​
Home Pengetahuan Alam Letak Astronomis Asean

Letak Astronomis Asean

Letak Astronomis Asean (2)

Association of Southeast Asian Nations atau Asean adalah suatu organisasi ekonomi dan geopolitik yang terjadi antar negara yang ada di kawasan Asia Tenggara. Asean menjadi organisasi yang didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok. Pembentukan Asean dihasilkan dari deklarasi Perbara oleh Thailand, Singapura, Filipina, Malaysia dan juga Indonesia.

Organisasi Asean memang sengaja dibentuk untuk tujuan peningkatan pertumbuhan ekonomi, persatukan perbedaan, kestabilan tingkat regional, perdamaian, pengembangan kebudayaan dan meningkatkan kesempatan sosial. Dengan adanya Asean diharapkan bisa menciptakan kedamaian antar sesama negara dan bisa hasilkan berbagai kerjasama yang menguntungkan antar negara.

A. Sekilas Tentang Astronomis Asean

Berdasarkan letak geografisnya, Asean memang berada diantara 2 Benua dan dua Samudra. Benua yang dimaksud yaitu Benua Australia dengan Benua Asia. Asean juga berada diantara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Wilayah daratan yang dimiliki Asean sekitar 4,46 juta km² atau sama dengan 3% dari total luas daratan yang ada diseluruh permukaan bumi.

Asean juga memiliki populasi masyarakat yang lumayan banyak, karena jumlahnya sekitar 600 juta orang atau sama dengan 8.8% dari total populasi manusia yang ada di seluruh dunia. Secara umum, luas wilayah laut Asean yaitu 3 kali lipat dari luas wilayah daratan. Apabila Asean menjadi suatu entitas tunggal, maka Asean menduduki sebagai ekonomi terbesar kesembilan di dunia.

B. Prinsip Utama Asean

Asean menjadi organisasi yang memiliki prinsip yang jelas seperti menghormati identitas nasional, integritas wilayah nasional, kemerdekaan, kesamaan dan kedaulatan. Asean juga memberikan hak kebebasan untuk setiap negara, agar mengelola negaranya tanpa ada campur tangan, subversif dan intervensi dari pihak luar.

Asean juga akan membantu dalam menyelesaikan berbagai perbedebatan dan perbedaan dengan cara yang damai. Asean juga akan menolak setiap negara yang akan menggunakan kekuatan yang mematikan atas dasar kemanusiaan. Asean juga memiliki prinsip untuk membangun kerjasama yang efektif antara sesama anggotanya.

C. Letak Astronomis Asean

Letak astronomis Asia Asean yaitu berada di 28°LU-11°LS dan 93°BT-141°BT. Letak astronomis Asean sangat pengaruh terhadap iklim yang tercipta di setiap negaranya yaitu iklim tropis. Asean juga dapat dipastikan berada di belahan bumi timur dan disebelah utaranya berbatasan langsung dengan negara China.

Pada bagian selatannya, Indonesia berbatasan langsung dengan negara Australia dan Timor Leste. Bagian baratnya berbatasan langsung dengan negara Bangladesh dan India. Sedangkan di bagian timur, Indonesia berbatasan langsung dengan Papua Nugini dan Samudera Pasifik. Berdasarkan letak astronominya, Indonesia termasuk negara yang sangat potensial untuk menjadi negara maju.

D. Kondisi Iklim Asean

Letak astronomis Asean memang menghasilkan semua negara di Asia Tenggara memiliki daerah yang tropis dan lokasinya banyak ditemukan di sekitaran garis khatulistiwa atau ekuator. Iklim tropis menjadikan Indonesia memiliki tanah yang subur, sehingga berbagai jenis tanaman bisa tumbuh dengan baik dan menjadi tempat yang cocok untuk berbagai jenis hewan.

Iklim tropis yang muncul di berbagai wilayah Asean terjadi akibat adanya pengaruh dari angin musim yang berasal dari gurun di daratan Asia dan Australia. Tak hanya itu, iklim tropis juga dipengaruhi adanya angin pasat yang bertiup dari daerah subtropis menuju garis ekuator. Iklim tropis memang menghasilkan banyak keuntungan, namun ada beberapa juga yang merugikan.

Sekian bahasan singkat mengenai letak astronomis asean dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.