Kredibilitas merupakan kinerja seseorang yang dapat dipercaya serta dipertanggungjawabkan. Kredibilitas merupakan persepsi seseorang pada sifat orang lain yang dapat dipercaya. Kata kredibilitas umumnya dipakai untuk kesaksian seseorang pada sebuah perusahaan atau lembaga selama konferensi.
Arti dari kredibilitas lain adalah kualitas atau kapabilitas seseorang untuk menghasilkan kepercayaan di dalam persidangan. Bisa diartikan jika kredibilitas merupakan seseorang yang dianggap benar pada sebuah hal yang sedang diperdebatkan.
A. Pengertian Kredibilitas
Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kredibilitas memiliki arti perihal yang bisa dipercaya. Untuk itu, bisa dikatakan jika membangun kredibilitas tidak mudah sebab butuh usaha untuk memperolehnya. Akan tetapi, menariknya apabila seseorang punya kredibilitas yang tinggi, maka akan memperluas peluang untuk bergaul dengan orang lainnya.
Pengertian Kredibilitas menurut para ahli
Sedangkan menurut para ahli turut dijelaskan Jalaluddin Rahmat di dalam bukunya berjudul Psikologi Komunikasi yang menjelaskan jika kredibilitas merupakan persepsi mengenai sifat komunikator.
Arti dari kredibilitas sendiri memang memiliki arti yang luas. Akan tetapi umumnya dipakai untuk seseorang yang dapat dipercaya serta punya tanggung jawab pada sebuah hal yang sedang menjadi perdebatan.
Selanjutnya menurut Prof. Dr. Hafied Cangggara, M.Sc memiliki pendapat yang sama yakni persepsi seseorang mengenai kelebihannya sehingga dapat diterima khalayak. Menurut Aristoteles, kredibilitas merupakan seorang kominkator dengan kekuatan dari karakter pribadi sehingga bisa mengendalikan emosi para pendengarnya. Dari penjelasan beberapa ahli tersebut bisa dikatakan jika kredibilitas merupakan persepsi seseorang dari beberapa sifat yang ada pada orang tersebut.
B. Kredibilitas Perusahaan
Di dalam sebuah perusahaan, tentunya membangun reputasi untuk mengembangkan ikatan kuat dengan lembaga atau konsumen akan dilakukan yang biasanya dinamakan dengan kredibilitas perusahaan. Kredibilitas perusahaan merupakan tingkat kepercayaan sebuah perusahaan di mata pelanggan atau klien serta sumber daya keuangan. Dengan begitu, kredibilitas perusahaan dianggap sangat penting karena berkaitan dengan nama baik atau reputasi perusahaan sebagai nilai jual.
Kotler serta Keller berpendapat jika kredibilitas perusahaan akan tergantung dari 3 faktor, yakni:
- Kepercayaan Perusahaan: Perusahaan yang termotivasi agar jujur serta peka pada kebutuhan dari para pelanggan.
- Keahlian Perusahaan: Cara perusahaan untuk membuat serta menjual produk untuk memberikan layanan.
- Daya Tarik Perusahaan: Perusahaan akan terlihat disukai, bergengsi, menarik, bergengsi, dinamik dan sebagainya. Dengan begini, maka perusahaan bisa dipercaya terlihat semakin baik di semua aktivitas yang dilakukan. Ini disebabkan karena kepercayaan merupakan penentu utama kredibilitas dengan perusahaan lainnya.
C. Kredibilitas Komunikator
Kredibilitas komunikator merupakan tingkat kepercayaan seseorang pada pembicara di sebuah konferensi. Untuk itu ketika kredibilitas seseorang buruk, maka menandakan segala hal yang dibicarakan tidak bisa dipercaya.
Hafied Cnggara berpendapat jika kredibilitas komunikator merupakan seseorang yang dapat dipercaya berdasarkan sikap, kompetensi, kepribadian serta tujuannya. Untuk menilai kredibilitas dilakukan dengan cara menyampaikan sebuah pesan pada orang lain sehingga dapat dipahami.
