Kredibilitas merupakan kinerja seseorang yang dapat dipercaya serta dipertanggungjawabkan. Kredibilitas merupakan persepsi seseorang pada sifat orang lain yang dapat dipercaya. Kata kredibilitas umumnya dipakai untuk kesaksian seseorang pada sebuah perusahaan atau lembaga selama konferensi.
Arti dari kredibilitas lain adalah kualitas atau kapabilitas seseorang untuk menghasilkan kepercayaan di dalam persidangan. Bisa diartikan jika kredibilitas merupakan seseorang yang dianggap benar pada sebuah hal yang sedang diperdebatkan.
A. Pengertian Kredibilitas
Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kredibilitas memiliki arti perihal yang bisa dipercaya. Untuk itu, bisa dikatakan jika membangun kredibilitas tidak mudah sebab butuh usaha untuk memperolehnya. Akan tetapi, menariknya apabila seseorang punya kredibilitas yang tinggi, maka akan memperluas peluang untuk bergaul dengan orang lainnya.
Pengertian Kredibilitas menurut para ahli
Sedangkan menurut para ahli turut dijelaskan Jalaluddin Rahmat di dalam bukunya berjudul Psikologi Komunikasi yang menjelaskan jika kredibilitas merupakan persepsi mengenai sifat komunikator.
Arti dari kredibilitas sendiri memang memiliki arti yang luas. Akan tetapi umumnya dipakai untuk seseorang yang dapat dipercaya serta punya tanggung jawab pada sebuah hal yang sedang menjadi perdebatan.
Selanjutnya menurut Prof. Dr. Hafied Cangggara, M.Sc memiliki pendapat yang sama yakni persepsi seseorang mengenai kelebihannya sehingga dapat diterima khalayak. Menurut Aristoteles, kredibilitas merupakan seorang kominkator dengan kekuatan dari karakter pribadi sehingga bisa mengendalikan emosi para pendengarnya. Dari penjelasan beberapa ahli tersebut bisa dikatakan jika kredibilitas merupakan persepsi seseorang dari beberapa sifat yang ada pada orang tersebut.
B. Kredibilitas Perusahaan
Di dalam sebuah perusahaan, tentunya membangun reputasi untuk mengembangkan ikatan kuat dengan lembaga atau konsumen akan dilakukan yang biasanya dinamakan dengan kredibilitas perusahaan. Kredibilitas perusahaan merupakan tingkat kepercayaan sebuah perusahaan di mata pelanggan atau klien serta sumber daya keuangan. Dengan begitu, kredibilitas perusahaan dianggap sangat penting karena berkaitan dengan nama baik atau reputasi perusahaan sebagai nilai jual.
Kotler serta Keller berpendapat jika kredibilitas perusahaan akan tergantung dari 3 faktor, yakni:
- Kepercayaan Perusahaan: Perusahaan yang termotivasi agar jujur serta peka pada kebutuhan dari para pelanggan.
- Keahlian Perusahaan: Cara perusahaan untuk membuat serta menjual produk untuk memberikan layanan.
- Daya Tarik Perusahaan: Perusahaan akan terlihat disukai, bergengsi, menarik, bergengsi, dinamik dan sebagainya. Dengan begini, maka perusahaan bisa dipercaya terlihat semakin baik di semua aktivitas yang dilakukan. Ini disebabkan karena kepercayaan merupakan penentu utama kredibilitas dengan perusahaan lainnya.
C. Kredibilitas Komunikator
Kredibilitas komunikator merupakan tingkat kepercayaan seseorang pada pembicara di sebuah konferensi. Untuk itu ketika kredibilitas seseorang buruk, maka menandakan segala hal yang dibicarakan tidak bisa dipercaya.
Hafied Cnggara berpendapat jika kredibilitas komunikator merupakan seseorang yang dapat dipercaya berdasarkan sikap, kompetensi, kepribadian serta tujuannya. Untuk menilai kredibilitas dilakukan dengan cara menyampaikan sebuah pesan pada orang lain sehingga dapat dipahami.
