Secara umum definisi atau pengertian sekretaris adalah seseorang yang bekerja untuk seorang pemimpin atau badan pimpinan pada suatu perusahaan, terutama untuk penyelenggaraan kegiatan administratif yang menunjang kegiatan manajerial seorang pemimpin atau kegiatan operasional perusahaan. Sekretaris juga bisa diartikan sebagai seorang pegawai atau karyawan yang pekerjaannya berhubungan dengan masalah rahasia suatu negara atau suatu perusahaan.
A. Pengertian Sekretaris Menurut Para Ahli
1. Flower
Sekretaris adalah orang yang bekerja pada orang lain untuk membantu dalam hal korespondensi, tujuan administrasi, mendapatkan informasi dan menyimpan rahasia yang berkaitan dengan kepentingan perusahaan.
2. Saiman
Sekretaris
merupakan orang yang memiliki tugas mengenai aktivitas atau kegiatan tulis
menulis baik untuk perkantoran maupun perusahaan.
3. The Liang Gie
Sekretaris
adalah seorang yang bertugas untuk menyelenggarakan urusan surat menyurat
termasuk juga menyiapkan bagi pejabat penting pada suatu organisasi atau
perusahaan.
4. Wursanto
Sekretaris
merupakan seorang pegawai yang bertugas untuk membatu pimpinan kantor dalam
menyelesaikan pekerjaannya.
5. M. Braum dan Ramon
Sekretaris
merupakan seorang yang membantu pimpinan dalam menyiapkan surat menyurat
menerima tamu-tamu, memeriksa dan juga mengingatkan pimpinan mengenai kewajiban
yang sesuai untuk meningkatkan efektifitas kerja pimpinan.
6. C.L Barnhart
Sekretaris adalah karyawan yang melakukan korespondensi, memelihara warkat dan lainnya, untuk perorangan atau organisasi.
7. Louis C. Nahassy dan William Selden
Sekretaris merupakan seorang karyawan kantor yang memiliki tanggung jawab lebih. Tugasnya biasanya menyalin apa yang disampaikan oleh pimpinan kedalam bentuk tulisan dan biasanya yang didiktekan adalah konsep surat yang berkaitan dengan publik, menjawab telepon, mengundang pertemuan, membuat perjanjian serta memelihara dan mengarsipkan surat-surat.
B. Jenis-jenis Sekretaris
1. Sekretaris pribadi
Sekretaris
pribadi merupakan seorang yang bekerja untuk kegiatan atau aktivitas
perkantoran agar dapat membantu seseorang yang sifatnya pribadi. Dengan kata
lain seorang sekretaris pribadi merupakan orang yang diangkat dan digaji oleh
perorangan.
2. Sekretaris organisasi
Sekretaris
organisasi disebut juga dengan sekretaris instansi atau sekretaris perusahaan,
selain menjalankan tugas dari pimpinan ia juga bertindak sebagai manajer yang
mengelola suatu unit pekerjaan dalam bidang kesekretariatan.
3. Sekretaris pimpinan
Sekretaris
adalah seorang pembantu pimpinan pada suatu perusahaan atau organisasi yang
bertugas untuk mengerjakan tugas-tugas perkantoran untuk pimpinan tertentu.
C. Tugas Sekretaris
1. Tugas rutin adalah tugas yang dikerjakan tanpa diperintah
- Membuka surat-surat
- Menerima tamu
- Menerima telepon
- Menyimpan arsip surat
- Menyusun dan membuat jadwal kegiatan pimpinan.
2. Tugas khusus adalah pekerjaan yang ditugaskan langsung oleh pimpinan
- Mengonsepkan surat-surat perjanjian kerjasama dengan relasi ataupun instansi dari luar
- Menyusun surat-surat rahasia
- Menyusun acara pertemuan bisnis
- Pembelian kado ataupun cendramata
3. Tugas istimewa yaitu tugas yang menyangkut keperluan pimpinan
- Menata letak dan posisi alat tulis dan perlengkapan lain yang diperlukan pimpinan
- Bertindak sebagai penghubung untuk meneruskan berbagai informasi kepada relasi
- Mewakili seseorang saat menerima sumbangan untuk dana ataupun keperluan kegiatan yang lain
- Memeriksa hasil pengumpulan dana atau uang muka dari instansi yang diberikan sebagai dana kesejahteraan
- Menghadiri berbagai rapat dinas dan berperan sebagai pendamping pimpinan saat rapat atau selama mengadakan pertemuan bisnis
- Memeriksa peralatan kantor untuk mengetahui mana saja yang perlu diperbaiki dan penambahan peralatan serta sarana kantor.
