Pengertian Pendidikan Adalah Arti Fungsi, Tujuan, Manfaat, Macam Jenis dan Contoh

Pengertian pendidikan merupakan suatu pembelajaran mengenai wawasan, pengetahuan, kebiasaan, keterampilan dari beberapa orang atau kelompok secara turun temurun dari generasi ke generasi melalui pelatihan, pengajaran, dan penelitian. Seperti yang diucapkan dalam bahasa Inggris pendidikan yang berarti β€˜education’ yang diindonesiakan menjadi edukasi.

Pengertian pendidikan secara umum diartikan sebagai kegiatan secara sadar dan sistematis dalam mencapai taraf hidup yang lebih baik. Dengan begitu, pendidikan mampu mengembangkan karakter melalui berbagai kegiatan seperti nilai moral, agama, negara, dan lain sebagainya.

Pendidikan bisa diturunkan dari orang lain juga bisa dari diri sendiri yang disebut dengan otodidak alias menemukan pengetahuan sendiri. Pada umumnya, di Indonesia pendidikan formal dilewati dengan kegiatan pembelaran yang bertingkat dari taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengat atas, hingga di bangku perkuliahan. Hal ini berlaku di Indonesia, yang mana di setiap negara memiliki tingkat pendidikan yang berbeda-beda, meskipun pada dasarnya memiliki tingkatan yang sama, hanya saja cara pembelajarannya saja yang berbeda.

Ada pun sebagian kecil masyarakat yang melakukan home-scholling yang merupakan kegiatan pendidikan di rumah, juga e-learning yang merupakan kegiatan pembelajaran melalui online. Tentu kegiatan ini dilakukan karena alasan tertentu.

Di dalam Undang-Undang, pendidikan memiliki tujuang untuk mencerdaskan bangsa. Dengan begitu, pendidikan bisa dikatakan memiliki peran penting dalam pengembangan potensi warga menjadi manusia yang berilmu dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Meskipun begitu, manusia yang berilmu pasti bertakwa pada Tuhannya. Dengan begitu, warga negara akan menjadi manusia yang berbudi pekerti, kreatif, mandiri, hingga menjadi warga negara Indonesia yang baik dan bertanggung jawab secara demokratis.

A. Pengertian Pendidikan

Secara umum, pengertian pendidikan merupakan kegiatan yang terencana dalam mewujudukan suasana belajar dengan adanya peserta didik yang aktif dalam mengembangkan potensi. Potensi tersebut tentu memiliki tujuan dalam membentuk kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak, keterampilan dalam bermasyarakat dan bernegara.

Selain itu, pendidikan juga bisa diartikan sebagai bentuk kegiatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran bagi peserta didik agar dapat memahami, dan menjadikan lebih kritis dalam berpikir dan bertindak. Tentunya setiap kegiatan yang dilakukan akan membentuk manusia untuk berpikir, merasakan dan kepekaan.

1. Pengertian Pendidikan secara Etimologi

Secara etimologi, pendidikan dengan bahasa Inggris Education diambil dari dua kata bahasa latin yaitu E yang berarti pengembangan diri, dan duco yang berarti sedang berkembang.

Jika disimpulkan, bahwa pendidikan secara etimologi merupakan kegiatan berproses untuk mengembangkan kemampuan diri dalam berpikir dan bertindak.

2. Pengertian Pendidikan menurut KBBI

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pengertian pendidikan adalah suatu kata yang diambil dari kata dasar β€˜didik’ yang berarti proses. Dengan begitu, bisa diartikan sebagai proses pengubahan sikap dan berpikir individu atau kelompok dalam mendewasakan diri melalui pengajaran dan pelatihan.

3. Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Adapun pengertian pendidikan menurut para ahli yang mendefinisikan berbeda-beda, namun tetap sebagai proses pengembangan diri.

a). Ki Hajar Dewantara

Menurut Ki Hajar Dewantara yang merupakan Bapak Pendidikan Nasional, pendidikan adalah tuntunan hidup untuk kecil menjadi dewasa. Dengan begitu, mereka bisa tumbuh dewasa menjadi masyarakat yang selamat dan berbahagia.

Karena pada dasarnya pendidikan adalah kegiatan secara sadar melalui bimbingan, pengajaran, pelatihan untuk mereka di masa yang akan datang.

b). Ahmad D Marimba

Begitu juga menurut Ahmad D Marima yang mendefinisikan pendidikan sebagai bimbingan secara sadar dari para pendidik yang disebut guru dalam mengembangkan manusia secara jasmani dan rohani.

