Asas wawasan nusantara adalah suatu kaidah dasar yang diciptakan oleh seluruh penduduk Indonesia untuk dipelihara, ditaati dan dipatuhi. Adanya asas wawasan nusantara diperlukan supaya paran penduduk asli Indonesia tetap setia dan taat terhadap berbagai komponen pembentuk bangsa Indonesia yaitu meliputi aspek sosial dengan alamiah. Asas wawasan nusantara memang terdiri dari beberapa asas.

Asas Wawasan Nusantara

1. Kepentingan Sama

Dulu kepentingan Indonesia adalah keluar dari penjajahan Belanda dan Jepang. Semua masyarakat Indonesia memiliki kepentingan yang sama untuk bisa merdeka dari penjajahan. Kini, Indonesia memang sudah keluar dari penguasaan dan penjajahan secara fisik, namun sekarang masalahnya berkaitan dengan politik adu domba yang bisa memecahkan kerukunan bangsa.

Dulu dengan sekarang memang masalahnya berbeda, namun kepentingannya hampir sama yaitu memperolah rasa aman dan bisa menjaga kerukunan bangsa Indonesia. Dengan hidup yang rukun, maka semua masyarakat Indonesia bisa hidup berdampingan dan terhindar dari berbagai konflik yang bisa menghancurkan kedamaian.

2. Keadilan

Asas Keadilan merupakan sebuah asas yang berhubungan dengan kesesuaian dalam pembagian hasil kekayaan Indonesia. Asa keadilan dilakukan untuk kepentingan perorangan, kelompok, golongan serta daerah. Dengan terciptanya keadilan di masyarakat, maka kehidupan yang terbangun akan semakin kondusif dan terhindar dari berbagai permasalahan.

Keadilan memang harus diciptakan dan dibangun dengan benar, agar tidak menimbulkan kecemburuan sosial. Kasus ketidakadilan di Indonesia memang sangatlah banyak dan seringkali menimbulkan konflik yang berkepanjangan. Negara juga harus berperan aktif dalam menciptakan keadilan di masyarakat, agar semua masyarakatnya bisa hidup dengan rukun.

3. Kejujuran

Asas kejujuran merupakan salah satu asas yang berkaitan dengan keberanian untuk berkata, bertindak dan berpikir sesuai dengan kenyataan atau realitas yang terjadi. Kejujuran perlu diungkapkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sehingga kehidupan masyarakat bisa lebih kondusif dan tidak akan muncul berbagai konflik sosial di masyarakat.

Baca Juga :  Pengertian Bahasa : Sejarah, Perkembangan, Manfaat dan Fungsinya

Kejujuran memang sangat mudah untuk diucapkan, namun sangat sulit dilakukan dan banyak sekali pejabat negara Indonesia yang tidak jujur dalam mengemban jabatannya. Hal ini terlihat dari banyaknya kasus korupsi, suap dan berbagai kasus hukum lainnya. Semua aspek di masyarakat memang harus bekerja sama untuk memberantas krisis kejujuran yang melanda negara Indonesia.

4. Solidaritas

Asas solidaritas merupakan salah satu asas yang merujuk mengenai kerjasama, berkorban dan mau memberi terhadap orang lain. Ketika bangsa Indonesia telah memiliki masyarakat yang solid, maka keutuhan bangsa akan terjaga dengan baik. Ujian terhadap solidaritas memang sangatlah banyak dan salah satunya berkaitan dengan ancaman adu domba.

5. Kerjasama

Kerjasama memang berkaitan dengan koordinasi dan upaya gotong royong yang dilakukan secara berkelompok, baik itu kelompok dalam jumlah yang kecil maupun kelompok besar. Dengan adanya kerjasama yang baik antar masyarakat, maka akan tercipta masyarakat yang kompak dan solid. Semakin baik kerjasama, maka suatu pekerjaan akan lebih cepat selesai.

6. Kesetiaan

Kesetiaan merupakan salah satu asas yang berkaitan dengan kesepakatan bersama. Dengan adanya kesepakatan bersama, maka akan terciptanya kesetiaan utnuk membangun kesatuan dan persatuan. Ketika kesetiaan sudah mulai luntur, maka akan berpengaruh terhadap goyahnya kesatuan dan persatuan suatu bangsa atau negara. Untuk menciptakan asas kesetiaan di masyarakat memang sangatlah sulit, sehingga diperlukan pengawasan yang sangat ketat.

Demikian ulasan singkat mengenai asas wawasan nusantara dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.

Previous articleJelaskan Apa yang Dimaksud Dengan Hak Asasi Manusia
Next articleSebutkan Ciri-Ciri Mahluk Hidup