4. Tugas insidental adalah tugas yang tidak rutin
- Menyiapkan laporan, agenda rapat serta pidato atau pernyataan pimpinan.
- Mengoreksi berbagai bahan cetakan seperti undangan, formulir, brosur serta daftar yang di konsep oleh perusahaan
- Mewakili pimpinan dalam berbagai macam resepsi atau pertemuan.
D. Tipe Ideal Seorang Sekretaris
- Sabar, disiplin, tekun, jujur, tidak muda menyerah, pandai berbicara dan bisa menjaga nama baik perusahaan.
- Memiliki kemampuan yang memadai dan peka terhadap sesuatu. Kemampuan yang dimaksudkan adalah kemampuan mengetik, korespondensi dan kearsipan.
- Memiliki kemampuan melaksanakan tugas seperti mengangkat telepon, persuratan dan berbagai kegiatan pimpinan.
- Tidak bersifat egois
- Berintropeksi diri jika terdapat kritik atau masukan dari orang lain
- Mengakui kesalahan sendiri dan memaafkan orang lain
- Menghindari perbuatan yang kurang terpuji seperti bergosip, mencaci, mengeluh senang ngobrol dan perbuatan tercela lainnya.
- Sanggup menahan marah walau banyak pemicunya
- Mudah menyesuaikan diri dengan situasi
- Selalu memperhatikan orang lain dan memberi saran positif
- Selalu menghormati kepentingan orang lain dan mengetahui aturan sopan santun
- Selalu menujukkan kesungguhan saat menjalankan tugas
E. Kode Etik Profesi Sekretaris
- Menjunjug tinggi kehormatan, kemuliaan dan nama baik profesi;
- Bertindak jujur dan sopan dalam setiap tingkah lakunya, baik dalam melaksanakan tugasnya maupun melayani lingkungan masyarakat;
- Menjaga kerahasiaan segala informasi yang didapat dan tidak menggunakan kerahasiaan informasi tersebut untuk kepentingan pribadi.
- Meningkatkan mutu profesi melalui pendidikan dan kerjasama dengan reka-rekan seprofesi; dan
- Menghormati dan menghargai reputasi rekan seprofesi.
Rekomendasi:
- Tugas Administrasi Staff Adninistrasi staff merupakan jenis administrasi yang paling umum, sebab setiap perusahaan apapun tentu terdapat posisi yang satu ini. Tugas administrasi staff sebenarnya tidak sedikit dan membutuhkan banyak kemampuan khusus, sehingga…
- Rumah Tangga Konsumen : Pengertian, Peran, Macam Jenis dan… Pelaku ekonomi adalah suatu subjek baik itu perorangan, organisasi ataupun juga pemerintah yang melakukan kegiatan ekonomi. Apa saja yang meliputi kegiatan ekonomi? Kegiatan ekonomi yang dimaksud yaitu produksi, konsumsi dan…
- Pengertian Operasional : Arti, Ruang Lingkup, Fungsi, Peran… Secara umum definisi atau pengertian operasional adalah suatu pedoman dalam melakukan suatu kegiatan. Kata operasional juga sering dikaitkan dengan kata menajemen yaitu manajemen operasional dimana manajemen operasional ini merupakan suatu…
- Pengertian Produktivitas : Arti, Konsep, Faktor dan Penyebab… Secara umum definisi atau pengertian produktivitas adalah istilah yang digunakan dalam kegiatan produksi sebagai perbandingan antara luaran (output) dan masukan (input). Produktivitas juga dapat diartikan sebagai suatu ukuran yang menyatakan…
- Norma Kesopanan : Sumber, Ciri-Ciri, Tujuan, Dan Contoh Jagad.id - Pengertian Norma kesopanan adalah serangkaian aturan yang diberlakukan dalam kehidupan masyarakat, tentang tingkah laku seseorang. Norma Kesopanan ini berasal dari adat istiadat, budaya, dan tradisi di suatu wilayah…
- Pengertian Notulen : Fungsi, Susunan, Sistematika, Tujuan,… Jagad.id - Notulen merupakan sebutan dari perjalanan sebuah kegiatan seperti seminar, rapat, sidang atau diskusi dari awal hingga akhir acara yang ditulis notulis. Nantinya, ini akan dilaporkan pada ketua kegiatan…
