Pengertian Organisasi : Tujuan dan Fungsinya

Pengertian Organisasi Secara Umum dan Para ahli – Secara umum, pengertian organisasi adalah suatu kelompok orang dalam sebuah wadah yang digunakan untuk mewujudkan tujuan bersama. Dalam ilmu sosial organisasi dipelajari oleh seorang peneliti dari berbagai bidang ilmu, terutama ilmu sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi dan juga manajemen.

Organisasi pada dasarnya dibuat sebagai tempat ataupun wadah bagi orang orang untuk berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis. Organisasi juga digunakan secara terencana, terpimpin dan terkendali dalam memanfaatkan sumber daya (money, material, machine, method, environment), sarana prasaran secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan bersama.

Definisi Organisasi menurut para ahli

Ada beberapa teori dan perspektif yang berbeda mengenai organisasi. Beberapa pendapat ada yang sesuai dan cocok satu sama lain, tapi ada juga pendapat yang berbeda. Nah, berikut ini telah berhasil saya rangkum beberapa pendapat para ahli mengenai organisasi.

  1. Stoner mengatakan bahwa organisasi merupakan suatu pola hubungan hubungan dimana orang orang di bawah pengarahan atasan (pemimpin) untuk mengejar tujuan bersama.
  2. James D. Money mengemukakan bahwa organisasi merupakan bentuk setiap perserikatan manusia dalam menggapai tujuan bersama.
  3. Chester I. Bernard memiliki pendapat bahwa organisasi merupakan sebuah sistem aktivitas kerjasama yang dilakukan oleh dua orang ataupun lebih.
  4. Stephen P. Robbins mengatakan bahwa organisasi adalah kesatuan sosial yang di koordinasi secara sadar, dengan adanya batasan yang relatif dapat di identifikasi dan bekerja atas kesadaran yang relatif terus menerus dalam mencapai tujuan bersama atau kelompok.
  5. Victor A Thompson mengatakan bahwa organisasi merupakan suatu integritas dari sejumlah spesialis spesialis yang bekerja sama dengan rasional dan impersonal dalam mencapai tujuan spesifik yang telah diumumkan.

Jika kamu datang kesini bukan hanya untuk melihat pengertian organisasi dan mencari materi organisasi lebih lengkap silakan baca terus hingga selesai ya. Masih ada beberapa sub bab lain mengenai organisasi.

Tujuan Organisasi dan Fungsi Organisasi

Dalam pembentukan organisasi pasti ada sebuah tujuan yang ingin dikejar bersama sama dengan orang orang yang tergabung dengan organisasi. Setelah adanya tujuan, organisasi akan di bentuk sebuah tugas atau program kerja yang mana sebagian itu merupakan fungsi dari organisasi.

1. Tujuan Organisasi secara umum

Ada 2 macam tujuan berorganisasi yaitu sebagai berikut :

  1. Tujuan organisasi adalah untuk merealisasikan keinginan atau harapan dan cita cita bersama para anggota organisasi atau kelompok. Contohnya adalah ada sebuah organisasi kesosialan yang di bentuk dengan tujuan supaya bisa menjalin silaturahim dan berbagi satu sama lain.
  2. Tujuan kedua adalah hasil akhir yang di inginkan di masa yang akan datang. Misalkan saja ada sebuah organisasi bisnis yang memiliki tujuan akhir seperti menjadi organisasi yang besar dan terkenal sehingga banyak yang berminat untuk bergabung.

2. Fungsi Organisasi

Setelah adanya tujuan organisasi akan memiliki fungsi yang sesuai dengan tujuan dan tidak keluar jalur dengan tujuan atau visi.

  1. Fungsi pertama organisasi adalah memberikan arahan dan pemusatan kegiatan organisasi, mengenai apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan oleh organisasi.
  2. Fungsi kedua adalah meningkatkan kemampuan atau skill individu anggota organisasi dalam mendapat sumber daya dan dukungan dari lingkungan sekitar atau masyarakat.
  3. Fungsi ketiga adalah memberikan pengetahuan dan pengalaman baru kepada anggotanya, supaya berwawasan supaya siap untuk terjun ke organisasi yang lebih besar.

Partisipasi

Dalam organisasi pasti ada sebuah keikutsertaan atau partisipasi dari setiap instrumen organisasi, baik itu anggota ataupun pimpinan. Keikutertaan dalam organisasi ini bukan hanya berarti keterlibatan jasmaniah saja.

Partisipasi dapat diartikan sebagai keterlibatan mental, pikiran dan emosi beserta perasaan seseorang didalam situasi kelompok yang mendorongnya untuk memberikan sumbangan (tenaga, pikiran, material) kepada kelompok untuk kepentingan bersama dalam mewujudkan tujuan organisasi.

Ada 3 unsur unsur partisipasi yaitu :

  1. Partisipasi merupakan suatu keterlibatan mental dan perasaan, lebih dari semata mata keterlibatan secara jasmani saja.
  2. Kesediaan dalam memberi suatu sumbangan kepada kelompok dalam mencapai tujuan kelompok. Ini bisa diartikan ada sebuah kesukarelaan untuk membantu organisasi atau kelompok.
  3. Tanggung jawab merupakan unsur partisipasi yang paling menonjol dari menjadi anggota sebuah organisasi.



Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.