Pengertian Yayasan : Syarat Pendirian, Jenis Jenis dan Tujuan

Yayasan adalah entitas non-pemerintah yang didirikan sebagai perusahaan nirlaba atau kepercayaan amal, dengan tujuan utama membuat hibah organisasi terkait, lembaga atau individu untuk ilmiah, pendidikan, budaya, agama , atau tujuan amal lain. Terdapat dua macam Yayasan, sebuah yayasan yang didirikan oleh pemerintah tentunya mendapatkan dana dari Negara sedangkan yayasan swasta biasanya memperoleh pemasukan dari sumbangan keluarga, individu, ataupun perusahaan.

Artikel Materi Penjelasan Yayasan Lengkap :

Pendidikan merupakan salah satu aspek terpenting dalam kehidupan kita selain aspek kesehatan dan ekonomi. Dengan pendidikan kita bisa memperkaya khasanah ilmu pengetahuan yang kita miliki. Pendidikan juga merupakan salah satu aspek dan jenis dari yayasan. Berikut akan dibahas mengenai pengertian yayasan menurut beberapa ahli:

1. Menurut Poerwadarminta menjelaskan bahwa yayasan didirikan dengan tujuan untuk memajukan suatu sekolah untuk maksud dan tujuan tertentu.

2. Zainul Bahri juga mengungkapkan bahwa yayasan merupakan suatu badan hukum yang muncul sebagai sarana untuk mencapai tujuan tertentu di bidang sosial khususnya.

3. Menurut Achmad Ichsani, yayasan itu tidak memiliki anggota. Hal ini dikarenakan sebagian harta kekayaan sebuah yayasan terpisah dengan harta yang dimiliki oleh pendirinya. Sebagian harta yang telah disumbangkan untuk yayasan akan menjadi kekayaan yayasan serta digunakan dalam memajukan bidang sosial, keagamaan dan lain – lain.

Syarat Pendirian Yayasan dan Tujuan Didirikannya Sebuah Yayasan

Berikut ini akan dikaji lebih dalam mengenai syarat – syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk mendirikan sebuah yayasan:

1. Sebuah yayasan dibangun dan didirikan oleh perseorangan atau mandiri, boleh juga didirikan

2. Yayasan didirikan lewat seorang akta notaris menggunakan bahasa Indonesia.

3. oleh beberapa orang dalam sebuah kelompok. Caranya adalah dengan menyisihkan beberapa harta yang anda miliki untuk menjadi modal awal yayasan yang anda dirikan.

4. Pada yayasan tersebut memiliki struktur organisasi atau Organ Yayasan sebagai berikut: Pembina, pengurus yayasan dan pengawas.

5. Surat wasiat dapat digunakan untuk mendirikan sebuah yayasan.

6. Setelah mendapatkan akta pendirian sebuah yayasan maka pihak yayasan dapat memperoleh status badan hukum. Pengesahan yayasan dapat dilakukan oleh menteri atau pejabat tertentu yang telah dipilih.

7. Penentuan nama yayasan harus orisinil, artinya nama tersebut belum pernah digunakan oleh seutu lembaga atau yayasan tertentu.

Jenis – jenis yayasan antara lain adalah yayasan pendidikan, yayasan kesehatan, yayasan pemberdayaan masyarakat. Masing – masing yayasan memiliki fungsi dan peran yang berbeda berdasarkan aspek yang dikaji. Yayasan pendidikan memiliki fungsi yang sanagt penting. Mengapa? Hal ini dikarenakan pendidikan adalah sarana untuk memajukan generasi emas dan mencetak generasi penerus bangsa yang nantinya akan menjadi calon pemimpin bangsa yang hebat.

Dengan sebuah pendidikan dapat mengasah anak – anak untuk terus mengudate beragam informasi melalui berbagai terobosan yang semakin pesat perkembangannya. Selain itu, dengan pendidikan pula kita dapat mengasah keterampilan mereka untuk mengasah daya kreativitas yang akan menjadi bekal bagi mereka untuk mengembangkan budaya dan kesenian di negeri ini.

Salah satu peran dan fungsi sebuah yayasan adalah membantu masyarakat di sekitar untuk memajukan pendidikan di dan kesejahteraan masyarakat. Dengan mendapatkan pendidikan yang cukup, kini dengan modal tersebut kita dapat meningkatkan kecerdasan anak sebagai sarana untuk memajukan bangsa ini.

Selain itu, yayasan juga memiliki banyak peran penting dalam kehidupan. Mengapa? Hal ini dikarenakan sebuah yayasan memiliki banyak fungsi, diantaranya adalah sebagai sebuah wadah yang bersifat non profit, meningkatkan kesejahteraan, perlindungan serta memiliki peran penting dalam berbagai kegiatan sosial, keagamaan, dan pelayanan sosial khususnya di dalam dunia pendidikan.

Menurut UUY, dapat kita ketahui apa saja sih yang menjadi tujuan didirikannya sebuah yayasan? Tujuan didirikannya sebuah yayasan adalah untuk mencapai suatu hal yang telah didesain dan ditentukan baik di bidang sosial, keagamaan dan kemanusiaan. Tujuan suatu yayasan juga diwajibkan untuk dimasukkan dalam anggaran dasar dari yayasan pendidikan yang anda dirikan.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.