- Pengertian Vendor : Macam Jenis, Tugas dan Tanggung Jawab Dewasa ini, persaingan antar perusahaan sangatlah ketat. Keadaan ini memaksa perusahaan untuk selalu menyesuaikan diri dengan apa yang diinginkan oleh pasar. Setiap perusahaan pun berlomba-lomba untuk memenuhi permintaan pasar tersebut…
- Kemampuan : Definisi, Pengetian dan Jenis Ada banyak sekali penjelasan atau definisi yang bisa kita jadikan pegangan terkait arti dari “Kemampuan”. Dan pada kesempatan kali ini kita telah menyusun 7 definisi atau pengertian yang terkandung didalam…
- Kriteria Pemimpin Yang Baik Dan Benar Jagad.id - Pemimpin Merupakan sesorang yang akan memepengaruhi atau memberi sebuah contoh kepada pengikutnya dalam upaya mencapai sebuah tujuan dalam organisasi ataupun kelompok. Untuk memepelajari agar menjadi seorang pemimpin, anda…
- Pengertian Wirausaha : Tujuan, Ciri Ciri, Karakteristik dan… Wiraswasta atau wirausaha sudah menjadi pekerjaan yang banyak dipilih dan dilakukan oleh masyarakat di perkotaan. Bahkan banyak juga orang-orang yang memilih menjadi wiraswasta dibanding menjadi pekerja kantoran, sampai mereka sengaja…
- Pengertian Humas Adalah : Peran, Tujuan dan Tugas Mungkin banyak diantara kita yang sudah tidak asing lagi saat mendengar kata “Humas”. Tapi sudahkah kita tahu, apa humas itu sebenarnya? Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba menjelaskan kepada…
- Pengertian Prosedur : Arti, Tipe, Ciri, Sifat, Prinsip,… Secara umum definisi atau pengertian prosedur adalah cara menyelesaikan suatu pekerjaan yang telah dirumuskan. Prosedur juga dapat diartikan sebagai faktor yang sangat berperan penting dalam pelaksaan suatu tugas dan tanggung…
- Contoh Proposal Singkat Terbaru Jagad.id - Contoh Proposal Singkat Terbaru - Proposal merupakan rencana kegiatan yang didalamnya berisikan rancangan kerja. Tujuan penyusunan proposal ini adalah untuk mendapatkan izin, mendapatkan dukungan dan mendapatkan bantuan dana.…
- Pelaku Ekonomi, Pengertian dan Perannya Pelaku Ekonomi, Pengertian dan Perannya – Pengertian pelaku ekonomi adalah individu atau lembaga yang telibat dalam proses kegiatan ekonomi baik itu produksi, ditribusi, atau konsumsi. Yang memiliki peran dalam pelaku…
- Profesi : Pengertian, Etika, Ciri-Ciri, dan Contoh Jenis Profesi merupakan kata yang cukup sering didengar. Namun, banyak orang yang masih belum mengetahui apa itu profesi yang sebenarnya. Untuk bisa menjadi seseorang dengan profesi yang sempurna, maka ia harus…
- Pengertian Laba Adalah : Arti, Unsur dan Faktor Umumnya untuk mengukur berhasil atau tidaknya sebuah perusahaan dalam melakukan bisnis, itu dilihat dari pendapatan labanya. Tak dipungkiri lagi, pendapatan laba sangat berpengaruh terhadap jalannya aktivitas perusahaan. Hal itu dikarenakan…
- Sumber Daya Manusia : Materi, Pengertian, Fungsi dan Contoh Jagad.id - Pengertian Sumber Daya Manusia - Suatu negara pasti mempunyai dan membutuhkan sumber daya manusia untuk memenuhi tujuan yang ingin dicapai oleh negara tersebut, misalnya dalam bidang ekonomi, sosial,…
- Pengertian Tenaga Kerja : Jenis Jenis dan Kesempatan Tenaga kerja merupakan individu yang ada dalam rentang usia kerja dan dapat bekerja. Dalam UU No. 13 Tahun 2013 telah disebutkan, bahwasanya Tenaga Kerja adalah semua orang yang telah atau…
