Home Informasi Manfaat Sopan Santun dan Contohnya di Sekolah

Manfaat Sopan Santun dan Contohnya di Sekolah

Manfaat Sopan Santun dan Contohnya di Sekolah

Apakah menurut anda sopan santun itu penting disekolah? Dan apa manfaat yang anda dapatkan setelah berperilaku sopan santun?. Oke pada artikel kali ini, kita akan membahas lebih jauh lagi tentang manfaat yang akan kita dapatkan setelah kita berperilaku sopan santun baik kepada guru ataupun kepada orang lain disekolah.

Sopan santun merupakan sebuah perilaku atau etika yang mencermnkan sikap seseorang dengan orang lain dengan maksud dan tujuan untuk menghormati seorang tersebut dengan bersikap yang baik dan lemah lembut. Diindonesia sendiri sering terjadi kekerasan antara pelajar dengan pelajar ataupun pelajar dengan gutu gara-gara hal yang sepele dan berakibat buruk bagi nama sekolah dan pelajar atau guru tersebut. Oleh karna itu, anda semua haruslah sadar bahwa banyak sekali manfaat yang dapat kita dapatkan dari bersikap sopan santun.

Manfaat sopan santun di sekolah:

  1. Dipercayai oleh orang lain

Dipercayai oleh orang lainOrang yang sopan santun cenderung lebih dipercayai oleh orang lain dibandingkan orang yang tidak memiliki sopan santun. Sebab, orang yang memiliki sopan santun dapat berkomunikasi dengan orang lain dengan baik dan lembut tanpa ada saling menjatuhkan antara keduanya. Sehingga orang lain dapat menilai diri anda sebagai pribadi yang baik dan bisa mempercayakan sesuatu kepada anda. Selain itu, sikap sopan santun sangat cocok digunakan oleh seorang pelajar. Sebab, itulah yang membedakan antara orang yang berpendidikan dengan orang yang tidak berpendidikan. Tanpa adanya sikap sopan santun pada diri anda, otomatis orang lain tidak akan menganggap ataupun mempercayai anda sebagai seorang yang berpendidikan tinggi ataupun mempunyai kepribadian yang baik.

  1. Mudah berteman dengan siapa saja

Mudah berteman dengan siapa sajaManusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Oleh karna itu, anda mesti sadar bahwa sifat sopan santun sangatlah bermanfaat bagi diri anda sendiri. Sebab, anda dapat berteman dengan banyak orang dan saling mengisi kekurangan dari setiap orang tersebut. Anda juga dapat berteman dengan seorang yang lebih tua dari anda sehingga wawasan dan ilmu yang anda dapatkan semakin banyak. Selain itu, sifat sopan santun juga sangat efektif terhadap teman lawan jenis anda. Sebab, adanya rasa nyaman ketika berbicara membuat teman lawan jenis anda juga senang berteman dengan anda. Hasilnya anda dapat merasakan bagaimana bentuk pertemanan yang sesunguhnya dan mempercepat tugas-tugas yang diberikan oleh guru.

  1. Menunjang kesuksesan

Menunjang kesuksesanTahukah anda bahwa sifat sopan santun adalah sifat bagi orang yang sukses? Jawabannya tentu saja iya, sebab kebanyakan orang sukses di dunia adalah orang yang menjujung tinggi sifat kesopanan mereka. Oleh karna itu, sifat sopan santun sangat baik dan bermanfaat bagi para pelajar zaman sekarang terutama bagi para pelajar yang sambil bekerja.

  1. Ditandai oleh guru

Ditandai oleh guru Orang yang sopan santun bukanlah orang yang pamer atau ingin ditandai oleh orang yang lebih tua atau guru disekolah. Namun, orang yang sopan santun adalah orang yang memiliki sifat yang baik dan lemah lembut kepada orang lain tanpa mengharapkan balas jasa dari orang lain tersebut. Oleh karna itu, sifat baik dan lemah lembut secara tidak ikhlas atau mengharapkan balasan dari orang lain bukanlah sebuah sifat sopan santun yang baik. Jadi anda harus menjadi seorang yang berkepribadian senatural mungkin tanpa mengharapkan sesuatu dari orang tersebut. Apabila anda sudah melakukannya dengan ikhlas otomatis orang akan menilai anda sebagai sosok yang baik dan sopan santun.

  1. Mendapat nilai bagus dikelas

Mendapat nilai bagus dikelasSemua orang pasti ingin mempunyai nilai bagus di sekolah. Tapi, apa kaitannya antara nilai anda dan sifat sopan santun? Jawabannya tentu saja ada. Sebab, seperti yang sudah dibahas sebelumnya sifat sopan santun dapat memiliki banyak teman dan ditandai oleh guru sebagai kepribadian yang baik. Oleh karna itu, sifat sopan santun sangat membantu anda dalam belajar berkelompok dan tak takut bertanya kepada guru yang mengajar. Jadi dengan sifat ini wawasan anda akan makin bertambah dan nilai bagus disekolah.

