Pengertian Google Sandbox Penyebab, Cek dan Cara Mengatasi

Banyak dari kita yang menggeluti dunia blogginng sering mendengar istilah Google Sandbox. Banyak blogger pemula yang belum paham dengan maksud ataupun pengertian Google Sandbox. Agar kita semua bisa memahaminya berikut ini marilah kita pelajari mengenai penjelasan lengkap tentang google sandbox.

Apa itu google sandbox ? Google sandbox adalah sebuah filter yang mencegah suatu situs web bisa terindex oleh Google Search Engine dari peringkat di hasil yang ditampilkan. Anggap saja seperti masa percobaan atau pinalti yang diberikan pada suatu website. Bahkan jika seseorang berusaha mengoptimasi blognya dengan benar, situs tersebut tidak akan mendapatkan peringkat yang layak sampai hukuman tersebut berakhir.

Ciri Ciri Domain Dalam List Google SandBox

Untuk memastikan secara otomatis bisanya tersedia banyak situs yang berfungsi untuk melihat apakah domain tersebut masuk kedalam Google SandBox atau tidak. Berikut ini salah satu situs yang bisa digunakan untuk melakukan peng cekan apakah situs anda termasuk dalam daftar domain yang mengalami deindex. Cek langsung di : https://s.id/googlesandbox

Untuk melakukan pengecekan secara manual maka dapat dilihat beberapa kondisi dibawah ini yang dapat dijadikan identifikasi bahwa web anda mungkin masuk dalam google sandbox.

1. Tidak Muncul di Hasil Pencarian

Untuk melakukan ujicoba maka bisa ketikan nama domain anda di mesin pencarian. Jika saat melakukan pencarian dengan nama domain yang digunakan namun tidak menunjukan adanya domain anda yang terindex maka dapat dikatakan domain anda terkena deindex masuk ke dalam google sandbox.

2. Traffic Turun

Dengan hilangnya peringkat situs di mesin pencarian tentunya akan berdampak dengan turunya jumlah pengunjung di blog. Biasanya penurunan Page View sangat drastis sehingga akan terlihat anjlokan yang tidak seperti biasanya.

Baca Juga : Membuat Website Gratis di HP Android Terbaru

3. Penghasilan Berkurang

Turunya traffic pada blog ataupun website hal yang paling dirasakan tentunya berkurangnya jumlah pemasukan dari web tersebut. Jika penghasilan turun secara drastis dan tidak wajar, cobalah untuk melakukan pengecekan secara langsung apakah web anda masuk kedalam google sandbox.

Penyebab Domain Deindex dan masuk sandbox

Masuknya domain web dan blog pada daftar gelap sandbox sendiri juga bukan tanpa alasan. Beberapa hal dibawah ini mungkin menjadi salah satu penyebab alasan mengapa web mengalami deindex.

1. CopyPaste

Penyebab masuknya web kedalam sandbox google yang paling banyak adalah karena konten duplikasi. Bagi anda yang sering dan gemar melakukan copy paste konten artikel dari situs lainnya maka tentunya pantas jika konten anda terkena deindex dan domain masuk kedalam daftar blacklist di Google Sandbox. Konten plagirsme atau duplikasi tentunya akan merugikan pengguna internet yang mendapatkan data informasi sama persi dari situs lainnya. Karena mesin pencarian tidak ingin mendapatkan reputasi buruk karena menampilkan hasil yang sama persis dari satu blog dengan web lainnya

2. Spam

Bagi anda yang mengisi konten pada website dengan iklan atau promosi sebenarnya hal ini tidak mengapa. Yang jadi masalah jika anda melakukan kloning pada web tersebut dengan domain berbeda namun memiliki konten yang sama persis, dari isi artikel, tema hingga navigasi. Tentunya untuk menghindari monopoli pada hasil pencarian mesin pencarian maka Search Engine seperti google akan memberikan hukuman pada website tersebut.

Baca Juga : Pengertian Blog – Sejarah, Macam, Fungsi dan Contohnya

3. Scam

Salah satu alasan mengapa wesite tidak terindex oleh mesin pencarian yaitu karena kemungkinan webiste tersebut berbahaya bagi pengguna internet yang berisi konten menipu dan berbahaya. Banyak modus penipuan dengan menggunakan website sebagai alat kamuflase. Biasanya deindex pada situs scam terjadi jika ada seorang yang melaporkannya. Setelah dilaporkan maka domain web tersebut akan masuk kedalam blacklist untuk tidak ditampilkan di mesin pencarian.

