4.83/5 (6)

Zaman modern saat ini bekerja dari rumah sudah menjadi gaya hidup banyak orang. Sebagian orang lebih memilih untuk bekerja di rumah dibandingkan harus bekerja di kantor. Hal ini dikarenakan banyak sekali faktor penyebabnya. Mulai dari jadwal waktu yang padat, kurangnya waktu dengan keluarga serta kemacetan lalu lintas yang dilalui setiap hari. Maka dari itu banyak sekali orang yang mencoba peruntungan melalui peluang usaha online.

Ternyata banyak sekali pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah. Dengan melakukan bisnis online maka Anda tidak perlu memasarkan bisnis Anda langsung secara offline. Selain itu modal yang dibutuhkan juga relatif kecil. Anda hanya butuh internet serta laptop atau smartphone untuk bisa menghasilkan uang. Jika masih bingung berikut beberapa jenis usaha online yang bisa Anda coba di rumah.

Daftar Peluang Usaha Online

1. Memasarkan Produk atau Sebagai Affiliate Marketer

Affiliate marketing di era sekarang sudah sangat familiar dalam pembahasan bisnis online. Affiliate marketing ini dikenal sebagai perantara. Di dunia online, tentu sudah sangat tidak asing lagi dengan yang namanya perantara atau makelar. Yang membedakan antara makelar online dan offline yaitu cara bisnisnya.

Kemudahan affiliate marketing, yaitu Anda hanya memasarkan produk orang lain dan kemudian mendapatkan komisi dari barang yang anda promosikan tersebut. Menjadi affiliate marketer berarti Anda memiliki tugas untuk mengirim visitor atau pengunjung, dengan jumlah yang banyak ke sebuah web, atau toko. Manakala konsumen tersebut membeli barang maka Anda akan mendapatkan komisi.

2. Membangun Online Shop

Jika Anda memiliki produk sendiri, maka langkah baik untuk membuat online shop. Online shop digunakan sebagai tempat penjualan secara online. Hal ini memungkinkan Anda untuk menjangkau lebih banyak pembeli. Bahkan mereka yang berada di tempat jauh. Dengan menggunakan metode online shop maka modal yang dibutuhkan juga sangat sedikit. Bahkan ada juga yang tanpa modal, hanya dengan mengandalkan smartphone maka Anda sudah bisa memasarkan produk secara online.

Ketika melakukan penjualan secara online, maka sangat penting untuk menjaga kepercayaan daripada castomer. Untuk itu sebaiknya Anda selalu mengusahakan bahwa barang yan dijual juga selalu tersedia stoknya. Selain itu, juga pastikan untuk memberikan respons yang cepat mana kala ada customer yang menghubungi. Usaha bisnis online ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Bahkan dengan pendidikan yang rendah pun juga dapat berjualan secara online.

3. Menawarkan Jasa

Saat ini bisnis online rumahan memang semakin marak. Melalui online, Anda bisa menjual apa saja jenis jasa tergantung dari keahlian yang Anda miliki. Anda bisa membuat website, jasa fotografi, atau bisa juga menjadi pengajar pada sebuah bidang tertentu.

Silakan Anda manfaatkan media sosial sebagai cara untuk melakukan promosi. Mempromosikan Bisnis secara online tentu akan menambah penghasilan. Selain itu juga menjadi salah satu cara untuk menyalurkan hobi serta bakat yang anda miliki.

4. Menjadi Penulis Konten

Jika Anda merupakan orang yang hobi menulis maka jangan sungkan untuk menjadi penulis konten. Menjadi content writer adalah salah satu bisnis online rumahan tanpa modal sepeserpun. Di era sekarang ini, banyak sekali pemilik website yang membutuhkan penulis konten untuk mengisi website mereka. Tentu ketika menjadi penulis konten, Anda juga harus dapat menyesuaikan beragam materi yang diminta dari klien atau pemilik website tersebut.

Menjadi seorang penulis konten merupakan salah satu pekerjaan yang cukup menjanjikan. Semakin banyak artikel yang bisa Anda buat, maka ada juga semakin mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Selain itu, waktu kerja Anda juga sangat fleksibel serta Anda bebas bisa bekerjasama dengan beragam jenis pemilik website di luar sana.

5. Berjualan di Marketplace

Meskipun saat ini marketplace bisa dikatakan cukup mudah tetapi juga dibutuhkan pembelajaran tersendiri. Terlebih jika anda merupakan pemula. Berjualan di marketplace atau pasar online merupakan solusi terbaik bagi anda yang masih pemula dalam bisnis online.

Saat ini pengunjung marketplace juga semakin ramai sehingga kemungkinan besar produk Anda akan segera laku. Ditambah berjualan di marketplace tersebut gratis. Ketika Anda berjualan di websitenya bukan milik Anda sendiri tentu terdapat beberapa keterbatasan.

