Unsur Komponen Komunikasi - Penjelasan Lengkap

Penjelasan Lengkap Unsur Komponen Komunikasi – Komunikasi memiliki arti yaitu adanya interaksi antara dua orang atau lebih mencakup pengiriman dan penerimaan pesan dari komunikator (pemberi pesan) kepada komunikan atau target penerima pesan. Dilihat dari definisinya maka komunikasi memiliki beberapa unsur penting yang mempengaruhi orang-orang yang melakukan komunikasi tersebut.

Komunikasi juga memiliki tujuan yang tepat baik dari segi mentransfer ide, mengedukasi, ataupun untuk mengubah sesuatu. Maka agar tujuan dari komunikasi itu terlaksana dengan baik, tentu saja diperlukan adanya proses yang baik. Salah satu hal yang mendasari pentingnya unsur-unsur komunikasi ini yaitu untuk membuat proses komunikasi berjalan dengan baik dan tepat. Unsur komunikasi ini harus selalu diperhatikan agar timbul feedback positif dari komunikan.

Baca Juga – Penjelasan Lengkap Komunikasi :

Unsur-unsur Komunikasi Yang Memiliki Peran Penting Dalam Proses Komunikasi

1. Pesan

Pesan bisa diartikan juga sebagai berita, informasi, atau ide yang ingin disampaikan dari komunikator ke komunikan. Setiap pesan yang disampaikan berbeda-beda jenisnya misalnya pesan yang berupa tulisan, kata-kata, gambar, dan sebagainya. Pesan terbagi lagi menjadi beberapa jenis, diantaranya :

  • Pesan Informatif

Pesan informatif merupakan pesan yang bersifat memberi keterangan dan fakta-fakta ataupun informasi lainnya. Pesan ini biasanya digunakan sebagai acuan dalam pengambilan keputusan seorang komunikan. Contohnya informasi mengenai bencana alam dan kira-kira jenis bantuan apa saja yang bisa diberikan.

  • Pesan Persuasif

Pesan persuasif adalah pesan yang memiliki sifat membujuk, dan pesan jenis ini akan merubah komunikan dengan keinginannya sendiri tanpa adanya paksaan. Contohnya komunikan yang terbujuk oleh iklan suatu produk yang disampaikan komunikator.

  • Pesan Koersif

Pesan koersif merupakan kebalikan dari pesan persuasive, yaitu memiliki pesan yang pada dasarnya memiliki sifat memaksa dalam mencapai tujuan, contohnya peraturan seorang pegawai di suatu perusahaan yang wajib diikuti.

2. Komunikator

Komunikator menjadi unsur yang paling penting dalam komunikasi karena dianggap sebagai penyampai utama sebuah pesan. Komunikasi tanpa komunikator tentu tidak dapat didefinisikan sebagai suatu komunikasi. Pesan yang nantinya diterima oleh komunikan tergantung dari cara komunikator menyampaikan pesan tersebut, apakah dipahami dengan baik oleh komunikan atau tidak. Beberapa hal yang harus dimiliki oleh seorang komunikator diantaranya sebagai berikut :

  1. Harus menguasai cara bicara atau menulis yang baik dalam menyampaikan pesan.
  2. Memiliki pengetahuan tentang pesan yang akan disampaikan.
  3. Memiliki kemampuan dalam menyusun isi pesan.
  4. Memiliki kemampuan dalam memilih media pesan yang tepat dalam penyampaian pesan.
  5. Memiliki kredibilitas yang baik di mata setiap komunikan.
  6. Mampu mengatasi masalah atau gangguan yang mungkin timbul saat sedang menyampaikan pesan.
  7. Memberi kemampuan dalam memberikan tanggapan yang tepat atas setiap feedback dari komunikan.

3. Media komunikasi

Media komunikasi adalah sarana ataupun saluran yang digunakan oleh komunikator dalam menyampaikan sebuah pesan. Pemilihan media komunikasi ini tergantung dari jenis dan bentuk pesan itu sendiri, biasanya untuk pesan yang berbentuk tulisan disampaikan melalui koran atau majalah, sedangkan media yang berbentuk audio televisi biasanya berbentuk video yang didalamnya terdapat gambar dan suara. Media komunikasi dibagi menjadi dua bagian diantaranya :

  • Media Personal

Media personal yaitu media komunikasi yang digunakan oleh 2 orang yang sifatnya pribadi misalnya percakapan yang dilakukan melalui telepon, media video call atau media perpesanan chatting contohnya whatssap, BBM, line, dan sebagainya.

  • Media Massa

Media massa adalah media komunikasi yang digunakan dalam menyampaikan pesan kepada banyak orang. Pesan yang disampaikan tersebut contohnya melalui koran, televisi, atau radio.

4. Komunikan

Dalam ilmu komunikasi, komunikan ini berarti penerima pesan sebagai pihak yang menjadi sasaran komunikasi. Seorang komunikan harus mampu menerima pesan yang disampaikan oleh komunikator dengan baik, sehingga komunikan harus memperhatikan setiap detail pesan dari komunikator tersebut. Hal-hal yang harus diperhatikan komunikan saat menerima pesan dari komunikator, yaitu :

  1. Kecakapan dalam berkomunikasi misalnya membaca dan mendengar dalam menangkap pesan.
  2. Sikap komunikan terhadap pesan yang disampaikan oleh komunikator.
  3. Pengetahuan komunikan mengenai pesan yang diterima.
  4. Keadaan lahiriah komunikan dalam menerima pesan, karena tidak semua komunikan memiliki panca indera yang baik dalam berkomunikasi misalnya seorang disable.

5. Feedback

Feedback yaitu respon yang diberikan oleh komunikan dalam menanggapi pesan yang disampaikan oleh komunikator. Feedback dari komunikan akan menjadi tolak ukur berjalan dengan baik atau tidaknya suatu komunikasi, apakah komunikan mengerti isi pesan, dan apakah tujuan dari komunikasi tersebut tercapai atau tidak. Feedback ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu :

  • Feedback Positif

Feedback positif adalah respon positif yang ditunjukkan oleh komunikan terhadap pesan yang disampaikan oleh komunikator contohnya anggukan, senyuman, dan sikap positif lainnya.

  • Feedback Negatif

Kebalikan dari feedback positif, feedback negatif yaitu respon negatif yang ditunjukkan oleh komunikan ketika menerima pesan misalnya sikap acuh, gelengan kepala dan lain sebagainya.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.