Ketika kita melamar pekerjaan, biasanya kita selalu diarahkan ke HRD untuk menjalani wawancara. Nah, sekarang apa kita tahu pengertian, kepanjangan, tugas, dan gaji HRD? Untuk lebih lengkapnya, simak terus artikel ini ya.
HRD memiliki kepanjangan dari Human Resource Departement yang mana HRD merupakan suatu bagian dari perusahaan atau instansi, di mana HRD memiliki tanggung jawab dalam mengelolah sumber daya manusia (SDM) dalam perusahaan tersebut. Pengelolaan sumber daya manusia tersebut meliputi dari perencanaan SDM, rekrutmen, pengembangan, manajemen kinerja, penentuan gaji/kompensi, hingga melaksanakan hubungan kerja.
Jadi, tak heran setiap kita melamar pekerjaan, kita akan diarahkan ke HRD untuk ditinjau kinerja dan bagaimana potensi kita dalam bekerja. Apakah kita layak diterima perusahaan atau tidak.
HRD juga bisa disebut sebagai rangkaian kegiatan dalam perusahaan yang dilakukan secara terorganisir dalam waktu tertentu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas kinerja dan kemampuan karyawan dalam perusahaan.
Jika dilihat dari definisi HRD, maka HRD memiliki peran penting dalam menangani suatu hal yang berhubungan dengan karyawan, buruh, pegawai, karyawan, anggota perusahaan dalam mencapai tujuan tertentu.
A. Fungsi HRD
Secara umum, HRD memiliki fungsi internal dan eksternal. Namun, pada dasarnya HRD memiliki peranan penting yaitu menangani segala hal yang berhubungan dengan sumber daya manusia dalam suatu perusahaan.
1. Fungsi Internal HRD
HRD memiliki fungsi internal sebagai perencanaan, perekrutan, orientasi, pengembangan, manajemen kinerja, penentuan gaji, kompensasi, hubungan kerja dalam sumber daya manusia.
HRD juga memiliki tanggung jawab dalam pengadaan aktivitas sumber daya manusia sehingga dapat bekerja sesuai dengan aturan perusahaan.
2. Fungsi Eksternal HRD
Sedangkan fungsi eksternal HRD adalah mengadakan konseling di luar perusahaan kepada tenaga kerja. Tentunya dengan memperhatikan potensi dan niat dari orang yang mengikuti konseling. Itu sebabnya, rata-rata HRD adalah lulusan psikologi yang memahami potensi seseorang melalui beberapa hal, salah satunya adalah tes psikologi baik tertulis maupun lisan.
B. Tugas dan Tanggung Jawab HRD
Suatu perusahaan tentu tidak merekrut HRD seenaknya. Tentu memiliki kriteria tersendiri. Karena HRD memiliki tugas dan tanggung jawab dalam suatu perusahaan.
1. Persiapan dan Seleksi
HRD akan melakukan persiapan dengan memperhatikan jumlah SDM, struktur, dan sebagainya dalam perusahaan yang merupakan persiapan internal. Selain itu, HRD juga memiliki tugas menyiapkan hukum ketenagakerjaan, aturan yang berlaku dalam SDM, dan lain sebagainya sebagai persiapan eksternal.
Selanjutnya, HRD bertugas dalam proses penyaringan karyawan atau disebut rekrutmen. Tentunya dalam hal ini HRD perlu memperhatikan JobDesc masing-masing jabatan.
Kemudian, HRD akan menyeleksi calon karyawan, melalui interview, test tulis, dan lain sebagainya sesuai dengan aturan yang berlaku dalam suatu perusahaan.
2. Pengembangan dan Evaluasi
Selain persiapan dan seleksi karyawan, HRD juga memiliki tugas dalam pengembangan dan evaluasi karyawan dalam suatu perusahaan. Hal ini diperlukan agar karyawan dalam suatu perusahaan dapat bekerja sesuai dengan apa yang diharapkan dalam suatu perusahaan.
3. Kompensasi dan Perlindungan
Kompensasi merupakan gaji yang didapatkan oleh karyawan. Di sini, HRD juga memperhitungkan gaji karyawan melalui analisa kinerja karyawannya. Tentunya juga perlu memperhatikan dari faktor eksternal, salah satunya adalah dampak pasar yang terjadi. Yang mana gaji tersebut sama-sama saling menguntungkan dari sisi karyawan, juga perusahaan.
C. Gaji HRD dalam Perusahaan
Penasaran dengan gaji HRD? Tentunya gaji HRD juga mengikuti aturan ketenagakerjaan di setiap daerah. Namun, perlu diketahui, secara umum gaji HRD rata-rata 3,5 juta rupiah. Namun, ada juga HRD tingkat atas yang umumnya menerima gaji hingga 6 sampai 12 juta rupiah.
