Anda pasti sudah mendengar bahwa pancasila merupakan dasar dari negara Indonesia, hal itulah yang menjadikan pancasila sebagai pandangan hidup. Pancasila menjadi pedoman mengenai berbagai hal di Indonesia. Dengan adanya pedoman yang jelas, tentu seluruh masyarakat Indonesia bisa memiliki jati diri dan bisa berperilaku sesyai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam butiran pancasila.

Makna Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa

1. Ketuhanan yang Maha Esa

Sila pertama dalam butir pancasila menjelaskan bahwa semua masyarakat harus percaya dan bertakwa kepada Tuhan. Artian tuhan tersebut disesuaikan dengan kepercayaan dan agama yang dianut. Mayoritas masyarakat Indonesia memang beragama islam dan percaya dengan keagungan Allah SWT, namun banyak juga yang menganut kepercayaan lainnya.

Makna dari sila pertama, maka masyarakat harus bisa hidup saling menghormati dan saling menghargai antar sesama umat beragama. Meskipun agamanya berbeda-beda, namun negaranya tetap sama Indonesia. Saling membantu antar umat beragama diharapkan terjalin dengan baik, sehingga negara Indonesia bisa aman dan sejahtera.

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Sila kedua dalam pancasila menjelaskan bahwa semua manusia memiliki derajat yang sama, sehingga harus saling menghargai dan menghormati. Apabila sikap saling menghargai tidak berjalan di masyarakat, maka akan memunculkan banyak konflik dan dengan banyaknya konflik yang terjadi, tentu stabilitas negara akan sangat terganggu.

Semua warga negara Indonesia juga harus bisa saling membantu dalam berbagai hal dan harus bisa saling menjaga. Masyarakat juga harus bisa membela hal benar dan harus melakukan kerjasama untuk mewujudkan kedamaian. Apabila semua elemen masyarakat sudah bisa hidup secara berdampingan dan aman, maka negara akan lebih cepat untuk maju.

3. Persatuan Indonesia

Sila ketiga dalam pancasila membahas mengenai pentingnya persatuan dan kesatuan dalam negara Indonesia. Meskipun memiliki maksud dan tujuan hidup yang berbeda-beda, masyarakat harus tetap menjaga persatuan demi kemajuan bangsa Indonesia. Persatuan Indonesia harus tetap terjaga, agar kondisi negara tetap kondusif.

Masyarakat juga harus memiliki kepribadian yang berani dan rela berkorban untuk memperjuangkan kedaulatan negara Indonesia. Masyarakat juga harus tetap bangga tehadap negara kesatuan republik Indonesia. Apabilab persatuan terjalin dengan sangat baik, maka Indonesia berpeluang menjadi negara yang maju di kemudian hari.

4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Khidmat dan Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan

Pada sila keempat dijelaskan bahwa masyarakat diharapkan untuk tidak memaksakan kehendak terhadap orang lain dan harus tetap mengutamakan kepentingan negara. Masyarakat dituntut untuk memiliki jiwa nasionalis yang tinggi, sehingga bisa menjaga jatidiri bangsa dengan baik dan bisa menghindarkan berbagai provokasi yang dilakukan negara lain.

Dalam kehidupan bermasyarakat, tentu akan banyak perbedaan pendapat yang muncul. masyarakat harus bisa meredam berbagai perbedaan cara pandang, sehingga tidak mementingkan ego pribadi. Selesaikan berbagai masalah dengan cara diskusi dan bermusyawarah, agar permasalahan lebih cepat selesai dengan proses yang baik.

5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Sila kelima menjelaskan bahwa semua rakyat Indonesia harus bisa bersikap adil terhadap sesamanya. Pola kekeluargaan dan gotong royong harus menjadi ciri utama masyarakat Indonesia. Masyarakan juga harus menyeimbangkan antara hak dan kewajiban. Dengan terciptanya keadilan sosial, maka kehidupan yang rukun akan terjalin dengan mudah dan kehidupan masyarakat akan lebih damai.

Sekian bahasan lengkap mengenai pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.