Mengatasi Domain Web Deindex (Google Sandbox)

Jika anda yakin bahwa domain blog atau web anda memang masuk kedalam backlist Google Sandbox dan konten yang dipublikasi mengalami Deindex atau tidak muncul dalam hasil pencarian google, sebenarnya masih bisa dilakukan banding untuk mengembalikan website anda agar terindex kembali.

Baca Juga : Tips Cara Mengatasi Bug di Website – Open Bug Bounty

Beberapa hal yang harus dilakukan agar web terindex kembali :

  • Hapus Konten Plagirsme/Duplikasi
  • Hapus file berbahaya dalam situs

Jika dirasa domain web telah bersih dari hal yang memungkinkan anda masuk kedalam blacklist google silahkan kunjungi link berikut untuk memulihkan web anda agar segera terindex kembali : https://www.google.com/webmasters/tools/reconsideration

Jika web atau nama domain tidak masuk dalam blacklist sandbox mengapa lantas konten yang berada dalam web tersebut tidak terindex. Berikut ini beberapa alasan mengapa artikel postingan konten yang berada di web susah atau tidak terindex oleh Google Search Engine.

Apa yang membuat situs web sulit terindex serach engine ?

Keahlian, Otoritas, dan Kepercayaan dari sebuah situs web adalah salah satu karakteristik kualitas yang paling penting bagi mesin pencarian Google. Selain itu, ada backlink dan juga banyak faktor lainnya yang mempengaruhi. Sangat sulit bagi situs web baru dapat memperoleh kepercayaan Google hanya dalam satu atau dua bulan saja. Memang beberapa situs web diketahui cepat derindex yang salah satu faktornya karena menggunakan deleted domain untuk memulai membangun webnya.

Berikut adalah daftar faktor yang mungkin mencegah peringkat situs web baru pada serach enigne :

1. Kurangnya Konten Berkualitas

Google mungkin tidak melihat cukup banyak halaman di situs web Anda untuk memahami relevansi topikalnya. Google Serach Engine mungkin memerlukan lebih banyak data untuk memutuskan apa yang harus dilakukan dengan situs web Anda dan apa kata kunci (topik) yang dimiliki. Sekalipun hanya memiliki 1 konten, namun jika konten tersebut sangat bermanfaat tentunya mesin pencarian akan mengunggulkan peringkat web tersebut daripada situs lainnya.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang

2. Kurangnya Aktifitas Pengguna

Seperti yang telah disebutkan pada pont pertama, banyak macam jenis SEO yakin seperti CTR, Bounce Rate (rasio pentalan), dan sesion waktu visitor berada di web adalah beberapa faktor yang akan mempengarui peringkat pada hasil mesin pencarian nantinya. Sampai Google memproses lebih banyak data perilaku untuk situs web Anda dan membandingkannya dengan situs lain, hal tersebut menjadi salah satu pertimbangan bagaimana mesin pencari memberikan peringkat memilih situs web mana yang akan ditampilkan pada hasil pencarian.

Baca Juga : Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan Benar – Teknik Blogging

3. Tidak Memiliki Backlink yang Berkualitas

Backlink atau Tautan balik adalah salah satu dari 3 faktor yang mempengaruhi peringkat hasil dari search engine. Jika konten Anda memiliki profil backlink yang lemah dan situs web Anda belum cukup kuat membangun link internal, hal tersebut tentunya akan mempersulit untuk mesin pencarian memberikan peringkat teratas pada hasil pencarian untuk situs anda. Backlink sendiri sangat berpengaruh untuk memingkatkan DA/PA yang menjadi salah satu faktor mudahnya sudatu website terindex Search Engine.

Baca Juga : Apa itu PING BLOG – AUTO BACKLINK

Dengan melakukan optimasi pada 3 point yang telah disebutkan di atas setidaknya hal tersebut akan mempengaruhi bagaimana domain website anda mudah terindex oleh mesin pencarian. Masih banyak faktor lainnya yang dapat anda pelajari mengenai pentingnya SEO untuk mempermudah website tampil di ranking teratas hasil pencarian. Dengan peringkat yang baik pada konten yang dipublikasi maka secara otomatis akan meningkatkan jumlah traffic dan juga penghasilan yang didapatkan.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.