Pengertian Pembangunan Ekonomi Tujuan, Perencanaan, Faktor dan Indikator

Untuk bisa meningkatkan keberhasilan sebuah Negara dalam bidang ekonomi, maka Negara tersebut harus mengupayakan pembangunan ekonomi yang maksimal. Pembangunan ekonomi sesungguhnya sangat erat kaitannya dengan beragam sistem kehidupan ini. Oleh karena itu, berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai pembangunan ekonomi.

Pengertian Pembangunan Ekonom

Pembangunan ekonomi merupakan sebuah proses yang dapat menyebabkan pendapatan perkapita di suatu Negara mengalami peningkatan dalam jangka panjang. Proses ini ditandai dengan adanya perubahan ciri-ciri penting dari sebuah masyarakat berupa sebuah perubahan mulai dari pola pikir, teknologi atau dari sisi kelembagaan.

Pembangunan ekonomi juga dimaknai dengan suatu proses kenaikan pendapatan keseluruhan dan perkapita dengan memperhitungkan adanya pertambahan suatu penduduk. Selain itu juga ditandai dengan adanya perubahan secara fundamental di sebuah struktur ekonomi suatu Negara dan juga naiknya pendapatan dari masyarakat itu sendiri dalam suatu Negara.

Adam Smith memaknai pembangunan ekonomi dengan sebuah proses perpaduan di antara kemajuan teknologi dan juga pertumbuhan penduduk. Sementara Prof. Meier berpendapat bahwa pembangunan ekonomi merupakan suatu proses kenaikan pendapatan secara rill perkapita di dalam jangka waktu yang relatif panjang.

Dari beberapa uraian di atas dapat dipahami bahwa Pembangunan Ekonomi adalah sebuah perubahan yang terjadi secara terus menerus dari waktu ke waktu. Perubahan tersebut terjadi melalui berbagai kombinasi proses untuk mendapatkan penghasilan yang lebih baik. Hal ini ditandai dengan adanya peningkatan pendapatan perkapita yang berlangsung dalam jangka waktu lama.

Pembangunan ekonomi di sini sangat bergantung kepada pertumbuhan ekonomi. Adanya pembangunan ekonomi menjadi pendorong akan tumbuhnya ekonomi. Sebaiknya, adanya pertumbuhan ekonomi akan memperlancar pembangunan ekonomi.

Jika dilihat dari sisi ruang dan wilayahnya, pembangunan ekonomi sesungguhnya juga bisa dimaknai dengan pembangunan Negara. Maka dari itu, umumnya pembangunan ekonomi juga berisikan strategi pembangunan daerah untuk dapat membangun stabilitas perekonomian Negara.

Tujuan Pembangunan Ekonomi

  1. Membuka lapangan pekerjaan untuk mengurangi pengangguran sehingga mampu menurunkan angka kemiskinan
  2. Meningkatkan kualitas hidup seluruh penduduk dengan mudahnya akses dalam kesehatan dan pendidikan
  3. Menyetarakan serta meningkatkan taraf hidup masyarakat
  4. Mengurangi kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat
  5. Meningkatkan kemakmuran dan keadilan dalam bermasyarakat

Perencanaan Pembangunan Ekonomi

Perencanaan pembangunan ekonomi merupakan sebuah proses yang dijalankan secara berkesinambungan dan mencakup berbagai keputusan serta pilihan yang dijadikan sebagai alternatif untuk penggunaan sumber daya. Tujuannya adalah untuk mengendalikan sebuah kegiatan perekonomian untuk dapat mencapai sasaran dan tujuan tertentu untuk masa yang akan datang.

Perencanan pembangunan ekonomi memiliki ciri-ciri tersendiri. Di antaranya adalah adanya usaha yang di dalamnya mencerminkan rencana untuk tujuan perkembangan dari sisi sosial dan ekonomi yang lebih baik. Adapun aktualisasi dari hal ini adalah adanya upaya pertumbuhan ekonomi yang progresif dan positif.

Ciri lain dari perencanaan pembangunan ekonomi adalah adanya usaha untuk melakukan perubahan dalam hal struktur ekonomi dan juga adanya perluasan dari sisi kesempatan kerja. Di samping itu, juga didukung oleh adanya pemerataan pembangunan dan juga pembinaan kepada lembaga ekonomi kemasyarakatan yang dapat menunjang pembangunan.

Di samping itu, perencanaan pembangunan ekonomi juga memiliki beberapa unsur pokok di dalamnya. Di antaranya adalah kebijaksanaan dasar ataupun strategi dasar perencanaan suatu pembangunan. Hal ini juga didukung oleh adanya kerangka dalam rencana makro.

Dari beberapa uraian yang dijelaskan di atas, maka dapat diambil pemahaman bahwa perencanaan pembangunan ekonomi memiliki beberapa tujuan. Di antara tujuan yang dimaksud adalah untuk mengarahkan kegiatan kepada pencapaian tujuan pembangunan itu sendiri. Selain itu juga bertujuan untuk memperbaiki penggunaan dari sumber daya publik yang tersedia.