Kredibilitas seseorang juga dapat terlihat dari pendapat orang yang telah dipercaya. Kepercayaan ini bisa timbul ketika komunikator memberi contoh yang baik seperti rendah hati, jujur dan bisa menjadi penengah pada banyak konflik.
D. Hal Penting Untuk Membangun Kredibilitas
Dari sebuah sumber dikatakan jika ada beberapa cara yang harus dikuasai supaya bisa membangun kredibilitas secara lebih mudah di kantor. Beberapa cara berikut harus diterapkan mengingat membangun kredibilitas membutuhkan waktu yang panjang dan tidak bisa diperoleh hanya dalam waktu semalam.
1. Respect atau Saling Menghormati Orang Lain
Kredibilitas berhubungan dengan rasa kepercayaan. Akan tetapi sebuah kepercayaan tidak bisa terbentuk jika tidak memperoleh rasa hormat dari orang lain. Orang lain nantinya hanya bisa menghormati ketika kita juga sudah menghormati mereka. Intinya adalah saling menghormati antara satu dengan lain atau respect menjadi hal terpenting ketika ingin membangun kredibilitas di kantor.
Untuk itu, sebaiknya perlakukan semua orang dengan baik terlepas dari jabatan serta posisinya di kantor. Semuanya berhak memperoleh rasa hormat dan sikap menghormati orang lain sebenarnya juga merupakan sikap sopan santun yang harus dimiliki semua orang.
2. Membuka Diri dan Terus Belajar
Semua orang perlu menanamkan jika diri sendiri adalah orang yang pintar, maka tentunya akan ada orang lain yang juga lebih pintar dibandingkan diri sendiri. Dengan menanamkan prinsip tersebut, maka anda akan membuka diri untuk selalu belajar dan melatih keterampilan baru. Untuk itu, cobalah untuk mencari berbagai hal yang belum dikuasai dan kenali kekurangan serta kelebihan diri sendiri.
Saat ada teman, bos atau mungkin klien yang menilai jika anda adalah pribadi yang senang belajar tentang sesuatu yang baru, maka orang lain akan lebih tertarik bekerjasama serta berkolaborasi dengan diri anda.
Sikap yang seperti ini nantinya bisa membantu anda untuk membangun kredibilitas diri sendiri dengan lebih mudah. Ini disebabkan karena semua orang di kantor percaya jika meski anda belum dapat melakukan sesuatu hal, namun anda tetap akan berusaha keras agar bisa mempelajarinya.
Rekomendasi:
- Pengertian Workshop : Rangkaian Acara, Ciri, Manfaat, Macam… Jagad.id - Pengertian Workshop adalah cara memberikan pelatihan atau pengajaran pada para peserta tentang teori serta praktek sebuah bidang. Dengan kata lain, workshop merupakan latihan yang ditujukan untuk para peserta…
- Normalnya Self Harm di Kalangan Milenial Jagad.id - Self-harm adalah upaya menyakiti diri sendiri dikarenakan tidak sanggup menahan amarah yang ada didalam diri. Self-harm sendiri adalah cara seseorang untuk mengekspresikan perasaan yang tidak dapat diluapkan. Masa…
- Pelaku Investasi Bodong Yang Perlu Diwaspadai jagad.id- Scam Artists menggunakan seminar investasi dan berpura-pura sebagai perencana keuangan yang menawarkan saran investasi yang menarik dan tidak masuk akal kepada investor yang tidak menaruh curiga akan investasi bodong.…
- Hobi Adalah : Pengertian dan Contoh Ada banyak definisi yang bisa menjelaskan arti atau makna yang terkandung dari kata hobi. Antara lain: Hobi adalah kegiatan kasual yang biasanya dilakukan atas dasar ketertarikan yang sangat kuat dari…
- Pengertian Fashion : Stylist, Secara Umum dan Menurut Para… Di Indonesia sendiri, istilah fashion digunakan untuk mengatakan model berpakaian terbaru. Oleh sebab itu, maka banyak toko pakaian yang memakai kata fashion di belakang nama toko. Hal ini demi menunjukan…
- Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli Dan Secara Umum Secara umum, motivasi merupakan suatu dorongan dengan tujuan sebagai penyemangat atau penggerak untuk seseorang sebagai upaya dalam hal yang positif bahkan hingga negatif. Motivasi merupakan istilah dalam bahasa inggris ‘motivation’,…
- Pengertian Relasi : Arti, Cara, Pengembangan Dan Manfaat Arti kata relasi berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) yaitu sama dengan hubungan, perhubungan, kenalan, pertalian termasuk juga pelanggan. Pada dasarnya kita adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan antara satu…
- Pengertian Simbol : Macam Jenis, Fungsi dan Contoh Jagad.id - Apa sih yang terbesit di benak anda saat anda mendengar kata simbol? Lalu, apa saja sih manfaatnya dan contoh penerapan simbol dalam kehidupan? Berikut akan dibahas lebih jelas…
- Pengertian Arsip Adalah : Arti, Fungsi, Jenis, Sifat dan… Secara umum definisi atau pengertian Arsip adalah sebuah catatan rekaman kegiatan ataupun sumber informasi dengan berbagai macam jenis bentuk yang dibuat oleh perseorangan, kelompok maupun lembaga. Arsip juga diartikan sebagai…
- Pengertian Nasihat : Macam Jenis dan Ilmu Sosial Nasihat merupakan sebuah petunjuk yang isinya berupa pelajaran dan bersifat baik yang berasal dari penutur sehingga bisa dijadikan referensi atau alasan untuk teman penutur agar bisa melakukan sesuatu. Nasihat merupakan…
- Definisi dari Trademark Indonesia Istilah trademark Indonesia memang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Sebagian dari masyarakat Indonesia sudah pernah mendengar tentang istilah ini, meskipun kemungkinan di antaranya masih ada yang belum…
- Cara Personal Branding Yang Tepat Untuk Bisnis Anda Jagad.id - Di masa lalu, branding adalah sesuatu yang secara eksklusif dikaitkan dengan bisnis. Istilah itu akan memunculkan gambaran tentang McDonald's, Apple, atau Coca-Cola. Saat ini, dengan cara personal branding…
- Harga Diri : Pengertian dan Contohnya Stuart dan Sundeen (1991) mengatakan bahwa harga diri atau self esteem merupakan penilaian individu terhadap hasil yang dicapai dengan melihat seberapa jauh perilaku dapat memenuhi ideal dirinya. Dengan kata lain,…
- Pengertian Solidaritas : Arti, Bentuk Jenis, Faktor,… Secara umum definisi atau pengertian Solidaritas adalah rasa kebersamaan, kesatuan kepentingan, rasa simpati sebagai salah satu angggota dari kelas yang sama, bisa juga sebagai perasaan ungkapan dalam sebuah kelompok yang…
- Pengertian Domisili Adalah : Arti, Bentuk, Macam Jenis dan… Bila Anda mengisi formulir atau dokumen tertentu, pasti Anda akan diminta untuk mengisi domisili saat ini. Secara umum, istilah tersebut dimengerti sebagai alamat tempat tinggal. Namun, kedua istilah tersebut memiliki…
- Pengertian Direktur Adalah: Arti, Macam Jenis, Tugas, Tipe… Secara umum definisi atau pengertian Direktur adalah seseorang yang memimpin suatu perusahaan, baik itu pemiliki perusahaan atau seseorang yang dipilih pemilik perusahaan untuk menjalankan atau memimpin perusahaan. Direktur juga bisa…
- Pengertian Dokumen Adalah : Jenis Jenis, Fungsi dan Contoh Dokumen merupakan salah satu elemen terpenting dalam kegiatan administrasi perkantoran, bagi seorang pegawai kantoran pasti sangat akrab dengan hal yang satu ini. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang mengetahui pengertian…
- Pengertian Musyawarah : Ciri, Manfaat dan Etikanya Salah satu perilaku budaya demokrasi di Indonesia yang dilandasi oleh prinsip-prinsip demokrasi adalah musyawarah yang dilakukan untuk memecahkan berbagai macam masalah. Musyawarah ini sering dijumpai dalam ranah keluarga, sekolah, masyarakat,…