Rekomendasi:
- Ingin Resign Tapi Masih Ragu Tanpa Pekerjaan Pengganti Ingin Resign Tapi Masih Ragu Tanpa Pekerjaan Pengganti - Kerja menjadi rutinitas manusia untuk mendapatkan sumber penghasilan guna memenuhi kehidupan sehari-hari dengan hasil yang didapatkannya. Rutinitas memang terkadang akan sangat…
- Rumah Tangga Konsumen : Pengertian, Peran, Macam Jenis dan… Pelaku ekonomi adalah suatu subjek baik itu perorangan, organisasi ataupun juga pemerintah yang melakukan kegiatan ekonomi. Apa saja yang meliputi kegiatan ekonomi? Kegiatan ekonomi yang dimaksud yaitu produksi, konsumsi dan…
- Pengertian Inventaris Adalah : Arti, Tujuan dan Contoh Ketika mendengar kata inventaris apa yang ada di pikiran Anda? Sebuah catatan tentang sarana dan prasarana. Atau seperti daftar stok barang atau rekap barang yang sudah terjual. Lebih lengkapnya simak…
- Arti Sahabat Sejati Sesungguhnya Jagad.id - Kata "sahabat" berasal dari "sahiba" yang berarti menyertai. Dengan kata lain, sahabat adalah orang selalu menyertai kita di dalam kehidupan. Ikatan sebuah persahabatan bahkan bisa lebih erat dibandingkan…
- Pengertian Blog : Sejarah, Macam, Fungsi dan Contohnya Definisi Blog - Di dalam era dunia digital yang segalanya sudah serba canggih dengan basis teknologi, kini blog menjadi suatu perangkat yang mendominasi digunakan oleh manusia. Karena hampir setiap orang…
- Pengertian Bisnis : Arti, Bentuk, Tujuan, Fungsi, Manfaat,… Jagad.id - Bisnis berasal dari bahasa Inggris yaitu bussines yang berarti perusahaan, urusan usaha. Bisnis bukanlah sesuatu yang asing ditelinga masyarakat pada umunya, Setiap hari jutaan orang melaksanakan kegiatan bisnis.…
- Pengertian Penjualan : Tujuan, Jenis dan Faktor Pengaruh Kehidupan manusia berawal dari kehidupan primitif yang hanya bergantung kepada keadaan alam, kehidupan sederhana dengan teknologi apa adanya hingga saat ini kehidupan manusia terdiri dari berbagai kegiatan. Kegiatan-kegiatan ini dilakukan…
- Pengertian Bahasa Pemrograman : Jenis, Fungsi Dan Contoh Jagad.id - Pengertian Bahasa pemograman merupakan sebuah instruksi standar yang bertugas untuk memerintah komputer. Sering disebut juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemograman komputer. Bahasa pemrograman juga bisa di katakan…
- Pengertian Relasi : Arti, Cara, Pengembangan Dan Manfaat Arti kata relasi berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) yaitu sama dengan hubungan, perhubungan, kenalan, pertalian termasuk juga pelanggan. Pada dasarnya kita adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan antara satu…
- Pengertian Administrasi Adalah : Unsur, Tujuan, Jenis, Ciri… Tentu saja kita sudah sangat sering mendengar kata administrasi dalam kehidupan ini. Sebagaimana yang kita ketahui hal ini seringkali berkaitan dengan kegiatan surat-menyurat, catat-mencatat, dan lain sebagainya. Oleh karena itu,…
- Kemampuan : Definisi, Pengetian dan Jenis Ada banyak sekali penjelasan atau definisi yang bisa kita jadikan pegangan terkait arti dari “Kemampuan”. Dan pada kesempatan kali ini kita telah menyusun 7 definisi atau pengertian yang terkandung didalam…
- Pengertian K3 : Tujuan, Fungsi dan Peran Jagad.id - Di dalam bekerja, tentu kita memiliki resiko, baik resiko kecil maupun besar. Karena pada dasarnya, setiap manusia yang menjalankan aktivitasnya selalu diiringi dengan resiko tanpa kita sadari. Begitu…
- Pengertian Artikel : Definisi, Ciri Ciri, Tujuan dan Macam… Sering kali kita membaca berbagai artikel di internet, media sosial, Koran, atau media lainnya. Tapi masih banyak juga yang belum memahami apa itu artikel. Sederhananya, artikel merupakan suatu karya tulis…
- Manfaat Manajemen Waktu dan Contohnya Mayoritas orang-orang seringkali mengabaikan dari kata waktu itu sendiri, ada apa sih? Padahal waktu itu sangat berharga dan penting. Karena sangat berharga banget untuk menjadikan hidup kita menjadi lebih baik…
- Macam-Macam Norma : Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Contoh Ketika kita berada dalam sebuah lingkungan masyarakat, maka kita akan terikat dengan sebuah peraturan atau norma-norma yang berlaku. Namun, apakah yang dimaksud dengan istilah norma ini? Seberapa penting norma-norma tersebut…