Bukan hanya itu saja, Anda juga tidak bisa membangun brand sendiri dikarenakan Anda bergantung dengan headset atau market kelas tersebut. Namun Anda juga bisa dengan mencoba berbisnis terlebih dahulu di marketplace untuk mendapatkan pembeli. Setelah itu ajaklah pembeli Anda untuk berkunjung ke website Anda sendiri.

6. Menjadi Seorang Dropshipper

Dropshipper merupakan salah satu orang yang berjualan tanpa memiliki stok. Ketika seseorang order produk dari Anda, maka Anda akan memberikan orderan tersebut kepada pihak ketiga atau supplier. Supplier tersebutlah yang kemudian akan mengirimkan barangnya kepada pembeli. Dengan ini maka Anda tidak perlu menyimpan barang milik supplier.

Supplier kemudian akan mengirimkan atas nama mereka namun terkadang ada juga yang mau mengirim atas nama bisnis Anda. Menjadi dropshipper memiliki beberapa keuntungan. Tidak butuh banyak modal untuk memulai serta tidak butuh stock dan bisa dilakukan di mana saja.

7. Menjadi Publisher Iklan

Apakah Anda semua tahu kenapa di internet banyak sekali yang informasi gratis? Banyak sekali orang yang rela menulis artikel bagus kemudian diterbitkan secara gratis di blog. Perlu Anda ketahui mereka semua itu mendapatkan penghasilan dari iklan. Untuk itu menjadi publisher iklan merupakan salah satu bisnis yang bisa Anda coba.

8. Membuka Kursus Online

Tenang saja, Anda tidak perlu menjadi guru cara sungguhan. Yang paling penting yaitu Anda memiliki sesuatu yang bisa Anda ajarkan. Di era sekarang ini baik di luar negeri ataupun di Indonesia khusus online sudah sangat populer.

Hal ini dikarenakan prosesnya lebih mudah, serta dengan kursus oleh Anda bisa mendapatkan lebih banyak murid. Dalam kursus online, biasanya guru akan mengulang-ulang materinya ketika penghasil kelas baru. Namun, ini namanya kursus online sehingga dapat direkam serta ditempatkan di dalam website.

9. Menyediakan Jasa Desain Grafis

Seorang grafik desainer sudah profesional dapat menghasilkan penghasilan lebih dari satu miliar per tahun. Tentu mereka yang profesional tentunya memiliki banyak pengalaman serta portofolio. Sebagai seorang penyedia jasa desain grafis maka peluang kerja Anda tidak terbatas wilayah.

Anda juga bisa mendapatkan klien dari luar negeri sekalipun. Perlu diketahui sebagian besar penyedia jasa website di atas juga masih pemula sehingga Anda tidak perlu takut dengan desain yang ada buat.

10. Menjual Stock Desain Grafis

Ada beberapa orang yang tidak suka menjual jasa. Jika Anda merupakan tipe orang seperti ini maka Anda bisa menjual stock. Stock merupakan sejenis template yang siap dikustomisasi serta sudah siap pakai. Anda bisa mencoba template Photoshop atau Illustrator. Ketika seseorang membeli stock Anda, maka seseorang tersebut dapat menggunakan desainnya untuk beragam jenis keperluan.

11. Menjadi Copywriter

Copywriter merupakan seseorang yang mampu mempengaruhi pembaca. Tugas seorang copywriter yaitu untuk mempengaruhi orang lain supaya mereka mau melakukan sesuatu melalui tulisan yang kita buat.

Seorang copywriter, memiliki pekerjaan seperti menulis teks iklan, menulis teks pada bagian landing page atau halaman penjualan. Serta menulis beragam jenis teks yang memiliki tujuan untuk memengaruhi orang lain. Copywriter merupakan salesman dalam bentuk kata.

12. Menjadi Translator

Peluang usaha online selanjutnya yaitu translator. Masih terkait dengan dunia tulis-menulis, jasa translate bahasa Indonesia ke Inggris, serta sebaliknya adalah suatu pekerjaan yang cukup banyak dibutuhkan. Meskipun translator yang belum profesional tidak bisa memiliki penghasilan yang tinggi tetapi pekerjaan ini cocok untuk usaha sampingan yang tidak memakan banyak waktu.

13. Menulis serta menerbitkan ebook

Peluang usaha online terakhir yang bisa Anda coba yaitu menulis dan menerbitkan ebok. Meskipun ebook sudah dibahas pada bagian produk informasi, akan tetapi yang kami maksud di sini sedikit berbeda. Bukan hanya menjual sendiri namun juga bisa menerbitkan ebook secara resmi. Semua orang bisa menerbitkan ebook tanpa syarat memiliki Sertifikat bisa menulis buku.

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Apakah artikel ini perlu tambahan penjelasan? Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.