juga harus bisa manajemen blog. Seiring berjalannya waktu banyak blogger ingin menambah konten dengan isi yang berbeda, oleh karena itu sangat direkomendasikan untuk memisahkan satu konten dengan niche tertentu agar tidak campur aduk dengan domain utama.

Membuat subdomain di hosting berbeda juga bisa ditujukan untuk meningkatkan kemananan website yang mana subdomain digunakan untuk mengupload file yang mungkin bisa berpootensi untuk terkena hack sehingga jika sistem kemanan terbobol maka tidak akan mempengaruhi domain utama karena menggunakan hosting atau vps yang berbeda. Cara ini sebenarnya bisa dilakukan baik di Shared Hosting ataupun bagi yang menggunakan VPS.

Cara Menambahkan Sub Domain berbeda hosting :

1. Masuk ke Cpanel dan pilih Addon Domains, tambahkan domain utama.

Hal ini tidak mempengaruhi domain utama, hanya sebagai sarana untuk installasi sub domain. Pada folder Public_HTML addon domain ini juga nantinya kosongan.

Menambah Addon Berbeda di Cpanel
Menambahkan Nama Domain Utama di Addon Domain Cpanel

2. Setelah itu masih di dalam Cpanel dan pilih sub domain, kemudian tambahkan nama sub domain yang di inginkan serta nama folder direktori yang nantinya akan digunakan.

Menambah Sub Domain IP Hosting Berbeda
Menambah Sub Domain IP Hosting Berbeda di Cpanel

3. Setelah berhasil membuat sub domain kemudian instal CMS. Di sini saya berikan contoh menginstal WordPress di sub domain pada hosting berbeda menggunakan Cpanel.

Install WordPress Sub Domain Hosting Berbeda di Cpanel
Install WordPress Sub Domain Hosting Berbeda di Cpanel

4. Install seperti biasanya, setting sesuai yang di inginkan. Setelah proses instalasi selesai maka lanjutkan ke tahap mengarahkan DNS Sub Domain ke IP Hosting yang berbeda di bawah ini.

Berikut ini cara Mengarahkan sub domain baru di IP atau Hosting yang berbeda :

1. Buka pengaturan DNS pada Domain yang ingin ditambahkan

Mengarahkan Sub Domain Hosting Berbeda di CloudFlare
Mengarahkan Sub Domain Hosting Berbeda di CloudFlare

2. Buat A Record dan masukan nama Sub Domain yang di inginkan

Contoh :
– Nama SubDomain = download.domain-kamu.com
– Record / Value = 192.168.0.1 (Isi dengan IP Hostingmu)
– TTL = 14400 atau 28800 atau 38400 (Biasanya Juga Ada pilihan Otomatis)

3. Tambah A Record lagi dengan menambahkan www. di depan nama Sub Domain

Contoh :
– Nama SubDomain = www.download.domain-kamu.com
– Record / Value = 192.168.0.1 (Isi dengan IP Hostingmu)
– TTL = 14400 atau 28800 atau 38400 (Biasanya Juga Ada pilihan Otomatis)

4. Setelah kedua A Record Sub Domain sudah ditambahkan dan diarahkan ke alamat IP Hosting yang baru maka tinggal tunggu proses reslove DNS.

Proses resolve DNS biasanya membutuhkan waktu 1-5 menit jika memang hosting yang digunakan sudah pernnah aktif sebelumnya. Tetapi untuk hosting yang baru disetting biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama bahkan untuk beberapa hosting bisa sampai 1-2 hari. Tetapi untuk mengakalinya anda bisa menggunakan VPN untuk mengakses domain dengan IP yang DNS nya sudah terarah dengan benar.