Secara teoritis, masyarakat awam mengartikan kontribusi sebagai suatu sumbangsi atau keikutsertaan seseorang dalam suatu kegiatan tertentu. Kontribusi juga diartikan sebagai adanya campur tangan masyarakat baik dalam bentuk uang, tenaga, fikiran serta kepedulian terhadap suatu program atau kegiatan yang dilakukan oleh pihak tertentu.
Kontribusi ini tidak dapat diartikan
hanya sebatas keikutsertaan seseorang secara formalitas saja, akan tetapi harus
ada bukti nyata bahwa seorang atau sekelompok orang tersebut ikut membantu dan
turun lapangan untuk mengsukseskan kegiatan tertentu. Kontribusi yang diberikan
masyarakat harus sesuai dengan kemampuan dari masing-masing individu atau
kelompok tersebut.
Dalam dunia kerja saorang pekerja atau karyawan, kontribusi merupakan hal yang penting dalam pekerjaan dan bahkan menjadi suatu keharusan. Kemajuan suatu lembaga atau perusahaan ditentukan dari seberapa besar dan keseriusan karyawan dalam berkontribusi, terlepas bagaimanpun sebuah perusahaan menilai kinerja karyawan dari kontribusi yang telah diberikan dan apakah kontribusi positif tersebut dapat bermanfaat bagi kelangsungan perusahaan atau tidak.
A. Defenisi Kontribusi Menutut Para Ahli
1. T. Guritno
Kontribusi merupakan sumbangan yang
diberikan oleh seorang atau sekelompok orang sebagai upaya dalam membantu
kerugian atau membantu kekurangan terhadap hal yang dibutuhkan.
2. Dany H.
Kontribusi merupakan suatu bentuk
sumbangan berupa material seperti uang. Sumbangan ini dapat dilakukan dengan
kolektif misalnya orang-orang yang menyumbang untuk pembangunan masjid,
perbaikan jalan dan lain sebagainya.
3. Yandianto
Kontribusi merupakan kumpulan uang iuran
yang diperoleh dari anggota atau masyarakat yang bentuknya sumbangan. Sumbangan
ini kemudian dikelola dengan harapan dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan dalam
masyarakat itu sendiri.
B. Strategi untuk Meningkatkan Kontribusi Karyawan
1. Prioritas yang Jelas
Setiap karyawan perlu memahami prioritas
kerja dengan jelas selama beberapa waktu kedepan. Jika karyawan bekerja keras
tanpa memahami secara utuh apa yang harus dicapai, maka usaha, waktu, tenaga,
keterampilan mereka yang berharga akan sia-sia.
2. Reguler Feedback
Dalam hal ini, kinerja karyawan juga
tergantung pada pemimpin dalam hal merespon hasil kerja secara reguler. Beberapa
karyawan merasa tidak mendapatkan reguler
feedback (respon/umpan balik yang teratur). Walaupun umpan balik terkadang
menjadi hal yang menakutkan bagi manajer, karena mungkin saja banyak yang belum
memiliki keterampilan yang cukup melakukannya.
Perilaku manajer dan karyawan saja belum
cukup, Pemimpin tingkat tinggi atau para pemimpin senior (senior leader) juga
memiliki peranan penting dalam menciptakan serta memelihara lingkungan yang
mendukung kontribusi. Namun sangat disayangkan, hanya sedikit karyawan yang
merasa adanya partisipasi oleh para senior
leader dalam menciptakan lingkungan yang kondusif untuk berkontribusi.
3. Sumber Daya
Kontribusi berperan
penting dalam penigkatan produktivitas yang berujung pada engagement seutuhnya
melalui sumber daya dan pelatihan. Dengan menetapkan tujuan yang jelas,
menyelaraskan prioritas karyawan dan perusahaan, pembudayaan regular feedback
serta akses terhadap pengembangan sumber daya menjadi simpul-simpul dalam meningkatkan
kontribusi karyawan.
C. Jenis Kontribusi Karyawan yang memajukan perusahaan
1. Kejujuran dan integritas
Kedua sikap tersebut merupakan hal yang esensial dalam kehidupan, termasuk juga dalam pekerjaan. Jujur dan berintegritas adalah kunci untuk mendapatkan kepercayaan dari perusahaan, apalagi jika ingin terlibat dalam proyek-proyek besar.
