Pengertian Solidaritas Arti, Bentuk Jenis, Faktor, Prinsip, Tujuan dan Cara Menumbuhkan

Secara umum definisi atau pengertian Solidaritas adalah rasa kebersamaan, kesatuan kepentingan, rasa simpati sebagai salah satu angggota dari kelas yang sama, bisa juga sebagai perasaan ungkapan dalam sebuah kelompok yang dibentuk oleh kepentingan bersama. Solidaritas juga dapat diartikan sebagai kombinasi atau persetujuan dari seluruh elemen atau individu sebagai sebuah kelompok.

A. Defenisi Solidaritas Menurut Para Ahli

1. Robberr M.Z Lawang

Solidaritas merupakan kondisi dimana antar anggota kelompok atau komunitas memiliki rasa saling percaya, dimana rasa saling percaya itu muncul karena adanya tanggung jawab dan kepentingan bersama diantara para anggota.

2. Emile Durkheim

Solidaritas merupakan suatu keadaan hubungan antara individu dan kelompok yang didasarkan pada kesamaan moral dan kepercayaan yang dianut bersama serta diperkuat oleh pengalaman emosional yang pernah dialami dan dalam masyarakat solidaritas bekerja seperti perekat sosial.

3. Soerjono Soekanto

Solidaritas merupakan kohesi yang ada diantara anggota suatu asosiasi, kelompok, kelas sosial antara berbagai invidu mauu kelompok.

B. Bentuk Solidaritas

1. Gotong royong

Gotong royong merupakan salah satu bentuk solidaritas yang terdapat pada kehidupan bermasyarakat dengan adanya ikatan gorong royong akan menumbuhkan hubungan yang kuat dalam masyarakat.

2. Kerja sama

Bentuk solidaritas ini merupakan penggabungan antara individu dengan individu yang lain atau antar kelomok dengan kelompok yang lain, yang membuat terwujudnya sebuah hasil yang dapat dinikmati secara bersama-sama. Dengan harapan dapat memberikan suatu kegunaan kepada individu atau anggota kelompok yang ikut serta didalamnya.

C. Jenis Solidaritas

1. Solidaritas mekanik

Solidaritas mekanik merupakan solidaritas yang muncul pada masyarakat yang masih sangat sederhana dan terikat oleh kesadaran kolektif dan belum mengenal adanya pembagian kerja diantara anggota kelompok.

2. Solidaritas organik

Solidaritas jenis ini merupakan solidaritas yang mengikat masyarakat yang sudah kompleks dan telah mengenal pembagian kerja yang teratur dalam suatu kelompok sehingga disatukan karena adanya sifat saling ketergantungan antar anggota.

Solidaritas mekanik biasanya terdapat dalam lingkungan masyarakat yang bersifat homogen seperti dipedesaan sedangkan solidaritas organik umumnya terdapat pada masyarakat yang bersifat heterogen atau masyarakat perkotaan. Dari masing-masing jenis ini memiliki ciri-ciri yang dapat diketahui melalui tabel berikut.

Ciri Solidaritas Mekanik Solidaritas Organik
Aktivitas sosial utama – Homogen
– Konsensus moral dan agama
– Saling ketergantungan yang rendah
– Bersifat primitif atau pedesaan
– Heterogen konsesus pada nilai-nilai yang abstrak
– Saling ketergantungan yang tinggi
– Bersifat industrial perkotaan
Posisi individu – Kolektivisme, komunitas
– Menekankan pada kelompok
– Individualisme
– Menekankan otonomi individu
Struktur ekonomi – Kelompok terisolasi
– Pembagian kerja rendah
– Mencukupi kebutuhan
– Terbuka terhadap inovasi
– Pembagian kerja tinggi
– Pertukaran antar kelompok
Kontrol sosial – Keterlibatan komunitas dalam menghukum – Badan badan kontrol sosial yang menghukum orang yang menyimpang

D. Faktor Yang Mempengaruhi Solidaritas

1. Keluarga

Pendidikan yang diterima dari keluarga sejak kecil dapat memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan di kehidupan yang akan datang atau setelah anak tersebut dewasa.

2. Lingkungan

Lingkungan sekitar juga dapat memberikan pengaruh terhadap adanya rasa solidaritas seperti bagaimana cara bergaul dan berteman dalam suatu lingkungan atau wilayah.

E. Prinsip Solidaritas

1. Rasa senasib dan seperjuangan

Prinsip ini merupakan dasar dari perasaan yang dapat memicuh timbulnya rasa solidaritas pada diri seseorang kepada orang lain serta kelompoknya.

2. Bentuk ungkapan timbal balik

Solidaritas juga dijelaskan dalam ungkapan timbal balik seseorang kepada orang lain serta kelompok. Dalam ungkapan ini seseorang memiliki tujuan tertentu yang salah satunya adalah agar orang tersebut mendapat pengakuan atau dipandang oleh orang lain serta dalam kelompok dimana ia bergabung.

F. Tujuan Solidaritas

Contoh dari tujuan atau manfaat yang didapat dari sifat solidaritas antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Terjaganya rasa persaudaraan dan pertemanan terhadap sesama.
  2. Munculnya rasa kepedulian terhadap sesama teman, keluarga dan orang lain.
  3. Lebih peka terhadap lingkungan sekitar.
  4. Terjalinnya kekompakan terhadap teman dan dalam kelompok.

G. Cara Menumbuhkan Rasa Solidaritas

1. Empati pada orang lain

Mennumbuhkan rasa empati dapat membantu seseorang dalam memahami orang lain terhadap masalah yang sedang dihadapi, sehingga dengan memahami perasaan orang lain, kita dapat menempatkan diri sesuai dengan kebutuhan.

2. Melakukan silaturahmi

Dalam kehidupan sosial, komunikasi merupakan hal yang sangat penting, dengan membentuk kebiasaan silaturahmi kepada orang lain, kita dapat menumbuhkan rasa yang kuat dalam membangun hubungan antar kelompok atau dalam kehiduan bermasyarakat.

3. Uayakan saling menyapa

Salah satu hal yang perlu dilakukan dalam membangun rasa solidaritas yaitu dengan seringanya menegur sapa. Sehingga dengan menjalin dan saling menyapa maka akan tumbuh rasa persahabatan dan persaudaraan yang kuat.

4. Tolong menolong

Membangun rasa solidaritas yang tinggi perlu dilakukan tindakan tolong menolong karena hal tersebut merupakan sikap yang dapat menjaga hubungan antar sesama manusia atau sesama kelompok individu.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.