Kredibilitas seseorang juga dapat terlihat dari pendapat orang yang telah dipercaya. Kepercayaan ini bisa timbul ketika komunikator memberi contoh yang baik seperti rendah hati, jujur dan bisa menjadi penengah pada banyak konflik.
D. Hal Penting Untuk Membangun Kredibilitas
Dari sebuah sumber dikatakan jika ada beberapa cara yang harus dikuasai supaya bisa membangun kredibilitas secara lebih mudah di kantor. Beberapa cara berikut harus diterapkan mengingat membangun kredibilitas membutuhkan waktu yang panjang dan tidak bisa diperoleh hanya dalam waktu semalam.
1. Respect atau Saling Menghormati Orang Lain
Kredibilitas berhubungan dengan rasa kepercayaan. Akan tetapi sebuah kepercayaan tidak bisa terbentuk jika tidak memperoleh rasa hormat dari orang lain. Orang lain nantinya hanya bisa menghormati ketika kita juga sudah menghormati mereka. Intinya adalah saling menghormati antara satu dengan lain atau respect menjadi hal terpenting ketika ingin membangun kredibilitas di kantor.
Untuk itu, sebaiknya perlakukan semua orang dengan baik terlepas dari jabatan serta posisinya di kantor. Semuanya berhak memperoleh rasa hormat dan sikap menghormati orang lain sebenarnya juga merupakan sikap sopan santun yang harus dimiliki semua orang.
2. Membuka Diri dan Terus Belajar
Semua orang perlu menanamkan jika diri sendiri adalah orang yang pintar, maka tentunya akan ada orang lain yang juga lebih pintar dibandingkan diri sendiri. Dengan menanamkan prinsip tersebut, maka anda akan membuka diri untuk selalu belajar dan melatih keterampilan baru. Untuk itu, cobalah untuk mencari berbagai hal yang belum dikuasai dan kenali kekurangan serta kelebihan diri sendiri.
Saat ada teman, bos atau mungkin klien yang menilai jika anda adalah pribadi yang senang belajar tentang sesuatu yang baru, maka orang lain akan lebih tertarik bekerjasama serta berkolaborasi dengan diri anda.
Sikap yang seperti ini nantinya bisa membantu anda untuk membangun kredibilitas diri sendiri dengan lebih mudah. Ini disebabkan karena semua orang di kantor percaya jika meski anda belum dapat melakukan sesuatu hal, namun anda tetap akan berusaha keras agar bisa mempelajarinya.
Rekomendasi:
- Pengertian Rugi : Arti, Rumus dan Contoh Kasus Jagad.id - Kerugian tentunya tidak ingin dirasakan oleh semua manusia. Kerugian tidak hanya terbatas tentang uang tetapi juga barang, waktu, dan tenaga. Pengertian Rugi merupakan suatu kondisi dimana seseorang tidak…
- Definisi Hukum : Unsur, Sifat dan Ciri Ciri Hukum adalah sebuah sistem yang diciptakan oleh manusia dengan tujuan membatasi tindakan sehingga kehidupan dapat berjalan lebih terarah. Bayangkan saja jika tidak ada hukum di dunia ini, maka setiap individu…
- Pengertian Moral Menurut Para Ahli dan Contohnya Moral memiliki arti kebiasaan yang berasal dari bahasa latin mos dan etos dalam bahasa Yunani kuno. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, moral diterjemahkan sebagai arti susila dengan pengertian umum yang…
- Tips Merantau Agar Sukses Ketika seorang freshgraduate memutuskan untuk merantau baik untuk melanjutkan kuliah ataupun untuk bekerja, tentu ada banyak hal yang harus anda pertimbangkan dan persiapkan. Khususnya ketika anda merantau di kota atau…
- Pengertian Peribahasa : Jenis dan Contoh Ungkapan Bahasa dan sastra telah menjadi beberapa hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Bahasa akan menjadi alat kita berkomunikasi satu sama lain selama kita melakukan kegiatan dan hidup bermasyarakat.…
