Pengertian Blog Sejarah, Macam, Fungsi dan Contohnya
5/5 (1)

Definisi Blog – Di dalam era dunia digital yang segalanya sudah serba canggih dengan basis teknologi, kini blog menjadi suatu perangkat yang mendominasi digunakan oleh manusia. Karena hampir setiap orang memiliki blog atau website. Selain sebagai media bisnis, blog juga bisa digunakan sebagai jaringan networking hingga mediasi curahan hati dan pikiran juga kegelisahan.

Nah, kalau ingin tahu segala tentang blog, yuk kita simak terus artikel ini sampai tuntas lunas, biar tahu sejarah, pengertian, manfaat, hingga contoh blog. Se-enggaknya, nggak katrok-katrok amat, hehehe…

Daftar Penyedia Pembuatan Blog Gratis :

Selain membuat blog gratis pribadi dengan menggunakan berbagai penyedia blog terkenal di atas anda juga bisa menulis artikel secara gratis untuk dipublikasikan di Internet melalui Website kami :

Sejarah Blog

Istilah ‘Blog’ atau singkatan dari ‘Web Log’ ini telah digunakan pertama kali pada tahun 1997 oleh Jorn Barger. Di mana istilah tersebut diartikan sebagai kelompok website pribadi yang selalu update secara berkala dan intensitas tertentu dan berisi berbagai link website lain dengan keunikan dan ciri khas masing-masing.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com yang mana merupakan perusahaan yang dimiliki Pyra Labs. Hingga beberapa waktu kemudian, telah diakuisisi oleh pihak Google pada akhir tahun 2002. Semenjak akuisisi tersebut, Blogger.com jadi banyak fitur, aplikasi yang mana bersifat terbuka (open source), di mana fitur tersebut dapat digunakan oleh para penulis blog (blogger).

Baca Juga : Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang

Pengertian Blog

Blog merupakan singkatan dari ‘web log’ yang mana merupakan suatu bentuk aplikasi atau fitur web yang isinya berbagai macam tulisan (postingan blog) pada suatu laman. Di mana tulisan atau postingan tersebut diletakan terbalik dengan postingan terbaru ditempatkan di urutan paling awal, walaupun tak selamanya demikian, karena hal tersebut tergantung pengaturan dari pemilik blog itu sendiri. Dengan begitu, pengguna internat dapat mengakses atau membaca tulisan di dalam blog tersebut sesuai dengan tema atau topik yang sedang dicari. Umumnya, pengguna internet akan mengetikan keyword (kata kunci) pada mesin pencari (search engine) seperti Google, Yahoo, Bing, dan yang lainnya.

Kesimpulannya, secara sederhana, blog dapat didefinisikan sebagai situs web yang bersifat pribadi dengan me-fokuskan pada penggambaran dari blogger itu sendiri. Dengan kata lain, Blog atau Web Log merupakan kumpulan website pribadi yang mana para blogger atau pemilik blog bisa menampilkan berbagai jenis isi seperti tulisan, musik, video, atau gambar yang isinya menarik untuk dikunjungi.

Baca Juga :
Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan Benar – Teknik Blogging

Manfaat dan Kegunaan Blog

Fungsi atau manfaat dari blog itu sendiri sangatlah beragam, mulai dari fungsi media curahan hati setiap hari atau diary, media publikasi politik dan sebagainya, hingga juga bisa digunakan sebagai company profile suatu perusahaan baik skala kecil hingga raksasa. Bahkan blog juga dapat dimanfaatkan sebagai media interaksi ke sesama pengunjung.

Sehingga, seiring perkembangan teknologi dan kecanggihan suatu, bahwa blog bukan hanya digunakan sebagai tempat curhatan semata, melainkan juga bisa digunakan sebagai media informasi profil seperti komunitas, perusahaan, usaha dan bahkan media informasi sesuai topik seperti informasi pendidikan, teknologi, sains, dan lain sebagainya.

Intinya, blog dapat dimanfaatkan sebagai media promosi, usaha online, dan sebar-dapatkan berbagai macam informasi sesuai tema atau pokok pembicaraan yang mana bisa dijadikan sebagai sumber referensi pembaca atau pengunjung.

Baca Juga : Membuat Website Gratis di HP Android Terbaru

Macam-Macam Blog

Ada banyak jenis blog yang kita ketahui. Seperti blog khusus curahatan pribadi, company profile suatu perusahaan, dan bahkan ada juga blog yang khusus sebagai media interaksi alias sosial media. Walaupun sebenarnya interaksi ke sesama pengunjung juga bisa digunakan pada kolom komentar, atau juga bisa dilakukan pada kolom khusus thread. Hal ini tergantung dari fasilitas yang disediakan oleh suatu blog tertentu. Bahkan ada juga blog yang khusus media informasi saja, sehingga tidak bisa digunakan untuk berinteraksi alias saling berkomentar. Umumnya, blog yang khusus atau non-interaktif ini merupakan blog dari suatu lembaga, sekolah, atau perguruan tinggi yang mana hanya bisa diakses oleh pengunjung-pengunjung tertentu.

Baca Juga :

Ada juga jenis blog lainnya yang disebut sebagai blogoshpere. Namun, sebenarnya blogoshpere ini bukan suatu jenis blog, melain merupakan kumpulan blog. Ada juga jenis blog lainnya, yang mana terdapat suatu kumpulan aktivitas, informasi, dan opini yang secara berulang kali dimunculkan dalam beberapa subyek bahkan mengundang kontroversial. Blog ini disebut sebagai blogstorm atau istilah lainnya, badai blog.

Adanya perkembangan teknologi dalam dunia blog, juga mengingat adanya orang-orang yang mulai banyak memiliki blog, maka dibentuklah suatu komunitas blog. Yang mana merupakan suatu ikatan yang terbentuk dari para blogger dengan tujuan tertentu dari berbagai kesamaan seperti kesamaan daerah, kampus, hobi, dan sebagainya. Umumnya, mereka akan sering mengadakan kumpul-kumpul alias kopdar (kopi darat) dan saling mendorong untuk blog mereka.

Tentunya, blog yang kita miliki adalah tanggung jawab kita, di mana blog atau konten yang posting dan publish adalah tanggung jawab kita nantinya, karena akan dikonsumsi oleh publik. Konten yang bermanfaat atau tidak bermanfaat akan mendapatkan dampaknya juga nantinya. Sehingga, buatlah blog yang bermanfaat!

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Apakah artikel ini perlu tambahan penjelasan? Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.