Faktor Pembangunan Ekonomi

Tingkat keberhasilan dari pembangunan ekonomi sesungguhnya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Di antara faktornya adalah sebagai berikut.

1. Sumber Daya Alam

Sumber daya alam menjadi faktor yang sangat penting dalam pembangunan ekonomi. Pembangunan mustahil untuk dilakukan jika tidak ada sumber daya alam. Pengeluaran produksi sebuah Negara juga akan terkurangi dengan adanya sumber daya alam tersebut.

2. Sumber Daya Manusia

Faktor pembangunan ekonomi yang kedua adalah sumber daya manusia. Hal itu disebabkan karena semua tindakan ekonomi dijalankan oleh sumber daya manusia. Dalam hal ini, untuk melakukan pembangunan ekonomi, dibutuhkanlah sumber daya manusia yang berpotensi dan berkompeten di bidangnya.

3. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Adanya ilmu pengetahuan dan teknologi memungkinkan adanya pengelolaan sumber daya manusia yang efektif dan juga efisien. Keduanya dibutuhkan untuk mengelola serta mengatur sumber daya alam dan sumber daya manusia. Dengan adanya IPTEK tersebut, pekerjaan akan semakin mudah, cepat dan ringan.

4. Kondisi Sosial Budaya

Kondisi sosial budaya bisa menjadi pendorong atau bahkan penghambat bagi pertumbuhan ekonomi sebuah Negara. Adanya jiwa sosial yang tinggi mendorong pembangunan ekonomi yang semakin baik. Begitupun sebaliknya. Sehingga, dapat dipastikan bahwa kondisi sosial budaya memiliki pengaruh yang penting.

5. Kondisi Politik

Politik adalah salah satu faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi. Ia bisa menjadi teman atau lawan bagi pembangunan. Hal itu disebabkan karena politik sendiri akan sangat mempengaruhi kebijakan pasar. Negara yang kondisi politiknya baik dan stabil, maka perekonomian juga akan berjalan dengan baik.

6. Sistem Pemerintahan

Sistem pemerintahan sesungguhnya juga akan mendorong terbentuknya sistem ekonomi di sebuah Negara. Misalnya Negara Indonesia menganut sistem demokrasi, maka sudah bisa dipastikan bahwa sistem perekonomiannya juga memberikan kebebasan disertai dengan pengawasan. Artinya, sistem pemerintahan yang baik akan mendorong perekonomian pula.

7. Sarana Prasarana

Sarana prasarana adalah komponen yang sangat penting dalamΒ  berbagai bidang kehidupan. Agar pembangunan ekonomi menjadi semakin optimal, maka dibutuhkan sarana prasarana yang lengkap dan memadai. Karena jika sarana dan prasarananya tidak mendukung, maka pembangunan ekonomi akan terhambat dan permasalahan Negara akan semakin kompleks.

Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi

Untuk melihat seberapa baik pembangunan ekonomi sebuah Negara, ada beberapa indikator di dalamnya. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Urbanisasi

Urbanisasi menjadi salah satu indikator pembangunan ekonomi karena jika penduduk di sebuah Negara pindah dari desa ke kota, maka hal tersebut menandakan bahwa kesejahteraan dan kemakmuran akan muncul.

2. Pendapatan Perkapita

Pendapatan perkapita juga menjadi indikator keberhasilan pembangunan ekonomi. Jika pendapatkan perkapita semakin tinggi dan mengalami kenaikan, maka itu juga akan membuat stabilitas ekonomi lebih baik. Sehingga masyarakat juga akan semakin terjamin.

3. Struktur Ekonomi

Indikator selanjutnya dari pembangunan ekonomi adalah struktur ekonomi. Ketika pembangunan ekonomi mengalami perkembangan, maka struktur ekonominya juga akan mengalami perkembangan.

4. Pendidikan

Indikator keberhasilan pembangunan ekonomi selanjutnya adalah dari sisi pendidikan. Jika masyarakat di sebuah Negara memiliki tingkat pendidikan yang tinggi, maka pembangunan ekonominya juga akan semakin maju. Semakin banyak warga Negara yang cerdas, maka pembangunanya juga akan semakin bagus sebagaimana contohnya seorang yang memiliki kepandaian dalam wirausaha mampu membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

5. Kesehatan

Kesehatan juga sangat berpengaruh kepada perekonomian. Dengan mudahnya akses dalam bidang kesehatan, maka taraf kehidupan masyarakat juga akan semakin tinggi. Sehingga bisa dipastikan bahwa kesehatan menjadi salah satu indikator keberhasilan pembangunan ekonomi.

Upaya pembangunan ekonomi di sebuah Negara sangatlah penting. Pembangunan ekonomi berhubungan dengan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat di sebuah Negara.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.