- Cara Melatih Public Speaking - 19 Tips Materi Terbaru Gratis Jagad.id - Cara Melatih Public Speaking - Komunikasi adalah terjadinya pertukaran atau saling interaksi antara dua orang atau lebih dalam bentuk suara, kontak mata, mimik ,dan bahasa tubuh yang dapat…
- Unsur Komponen Komunikasi - Penjelasan Komplit Jagad.id - Penjelasan Lengkap Unsur Komponen Komunikasi - Komunikasi memiliki arti yaitu adanya interaksi antara dua orang atau lebih mencakup pengiriman dan penerimaan pesan dari komunikator (pemberi pesan) kepada komunikan…
- Pengertian Literasi : Tujuan, Manfaat, Macam Jenis, Prinsip,… Jagad.id - Literasi merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengolah sekaligus memahami informasi ketika sedang membaca serta menulis. Seiring perkembangannya, pengertian literasi terus berevolusi menyesuaikan dengan tantangan jaman. Apabila dulu…
- Pengertian Finansial : Arti, Macam Jenis, Perkembangan Dan… Finansial merupakan kata yang cukup familiar dikalangan para ekonomi atau siapapun yang bergerak dibidang ekonomi. Finansial sering diartikan dengan keuagan. Pengertian tersebut memang tidak salah, akan tetapi pada prakteknya pembahasan…
- Pengertian Direktur Adalah: Arti, Macam Jenis, Tugas, Tipe… Secara umum definisi atau pengertian Direktur adalah seseorang yang memimpin suatu perusahaan, baik itu pemiliki perusahaan atau seseorang yang dipilih pemilik perusahaan untuk menjalankan atau memimpin perusahaan. Direktur juga bisa…
- Pengertian Low Profile : Manfaat dan Cara Memiliki Sifat ”Low profile” meskipun hanya terdapat dua kata, tapi berjuta maknanya. Kata yang dapat membuat orang lain seakan kagum dan ingin dekat dengan seseorang yang memiliki sifat low profile ini. Tapi…
- Kebutuhan Tersier : Pengertian dan Contohnya Kebutuhan merupakan salah satu faktor psikologi dalam membantu manusia saat menjalankan aktivitas sehari-hari. Kebutuhan juga termasuk sebagai faktor penunjang manusia untuk melakukan suatu usaha untuk memenuhi kebutuhan itu sendiri. Tanpa…
- Pengertian Identifikasi Adalah : Arti, Bentuk, Proses dan… Pelaku kejahatan teridentifikasi sebagai warga Kampung Baru. Kalimat tersebut tentunya sering sekali didengar ketika menyaksikan acara berita di televisi. Identifikasi dapat dimaknai sebagai persamaan kata dari identitas atau data diri.…
- Pengertian Kontribusi : Arti, Strategi Dan Jenis Secara teoritis, masyarakat awam mengartikan kontribusi sebagai suatu sumbangsi atau keikutsertaan seseorang dalam suatu kegiatan tertentu. Kontribusi juga diartikan sebagai adanya campur tangan masyarakat baik dalam bentuk uang, tenaga, fikiran…
- Pengertian Kepribadian : Macam Jenis, Struktur, Ciri Tipe… Kepribadian merupakan cara seseorang bereaksi serta berinteraksi dengan individu lainnya secara menyeluruh. Kepribadian juga sering diartikan sebagai ciri menonjol di diri seseorang. Contohnya pada orang yang pemalu, maka akan dikenakan…
- Pengertian Keadilan : Menurut Para Ahli, Macam Jenis dan… Keadilan merupakan kondisi kebenaran ideal secara moral tentang sebuah hal baik itu berhubungan dengan orang lain atau benda. Dari kebanyakan teori, keadilan punya tingkat kepentingan yang besar. Bisa dikatkan jika…
- Sejarah Bahasa Indonesia : Kedudukan, Fungsi Dan… Indonesia adalah negara yang sangat luas dan merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau. Luasnya Indonesia yang tebentang dari Sabang sampai Merauke menyebabkan Indonesia memiliki berbagai…