2. Memiliki gairah dalam bekerja dan mempu memotivasi diri
Gairah dalam bekerja mampu memudahkan
pekerjaan sekaligus mengurangi beban dalam bertugas. Selain itu, kemampuan
untuk memotivasi diri juga merupakan hal yang sangat perlu dimiliki oleh
karyawan, terutama saat menghadapi tantangan dan masalah yang harus diatasi
dalam waktu bersamaan.
3. Memiliki kemampuan multitasking
Karena persaingan yang tinggi maka perusahaan
memerluan kandidat yang multitasking serta bisa menempatkan diri dalam beberapa
proyek sekaligus.
4. Kerja keras dan determinasi yang tinggi
Kerja keras merupakan hal dasar yang harus dilakukan semua orang dalam mencapai kesuksesan dan determinasi merupakan tingkat kekuatan yang diperlukan untuk menahan setiap tantangan dan mencapai tujuan hingga sukses.
5. Komitmen
Komitmen merupakan salah satu kontribusi yang mudah dlihat dan dinilai dari performa karyawan. Hal tersebut sangat penting digunakan dalam membangun sebuah selasi. layaknya sebuah janji dalam suatu hubungan yang menjadi dasar atau pondasi.
6. Kreativitas yang tinggi
Kreativitas merupakan hal yang bisa
membantu kemuajuan perusahaan. Kemampuan menciptakan sesuatu yang baru dan
berbeda, bisa menjadi kunci kesuksesan dalam berbagai hal.
7. Mampu bekerja dibawah tekanan
Setiap perusahaan harus terus berusaha untuk bergerak cepat, sehingga terdapat deadline untuk setiap tugas yang diberikan dan tentunya jenis pekerjaan seperti itu memberikan tekanan pada orang yang mengerjakannya
8. Antusiasme
Antusiasme merupakan suatu sifat bersemangat untuk mengerjakan pekerjaan ataupun mengetahui hal-hal baru dalam pekerjaan. Bila seorang karyawan dipenuhi dengan rasa antusiasme yang tinggi maka akan mengembangkan semacam energi di dalam dirinya untuk selalu berbuat lebih baik dan terus-menerus berusaha.
Rekomendasi:
- Pengertian Finansial : Arti, Macam Jenis, Perkembangan Dan… Finansial merupakan kata yang cukup familiar dikalangan para ekonomi atau siapapun yang bergerak dibidang ekonomi. Finansial sering diartikan dengan keuagan. Pengertian tersebut memang tidak salah, akan tetapi pada prakteknya pembahasan…
- Rumah Tangga Konsumen : Pengertian, Peran, Macam Jenis dan… Pelaku ekonomi adalah suatu subjek baik itu perorangan, organisasi ataupun juga pemerintah yang melakukan kegiatan ekonomi. Apa saja yang meliputi kegiatan ekonomi? Kegiatan ekonomi yang dimaksud yaitu produksi, konsumsi dan…
- Definisi Hukum : Unsur, Sifat dan Ciri Ciri Hukum adalah sebuah sistem yang diciptakan oleh manusia dengan tujuan membatasi tindakan sehingga kehidupan dapat berjalan lebih terarah. Bayangkan saja jika tidak ada hukum di dunia ini, maka setiap individu…
- Hobi Adalah : Pengertian dan Contoh Ada banyak definisi yang bisa menjelaskan arti atau makna yang terkandung dari kata hobi. Antara lain: Hobi adalah kegiatan kasual yang biasanya dilakukan atas dasar ketertarikan yang sangat kuat dari…
- Profesi : Pengertian, Etika, Ciri-Ciri, dan Contoh Jenis Profesi merupakan kata yang cukup sering didengar. Namun, banyak orang yang masih belum mengetahui apa itu profesi yang sebenarnya. Untuk bisa menjadi seseorang dengan profesi yang sempurna, maka ia harus…
- Pengetian Nasionalisme : Arti, Prinsip, Ciri, Bentuk,… Secara umum definisi atau pengertian Nasionalisme adalah paham kebangsaan oleh masyarakat pada suatu negara yang memiliki kesadaran dan semangat rasa cintanya terhadap bangsa dan tanah air, yang ditunjukkan melalui sikap…