Pendidikan merupakan salah satu hal penting dalam kehidupan manusia. Bisa dibilang, bahwa pendidikan adalah salah satu kebutuhan untuk mengembangkan diri manusia. Hal yang dikembangkan melalui pendidikan seperti tingkah laku, pola pikir, tata krama, hingga agama untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi. Sebelumnya kita membahas bagaimana pengertian dan tujuan pendidikan. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas fungsi dan jenis pendidikan untuk kita ketahui sebagai tambahan wawasan kita mengenai pendidikan.

B. Fungsi Pendidikan

Salah satu hal yang diketahui untuk memahami pendidikan adalah fungsi pendidikan. Dengan begitu, kita bisa mengetahui bagaimana peranan pendidikan dalam kehidupan kita. Bisa dikatakan bahwa pendidikan memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia untuk menjadi yang lebih baik lagi.

Secara umum, fungsi pendidikan sebagai acuan untuk mengembangkan pola pikir, karakter, skill, kepribadian, dan agama pribadi untuk menjadi lebih baik dan bermartabat.

Adapun menurut ahli menjelaskan bagaimana fungsi pendidikan yang dikemukakan oleh Horton dan Hunt di antaranya sebagai berikut:

  1. Menanamkan keterampilan manusia dalam berdemokrasi. Di sini dijelaskan bahwa pendidikan berfungsi menanamkan pola pikir manusia untuk bisa berargumen dengan baik dan berdasarkan logika juga kenyataan yang ada.
  2. Membantu upaya melestarikan budaya di dalam hidup bermasyarakat. Dengan adanya pendidikan, maka kita sebagai manusia berbudaya dan sosial mampu hidup berkelompok di dalam masyarakat.
  3. Membentuk minat dan bakat seseorang sebagai bentuk kepuasan diri. Minat dan bakat dapat ditumbuhkan dan diolah menjadi suatu hal yang bermanfaat bagi manusia itu sendiri.
  4. Mempersiapkan manusia untuk bekerja dan mencari nafkah demi memenuhi kebutuhan mereka. Karena pada dasarnya, setiap manusia memiliki kebutuhan masing-masing, di mana kebutuhan tersebut dapat dipenuhi dengan bekerja untuk mencari penghasilan dan memenuhi kebutuhan tersebut.

C. Jenis Pendidikan

Dalam praktik kehidupan manusia, ada banyak sekali jenis pendidikan yang mungkin belum diketahui banyak orang, khususnya di Indonesia. Namun, secara khusus pendidikan dibagi menjadi tiga jenis yaitu pendidikan formal, non-formal, dan informal.

1. Pendidikan Formal

Pendidikan formal merupakan jenis pendidikan yang terstruktur dan dijalankan secara sistematis, sehingga memiliki jenjang pendidikan atau tingkatan pendidikan yang disebut kelas. Jenjang pendidikan formal di Indonesia contohnya adalah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Pendidikan Tinggi atau Sarjana (S1), Magister (S2), hingga S3.

2. Pendidikan Non-Formal

Pendidikan non-formal adalah jenis pendidikan yang berada di dluar jalur atau area pendidikan formal. Di mana pendidikan jenis ini dilakukan tidak terstruktur dan berjenjang seperti pendidikan formal. Jenis pendidikan ini juga bisa dilakukan dari diri sendiri atau dari orang lain, yang mana terdapat penilaian khusus dari orang lain.

3. Pendidikan Informal

Sedangkan untuk pendidikan informal merupakan jenis pendidikan yang berasal dari keluarga dan lingkungan. Orang-orang menyebutnya otodidak alias belajar dari pengalaman atau pengamatan. Pendidikan informal juga bisa dari keluarga sebagaimana orang tua memberikan pengajaran tentang sopan santun kepada anaknya.

Pendidikan informal ini cenderung pendidikan yang akan sering terjadi dalam kehidupan manusia. Meskipun disebut sebagai informal, namun jenis pendidikan ini sangat berharga bagi kehidupan manusia, mengingat manusia adalah makhluk sosial yang hidup berkelompok dan bermasyarakat.

Itulah ulasan mengenai fungsi dan jenis pendidikan yang perlu kita ketahui sebagai wawasan tambahan mengenai pendidikan. Dengan begitu, kita bisa memahami bagaimana peranan pendidikan dalam kehidupan dan kita bisa menghargai guru-guru kita.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.