Pengertian Kredibilitas Adalah Arti Drfinisi Perusahaan, Komunikator dan Hal Penting


Kredibilitas merupakan kinerja seseorang yang dapat dipercaya serta dipertanggungjawabkan. Kredibilitas merupakan persepsi seseorang pada sifat orang lain yang dapat dipercaya. Kata kredibilitas umumnya dipakai untuk kesaksian seseorang pada sebuah perusahaan atau lembaga selama konferensi.

Arti dari kredibilitas lain adalah kualitas atau kapabilitas seseorang untuk menghasilkan kepercayaan di dalam persidangan. Bisa diartikan jika kredibilitas merupakan seseorang yang dianggap benar pada sebuah hal yang sedang diperdebatkan.

A. Pengertian Kredibilitas

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kredibilitas memiliki arti perihal yang bisa dipercaya. Untuk itu, bisa dikatakan jika membangun kredibilitas tidak mudah sebab butuh usaha untuk memperolehnya. Akan tetapi, menariknya apabila seseorang punya kredibilitas yang tinggi, maka akan memperluas peluang untuk bergaul dengan orang lainnya.

Pengertian Kredibilitas menurut para ahli

Sedangkan menurut para ahli turut dijelaskan Jalaluddin Rahmat di dalam bukunya berjudul Psikologi Komunikasi yang menjelaskan jika kredibilitas merupakan persepsi mengenai sifat komunikator.

Arti dari kredibilitas sendiri memang memiliki arti yang luas. Akan tetapi umumnya dipakai untuk seseorang yang dapat dipercaya serta punya tanggung jawab pada sebuah hal yang sedang menjadi perdebatan.

Selanjutnya menurut Prof. Dr. Hafied Cangggara, M.Sc memiliki pendapat yang sama yakni persepsi seseorang mengenai kelebihannya sehingga dapat diterima khalayak. Menurut Aristoteles, kredibilitas merupakan seorang kominkator dengan kekuatan dari karakter pribadi sehingga bisa mengendalikan emosi para pendengarnya. Dari penjelasan beberapa ahli tersebut bisa dikatakan jika kredibilitas merupakan persepsi seseorang dari beberapa sifat yang ada pada orang tersebut.

B. Kredibilitas Perusahaan

Di dalam sebuah perusahaan, tentunya membangun reputasi untuk mengembangkan ikatan kuat dengan lembaga atau konsumen akan dilakukan yang biasanya dinamakan dengan kredibilitas perusahaan. Kredibilitas perusahaan merupakan tingkat kepercayaan sebuah perusahaan di mata pelanggan atau klien serta sumber daya keuangan. Dengan begitu, kredibilitas perusahaan dianggap sangat penting karena berkaitan dengan nama baik atau reputasi perusahaan sebagai nilai jual.

Kotler serta Keller berpendapat jika kredibilitas perusahaan akan tergantung dari 3 faktor, yakni:

  1. Kepercayaan Perusahaan: Perusahaan yang termotivasi agar jujur serta peka pada kebutuhan dari para pelanggan.
  2. Keahlian Perusahaan: Cara perusahaan untuk membuat serta menjual produk untuk memberikan layanan.
  3. Daya Tarik Perusahaan: Perusahaan akan terlihat disukai, bergengsi, menarik, bergengsi, dinamik dan sebagainya. Dengan begini, maka perusahaan bisa dipercaya terlihat semakin baik di semua aktivitas yang dilakukan. Ini disebabkan karena kepercayaan merupakan penentu utama kredibilitas dengan perusahaan lainnya.

C. Kredibilitas Komunikator

Kredibilitas komunikator merupakan tingkat kepercayaan seseorang pada pembicara di sebuah konferensi. Untuk itu ketika kredibilitas seseorang buruk, maka menandakan segala hal yang dibicarakan tidak bisa dipercaya.

Hafied Cnggara berpendapat jika kredibilitas komunikator merupakan seseorang yang dapat dipercaya berdasarkan sikap, kompetensi, kepribadian serta tujuannya. Untuk menilai kredibilitas dilakukan dengan cara menyampaikan sebuah pesan pada orang lain sehingga dapat dipahami.

Kredibilitas seseorang juga dapat terlihat dari pendapat orang yang telah dipercaya. Kepercayaan ini bisa timbul ketika komunikator memberi contoh yang baik seperti rendah hati, jujur dan bisa menjadi penengah pada banyak konflik.

D. Hal Penting Untuk Membangun Kredibilitas

Dari sebuah sumber dikatakan jika ada beberapa cara yang harus dikuasai supaya bisa membangun kredibilitas secara lebih mudah di kantor. Beberapa cara berikut harus diterapkan mengingat membangun kredibilitas membutuhkan waktu yang panjang dan tidak bisa diperoleh hanya dalam waktu semalam.

1. Respect atau Saling Menghormati Orang Lain

Kredibilitas berhubungan dengan rasa kepercayaan. Akan tetapi sebuah kepercayaan tidak bisa terbentuk jika tidak memperoleh rasa hormat dari orang lain. Orang lain nantinya hanya bisa menghormati ketika kita juga sudah menghormati mereka. Intinya adalah saling menghormati antara satu dengan lain atau respect menjadi hal terpenting ketika ingin membangun kredibilitas di kantor.

Untuk itu, sebaiknya perlakukan semua orang dengan baik terlepas dari jabatan serta posisinya di kantor. Semuanya berhak memperoleh rasa hormat dan sikap menghormati orang lain sebenarnya juga merupakan sikap sopan santun yang harus dimiliki semua orang.

2. Membuka Diri dan Terus Belajar

Semua orang perlu menanamkan jika diri sendiri adalah orang yang pintar, maka tentunya akan ada orang lain yang juga lebih pintar dibandingkan diri sendiri. Dengan menanamkan prinsip tersebut, maka anda akan membuka diri untuk selalu belajar dan melatih keterampilan baru. Untuk itu, cobalah untuk mencari berbagai hal yang belum dikuasai dan kenali kekurangan serta kelebihan diri sendiri.

Saat ada teman, bos atau mungkin klien yang menilai jika anda adalah pribadi yang senang belajar tentang sesuatu yang baru, maka orang lain akan lebih tertarik bekerjasama serta berkolaborasi dengan diri anda.

Sikap yang seperti ini nantinya bisa membantu anda untuk membangun kredibilitas diri sendiri dengan lebih mudah. Ini disebabkan karena semua orang di kantor percaya jika meski anda belum dapat melakukan sesuatu hal, namun anda tetap akan berusaha keras agar bisa mempelajarinya.






Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.