Pengertian Proposal Unsur Unsur Dan Tujuan

Proposal sudah menjadi istilah yang umum untuk sebuah dokumen resmi yang berisi surat pengajuan dan rencana kegiatan yang banyak dipakai dalam suatu organisasi, pekerjaan, kepanitiaan baik di tingkat masyarakat hingga pemerintahan. Bahkan cara pembuatan proposal mulai diajarkan dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Secara umum proposal diartikan sebagai rencana kegiatan yang disajikan secara teratur dan sistematis dan dimuat dalam suatu tulisan.

Penjelasan Lengkap Artikel Makalah Proposal Komplit :

Proposal biasanya juga disertai dengan penyajian data-data, hasil analisa, dan hipotesa. Secara harfiah proposal berasal dari kata propose (bahasa inggris) yang diartikan sebagai permohonan, pengajuan, melamar, penawaran kepada pihak tertentu untuk mendapat persetujuan atau dukungan atau juga untuk mendapatkan izin.

Proposal biasanya berisi penjabaran suatu rencana untuk sebuah tindakan atau kegiatan yang akan dilakukan yang disertai dengan tujuan dan hasil yang diharapkan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), proposal adalah rencana yang dijelaskan dalam bentuk suatu rancangan kerja, perencanaan selaku sitematis, matang dan teliti yang dibuat oleh peneliti sebelum melakukan penelitian.

Pencarian Terkait – Baca Juga : 

Tujuan Penulisan Proposal

Tujuan seseorang membuat suatu proposal adalah untuk menyampaikan suatu rencana kegiatan sehingga kegiatan tersebut dapat diterima, mendapat dukungan, mendapat izin, serta memperoleh dukungan dana dan sponsor. Sedangkan fungsi dibuatnya suatu proposal antara lain untuk mengadakan suatu acara seperti diskusi, seminar, talkshow, pelatihan, workshop, dan sebagainya.

Fungsi pembuatan proposal yang dimaksudkan dalam rencana kegiatan penelitian dalam berbagai bidang, fungsi pembuatan proposal untuk pendirian suatu usaha agar memperoleh dukungan dana dari pemerintah maupun pihak swasta, atau bank dan masih banyak lagi. Berdasarkan tujuan dan fungsinya, proposal dapat dikelompokan menjadi beberapa jenis yaitu proposal kegiatan, proposal pyoyek, proposal penelitian, dan proposal bisnis.

Baca Juga : Manfaat Musyawarah Dalam Kehidupan

Unsur-Unsur Proposal

Unsur-unsur proposal disebut juga bagian-bagian atau bab-bab yang ada atau dimuat dalam sebuah proposal. Unsur–unsur yang dimuat dalam suatu propsal akan menentukan bentuk dari sebuah proposal. Proposal yang memilki unsur yang lengkap serta terdiri dari tiga bagian utama yakni pendahuluan, isi, dan penutup biasa disebut proposal formal.

Apabila unsur-unsur proposal tidak lengkap dapat disebut proposal semi formal, dan ada juga bentuk proposal non formal yang ditulis dalam bentuk memorandum atau surat. Unsur–Unsur yang terdapat dalam proposal diantaranya adalah Pendahuluan, Isi dan Penutup, seperti yang akan dijelaskan secara lengkap dibawah ini.

Baca Juga : Unsur Komponen Komunikasi – Penjelasan Komplit

1. Pendahuluan

Pendahuluan terdiri dari :

a. Latar Belakang

Latar belakan berisi alasan utama yang mendasari dibuatnya suatu kegiatan atau penelitian yang diajukan dalam proposal tersebut. Latar belakang biasanya akan diuraikan secara singkat dan jelas dan langsung tertuju pada pokok permasalahan. Penulisan latar belakang harus berdasarkan isi dan tujuan kegiatan atau penelitian yang tertuang dalam proposal tersebut. Penulisan latar belakang harus semenarik dan sejujur mungkin yang meyakinkan pembaca agar kegiatan atau penelitian pada proposal harus diselesaikan.

b. Perumusan Masalah / Rumusan Masalah

Masalah yang ditulis harus berkaitan dengan kegiatan atau penelitian yang akan dilakukan serta sesuai dengan latar belakang pada proposal. Penulisan masalah biasanya menggunakan sistem penulisan 5W+1H dimana kalimat pertama penulisan masalah menggunakan kata-kata berikut yaitu apa (what), kapan (when), mengapa (why), siapa (who), dimana (where), bagaimana (how). Masalah yang ditulis dalam bagian perumusan masalah selanjutnya akan dibahas bada bagian pembahasan atau isi.

c. Maksud dan Tujuan

Maksud adalah arahan yang ingin dicapai dalam kegiatan atau penelitian yang ditulis dalam proposal sedangkan tujuan adalah tindakan yang dilakukan agar maksud kegiatan atau penelitian dapat terwujud.

d. Sasaran

Setelah menentukan maksud dan tujuan dari kegiatan atau penelitian yang diajukan dalam proposal, sasaran kegiatan juga dapat ditulis dalam proposal agar proposal lebih meyakinkan pembaca. Sasaran menjabarkan mengenai kepada siapa kegiatan atau penelitian tersebut dilakukan atau siapa yang akan menerima dampak langsung dari kegiatan atau hasil penelitian tersebut.

Baca Juga :
Pengertian Diskusi – Macam Jenis, Fungsi Manfaat Dan Tujuan

2. Isi atau pembahasan

Bagian isi dari proposal dapat berisi :

a. Teknik Pelaksanaan

Teknik pelaksanaan berisikan pejelasan mengenai penyelesaina masalah-masalah kegiatan atau penelitian yang diajukan dalam proposal. Teknik pelaksanaan dituliskan secara runtut dan sistematis agar mudah dipahami dan dimengerti pembaca. Teknik permasalahan harus dapat meyakinkan pembaca bahwa kegiatan atau penelitian yang diajukan dalam proposal dapat diselesaikan secara benar dan sukses.

b. Jadwal pelaksanaan

Jadwal pelaksanaan berisikan urutan kegiatan yang akan dilakukan. Jadwal kegiatan harus ditulis sedetail mungkin agar dapat memberikan gambaran kepada pembaca mengenai jalannya kegiatan atau penelitian dari awal hinga akhir. Penulisan jadwal pelaksanaan yang rinci juga dapat memeberikan kesan kepada pembaca bahwa kegiatan atau penelitian yang dilakukan adalah penting dan sungguh-sungguh sehingga memberikan nilai jual proposal semakin baik.

c. Anggaran

Anggaran berisikan rincian biaya keseluruhan yang diperlukan dalam kegiatan dari awal hingga akhir. Anggaran juga wajib ditulis secara rinci dan detail agar kegiatan dalam proposal lebih terpercaya dan profesional.

d. Susunan kepanitiaan

Susunan panitia berisikan darftar orang-orang yang terlibat secara langsung dalam kegiatan atau penelitian yang diajukan dalam proposal.

Baca Juga :
Tujuan Komunikasi – Penjelasan Lengkap

3. Penutup

Penutup berisikan kesimpulan serta harapan terhadap apa yang ditulis dalam proposal kepada pembaca. Penutup juga memuat tanda tangan penangung jawab kegiatan.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.