Pengertian Ilustrasi : Fungsi, Tujuan, Jenis Dan Contoh

Jagad.id – Pengertian Ilustrasi adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Belanda ilustratie yang memiliki arti suatu hiasan dengan gambar. Secara terminologi ilustrasi merupakan suatu gambar yang memiliki fungsi sebagai sarana untuk menjelaskan suatu kejadian. Menurut para ahli (Soedarso,1990) menyatakan bahwa ilustrasi adalah sebuah gambar yang melukiskan tujuan tertentu seperti contohnya pada cerpen.

Pengertian Ilustrasi

Menurut Para ahli lainnya juga berpendapat bahwa ilustrasi adalah sebuah gambar yang berkaitan dengan seni rupa. Ilustrasi ini dapat menjelaskan tentang makna dari sebuah tulisan sehingga membantu pembaca untuk memahami makna dari tulisan tersebut (Rohidi, 1984).

  • Definisi Ilustrasi
  • Manfaat Ilustrasi
  • Fungsi Ilustrasi
  • Tujuan Ilustrasi
  • Jenis Ilustrasi
  • Contoh Ilustrasi

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ilustrasi mengandung makna sebuah gambar yang menjelaskan isi dari suatu buku atau menjelaskan sebuah tulisan sehingga membantu pembaca dalam memaikan imajinasinya untuk mengartikan tulisan lewat sebuah gambar.

Manfaat Ilustrasi

Sebuah ilustrasi memiliki banyak arti dan makna. Ia membantu kita dalam memahami makna tersirat dalam suatu tulisan melalui gambar. Berikut ini adalah fungsi dari ilustrasi yang kan dikaji secara mendalam:

1. Menarik perhatian pembaca. Ilustrasi dapat digunakan untuk memberi gambaran lengkap mengenai isi sebuah karya. Salah satu contohnya adalah pada majalah atau buku. Sebuah ilustrasi sangatlah bagus untuk membuat para pembaca penasaran dan membuat mereka ketagihan untuk membacanya lebih lanjut.

2. Memudahkan dalam memahami suatu tulisan. Adanya ilustrasi membantu kita menemukan makna dari sebuah tulisan yang kita baca secara menyeluruh.

3. Sebagai sarana mengekspresikan ide atau pikiran melalui sebuah gambar. Banyak diantara mereka yang gemar menggambar untuk mengekspresikan apa yang ia rasakan, menyalurkan hobi, mengungkapkan curahan hati dan lain – lain.

4. Menjelaskan secara singkat sebuah tulisan atau cerita.

5. Meningkatkan nilai estetika sebuah gambar atau tulisan. Adanya ilustrasi menjadikan seseorang lebih mudah dalam memaknai sebuah pesan yang ingin disampaikan.

6. Sebagai sarana untuk berkomunikasi. Pada umumnya sebuah gambar dapat mendeskripsikan sebuah tulisan.

7. Memberikan hiburan sehingga pembaca tidak bosan saat membaca sebuah tulisan.

8. Menjelaskan sebuah konsep melalui gambar.

Fungsi Ilustrasi

Selain ke delapan fungsi yang telah disebutkan di atas, berikut akan dikaji lebih dalam lagi mengenai fungsi ilustrasi:

1. Fungsi Deskriptif, yaitu digunakan untuk menjabarkan arti dari sebuah tulisan yang panjang melalui sebuah gambar.

2. Fungsi Ekspresif, yaitu mengekspresikan suatu ide atau gagasan melalui sebuah gambar.

3. Fungsi Analitis mengekspresikan secara detail bagian – bagian suatu benda.

4. Fungsi Kualitatif, yaitu pada umumnya digunakan dalam pembuatan tabel, grafik, foto, simbol, gambar dan lain – lain.

Tujuan Ilustrasi

Ada pun tujuan atau manfaat dari ilustrasi ini adalah pertama, untuk memperjelas mengenai informasi yang akan kita sampaikan. Kedua, untuk menarik perhatian sehingga dapat merangsang dan memotivasi pembaca agar tidak bosan. Ketiga, mempermudah dalam mengingat konsep, ide dan gagasan yang ingin disampaikan melalui sebuah gambar. Selain itu, berikut akan dikaji lebih dalam mengenai tujuan dari ilustrasi:

1. Menarik perhatian para pembaca. Seorang penulis dikatakan berhasil jika tulisan yang ia buat menjadikan pembaca merasa penasaran sehingga tertarik untuk membacanya lebih lanjut.

