Contoh Proposal Singkat Terbaru

Contoh Proposal Singkat Terbaru – Proposal merupakan rencana kegiatan yang didalamnya berisikan rancangan kerja. Tujuan penyusunan proposal ini adalah untuk mendapatkan izin, mendapatkan dukungan dan mendapatkan bantuan dana. Proposal ini perlu dibuat saat Anda hendak melakukan kegiatan atau penelitian tertentu. Antara proposal kegiatan dengan proposal penelitian cenderung berbeda, dimana biasanya proposal kegiatan lebih pendek dan susunan yang ada di dalamnya juga tidak sama.

Proposal penelitian biasanya terdiri dari susunan dasar pemikiran, rumusan masalah, tujuan, asumsi atau hipotesis, metode penelitian, lokasi dan sampel penelitian, jadwal penelitian, peserta penelitian, biaya dan acuan pustaka. Sedangkan proposal kegiatan akan terdiri dari pendahuluan atau latar belakang, tujuan kegiatan, nama kegiatan, tanggal dan waktu serta lokasi pelaksanaan kegiatan, bentuk kegiatan, susunan panitia, rencana anggaran, sponsorship dan yang terakhir adalah penutup.

Jenis proposal bukan hanya proposal penelitian dan kegiatan seperti yang sudah disebutkan diatas, tetapi ada juga proposal bisnis dan proposal proyek dengan sistematika yang sama tergantung pada kebutuhan yang hendak disampaikan. Perlu diingat bahwasanya proposal termasuk tulisan yang formal sehingga dalam penulisannya perlu diperhatikan beberapa hal di bawah ini:
1. Menggunakan gaya bahasa yang jelas, formal dan lugas serta mampu menggambarkan isi keseluruhan proposal
2. Paragrafnya harus kohesif dan koheren
3. Kalimat yang digunakan adalah kalimat efektif yang tidak berbelit-belit sehingga bisa dipahami dengan mudah oleh pembaca
4. Alasan dan tujuan yang diungkapkan harus logis
5. Mengungkapkan fakta, misalnya pada bagian pengajuan dana, tidak membuat manipulasi
6. Tidak ambigu, artinya tidak menimbulkan keraguan atau makna ganda

Baca Juga :
Contoh Proposal Upacara Peringatan 17 Agustus 1945


Contoh Proposal Singkat untuk Kegiatan Peringatan Hari Tahun Baru Islam

PROPOSAL KEGIATAN

KEGIATAN TABLIGH AKBAR DALAM RANGKA MEMPERINGATI TAHUN BARU ISLAM 1438 H

I. Pendahuluan

1 Muharram merupakan hari besar umat Islam yang memiliki sisi historis. Hari ini juga disebut sebagai tahun baru umat Islam yang merupakan hari dimana Nabi Muhammad saw berhijrah dari Kota Makkah ke Kota Madinah. Hijrah yang dilakukan oleh Nabi ini merupakan salah satu bagian dari strategi dakwah yang bahkan masih terus berlangsung hingga saat ini. Hal ini tidak terlepas dari pengertian hijrah itu sendiri, dimana menurut Nabi Muhammad saw artinya adalah meninggalkan hal yang dilarang.

Memperingati hari besar Islam ini tidak berarti meniru perayaan saat tahun baru Masehi, karena pada dasarnya, memperingati tahun baru Islam adalah mengenang kembali peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam tersebut. Cara memperingatinya pun harus disesuaikan dengan tujuan dijadikannya hijrah ini sebagai awal dari sistem penanggalan dalam Islam, salah satunya adalah dengan mengadakan Tabligh Akbar untuk memakmurkan syiar Islam.

Kegiatan positif seperti Tabligh Akbar ini perlu dilakukan untuk mengembangkan dan mengarahkan umat Islam sehingga terhindar dari degradasi akhlak, moral dan nilai agama untuk mengimbangi modernisasi yang begitu kuat saat ini.

II. Tujuan

Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan tabligh akbar ini adalah sebagai berikut:
1. Ikut serta memeriahkan tahun baru Islam 1438 H
2. Memakmurkan syiar Islam
3. Menjalin silaturahmi
4. Mengajak umat Islam untuk selalu ingat kepada Allah

III. Nama Kegiatan

β€œTabligh Akbar dalam Rangka Memperingati Tahun Baru Islam 1438 H”

IV. Tanggal dan Waktu Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan ini adakan dilaksanakan pada:
Hari : Sabtu,
Tanggal : 8 Oktober 2016
Waktu : 19.30 s/d selesai

V. Lokasi Kegiatan

Kegiatan ini akan dilaksanakan di Alun-Alun Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga

VI. Bentuk Kegiatan

Bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain:
1. Sholawat bersama
2. Tabligh Akbar

VII. Susunan Panitia

Penanggung Jawab : KH. Bukhori
Ketua : Ust. Asy’ari
Sekretaris : Rohman Hidayat, S.Pd
Bendahara : H. Saifullah
Seksi-seksi :
1. Seksi Dana dan Usaha : 1. Imam
2. Amir
3. Thoriq
2. Seksi Acara : 1. Hafiz
2. Ahmad
3. Seksi Konsumsi : 1. Nadia
2. Zaimah
3. Nadhifah
4. Seksi Humas dan Dokumentasi : 1. Anton
2. Alfa
5. Seksi Perlengkapan : 1. Dimas
2. Angga
3. Rahmat
4. Nurohman

VIII. Rencana Anggaran

1. Mubaligh 2 orang : Rp 2.000.000
2. Qori’ dan Sari Tilawah : Rp 500.000
3. Tenda dan Pentas : Rp 2.000.000
4. Sound System : Rp 500.000
5. Dokumentasi : Rp 500.000
6. Konsumsi : Rp 3.000.000
7. Seragam Panitia 50 pcs : Rp 2.500.000
8. Cetak Undangan : Rp 250.000
9. Akomodasi Panitia : Rp 500.000
10. Spanduk : Rp 2.000.000 +
Rp 13.750.000

IX. Penutup

Demikian proposal kegiatan ini kami susun. Besar harapan kami Bapak/Ibu bisa turut serta mensukseskan kegiatan β€œTabligh Akbar dalam Rangka Memperingati Tahun Baru Islam 1438 H” ini. Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.