- Pengertian Persepsi Adalah : Proses, Faktor, Jenis dan… Bagi Anda yang biasa melihat tayang ILC di salah satu stasiun televisi swasta kita, mungkin sudah tidak asing mendengar kata “persepsi” saat para narasumber atau pembawa acara melakukan sebuah dialog.…
- Pengertian Konsep : Menurut Para Ahli, Fungsi dan… Apa yang dimaksud dengan konsep? Secara etimologis, kata konsep berasal dari bahasa Latin yaitu “conceptum” yang artinya sesuatu yang dapat dipahami. Sedangkan untuk definisi konsep lainnya yaitu serangkaian pernyataan, gagasan,…
- Pengertian Fakta Adalah : Ciri Ciri dan Contoh Pernahkah anda mendengar tentang istilah fakta? Ya, istilah ini kerap muncul di kehidupan sehari-hari kita. Bahkan, semenjak belajar di sekolah, kita juga sudah disuguhi dengan pelajaran tentang fakta dan opini.…
- Hobi Adalah : Pengertian dan Contoh Ada banyak definisi yang bisa menjelaskan arti atau makna yang terkandung dari kata hobi. Antara lain: Hobi adalah kegiatan kasual yang biasanya dilakukan atas dasar ketertarikan yang sangat kuat dari…
- Pengertian Workshop : Rangkaian Acara, Ciri, Manfaat, Macam… Jagad.id - Pengertian Workshop adalah cara memberikan pelatihan atau pengajaran pada para peserta tentang teori serta praktek sebuah bidang. Dengan kata lain, workshop merupakan latihan yang ditujukan untuk para peserta…
- Definisi Sejarah Dan Ciri-Ciri Sejarah merupakan hal yang telah terjadi di masa lampau, dan dapat dikaji atau dipelajari kembali melalui bukti-bukti yang ada. Dalam arti sempit, sejarah adalah peristiwa yang dialami oleh manusia yang…
- Pengertian Optimis : Manfaat dan Cara Menjadi Pribadi yang… Optimis merupakan alah satu sifat yang dianggap baik oleh banyak orang atau bahkan semua orang. Dengan rasa optimis, maka seseorang akan menjadi lebih semangat untuk menjalankan hidupnya. Ternyata optimis tidak…
- Pengertian Bakat : Macam Macam, Jenis Jenis dan Contoh Bakat Jagad.id - Pengertian Bakat Macam jenis dan contoh bakat – Bakat adalah kemampuan yang memang sudah melekat dan dimiliki oleh setiap orang yang bisa digunakan dalam mempelajari sesuatu hal dengan…
- Pengertian Kesehatan Menurut Para Ahli, WHO, dan Depkes Istilah kesehatan tentu bukan merupakan kata baru dalam kamus keseharian warga terutama keutamaan atau penting nya frasa yang diambil dari kata sehat ini. Kesehatan merupakan impian siapa pun untuk terhindar…
- Pengertian Platform : Fungsi, Macam Jenis dan Contoh Jagad.id - Platform merupakan sekelompok teknologi yang dipakai untuk basis di mana proses, aplikasi dan teknologi lainnya akan dikembangkan. Pada komputasi personal, platform memiliki arti perangkat keras dasar atau komputer…
- Pengertian MySQL : Kode Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Jagad.id - Semua website memerlukn database server agar bisa menampung segala bentuk informasi. Semua jenis data yang diperlukan website tersebut diantaranya seperti password, username, URL, font dan lain sebagainya. MySQL…
- Strategi Tepat Menentukan Nama Domain Website Jagad.id - Strategi Tepat Menentukan Nama Domain - Domain merupakan nama khusus yang diberikan oleh server untuk supaya pengguna lebih mudah mengenali sebuah situs dibandingkan menggunakan alamat IP. Salah satu…
- Pengertian Dokumen Adalah : Jenis Jenis, Fungsi dan Contoh Dokumen merupakan salah satu elemen terpenting dalam kegiatan administrasi perkantoran, bagi seorang pegawai kantoran pasti sangat akrab dengan hal yang satu ini. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang mengetahui pengertian…