- Standar Operasional Prosedur : Pengertian, Prinsip, Jenis,… Standar Operasional Prosedur, Pengertian, Jenis, Fungsi, Tujuan dan Contoh, - Standard Operational Procedure atau biasa juga disebut dengan POS (Prosedur Operasi Standar) adalah satu set instruksi yang memiliki dasar kuat…
- Definisi Etika : Pengertian, Macam Jenis dan Contoh Jagad.id - Definisi Etika merupakan suatu istilah yang banyak didengar. Tidak hanya di kalangan akademisi, namun juga di masyarakat secara umum. Etika menentukan baik buruknya seseorang dalam kehidupan bermasyarakat. Ia…
- Pengertian Seminar : Ciri Ciri, Tujuan, Fungsi, Syarat,… Seminar adalah pertemuan kelompok orang yang dilakukan supaya bisa membahas masalah dan mencari solusi ilmiah dari masalah tersebut. Sedangkan menurut pendapat lain, seminar merupakan pertemuan sekelompok orang yang bertujuan untuk…
- Pengertian Peribahasa : Jenis dan Contoh Ungkapan Bahasa dan sastra telah menjadi beberapa hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Bahasa akan menjadi alat kita berkomunikasi satu sama lain selama kita melakukan kegiatan dan hidup bermasyarakat.…
- Norma Kesopanan : Sumber, Ciri-Ciri, Tujuan, Dan Contoh Jagad.id - Pengertian Norma kesopanan adalah serangkaian aturan yang diberlakukan dalam kehidupan masyarakat, tentang tingkah laku seseorang. Norma Kesopanan ini berasal dari adat istiadat, budaya, dan tradisi di suatu wilayah…
- Pengertian Data Menurut Para Ahli Beserta Jenis dan… Pengertian data Menurut Ahli beserta Jenis dan Contohnya – Pengertian data menurut ahli adalah sesuatu yang dapat di ketahui dan di anggap atau dalam bahasa inggrisnya adalah things known or…
- Pengertian Kreatif : Bentuk-Bentuk dan Ciri-Ciri Kita sering kali mendengar dan bahkan mengucapkan kata-kata “kreatif” tapi apakah sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan kreatif itu sendiri? Untuk mengetahui lebih jelasnya, mari kita bahas lebih dalam mengenai…
- Pengertian Yayasan : Syarat Pendirian, Jenis Jenis dan… Yayasan adalah entitas non-pemerintah yang didirikan sebagai perusahaan nirlaba atau kepercayaan amal, dengan tujuan utama membuat hibah organisasi terkait, lembaga atau individu untuk ilmiah, pendidikan, budaya, agama , atau tujuan…
- Pengertian Karyawan : Defenisi, Jenis, Tipe, Peran dan… Secara umum pengertian karyawan adalah mereka yang berkerja di suatu perusahaan atau lembaga untuk mengerjakan tugas operasional dan mengharapkan balas jasa berupa komisi (uang). Sederhananya definisi karyawan memiliki arti yaitu…
- Rumah Tangga Pemerintah : Peran dan Contoh Agar roda perekonomian di suatu negara bisa berjalan dengan baik maka perlu adanya pemerintah yang dapat mengatur, mengendalikan serta mengontrol perekonomian. Dengan begitu rakyat akan hidup dengan layak dan damai…
- Pengertian Politik : Tujuan, Ilmu dan Contohnya Pengertian Politik : Tujuan, Ilmu dan Contohnya – Politik berasal dari bahasa Yunani yaitu politikos yang memiliki arti dari, untuk, atau yang berkaitan dengan warga negara. Di kutip dari wikipedia,…
- Pengertian Kekuasaan : Negara, Kewarganegaraan, Politik dan… Pengertian Kekuasaan Adalah – Menurut Para Ahli: Negara, Kewarganegaraan, Politik dan Konsep Kekuasaan Apakah yang dimaksud dengan kekuasaan itu? Kekuasaan adalah kemampuan seseorang ataupun suatu kelompok manusia untuk mempengaruhi orang…