- Pengertian Produktivitas : Arti, Konsep, Faktor dan Penyebab… Secara umum definisi atau pengertian produktivitas adalah istilah yang digunakan dalam kegiatan produksi sebagai perbandingan antara luaran (output) dan masukan (input). Produktivitas juga dapat diartikan sebagai suatu ukuran yang menyatakan…
- Pengertian Instansi Adalah : Arti, Macam Jenis dan Contohnya Kata ini tentunya sudah sangat tidak asing bagi Anda. Instansi merujuk pada badan atau lembaga pemerintahan. Penggunaan kata ini sering diikuti dengan kata pemerintah sebagai penjelas kepemilikan dan menekankan bahwa…
- Pengertian Resiko : Contoh Macam Jenis Resiko Usaha Dalam membuka sebuah usaha atau suatu bisnis tertentu memang harus membutuhkan keberanian, tekad, dan manajemen juga strategi bisnis yang baik dan tepat. Menjalankan sebuah usaha atau bisnis membutuhkan tekad yang…
- Pengertian Antusiasme : Manfaat dan Cara Meningkatkannya Merujuk asal katanya, kata antusiasme berasal dari bahasa Yunani yaitu enthousiasmos yang merupakan bentuk kata dari entheos yang berarti “memiliki Tuhan di dalam”. Kata enthousiasmos ini kemudian diserap ke dalam…
- Pengertian Anggaran Adalah : Arti, Tujuan, Jenis, Kelebihan… Jagad.id - Anggran merupakan suatu rencana keuangan yang disusun secara sistematis dalam satuan kegiatan dan satuan uang atas dasar untuk melihat tindakan apa yang harus dilakukan untuk mencapai dan mewujudkan…
- Pengertian Mitigasi : Tujuan, Macam Jenis dan Kegiatan Secara umum, pengertian mitigasi adalah suatu usaha yang dilakukan sebagai upaya menanggulangi atau meminimalisir kerugian dan korban yang terjadi karena suatu bencana. Pada dasarnya, mitigasi merupakan persiapan yang dilakukan sebelum…
- CEO Adalah - Apa Itu CEO ? Saat mendengar kata CEO, apa yang tiba – tiba muncul dalam benak Anda? Sebagian besar orang berpendapat bahwa CEO merupakan pemimpin / pemilik perusahaan. Akan tetapi benarkah demikian? Kepanjangan katanya…
- Pengertian Sekretaris : Arti, Jenis, Tugas, Tipe dan Kode… Secara umum definisi atau pengertian sekretaris adalah seseorang yang bekerja untuk seorang pemimpin atau badan pimpinan pada suatu perusahaan, terutama untuk penyelenggaraan kegiatan administratif yang menunjang kegiatan manajerial seorang pemimpin…
- Negara Berkembang : Pengertian, Ciri Ciri dan Contoh Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan negara berkembang? Jika belum mengetahuinya, di sini kami akan mengulas pengertian, ciri-ciri karakteristik, dan contoh-contoh negara berkembang. Untuk itu, simak terus artike ini. Pengertian…
- Pengertian Wirausaha : Tujuan, Ciri Ciri, Karakteristik dan… Wiraswasta atau wirausaha sudah menjadi pekerjaan yang banyak dipilih dan dilakukan oleh masyarakat di perkotaan. Bahkan banyak juga orang-orang yang memilih menjadi wiraswasta dibanding menjadi pekerja kantoran, sampai mereka sengaja…
- Facebook Untuk Pembelajaran Di Kelas, Metode Baru! Jagad.id - Media sosial telah terbukti bermanfaat dalam membantu pembelajaran dan perkembangan siswa. Meski begitu, tidak banyak sekolah dan lembaga pendidikan lainnya yang menggunakan platform seperti facebook untuk pembelajaran di…
- Pengertian Ekspektasi : Macam Jenis, Contoh, Manfaat,… Jagad.id - Ekspektasi merupakan harapan besar yang dibebankan pada sesuatu yang dianggap bisa memberikan dampak lebih bagus atau lebih baik. Kata ekspektasi sendiri diadaptasi dari bahasa Inggris yakni expectation dengan…
- Pengertian Pekerjaan : Arti, Kebutuhan Dan Manfaat Secara umum definisi atau pengertian Pekerjaan adalah aktivitas yang dilakukan oleh manusia baik itu secara individu maupun secara berkelompok, baik secara terbuka maupun tertutup kemudian dari kegiatan tersebut bisa mengahsilkan…
- Pengertian Efektif dan Efisien dalam Manajemen Pengertian Efektif dan Efisien dalam Manajemen – Dalam ilmu manajemen mengenal apa itu efektif dan efisien. Dua kata ini sering di ibaratkan sebagai pasangan dalam kalimat dan biasanya di gunakan…
- Pengertian Birokrasi Adalah : Ciri Ciri, Tujuan, Konsep dan… Berbicara mengenai sebuah organisasi, pernahkah terbayang oleh Anda apa yang membuat sebuah organisasi dapat berjalan dengan baik? Jawabannya adalah sistem birokrasi yang baik serta bersifat akuntabel. Sesuai dengan judul…