Pengertian Lembaga Adalah Arti, Jenis, Fungsi Dan Unsur

Membahas tentang lembaga sesungguhnya lebih merujuk pada sesuatu bentuk, sekaligus mengandung makna yang abstrak. Karena dalam pengertian lembaga juga mengandung tentang seperangkat norma, peraturan-peraturan yang menjadi ciri lembaga tersebut. Secara umum definisi atau pengertian lembaga adalah suatu sistem yang kompleks dan mencakup berbagai hal yang mengandung konsep sosial, psikologis, hukum dan politik.

A. Pengertian Lembaga Menurut Para Ahli

1. Adelman dan Thomas

Mendefenisikan lembaga sebagai suatu bentuk interaksi antara manusia yang mencakup tiga tingkatan antara lain:

  • Tingkatan nilai kultural yang menjadi acuan bagi institusi yang lebih rendah tingkatanya.
  • Mencakup faktor hukum dan peraturan yang mengkhususkan pada apa yang disebut dengan aturan main (the rules of the game).
  • Mencakup pengaturan yang bersifat kontraktual yang digunakan dalam proses transaksi.

2. Hendropuspito

Lembaga merupakan bentuk lain dari organisasi yang tersusun secara tetap dari pola-pola tingkah laku, peranan-peranan dan relasi sebagai cara yang mengikat guna terciptanya kebutuhan-kebutuhan sosial dasar.

3. Kartodiharjo

Lembaga merupakan instrument yang mengatur hubungan antar individu. Lembaga juga dapat diartikan sebagai seperangkat ketentuan yang mengatur masyarakat yang telah mendefenisikan bentuk aktivitas yang dapat dilakukan oleh pihak tertentu terhadap pihak yang lain, hak istimewa yang telah diberikan serta tanggung jawab yang harus dijalankan.

4. Macmillan

Lembaga merupakan seperangakat hubungan norma-norma, keyakinan, nilai-nilai nyata yang terpusat pada kebutuhan sosial dan serangkaian tindakan penting dan berulang.

5. Hayami dan Kikuchi

Defenisi Lembaga dibagi menjadi dua, yaitu;

  • Lembaga merupakan sekumpulan aturan mengenai hubungan antar manusia dengan lingkungannya yang menyangkut hak-hak, perlindungan hak-hak serta tanggung jawab.
  • Lembaga merupakan suatu organisasi yang memiliki hirarki, yaitu adanya mekanisme administratif dan kewenangan didalamnya.

B. Macam Jenis Lembaga

1. Lembaga keluarga

Lembaga keluarga merupakan lembaga pertama yang akan dimasuki oleh setiap orang sejak lahir. Lembaga keluarga dapat dikatakan sebagai lembaga paling dasar yang terdiri dari keluarga inti seperti ayah, ibu dan anak-anak. Dimana ayah berperan sebagai kepala lembaga keluarga, ibu berperan sebagai wakil kepala, sekretaris, bendahara dari lembaga keluarga tersebut dan anak-anak merupakan anggotanya oleh karena itu, suksesnya seseorang dapat dilihat dari lembaga keluarganya.

2. Lembaga pendidikan

Lembaga pendidikan merupakan lembaga yang berorientasi dibidang pendidikan, tempat belajar dan mengajar, dimana anggotanya dapat belajar untuk menjadi lebih baik pada satu bidang.

3. Lembaga agama

Lembaga agama merupakan lembaga yang berhubungan dengan agama tertentu dan anggotanya memunyai keyakinan terhadap agama yang sama. Dalam lembaga tersebut para anggota dapat berbagi ilmu dan melakukan kegiatan bermanfaat bersama-sama atas nama keyakinan masing-masing. Tujuan adanya lembaga agama ini yaitu untuk mempererat hubungan dan persatuan para umat beragama.

4. Lembaga kesehatan

Lembaga kesehatan merupakan lembaga yang berorientasi pada pelayanan masyarakat, bertujuan untuk menjadikan masyarakat selalu sehat baik secara fisik maupun mental.

5. Lembaga hukum

Lembaga hukum merupakan lembaga yang mengatur mengenai tata tertib dalam masyarakat dan memberikan bantuan dalam bidang hukum kepada masyrakat yang membutuhkan. Tidak semua masyarakat paham dan mengerti tentang hukum, maka disinilah lembaga hukum berperan untuk membantu.

6. Lembaga politik

Lembaga politik biasanya merupakan lembaga yang terdapat dalam masyarakat yang berhubungan dengan penanganan masalah yang berkaitan dengan tata tertib, aturan atau administrasi tertentu. Lembaga ini juga membantu masyarakat dalam berbagai hal dan menjadi tempat berkumpulnya orang-orang yang mempunyai visi dan misi yang sama dalam hal politik.

7. Lembaga budaya

Lembaga budaya merupakan lembaga yang membantu masyarakat dalam mengembangkan dan melestarikan budaya yang ada, seni serta lingkungan disekitarnya.

8. Lembaga ekonomi

Lembaga ekonomi merupakan lembaga yang berhubungan dengan masalah ekonomi dan mempunyai tujuan agar kebutuhan ekonomi dalam masyarakat bisa terpenuhi dengan baik. Lembaga ini tentunya menjadi pedoman dan solusi untuk menjaga kehidupan ekonomi masyarakat tetap stabil.

C.Fungsi Lembaga

  1. Memberi pedoman kepada anggota masyarakat tentang bagaimana mereka harus bersikap dalam menghadapi masalah yang muncul dan berkembang di masyarakat.
  2. Menjaga keutuhan di masyarakat.
  3. Memberikan pengarahan kepada masyarakat untuk mengadakan sistem pengadilan sosial.

D. Unsur-Unsur Kelembagaan

  1. Lembaga merupakan landasan untuk membangun tingkah laku sosial masyarakat
  2. Norma tingkah laku yang mengakar dalam lingkungan masyarakat dan diterima secara luas untuk melayani tujuan bersama yang mengandung nilai tertentu dan menghasilkan interaksi antar manusia yang terstruktur
  3. Peraturan serta penegakan aturan/hukum
  4. Aturan dalam masyarakat yang memfasilitasi koordinasi dan kerjasama dengan dukungan dan tingkah laku, hak dan kewajiban dari anggota
  5. Kode etik
  6. Kontrak
  7. Pasar
  8. Hak milik
  9. Organisasi
  10. Intensif untuk menghasilkan tingkah laku yang diharapkan



Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.