- Pengertian Instansi Adalah : Arti, Macam Jenis dan Contohnya Kata ini tentunya sudah sangat tidak asing bagi Anda. Instansi merujuk pada badan atau lembaga pemerintahan. Penggunaan kata ini sering diikuti dengan kata pemerintah sebagai penjelas kepemilikan dan menekankan bahwa…
- Pengertian Agenda Adalah : Arti, Jenis, Fungsi, Istilah dan… Secara umum definisi Agenda atau buku Agenda merupakan catatan bertanggal yang mencatat keluar masuknya surat yang dikirim maupun yang diterima oleh suatu kantor, instansi dan/atau perusahaan. Penegertian lainnya Agenda juga…
- Pengertian Analisis : Macam Jenis, Fungsi Tujuan dan… Kehidupan kita tentu tidak lepas dari berbagai permasalahan yang muncul. Permasalahan tentu saja harus diselesaikan. Penyelesaian ini dilakukan demi terciptanya kehidupan yang lebih damai untuk individu. Salah satu cara untuk…
- Pengertian Rekreasi : Arti, Jenis, Ciri, Tujuan, Manfaat Dan… Jagad.id - Pengertian rekreasi secara etimologi berasal dari bahasa latin yaitu “creature” yang memiliki arti mencipta. Lalu kemudian di beri awalan “re” sehingga berarti “pemulihan daya cipta dan penyelenggara daya…
- Cara Manajemen Waktu Untuk Pelajar dan Mahasiswa Cara Manajemen Waktu Untuk Pelajar dan Mahasiswa – Kehidupan yang kompleks memaksa kita untuk mahir dalam memanajemen waktu supaya semua hal bisa kita laksanakan dengan maksimal. Apalagi kamu adalah seorang…
- Pengertian Dokumentasi Adalah : Jenis-jenis, Tujuan, Tugas… Dokumentasi merupakan sebuah cara yang dipergunakan dalam menyediakan dokumen akan bukti yang akurat dari pencatatan sumber informasi khusus dari suatu karangan atau bentuk lain seperti wasiat, undang-undang buku dan lain…
- Pengertian Anggaran Adalah : Arti, Tujuan, Jenis, Kelebihan… Jagad.id - Anggran merupakan suatu rencana keuangan yang disusun secara sistematis dalam satuan kegiatan dan satuan uang atas dasar untuk melihat tindakan apa yang harus dilakukan untuk mencapai dan mewujudkan…
- Hakikat Ilmu Fisika dalam Sains Fisika adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan alam atau kini lebih dikenal dengan istilah sains yang membahas beberapa aspek kehidupan dalam kaca mata teknologi. Mengapa bisa dikatakan demikian? Sebab ilmu…
- Pengertian Mutasi Kerja : Arti, Macam, Tujuan, Landasan,… Secara umum definisi atau pengertian Mutasi pada pekerjaan karyawan atau pegawai merupakan suatu perubahan posisi/jabatan/pekerjaan/ tempat kerja yang dilakukan oleh pihak perusahaan baik secara vertikal maupun horizontal. Hal ini menjadi…
- Arti Produsen (Ekonomi) Adalah : Peran dan Bentuk Produsen adalah pihak yang melakukan produksi suatu barang maupun jasa yang bertujuan untuk dijual kepada konsumen atau kepada distributor. A. Peran Produsen Sebagai pihak yang memproduksi suatu barang maupun jasa…
- Pengertian Tunjangan : Arti, Tipe, Jenis Dan Tips Secara umum definisi atau pengertian tunjangan adalah sejumlah uang yang dialokasikan atau yang diberikan secara rutin kepada karyawan dengan tujuan tertentu. Tunjangan juga dapat diartikan sebagai unsur-unsur balas jasa yang…
- Pengertian Polisi : Tugas dan Kewenangan Polisi merupakan sebuah pranata umum sipil yang bertugas untuk menjaga keamanan, ketertiban serta menegakan hukum di semua wilayah negara. Sedangkan kepolisian merupakan salah satu lembaga penting yang memiliki tugas utama…