Contoh Proposal Kegiatan Upacara Sekolah 17 Agustus Yang Benar Terbaru

Pada penulisan proposal terdapat bagian-bagian yang perlu disampaikan secara detail, sehingga isi dari proposal tersebut dapat dipahami oleh pihak yang akan membacanya. Berikut beberapa bagian yang perlu ditulis dalam proposal kegiatan, diantaranya:

Sistematika penulisan proposal kegiatan

1. Judul proposal

Pada bagian judul proposal berisi tentang kegiatan yang akan dilaksanakan, ketika pembuatan judul harus relevan atau ada hubungan nya dengan pelaksanaan kegiatan. Sehingga pembaca sudah mengetahui minimalnya kegiatan yang diselenggarakan tersebut berdasarkan judul yang dibacanya. Selain itu perlu juga adanya hubungan antara judul dari proposal tersebut dengan latar belakang kegiatan itu diselenggarakan.

2. Latar Belakang

Penulisan proposal pun perlu dituliskan latar belakang kegiatan itu dilaksanakan, alasan kegiatan yang perlu diketahui oleh pembaca pun perlu dijelaskan. Hal itu diperlukan untuk diketahui kejelasan dan manfaat dari pelaksanaan kegiatan yang nantinya akan memberikan dampak baik bagi peserta maupun pelaksana dari kegiatan tersebut.

3. Tujuan

Pada bagian tujuan berisikan tentang capaian atau hasil yang diharapkan dari kegiatan setelah dilaksanakan. Capaian dari kegiatan tersebut harus berisikan harapan yang bisa dilaksanakan secara berkelanjutan, dimana capaian yang diharapkan pun menjadi solusi dari masalah yang terjadi.

4. Kegiatan

Bagian yang harus detail dijelaskan yaitu pada bagian kegiatan, pada bagian ini proposal kegiatan berisi mengenai kegiatan pokok yang akan dilaksanakan.

5. Anggaran

Pada bagian anggaran ini yang sangat perlu diperhatikan, jika proposal yang sifatnya untuk mencari dana, penulisan perlu dituliskan secara detail terkait apa saja yang dibutuhkan pada saat perencanaan dan pelaksanaan kegiatan. Penulisan bagian anggaran pun perlu dijelaskan terkait nama barang atau jasa yang digunakan saat kegiatan, lalu jumlah yang diperlukan, serta harga satuan dari barang atau jasa tersebut yang nantinya dikalikan dengan jumlah penggunaan.

Selain itu orang yang mengajukan proposal pun menuliskan tawaran kepada pihak yang menjadi sponsor terkait tawaran bantuan yang akan diberikan, misalnya saja tawaran gold berarti sepenuhnya sponsor akan menanggung anggaran pelaksanaan, sedangkan perak 25% dari anggaran pelaksanaan.

6. Lampiran

Biasanya pada bagian lampiran bisa berupa surat izin dari berbagai pihak yang mengizinkan, atau bisa pula berupa denah pelaksanaan, dan rancangan kegiatan yang akan dilaksanakan. Pada lampiran dapat berupa struktur, gambar, atau pun surat.

7. Penutup

Penutup dapat berisi tentang ucapan terima kasih dari pengaju proposal. Pada bagian penutup pun dituliskan tanda tangan dari ketua pelaksana dan diketahui oleh penanggung jawab dari pelaksana kegiatan tersebut.


Contoh Proposal Kegiatan Yang Benar :

Proposal Kegiatan Peringatan 17 Agustus 1945 ke-73 Tahun

I. Latar Belakang

(Indonesia terlahir dari hasil perjuangan)

Pahlawan-pahlawan yang memperjuangkan negara ini merdeka dari penjajah. Setiap usaha dan perjuangan yang dilakukan oleh pahlawan perlu dikenang dan dihargai oleh para penerus bangsa saat ini. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan rasa patriotisme dan nasionalisme pada setiap diri masyarakat sebagai penerus bangsa.

Sebagai salah satu untuk menghargai usaha dan perjuangan yang dilakukan oleh pahlawan dapat dipresentasikan dengan peringatan 17 Agustus 1945 setiap tahunnya. Sehingga setiap masyarakat memiliki rasa nasionalisme dan patriotisme dalam dirinya. Dengan demikian kegiatan peringatan 17 Agustus 1945 sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan menghargai perjuangan pahlawan.

II. Tujuan

Dalam rangka memperingati 17 Agustus 1945 terdapat 3 tujuan yang hendak dicapai melalui kegiatan ini, diantaranya:
1. Menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme dalam diri masyarakat
2. Memperingati perjuangan pahlawan dalam mengusir penjajah
3. Menjalin hubungan antar setiap warga yang terlibat dalam kegiatan ini

III. Kegiatan

a. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Pelaksanaan acara Peringatan 17 Agustus 1945 ke 73 tahun, akan dilaksanakan pada:
Hari       : Sabtu
Tanggal  : 18 Agustus 2018
Waktu    : 08.00-16.00
Tempat  : Lapangan Karangsambung

b. Susunan Acara
• Pembukaan
• Sambutan Kepala Kelurahan
• Sambutan Ketua RW
• Sambutan Ketua RT
• Sambutan Ketua Pelaksana
• Lomba Balap Karung
• Lomba Kelereng
• Lomba Memasukan Paku kedalam botol
• Lomba panjat pinang
• Pengumuman kejuaraan
• Doa
• Penutup

c. Susunan Panitia
Ketua Pelaksana
Sekretaris
Bendahara
Seksi Humas
Seksi Perlengkapan
Seksi Konsumsi
Seksi P3K
Seksi Perlombaan

IV. Anggaran

Estimasi Anggaran
a. Pemasukan
1. Iuran Warga                 Rp. 10.000 X 300       = Rp. 3.000.000
2. Kas RW                        Rp. 500.0000            = Rp. 500.000
3. Kas RT                         Rp. 450.000              = Rp. 450.000
4. Bantuan dari Kelurahan Rp. 2.000.000           = Rp. 2.000.000

Jumlah                                                            Rp. 5.950.000

b. Pengeluaraan
1. Sound system          Rp. 1.500.000
2. Dekorasi                  Rp. 500.0000
3. Hadiah                     Rp. 2.000.000
4. Transportasi             Rp. 100.000
5. Administrasi             Rp. 100.000
6. Konsumsi                 Rp. 1.750.000

Jumlah                        Rp. 5.950.000

V. Penutup

Demikian proposal ini dibuat dengan sebenar-benarnya. Partisipasi dan Bapak/Ibu kami harapkan dan semoga acara ini bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Atas kerjasama dan perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Ketua RW                                                Ketua Pelaksana

Sobirin                                                    Rara Humaira




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.