Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen – Konsumen adalah setiap orang yang memakai barang atau jasa yang tersedia dalam sebuah masyarakat, baik bagi kepentingan orang banyak seperti diri sendiri, keluarga, kerabat, orang lain, dan mahluk hidup yang lainnya dan tidak bisa / tidak untuk di perjual belikan.
Dimana ada konsumen, disitu ada pemasar. Pemasar harus benar benar mengtahui beberapa faktor yang mempengaruhi perlaku konsumennya karena seorang pemasar harus bisa mengatur strategi yang baik agar konsumen tertarik dengan barang yang di perjual belikan, salah satunya mencermati apa yang di sukai konsumen dan yang terpenting perilaku konsumen itu sendiri.
Baca Juga : Cara Usaha Kecil Kecilan Di Desa
Tujuan dari pemasaran yaitu untuk memenuhi kebutuhan seseorang yaitu pelanggan secara lebih baik dari pada pesaing lain. Jadi, seorang konsumen harus diperlakukan lebih baik dari pada pesaing anda agar konsumen lebih memilih anda dibanding orang lain.
Perilaku konsumen merupakan sebuah pembelajaran tentang perorangan, kelmpok, organisasi dan lain sebagainya dalam sebuah proses dalam menyeleksi, menggunakan dan membeli sebuah barang ataupun sebuah jasa ataupun gagasan agar memuaskan kebutuhan mereka.
Sebelum mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, ada baiknya anda tahu beberapa perilaku konsumen secara umum.
Baca Juga : Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang
Perilaku Konsumen Rasional
Suatu konsumsi bisa dikatakan rasional jika mencakup beberapa hal dibawah ini.
- Barang tersebut memang sangat sangat dibutuhkan oleh konsumen, konsumen tersebut membeli barang bukan karena tujuan lain, melainkan ada suatu keperluan yang perlu dibeli.
- Mutu barang terjamin, setiap barang pastinya memiliki kualitas yang bagus dan ada yang tidak, perilaku konsumen dikatakan rasional jika barang tersebut sudah terjamin kemutuannya oleh pihak tertentu.
- Harga sesuai kemampuan konsumen, setiap konsumen harus membeli sebuah barang sesuai ekonomi yang ada, tidak meksakan diri sendir untuk membeli suatu produk.
- Barang tersebut bisa memberikan sebuah kegunaan bagi konsumen secara optimal, konsumen membeli sebuah produk dan tidak memerlukan barang yang lain dan barang tersebut bisa digunakan seoptimal mugkin.
Baca Juga : Cara Jualan Online Di Facebook Dengan Sukses
Perilaku Konsumen Irasional
Konsumen irasional adalah seorang konsumen yang mebeli sebuah barang tanpa memperdulikan kegunaannya trlebih dahulu.mari kita lihat contoh perilaku konsuen yang irasional
- Gengsi, seorang yang gengsi akan membeli sebuah produk yang mahal dengan cara apapun tanpa mementingkan kegunannya terlebih dahulu tanpa mementingkan perekonomiannya.
- Diskon yang menggoda, setiap konsumen akan membeli suatu produk yang sedang ada potongan harga tanpa mementingkan kegunaannya.
- Memiliki merek yang sudah dikenal banyak orang, seorang konsumen akan membeli barang yang memiliki merek ternama sebagai ajang pamer kepada keluarga, kerbat dan orang di sekitarnya.
- Tertarik terhadap iklan baik di media cetak maupun elektronik, seorang konsumen akan membeli suatu produk karena tertarik dengan barang yang ada di iklan media elektronik tanpa tau kegunannya.
Baca Juga : Jenis-Jenis Pekerjaan Beserta Gambarnya
Dalam dunia pemasaran, pemasar harus benar benar memahami teori perilaku konsumen. Karena faktanya, itu sangat penting bagi konsumen dan konsumen masa depan dengan mulai menganalisa pasar dengan perencanaan yang matang. Untuk itu mari kita simak beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen.
1. Faktor Sosial
Peran dari status sosial seseorang akan menunjukan jabatan ataupun kedudukan orang tersebut dalam sebuah kelompok sosial. Faktor sosial meliputi kelompok acuan, peran, keluarga, maupun status sosial. Yang dimaksud kelompok acuan adalah semua kelompok yang mempunyai pengarush secar tidak angsung atupun langsung terhadap sikap dan perilaku orang tertentu.
