Pengertian Ergonomi : Tujuan, Prinsip, Manfaat Dan Contoh

Jagad.idApa sih yang terbesit di benak anda saat mendengar kata Ergonomi? Ergonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu ergon dan nomos. Ergon sendiri memiliki arti kerja, sedangkan nomos memiliki arti suatu prinsip atau aturan. Sedangkan secara terminologi ergonomi adalah sebuah peraturan tentang langkah – langkah melakukan suatu pekerjaan, di dalamnya termasuk bagaimana sikap dalam bekerja

  • Definisi Ergonomi
  • Pengertian Ergonomi Menurut Para Ahli
  • Tujuan Ergonomi
  • Prinsip Ergonomi
  • Manfaat Ergonomi
  • Contoh Ergonomi

Pengertian Ergonomi Menurut para Ahli

Berikut ini akan dikaji mengenai beberapa pengertia tentang ergonomi menurut para ahli:

1. Ergonomi berasal dari bahasa Yunani ergon yang berarti kerja dan nomos yang berarti aturan. Ergonomi merupakan suatu aturan yang berhubungan dengan kerja.

2. Menurut IEA (2002) menyatakan bahwa ergonomi adalah ilmu yang meempelajari tentang hubungan antara manusia dengan pekerjaan yang menggunakan teori, prinsip data dan metode untuk menciptakan sistem yang optimal.

3. Pengertian ergonomi menurut Mc Coinick ada tiga hal, yaitu:

  • Ergonomi berkaitan dengan memfokuskan diri pada manusia dan bagaimana interaksi yang terjalin dengan produk, peralatan, asilitas dan di lingkungan tempat kerja dalam kehidupan sehari – hari.
  • Ergonomi menekankan pada peningkatan efektifitas dan efisiensi kerja yang bertujuan untuk meningkatkan nilai – nilai kemanusiaan. Salah satu contohnya adalah: mengutamakan keselamatan kerja karyawan K3, mengurangi rasa lelah dan lain – lain.
  • Ergonomi berkaitan dengan aplikasi mengenai beragam informasi yang di dalamnya mengandung keterbatasan manusia, kemampuan, ciri khas tingkah laku, motivasi dalam merancang lingkungan tempat bekerja sehari – hari.

4. Ergonomi merupakan sebuah ilmu yang memberikan berbagai informasi yang berkaitan dengan perilaku manusia, kemampuan, keterbatasan dan karakteristik dan karakteristik lainnya yang digunakan untuk meningkatkan produktivitas dan keselamatan kerja (Chapains, 1985).

5. Menurut Sulistiadi (2003) menyatakan bahwa pengertian ergonomi mencakup hal – hal berikut ini:

  • Suatu lingkungan yang memperhatikan kebersihan, tata letak, suhu, pencahayaan, sirkulasi udara, desain dan lain – lain.
  • Persyaratan fisik dan mental pekerja untuk menyiapkn diri dalam bekerja baik dibidang pendidikan, pengalaman kerja, umur dan lain – lain.
  • Peralatan kerja yang beresiko menyebabkan kecelakaan kerja seperti pisau, palu, zat kimia dan lain – lain.
  • Interaksi antara pekerja dengan alat yang digunakan untuk bekerja. Hal ini berkaitan dengan keselamatan kerja dan kesesuaian ukuran alat kerja dengan pekerja.

Tujuan, Prinsip, Manfaat & Contoh Ergonomi

Tujuan Ergonomi

Berikut akan dikaji tujuan dari ergonomi secara umum:

1. Meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental dengan melakukan pencegahan penyakit yang timbul saat kerja, mengurangi resiko beban kerja dan mengupayakan kepuasan kerja.

2. Meningkatkan kesejahteraan sosial dengan cara meningkatkan kualitas kontak sosial, mengelola dan meningkatkan jaminan sosial selama usia produktif maupaun setelah produktif.

3. Menciptakan keseimbangan rasional dalam berbagai aspek kehidupan seperti aspek ekonomi, teknis, budaya, antropologis dan lain – lain.

Prinsip Ergonomi

Adapun prinsip – prinsip ergonomi antara lain adalah kegunaan, keamanan, kenyamanan, fleksibilitas dan kekuatan. Selain itu, prinsip ergonomi yang harus anda ketahui adalah mengurangi beban kerja yang berlebihan, menurunkan kadar stres, menciptakan area kerja yang nyaman, melakukan gerakan untuk peregangan saat bekerja dan lain – lain.

Manfaat Ergonomi

Manfaat yang dapat kita peroleh dari ergonomi adalah sebagai sarana untuk meningkatkan kinerja yang mengutamakan ketepatan, keselamatan dan menurunkan energi saat bekerja. Selain itu, manfaat dari ergonomi adalah untuk mengurangi waktu, biaya, mengoptimalkan sumber daya manusia lewat mengikuti pelatihan berbagai macam ketrampilan. Mengoptimalkan dan mengefisienkan waktu serta memberikan kenyamanan bagi karyawa saat bekerja.

Contoh Ergonomi

Contoh dari ergonomi adalah kursi kerja. Bagi anda yang bekerja di kantor kursi kerja menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Kursi yang nyaman dapat membuat anda bekerja dengan nyaman. Begitu juga dengan desain ruangan yang juga akan mempengaruhi mood anda saat bekerja. Oleh karena itu, ciptakanlah suasana kerja yang nyaman dan wangi agar anda betah berlama – lama dalam bekerja.

error: This content is protected by DMCA