- Pengertian Perkara : Perbedaan Perdata Dengan Pidana Perkara bisa diartikan sebagai sebuah persoalan, masalah atau urusan yang butuh penyelesaian. Namun jika dilihat secara teori, maka perkara bisa dibedakan menjadi 2 jenis, yakni: Perkara mengandung sengketa, perselisihan, ada…
- Pengertian Ekspektasi : Macam Jenis, Contoh, Manfaat,… Jagad.id - Ekspektasi merupakan harapan besar yang dibebankan pada sesuatu yang dianggap bisa memberikan dampak lebih bagus atau lebih baik. Kata ekspektasi sendiri diadaptasi dari bahasa Inggris yakni expectation dengan…
- Pengertian Klien Adalah : Arti, Ciri Ciri dan Contoh Dalam dunia bisnis, istilah Klien sudah tidak asing lagi. Tapi sebenarnya ada istilah lain yang mengiringinya yaitu Kostumer atau Konsumen. Ketiga istilah ini nampaknya sama, tetapi tahukah Anda jika masing-masing…
- Pengertian Kekuasaan : Negara, Kewarganegaraan, Politik dan… Pengertian Kekuasaan Adalah – Menurut Para Ahli: Negara, Kewarganegaraan, Politik dan Konsep Kekuasaan Apakah yang dimaksud dengan kekuasaan itu? Kekuasaan adalah kemampuan seseorang ataupun suatu kelompok manusia untuk mempengaruhi orang…
- Pengertian Kepribadian : Macam Jenis, Struktur, Ciri Tipe… Kepribadian merupakan cara seseorang bereaksi serta berinteraksi dengan individu lainnya secara menyeluruh. Kepribadian juga sering diartikan sebagai ciri menonjol di diri seseorang. Contohnya pada orang yang pemalu, maka akan dikenakan…
- Strategi Tepat Menentukan Nama Domain Website Jagad.id - Strategi Tepat Menentukan Nama Domain - Domain merupakan nama khusus yang diberikan oleh server untuk supaya pengguna lebih mudah mengenali sebuah situs dibandingkan menggunakan alamat IP. Salah satu…
- Pengertian Laba Adalah : Arti, Unsur dan Faktor Umumnya untuk mengukur berhasil atau tidaknya sebuah perusahaan dalam melakukan bisnis, itu dilihat dari pendapatan labanya. Tak dipungkiri lagi, pendapatan laba sangat berpengaruh terhadap jalannya aktivitas perusahaan. Hal itu dikarenakan…
- Profesional : Pengertian, Ciri Ciri dan Contohnya Jagad.id - Profesional merupakan kata yang cukup sering diucapkan dan didengar. Tidak hanya di sebuah perusahaan, kalangan akademisi juga tak jarang mengucapkan kata ini. Apa sesungguhnya profesional itu? Bagaimana ciri-ciri…
- Pengertian Kontribusi : Arti, Strategi Dan Jenis Secara teoritis, masyarakat awam mengartikan kontribusi sebagai suatu sumbangsi atau keikutsertaan seseorang dalam suatu kegiatan tertentu. Kontribusi juga diartikan sebagai adanya campur tangan masyarakat baik dalam bentuk uang, tenaga, fikiran…
- Tips Mudah Memilih Perusahaan Asuransi Terbaik dan… Jagad.id - Tips Mudah Memilih Perusahaan Asuransi Terbaik - Sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi risiko kerugian finansial yang bisa saja terjadi dalam kehidupan sehari-hari, maka seseorang perlu menggunakan yang…
- Pengertian Empati Adalah : Arti, Jenis, Manfaat dan Contoh Manusia adalah makhluk sosial. Ini menyatakan bahwasanya kita sebagai manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa adanya bantuan dari orang lain. Untuk menjalin hubungan sosial antara manusia satu dengan manusia lainnya,…
- Pengertian Optimis : Manfaat dan Cara Menjadi Pribadi yang… Optimis merupakan alah satu sifat yang dianggap baik oleh banyak orang atau bahkan semua orang. Dengan rasa optimis, maka seseorang akan menjadi lebih semangat untuk menjalankan hidupnya. Ternyata optimis tidak…