2. Faktor budaya
Selain faktor sosial, ada juga faktor budaya sangat penting bagi perilaku konsumen. Karena budaya merupakan sebuah penentu paling dasar. Masing masing budaya terdiri dari beberapa sub budaya yang lebih memperlihatkan sosaialisasi khusus kepada anggotanya. Sub budaya mencakup beberapa hal seperti Agama, Suku dan Ras bagi anggota anggotanya.
3. Faktor pribadi
Keputusan membeli atau tidaknya suatu barang atau produk akan sangat berpengaruh dan di pengaruhi oleh faktor pribadi. Karakteristik meliputi beberapa aspek seperti pekerjaan, ekonomi, kepribadian dan konsep diri sendiri, juga gaya hidup sang pembeli.
4. Faktor psikologi
Awal mula seseorang untuk memahami perilaku seorang konsumen adalah adanya rangsangan dari luar yang meliputi teknologo, politik, ekonomi dan budaya. Tugas seorang pemasar adalah mencermati apa yang terjadi dalam sebuah kesadaran suatu konsumen antara keputusan pembelian akhir dan rangsangan pembelian dari luar.
Dari pernyataan di atas, kita tahu bahawa perilaku konsumen akan dipengaruhi oleh beberapa faktor mulai dari
- Faktor sosial
- Faktor budaya
- Faktor pribadi
- Dan, Faktor psikologi
Semua itu akan sangt berpengaruh terhadap perilaku konsumen. Terutama perilaku linkungan yang paling berpengaruh sebagai suatu dasar utama adalah memahami suatu pengaruh lingkungan yang membentuk atupun menghambat suatu individu dalam mengambil sebuah keputusan berkonsumsi mereka.
Baca Juga : Membuat Website Gratis di HP Android Terbaru
Contoh Perilaku Konsumen
Di sekitar Masjid Agung tentunya akan sangat efektif untuk berjualan peralatan ibadah seperti Sajadah, Baju gamis, Peci dll. Tentunya konsumen akan lebih tertarik untuk membeli saat sedang mengunjungi masjid agung.
Sekian dulu artikel tentang beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen di atas, semoga bermanfaat dan jang lupa untuk di share ke media sosial favorit anda seperti facbook twitter google plus dan yang lain sebagainya. Mohon maaf jika ada kata kata yang kurang berkenan di hati anda saya mohon maaf yang sebesar besarnya. Sekian dan terima kasih telah berkunjung.
Rekomendasi:
- Pengertian Digital Advertising : Tipe, Manfaat dan Contoh… Jagad.id - Digital advertising sekarang ini didukung dengan para pengguna internet yang terus bertambah dari tahun ke tahun. Ditambah lagi, ada begitu banyak jenis format digital advertising yang dapat ditampilkan…
- Cara Usaha Kecil Kecilan Di Desa - Peluang Kesempatan Di era globalisasi ini, mencari pekerjaan sangat sulit. Jumlah pencari kerja yang semakin bertambah tidak diimbangi dengan jumlah lapangan kerja yang cukup. Setiap orang akan terus mencari pekerjaan dengan kemampuan…
- Pengertian Distribusi Adalah : Fungsi, Tujuan, Macam dan… Jagad.id - Kata distribusi ini sudah bukan hal yang asing lagi ditelinga sebagian besar masyarakat di Indonesia. Apalagi yang bekerja pada bidang bisnis dan pemasaran produk. Namun, tahukah anda tentang…
- Pemasaran Usaha : Definisi dan Contohnya Jagad.id - Pemasaran Usaha, pemasaran usaha ialah senjata khusus dalam membuat usaha. Tiap pelaku bisnis tentu saja harus mempunyai taktik pemasaran yang masak. Karena, hal itu bisa tentukan maju atau…
- Pengertian Rohani : Arti, Ciri, Faktor, Gejala Gangguan Dan… A. Pengetian Rohani Menurut Para Ahli 1. Jalaluddin Kesehatan rohani atau kesehatan mental merupakan suatu kondisi bathin yang senantiasa berada dalam keadaan tenang, aman juga tentram. Dan upaya untuk menemukan…