2. Memperjelas makna yang terkandung dalam sebuah tulisan. Tanpa adanya ilustrasi pembaca akan kesulitan untuk memahami makna sebuah tulisan. Dengan adanya ilustrasi dapat membantu pembaca dan mengarahkan mereka untuk terus membaca tulisan kita. Jadi, pandai – pandailah dalam menampilkan ilustrasi. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan ilustrasi yang menarik tentu memiliki nilai lebih dibandingkan dengan ilustrasi yang tidak sesuai dengan tema yang kita angkat.

3. Ilustrasi dapat digunakan sebagai logo suatu perusahaan. Satu hal yang harus digaris bawahi adalah di dalam logo tersebut mengandung identitas perusahaan. Identitas ini sangatlah penting bagi perusahaan dalam hal promosi produk mereka. Salah satu contohnya adalah perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman. Dengan ilustrasi yang baik dalam kemasan makanan atau minuman tersebut dapat menarik perhatian para pembeli atau konsumen mereka.

4. Meyakinkan pembaca terhadap berbagai pesan yang ingin disampaikan.

5. Menciptakan kesan yang bermakna dalam produk yang dipromosikan.

6. Memperlihatkan keunikan suatu produk. Ilustrasi menjadi alat untuk menonjolkan keunikan suatu produk. Salah satu contohnya adalah saat kita ingin menawarkan sebuah produk sabun dengan bahan alami. Ilustrasi yang di buat adah menggambarkan produk tentang sabun berbahan alami.

7. Menarik pembaca untuk membaca judul. Dalam sebuah tulisan ternyata judul memiliki pengaruh yang besar terhadap minat pembaca untuk membaca isinya hingga akhir. Disinilah ilustrasi sangat dibutuhkan

8. Sebagai sarana untuk mengkomunikasikan sebuah produk kepada konsumen. Contohnya adalah pada kemasan suatu produk membutuhkan desain yang menarik agar konsumen tertarik untuk membeli.

Macam Jenis Ilustrasi

Berikut ini akan dikaji apa saja sih macam atau jenis ilustrasi yang dapat kita gunakan untuk menuangkan ide dan gagasan kita:

1. Gambar Ilustrasi Naturalis

Gambar ilustrasi naturalis memiliki warna dan bentuk yang senada dengan bentuk asli yang ada di alam.

2. Gambar Ilustrasi Dekoratif

Gambar ilustrasi dekoratif banyak digunakan untuk mewarnai suatu bentuk dengan gaya tertentu.

3. Gambar Kartun

Gambar kartun banyak dijumpai pada buku atau majalah untuk anak – anak. Hal ini dikarenakan dengan adanya gambar dapat menarik perhatian anak – anak untuk betah berlama – lama membaca. Selain memberikan banyak edukasi, hal ini juga mampu menambah kosa kata anak serta melatih mereka untuk memaikan imajinasi mereka.

4. Gambar Karikatur

Gambar karikatur pada umumnya banyak dijumpai di koran atau majalah. Bisa jadi gambar itu mengekspresikan sebuah kritik dan saran.

5. Ilustrasi Buku Pelajaran

Ilustrasi buku pelajaran digunakan untuk menjelaskan suatu kejadian baik yang bersifat ilmiah maupun menggambarkan tentang suatu gambar.

6. Cerita Bergambar

Dalam cerita bergambar seperti pada komik, sebuah ilustrsi dapat digunakan untuk menyatakan suatu tempat dan mendeskripsikan sebuah serita dengan sudut pandang yang membuat pembaca tertarik untuk mengikuti cerita tersebut.

7. Ilustrasi Khayalan

Pada ilustrasi khayalan biasanya gambar yang dibuat mengekspresikan suatu imajinasi yang banyak digunakan dalam berbagai cerita seperti novel, komik dan lain – lain.

Contoh Ilustrasi

Setelah mengetahui berbagai manfaat dan fungsi dari ilustrasi kini akan kita bahas mengenai contoh – contoh gambar ilustrasi. Gambar ilustrasi mampu menyalurkan ide yang dituangkan dalam sebuah gambar.

1. Komik

Komik merupakan suatu karya seni yang memadukan rangkaian gambar untuk disusun sebagai sebuah cerita yang menarik.

2. Cover

Setiap buku pasti memiliki cover atau sampul. Dengannya menjadikan sebuah buku semakin menarik dan indah untuk dipandang. Dengan adanya ilustrasi semakin menarik perhatian para pembaca . Terutama pada buku – buku pelajaran, dengan gambar akan membantu siswa lebih mudah mempelajari suatu materi.

3. Majalah

Dalam sebuah majalah terutama majalah fashion, tentu ilustrasi memiliki nilai yang sangat penting. Mengapa? Hal ini dikarenakan ilustrasi membantu konsumen untuk mengenal lebih dalam produk yang ditawarkan sehingga dapat merangsang ketertarikan konsumen untuk membelinya.

error: This content is protected by DMCA