Cara Membuat Search Box di BlogSpot - Menambah Kotak Pencarian
No ratings yet.

Search Box atau yang dikenal Kotak Pencarian merupakan Widget yang sangat penting untuk Navigasi dalam suatu Website. Website bisa dikatakan kurang profesional jika menyajikan konten yang tidak mempermudah penggunjung untuk menemukan konten yang dicari. Kotak Pencarian pada suatu Website sangat dibutuhkan sebagai Navigasi yang mempermudah pengunjung untuk bisa menjelajah dengan mudah mencari koten yang diinginkan. Bahkan menu Kotak Pencarian (Serach Box) dapat menjadi salah satu syarat Navigasi Wajib untuk bisa diterima oleh pengiklan yang menampilkan bahwa website anda merupakan blog yang Profesional menajikan pengalaman yang terbaik bagi pengunjung untuk menggunakan konten yang anda miliki.

Pada dasarnya dalam Template apapun baik Blogspot WordPress ataupun yang lainnya akan secara otomatis sudah menyediakan Widget Navigasi Search Box saat pertama kali dipasang pada blog. Namun untuk sebagian penyedia template terdapat beberapa yang tidak secara langsung memberikan Navigasi Search Box, yang mengutamakan agar pengguna template melakukan pengeditan secara pribadi sehingga dapat juga mempelajari cara untuk menambah Widget yang belum ada.

Tutorial Cara Menambah Kotak Pencarian di Website Blog :

1. Menggunakan JavaScript

Karena menggunakan metode JavaScrip yang tentunya dapat ditambahkan dan difungsikan pada Blog, cara ini dapat digunakan untuk beberapa Platform Blog baik Blogspot WordPress ataupun penyedia Blog lainnya.

– Masuk ke Dashboard Blogger, pilih menu “Layout/Tataletak
– Plih menu “Add/Tambahkan Gadget” lalu pilih “HTML/JavaScript
– Masukan kode :
<form action="http://nama-blogmu.blogspot.com/search"
method="get"> <input class="textinput" name="q" size="30" type="text"/> <input value="search" class="buttonsubmit" name="submit" type="submit"/></form>
Ubah nama-blogmu.blogspot.comΒ dengan alamat blog anda
– Kemudian pilih “Save/Simpan

2. Widget Search Box (Kotak Pencarian)

Widget SearchBox pada umumnya sudah diberikan oleh berbagai penyedia Platform blog seperti Blogspot WordPress dll. Tetapi ada ada juga platform yang tidak menyediakan kolom pencarian ini secara gratis, contoh Weebly. Jika anda menggunakan Weebly Blog untuk menambah Widget Search Box anda bisa melakukan Upgrade Account sehingga mendapatkan fitur penuh. Kali ini yang kita bahas adalah tutorial Blogspot, ikuti langkah di bawah ini :

– Masuk ke Dashboard Blogger, pilih menu “Layout/Tataletak
– Plih menu “Add/Tambahkan Gadget” lalu cari dan pilih “Blog Search
– Kemudian “Save/Simpan” pengaturan tersebut

Itulah cara menambah kotak pencarian internal dalam blog. Anda juga bisa melakukan pengeditan kotak pencarian mengganti warna ataupun tampilan dengan memodifikasi HTML/JavaScript. Tentunya untuk melakukan modifikasi ini anda harus paham dasar-dasar HTML atau juga bisa mencari Navigasi Pencarian Keren yang dibagikan secara gratis di Internet.

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami, jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web. Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.