- Distributor Adalah : Pengertian, Jenis dan Fungsi Distributor, Pengertian, Jenis dan Fungsinya,- Dalam dunia bisnis, banyak pelaku ekonomi yang melakukan perannya sebelum produk sampai di tangan konsumen. Salah satunya distributor. Distributor adalah seseorang yang menyalurkan produk dari…
- 6 Perbedaan Sales Dan Marketing Jagad.id - Perbedaan Sales dan Marketing, Beberapa orang sering kesusahan pahami ketidaksamaan pemasaran dan sales hingga ke-2 nya dipandang mempunyai makna yang serupa. Walau memang sama sama dengan sasaran, jalinan…
- Fitur WhatsApp Business Terbaru Untuk Bisnis Anda Jagad.id - Fitur WhatsApp Business - Pemasaran percakapan (Conversational marketing) sedang meningkat, sebagian besar didorong oleh ekspektasi konsumen yang meningkat akan kenyamanan dan pengalaman digital yang disesuaikan. Faktanya, 90% konsumen…
- 5 Alasan Pentingnya Digital Marketing untuk Bisnis Anda Jagad.id - Pentingnya Digital Marketing untuk Bisnis - Pesatnya roda perkembangan teknologi beriringan dengan berkembangnya kegiatan pemasaran secara digital atau yang biasa disebut sebagai digital marketing. Perkembangan tersebut tak lain…
- Trik Sukses Dropship Di Shopee Jagad.id - Trik Sukses Jadi Dropsip Di Shopee, Sekarang ini, untuk memulai usaha dropship di Shopee sangat gampang. Tetapi sebagai pertanyaan, bagaimanakah cara sukses dropship di Shopee? Sebetulnya, kamu tak…
- Pengertian Transaksi : Bukti dan Bisnis Sebagai manusia kita tidak hanya serta merta hidup dalam sebuah lingkungan dengan berbagai individu lain. Sebagai manusia, kita mempunyai kebutuhan-kebutuhan pokok juga kebutuhan sekunder untuk dipenuhi demi kelangsungan hidup kita.…
- Pengertian Kemasan : Manfaat Dan Contoh 10 Jenisnya Berbicara mengenai kemasan memang cukup pelik. Pasalnya, ada banyak hal yang bisa dikategorikan ke dalam bentuk kemasan. Baik itu makanan, pakaian dan lain sebagainya. Namun untuk mempersingkatnya, maka disini akan…
- Trik Produk Jadi Best Seller, GRATIS! Jagad.id - Trik Produk Jadi Best Seller , Best seller ialah istilah yang kerap dipakai dalam usaha retail dan kita saksikan di sampul buku atau pada gerai-gerai penjual produk seperti…
- Pengertian Pasar Monopolistik : Karakteristik Ciri,… Dalam pasar monopolistik sebagai seorang produsen harus lebih aktif dalam promosi dan iklan produk serta brand utama perusahaannya karena dalam pasar ini harga bukan menjadi faktor utama dalam menarik konsumen,…
- Mengenal Apa itu Financial Technology dan Manfaatnya Jagad.id - Penggunaan teknologi dalam bidang keuangan sudah ada sejak awal era komputer. Ketika bank dan lembaga keuangan lainnya mulai menggunakan komputer untuk pencatatan dan transaksi dasar. Namun, istilah "FinTech"…
- Pengertian E-Commerce : Jenis, Metode Transaksi dan Contoh… Jagad.id - Sekarang ini, semakin banyak orang yang merasa nyaman memakai e-commerce sebab hanya dengan berbelanja online, maka kita tidak lagi harus repot pergi ke tempat perbelanjaan. Hanya dengan berkunjung…
- Definisi Konsumen (Ekonomi) : Peran, Jenis, Hak dan… Konsumen adalah setiap orang yang menggunakan barang maupun jasa yang tersedia dari masyarakat untuk kepentingannya sendiri, orang lain maupun makhluk hidup yang lain guna untuk memenuhi kebutuhannya serta tidak untuk…
- Pengertian Kegiatan Ekonomi Adalah : Pelaku, Tujuan, Jenis… Dalam kehidupan sehari-hari, setiap manusia pasti pernah melakukan kegiatan ekonomi. Karena manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa mungkin lepas dari orang lain. Baik dalam memenuhi kebutuhannya ataupun memenuhi kebutuhan…
