Manfaat Musyawarah Dalam Kehidupan
5/5 (1)

Musyawarah yang dalam bahasa inggris adalah discussion dan juga dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Diskusi, merupakan suatu komunikasi yang bertujuan untuk mencari kesimpulan bersama pada suatu bahasan tertentu yang dilakukan dengan cara yang baik. Berbeda dengan Debat yang sering kali dapat memicu kemarahan didalamnya, Musyawarah dilakukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan dengan cara yang baik-baik tanpa adanya kekerasan dan bahasa kurang baik atau ucapan menggunakan nada tinggi yang bisa membuat lawan bicara tersinggung. Jalan keluarnya adalah dengan cara melakukan musyawarah untuk mencari mufakat atau persetujuan.

Pengertian Debat : Unsur Unsur, Ciri Struktur, Jenis Dan Tata Cara

Kata musyawarah dalam bahasa Arab yaitu Syawara yang memiliki arti berunding atau mengajukan sesuatu. Jadi, musyawarah merupakan suatu upaya bersama dengan sikap rendah hati untuk memecahkan persoalan (mencari jalan keluar) untuk mengambil keputusan bersama dan penyerlesaian atau pemecahan yang menyangkut urusan keduniawian. (sumber : Wikipedia)

Baca Juga : Tujuan Komunikasi – Penjelasan Lengkap

Tujuan dari musyawarah adalah untuk menyelaskan suatu permasalahan dengan cara berunding untuk mencapai mufakat atau persetujuan tanpa adanya pihak yang di unggukan. Jadi, menyelesaikan suatu masalah dengan cara musyawarah sangat dianjurkan. Jika permasalahan tersebut tidak bisa diselesaikan atau mengalami kebuntuan dengan cara musyawarah, maka biasanya orang memakai cara Voting atau Pemungutan Suara.

Baca Juga : Artikel Berbicara di Depan Umum – Public Speaking

Sebelum Anda tahu apa manfaat dari musyawarah, ada baiknya Anda mengetahui ciri ciri dari musyawarah.

Ciri Ciri Musyawarah :

• Dilakukan Untuk Kepentingan Bersama

setiap masalah yang melibatkan banyak orang bisa diselesaikan dengan cara musyawarah. Biasanya terjadi di suatu perkumpulan ataupun organisasi dan musyawarah adalah jalan terbaik untuk menyelesaikan suatu masalah ataupun yang lainnya.

• Tidak Memberatkan Anggota Musyawarah

Musyawarah ini bertujuan untuk meyelesaikan suatu problema dimana tidak ada satupun anggota musyawarah yang merasa terbebani setelah adanya keputusan akhir.

• Mudah Dipahami

Setiap apendapat yang di usulkan oleh anggota musyawarah harus bisa dipahami dan dicerna oleh anggota yang lain.Semua anggota harus setuju dengan hasil akhir dari musyawarah tersebut.

• Bersumber dari Hati Nurani

Setiap orang yang mengikuti musyawarah harus menerima sebuah keputusan dengan hati nurani tanpa adanya ancaman ataupun paksaan. Setiap anggota memilih sesuai apa yang Dia pilih, bukan hasutan dari orang lain.

Baca Juga : Proses Komunikasi Dan Penjelasan Unsur Komunikasi

Setelah anda mengetahui ciri ciri dari musyawarah, mari kita simak beberapa manfaat dari musyawarah tersebut.

Tujuan dan Manfaat Musyawarah :

1. Mencari Sebuah Kebenaran

Dalam setiap musyawarah yang di adakan, pastinya kita akan selalu mencari jalan keluar untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Disini, kita bisa mengeluarkan pendapat dan mencari kebenaran dari masalah yang sedang di perbincangkan setelah mendapatkan hasil akhir.

2. Memecahkan Suatu Permasalahan

Dengan cara musyawarah, kita bisa memecahkan suatu masalah dengan beberapa pendapat orang lain yang akan membantu anda untuk mengungkapkan sebuah kebenaran. Disini, pendapat orang lain harus di hargai dengan bijak supaya tidak ada salah satu pihak yang tersinggung.

3. Adanya Kebersamaan

Seorang yang ikut dalam musyawarah paling tidak akan bertemu dengan orang orang yang berbeda karakter satu sama lain. Selain memecahakan permasalahan yang ada, juga mempererat silaturahmi dan memperkuat tali persaudaraan antar sesama anggota musyawarah.

4. Menyatukan Beberapa Pendapat yang Berbeda

Setiap anggota musyawarah pastinya memiliki pendapat mereka sendiri-sendiri dan ada kalanya tidak semua pendapat sama.Namun, pendapat tersebut akan disatukan menjadi sebuah jawaban yang mewakili dari setiap anggota sehingga semua pihak akan setuju dan tidak akan ada yang merasa dibedakan.Disitulah fungsi utama musyawarah berjalan.

5. Berani Mengeluarkan Pendapat

Seorang yang ikut musyawara, harus bisa menyuarakan pendapatnya sendiri dengan beberapa atauran.Beberapa peraturan tersebut wajib diterapkan pada saat musyawarah berlangsung seperti menggunakan bahasa yang sopan dan baku, tidak memihak salah satu anggota, berbicara tanpa adanya emosi yang berlebihan, dan tidak mengeluarkan pendapat yang mengadu domba antar sesama anggota musyawarah.

6. Melatih Mental

Berbicara di depan banyak orang itu tidaklah mudah, bahkan tidak sedikit orang yang tidak berani berbicara didepan umum.Dengan mengikuti musyawarah, diharapkan bisa melatih mental seseorang untuk mengeluarkan pendapatnya tanpa adanya malu yang berlebihan.

7. Belajar Menahan Emosi

Dalam setiap musyawarah yang di selenggarakan, ada kalanya kita tidak sependapat dengan orang lain. Dari situlah kita bisa melatih emosi kita untuk berbicara kurang setuju pada anggota yang menyuarakan pendapat. Namun, perlu di ingat bahawa tidak boleh menggunkan bahasa yang sangat kasar ataupun menyindir salah satu pihak.

8. Menghargai Pendapat Orang Lain

Mengikuti musyawarah bisa membuat anda menjadi orang yang bisa menghargai pendapat orang lain. Setiap pendapat yang anggota lain lontarkan bisa Anda resapi dan bisa menjadi sebuah pengetahuan yang belum anda ketahui sebelumnya.

Baca Juga : Unsur Komponen Komunikasi – Penjelasan Komplit

Sebagai tambahan, untuk menerima dan melaksanakan keputusan hasil dari musyawarah alangkah baiknya menggunakan tips tata cara musyawarah yang baik.

Tata Cara Musyawarah Yang Baik Dan Benar :

• Seluruh anggota yang mengikuti musyawarah harus mementingkan kepentingan anggota, bukan pribadi

• Seluruh anggota dapat mencerna dan memahami apa yang sedang dimusyawarahkan.

• Semua anggota harus sadar bahawa keputusan yang di ambil adalah keputusan yang terbaik demi anggota.

• Seluruh anggota harus bisa menahan emosinya pada saat keputusan yang di ambil tidak sesuai apa yang Dia harapkan.

• Seluruh anggota wajib mentaati peraturan yang sudah diterapkan walaupun hasil yang didapatkan kurang memuaskan.

Sekian artikel dari saya. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Apakah artikel ini perlu tambahan penjelasan? Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.