  1. Memunculkan sifat optimis dan berani

Memunculkan sifat optimis dan beraniSifat berani bagi seorang pelajar adalah hal yang sulit untuk dilakukan seperti bertanya kepada guru, menjawab pertanyaan, menjadi ketua kelas, berani mengikuti lomba dan lainnya. Oleh karna itu, sifat berani sangat dibutuhkan oleh para pelajar sebab banyak manfaat yang dapat dipetik dari sebuah keberaniaan dan salah satunya adalah mampu merubah diri anda sendiri menjadi pribadi yang baik. Sehingga untuk memunculkannya, hal utama yang harus anda lakukan adalah berperilaku sopan santun kepada semua orang. Kenapa? Sebab dengan sopan santun anda dapat lebih mengenal orang lain, mendapat banyak ilmu dari orang lain dan menjadi orang yang dapat dipercayai oleh orang lain.

  1. Tarhindar dari rasa dendam dan iri pada orang lain

Tarhindar dari rasa dendam dan iri dari orang lainManusia tidak luput dari sifat yang namanya dendam ataupun iri terhadap suatu keberhasilan orang lain. Kadang ada seorang pelajar yang iri dengan dengan kesuksesan orang lain padahal pelajar tersebut tidak melakukan apa-apa untuk meraih keberhasilan itu. Lalu apa yang membuatnya iri atau dendam terhadap orang lain? Jawabannya Cuma satu yaitu kurangnya sifat sopan dan santun dari orang tersebut terhadap orang lain. Kenapa? Sebab, orang yang memiliki sifat sopan santun yang baik seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya akan menjadi kepribadian yang baik dan akan berpikir positif untuk kedepannya. Jadi walaupun dia gagal dalam suatu hal, dia akan terus mencobanya dengan keras dan tanpa memikirkan kelebihan dari orang lain.

Dari manfaat yang didapat dari Sopan santun lalu bagaimana menerapkan hal tersebut di lingkungan sekloah. berikut adalah contoh sopan santun yang baik bagi pelajar.

Contoh Sopan Santun di Sekolah :

  1. Tersenyum

TersenyumSesuatu yang paling indah didunia nyata adalah ketika seorang tersenyum manis kepeda anda. Tersenyum adalah sebuah ekspresi yang sangat jarang orang lakukan terutama pelajar saat berhadapan dengan orang lain. Sebab, seorang pelajar lebih memilih senyum dengan emoticon pada gadged dibandingkan secara langsung. Sebab jaman sudah berubah dimana senyum yang baik sudah jarang dilakukan oleh orang banyak. Lantas seperti apa senyum yang baik itu? Senyum yang baik bukan hanya sekedar tersenyum dan memamerkan gigi putih anda. Tapi, senyum yang baik adalah senyum yang dimana anda mengeluarkan senyum natural anda dengan sorotan mata langsung ke orang tersebut dan mengeluarkan kata-kata permisi. Jika anda diejek dengan hal seperti itu dan anda mengulanginya lagi, maka benih-benih keberanian dalam diri anda mulai muncul. Lama kelamaan anda akan terbiasa dengan hal tersebut.

  1. Menyapa atau memberi salam

Menyapa atau memberi salam Menyapa atau memberi salam adalah suatu hal yang harus dilakukan ketika berhadapan dengan teman atau orang lain. Banyak orang yang mengiyakan hal tersebut tapi jarang yang melakukannya. Kenapa? Sebab banyak orang yang malu dengan menyapa duluan. Yang membedakan orang yang menyapa dan orang yang tidak menyapa adalah kepribadian dan keberaniannya. Kepribadian orang yang menyapa lebih baik atau lebih sopan santun dibandingkan dengan orang yang tidak menyapa.

  1. Menghargai pendapat orang lain

Menghargai pendapat orang lainMenghargai pendapat orang lain merupakan sifat sopan santun yang harus anda lakukan. Sebab, dengan menghargai pendapat orang lain maka orang lain juga akan menghargai pendapat andaΒ  seperti saat teman anda menjawab tapi jawabannya salah. Hal yang harus anda lakukan untuk menghargai keberaniaannya adalah duduk disampingnya dan mengajarinya dibagian mana dia salah dan jangan mengejek atas kekurangan orang lain.

  1. Melakukan sesuatu dengan ikhlas

Melakukan sesuatu dengan ikhlasSeperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sesuatu tanpa adanya rasa ikhlas dan tanpa mengharapkan jasa merupakan contoh yang baik dan termasuk contoh sopan santun yang baik.

  1. Selalu bersikap positif

Selalu bersikap positifSelalu bersikap positif adalah contoh yang baik ketika anda ingin bersikap sopan sntun terhadap orang lain. No ratings yet.

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.