Pengertian Anggaran Adalah: Arti, Tujuan, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan

Anggran merupakan suatu rencana keuangan yang disusun secara sistematis dalam satuan kegiatan dan satuan uang atas dasar untuk melihat tindakan apa yang harus dilakukan untuk mencapai dan mewujudkan tujuan-tujuan tertentu. Anggaran juga dijelaskan sebagai rencana yang disusun dan dibuat dalam bentuk angka, yang dinyatakan dalam bentuk moneter yang pada hal ini meliputi semua kegiatan dalam perusahaan pada periode waktu tertentu di masa mendatang.

A. Defenisi anggaran menurut para ahli

1. Gunawan Adisuprapto dan Marwan Asri

Anggaran yaitu sebuah pendekatan formal serta sistematis daripada pelaksanaan tanggung jawab manajemen dalam perencanaan, koordinasi dan pengawasan.

2. Nafarin

Anggaran yaitu rencana tertulis tentang sebuah organisasi yang dinyatakan secara kuantitatif untuk jangka waktu tertentu. Biasanya anggaran dinyatakan dalam satuan moneter dan bisa juga dinyatakan dalam satuan barang atau jasa.

3. Mulyadi

Anggaran adalah sebuah rencana kerja yang dinyatakan secara kuantitatif dan diukur dalam satuan moneter standar. Satuan ukuran lainnya yang digunakan dalam kurun waktu satu tahun.

4. Supriyono

Anggaran adalah perencanaan keuangan perusahaan yang digunakan sebagai dasar pengawasan keuangan perusahaan untuk periode mendatang dan anggaran juga merupakan rencana jangka pendek yang disusun secara sistematis berdasarkan rencana jangka panjang yang telah ditetapkan sebelumnya.

5. Simamora

Anggran atau budget yaitu sebuah rencana kuantitatif suatu usaha dalam sebuah organisasi. Anggaran mengindentifikasi sumber daya dan komitmen yang dibutuhkan untuk memenuhi tujuan organisasi selama jangka waktu yang dianggarkan.

B. Tujuan anggaran

  1. Menyatakan sasaran perusahaan yang jelas dan formal
  2. Mengkomunikasikan kepada pihak-pihak terkait, sehingga anggaran dapat dimengerti, didukung dan dilaksanakan.
  3. Menyediakan rencana terinci mengenai kegiatan dengan maksud mengurangi ketidakpastian dan memberikan pengarahan yang jelas bagi individu atau kelompok dalam upaya untuk mencapai tujuan.
  4. Mengkoordinasikan metode yang akan ditempuh untuk memaksimalkan sumber daya.

C. Macam jenis anggaran

1. Anggaran pengeluaran modal

Anggaran pengeluaran modal merupakan suatu anggran yang berkaitan dengan rencana perubahan aktiva tetap pada suatu perusahaan dalam periode tertentu.

2. Anggaran bahan baku

Anggaran bahan baku adalah segala macam taksiran mengenai biaya bahan baku yang diperlukan dalam proses produksi dengan menyatakan suatu kuantitas.

3. Anggaran produksi

Anggaran produksi disusun setelah mengetahui seberapa besar rencana penjualan untuk setiap produk.

4. Anggaran persediaan

Anggaran persediaan merupakan suatu rencana anggran yang terperinci dan jelas, berapa jumlah persediaan untuk beberapa waktu mendatang. Pada perusahaan manufaktur terdapat tiga jenis persediaan yaitu persediaan material, barang setenga jadi dan barang jadi.

5. Anggaran tenaga kerja langsung

Anggaran ini digunakan untuk menaksir biaya tenaga kerja selama periode yang telah dianggarkan. Biasanya dasar perhitungan biaya ini yaitu upah per unit dan upah per jam.

6. Anggaran overhead pabrik

Anggaran jenis ini merupakan pembiayaan yang tidak termasuk dalam biaya bahan baku dan pembayaran tenaga kerja langsung. Biaya overhead biasanya muncul dari biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk pemakaian bahan tambahan, biaya tenaga kerja tak langsung, pengawasan mesin produksi, pajak, asuransi, hingga fasilitas-fasilitas tambahan yang diperlukan dalam proses produksi.

7. Anggaran penjualan

Anggaran penjualan adalah jenis anggaran yang menjelaskan secara rinci tentang pemasaran produk, baik itu rencana jenis-jenis barang, harga barang dan sasaran pasar dari produk yang akan dipasarkan.

8. Anggaran kerugian

Anggaran ini membahas tentang kerugian yang dialami badan usaha selama periode yang ditentukan dan anggaran ini dipakai sebagai dasar penyusunan neraca.

9. Anggaran neraca

Anggaran ini mengenai suatu rencana tentang posisi keuangan seperti aktiva, modal dan juga utang dari awal hingga akhir periode pada suatu perusaahan.

10. Anggaran pertanggung jawaban

Suatu anggaran operasi yang disusun berdasarkan kepada pusat tanggung jawab yang ada diperusahaan.

D. Keuntungan dan kelemahan anggaran

1. Keuntungan anggaran

  • Mengefesienkan pencapaian tugas
  • Mengurangi tugas-tugas rutin operasional pimpinan sehingga lebih fokus pada ha-hal yang bersifat jangka panjang dan strategis
  • Meningkatkan daya kompetensi dan motivasi
  • Dapat menilai progres pencapaian tujuan
  • Dapat mengetahui lebih dini setiap penyimpangan dari tujuan
  • Dapat membedakan yang efesien dan yang tidak efesien
  • Dapat memantapkan pelaksanaan manajemen dan pengawasan

2. Kelamahan anggaran

  • Penaksiran anggaran belum tentu tepat dan sesuai dengan kondisi yang sebenarnya
  • Seringkali kondisi yang digunakan sebagai dasar penyusunan anggaran mengalami perkembangan yang jauh dari apa yang direncanakan sehingga perlu penyesuaian.
  • Banyaknya pihak yang terlibat dalam penyusunan anggaran, maka potensial timbulnya masalah hubungan kerja seperti perbedaan pendapat, dapat menghambat pelaksanaan anggaran.
  • Panganggaran tidak terlepas dari penilaian subjektif dari pembuat kebijakan terutama pada saat data dan informasi tidak cukup/lengkap.



Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.