- Cara Sukses Berjualan Di Facebook Jagad.id – Cara Sukses Berjualan Di Facebook, Memulai usaha online sekarang telah lebih gampang, pasalnya kamu dapat aktifkan feature berjualan di beberapa sosial media, satu diantaranya Facebook. Menjadi satu diantara…
- 4 Ide Usaha Untuk Fresh Graduate, Auto Cuan!! Jagad.id - Ide Usaha Untuk Fresh Graduate, habis lulus lalu mencari kerja? Kenapa tidak mandiri dan bikin usaha sendiri? Berikut ide usaha untuk kamu yang baru lulus kuliah yang dapat…
- Komponen Ekosistem Biotik Dan Abiotik Komponen Ekosistem Biotik Dan Abiotik - Ekosistem dapat diartikan sebagai hubungan timbal balik atau interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Selain itu ekosistem merupakan tingkatan organisasi kehidupan yang mencakup organisme…
- Sumber Daya Manusia : Materi, Pengertian, Fungsi dan Contoh Jagad.id - Pengertian Sumber Daya Manusia - Suatu negara pasti mempunyai dan membutuhkan sumber daya manusia untuk memenuhi tujuan yang ingin dicapai oleh negara tersebut, misalnya dalam bidang ekonomi, sosial,…
- Perilaku Konsumen ; Tipe dan Definisi Jagad.id - Perilaku konsumen, Pelajari sikap customer adalah cara penting yang penting dilaksanakan dalam peningkatan usaha. Karena, dengan ketahui bagaimana sikap customer, sebuah usaha dapat sesuaikan taktik pemasaran supaya produk…
- Personal Selling; Definisi dan Tujuan Jagad.id - Personal Selling adalah, Kegiatan yang penting dilaksanakan dalam usaha, terlebih bila ingin mencapai semakin banyak konsumen setia. Karena, individual selling memungkinkannya merek awareness satu perusahaan atau merk dapat…
- Pengertian Desainer : Macam Jenis Pekerjaan dan Contohnya Jagad.id - Desainer merupakan salah satu profesi dalam industri kreatif yang sangat diminati akhir-akhir ini. Umumnya, mereka yang berprofesi sebagai desainer memiliki keterampilan desain dan kreativitas yang sangat tinggi. Desainer…
- Pasar Modern : Pengertian, Ciri Ciri, Kelebihan dan… Baik, di kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pasar modern yang mana lebih spesifik pada pengertian, ciri-ciri, kelebihan, hingga kekurangan pasar modern. Langsung saja kita simak artikel berikut. A.…
- Prinsip Ekonomi : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan 10… Pembahasan kali ini mengenai prinsip ekonomi. Kata ekonomi memang sangat sering kita dengar dan bahkan sudah bisa kita pahami dengan baik. Tapi bagaimana dengan prinsip ekonomi? Untuk bisa mengetahui pengertian…
- Pengertian Etika Bisnis Adalah : Prinsip, Tujuan dan Contoh Dalam kehidupan sehari-hari tentu kita akan melakukan berbagai aktifitas, dan pastinya disetiap aktifitas kita pasti memiliki aturan-aturan atau norma yang tertulis maupun yang tidak tertulis. Berbicara tentang bisnis tentu pasti…
- Pengertian Produsen (Biologi) : Klasifikasi, Macam Jenis dan… Jagad.id - Rantai makanan merupakan peristiwa makan serta dimakan pada sebuah ekosistem dengan pola tertentu. Pada rantai makanan, ada makhluk hidup yang memiliki peran sebagai produsen, konsumen serta pengurai. Semua…
- Pengertian Penjualan : Tujuan, Jenis dan Faktor Pengaruh Kehidupan manusia berawal dari kehidupan primitif yang hanya bergantung kepada keadaan alam, kehidupan sederhana dengan teknologi apa adanya hingga saat ini kehidupan manusia terdiri dari berbagai kegiatan. Kegiatan-kegiatan ini dilakukan…