- Pengertian Infrastruktur Politik Dan Suprastruktur Kata infrastruktur mungkin tidak sedikit banyak dikenali masyarakat karena bukan kata serapan sehari-hari. Namun bagi generasi yang hidup pada zaman Presiden Suharto pasti mengenali istilah ini karena pada masa pemerintahan…
- Pengertian PHK : Arti, Penyebab, Hak Dan Larangan Secara umum definisi atau pengertian Pemutusan hubungan kerja (PHK) adalah pengakhiran hubungan kerja karena suatu hal tertentu yang mengakibatkan pekerjaan seorang karyawan berakhir atau diakhiri. Seorang karyawan tentu tidak ingin…
- Pengertian Opini Publik : Karaketristik, Sifat, Fungsi dan… Baru-baru seorang kepala daerah secara gamblang menyampaikan kepada media internasional bahwa pihaknya dihalang-halangi pemerintah pusat untuk melakukan tes pada warganya ketika wabah COVID19 mulai merebak di wilayahnya. Pernyataan ini jelas…
- Pengertian Perusahaan : Arti, Unsur, Jenis, Fungsi dan… Secara umum definisi atau pengertian Perusahaan adalah suatu lembaga dalam bentuk organisasi yang beroperasi dengan tujuan untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat sehingga bisa memperoleh keuntungan. Perusahaan juga dapat…
- Kompetitif (Ekonomi) : Pengertian, Syarat, dan Bentuknya Teori harga pasar menyebutkan bahwa harga suatu barang ditentukan oleh permintaan dan penawaran pasar terkait barang yang bersangkutan. Yang harus dipahami adalah hal tersebut hanya berlaku untuk pasar kompetitif atau…
- Pengertian Analisis : Macam Jenis, Fungsi Tujuan dan… Kehidupan kita tentu tidak lepas dari berbagai permasalahan yang muncul. Permasalahan tentu saja harus diselesaikan. Penyelesaian ini dilakukan demi terciptanya kehidupan yang lebih damai untuk individu. Salah satu cara untuk…
- Pengertian Moral Menurut Para Ahli dan Contohnya Moral memiliki arti kebiasaan yang berasal dari bahasa latin mos dan etos dalam bahasa Yunani kuno. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, moral diterjemahkan sebagai arti susila dengan pengertian umum yang…
- Pengertian Organisasi : Tujuan dan Fungsinya Pengertian Organisasi Secara Umum dan Para ahli – Secara umum, pengertian organisasi adalah suatu kelompok orang dalam sebuah wadah yang digunakan untuk mewujudkan tujuan bersama. Dalam ilmu sosial organisasi dipelajari…
- Pengertian Mitigasi : Tujuan, Macam Jenis dan Kegiatan Secara umum, pengertian mitigasi adalah suatu usaha yang dilakukan sebagai upaya menanggulangi atau meminimalisir kerugian dan korban yang terjadi karena suatu bencana. Pada dasarnya, mitigasi merupakan persiapan yang dilakukan sebelum…
- Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli Dan Secara Umum Secara umum, motivasi merupakan suatu dorongan dengan tujuan sebagai penyemangat atau penggerak untuk seseorang sebagai upaya dalam hal yang positif bahkan hingga negatif. Motivasi merupakan istilah dalam bahasa inggris ‘motivation’,…
- Pengertian K3 : Tujuan, Fungsi dan Peran Jagad.id - Di dalam bekerja, tentu kita memiliki resiko, baik resiko kecil maupun besar. Karena pada dasarnya, setiap manusia yang menjalankan aktivitasnya selalu diiringi dengan resiko tanpa kita sadari. Begitu…
- Pengertian Norma : Definisi, Manfaat, Macam Jenis Istilah norma sangat sering diucapkan di tengah-tengah kehidupan. Hal ini wajar karena norma sangat berkaitan erat dengan perilaku manusia dalam kesehariannya. Bahkan, norma bisa dibilang sebagai sesuatu yang melekat terhadap…