Home artikel Pengertian Kesehatan Menurut Para Ahli, WHO, dan Depkes

Pengertian Kesehatan Menurut Para Ahli, WHO, dan Depkes

Pengertian Kesehatan Menurut Para Ahli, WHO, dan Depkes

Istilah kesehatan tentu bukan merupakan kata baru dalam kamus keseharian warga terutama keutamaan atau penting nya frasa yang diambil dari kata sehat ini. Kesehatan merupakan impian siapa pun untuk terhindar dari berbagai penyakit agar aktifitas menjalankan kegiatan sehari-hari menjadi lancar tanpa gangguan suatu apa pun.

Namun hal yang masih disayangkan masyarakat umum nya tidak memperdulikan kesehatan mereka sendiri sampai kemudian mereka benar-benar sakit dengan kata lain orang cenderung ingin sehat ketika mereka dalam posisi sakit sementara mereka berada dalam kondisi sehat atau fit maka kesehatan akan dilupakan dengan tidak memperhatikan pola makan, istirahat dan aktifitas yang berbelihan.

Kesehatan di sini tentu tidak hanya mengarah pada kesetahan fisik tubuh seseorang namun juga membahas mengenai kesehatan mental. Berikut akan dijelaskan makna saintifik mengenai kesehatan oleh para ahli terkemuka, lembaga kesehatan dunia atau WHO, hingga Departemen Kesehatan Indonesia atau Depkes.

Pengertian Kesehatan Menurut Para Ahli

1. Paune

Seorang ahli dalam dunia medis, menjelaskan bahwa kesehatan adalah kenormalan pada fungsi-fungsi organ tubuh dalam menjalankan fungsi nya tanpa gangguan rasa nyeri atau kegagalan fungsi dalam melakukan aktifitas.

2. Perkins

Jauh sebelum Paune mengemukakan pendapat mengenai kesehatan, Perkins, seorang ahli medis telah mengungkapkan pada tahun 1938 bahwasannya kesehatan merupakan keseimbangan yang dinamis antara fungsi dan bentuk tubuh dalam kaitannya dengan lingkungan sekitar yang memperngaruhi kedua elemen tersebut.

3. White

Dalam mendifinisikan kesehatan, White yang seorang dokter memiliki cara untuk mengartikan kesehatan secara sederhana. Menurut White, kesehatan merupakan keadaan normal pada sesorang yang tidak memilikim keluhan atau absennya gejala-gejala penyakit yang diidentifikasi secara medis pada saat proses pemeriksaan berlangsung.

4. Neuman

Berbeda dengan pendapat Paune, Perkins, mau pun White, Neuman mengartikan kesehatan sebagai bentuk keseimbangan antara fisik, psikis, sosial, spiritual, budaya dan biopsisko pada tubuh seseorang dimana dapat disimpulkan bahwa Neuman juga mengarah pada makna sehat secara jiwa.

Pengertian Kesehatan Menurut WHO

WHO mungkin terdengar asing bagi orang awam. Namun organisasi yang memiliki nama panjang World Health Organization ini merupakan rezim kesehatan dunia atau dengan terjemahan Lembaga Kesehatan Dunia yang diampu langsung oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa.

WHO memiliki tugas untuk mendefinisasikan makna kesehatan dan penyakit termasuk pengawasan terhadap penanganan penyakit endemic serta obat-obatan di seluruh dunia. Pada pernyataannya yang dikeluarkan tahun 1947, WHO mendefinisikan kesehatan sebagai keadaan mental, fisik dan kesejahteraan sosial yang berfungsi secara normal tidak hanya dari keabsenan suatu penyakit.

Pengertian Kesehatan Menurut Depkes

Departemen Kesehatan tentu memiliki definisi tersendiri bagi warga Indonesia untuk dapat lebih memahami dan peduli pada kesehatan mereka sendiri. Departemen kesehatan merupakan lembaga yang berada dalam naungan langsung Kementerian Kesehatan oleh karena nya pengertian kesehatan secara langsung didefinisikan oleh Kemenkes sementara Depkes hanya tinggal menyebarluaskan saja.

Definisi kesehatan menurut Kemenkes yang tertulis dalam UU No. 23 tahun 1992 merupakan keadaan normal dan sejahtera anggota tubuh, sosial dan jiwa pada seseorang untuk dapat melakukan aktifitas tanpa gangguan yang berarti dimana ada kesinambungan antara kesehatan fisik, mental dan sosial seseorang termasuk dalam melakukan interaksi dengan lingkungan.

Kesehatan oleh masyarakat masih dianggap penting setelah orang tersebut dalam keadaan sakit. Namun, tentu akan lebih baik untuk dapat melakukan pencegahan dengan menjaga kesehatan daripada mengobati.

5/5 (1)

Please rate this