Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen – Konsumen adalah setiap orang yang memakai barang atau jasa yang tersedia dalam sebuah masyarakat, baik bagi kepentingan orang banyak seperti diri sendiri, keluarga, kerabat, orang lain, dan mahluk hidup yang lainnya dan tidak bisa / tidak untuk di perjual belikan.
Dimana ada konsumen, disitu ada pemasar. Pemasar harus benar benar mengtahui beberapa faktor yang mempengaruhi perlaku konsumennya karena seorang pemasar harus bisa mengatur strategi yang baik agar konsumen tertarik dengan barang yang di perjual belikan, salah satunya mencermati apa yang di sukai konsumen dan yang terpenting perilaku konsumen itu sendiri.
Baca Juga : Cara Usaha Kecil Kecilan Di Desa
Tujuan dari pemasaran yaitu untuk memenuhi kebutuhan seseorang yaitu pelanggan secara lebih baik dari pada pesaing lain. Jadi, seorang konsumen harus diperlakukan lebih baik dari pada pesaing anda agar konsumen lebih memilih anda dibanding orang lain.
Perilaku konsumen merupakan sebuah pembelajaran tentang perorangan, kelmpok, organisasi dan lain sebagainya dalam sebuah proses dalam menyeleksi, menggunakan dan membeli sebuah barang ataupun sebuah jasa ataupun gagasan agar memuaskan kebutuhan mereka.
Sebelum mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, ada baiknya anda tahu beberapa perilaku konsumen secara umum.
Baca Juga : Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang
Perilaku Konsumen Rasional
Suatu konsumsi bisa dikatakan rasional jika mencakup beberapa hal dibawah ini.
- Barang tersebut memang sangat sangat dibutuhkan oleh konsumen, konsumen tersebut membeli barang bukan karena tujuan lain, melainkan ada suatu keperluan yang perlu dibeli.
- Mutu barang terjamin, setiap barang pastinya memiliki kualitas yang bagus dan ada yang tidak, perilaku konsumen dikatakan rasional jika barang tersebut sudah terjamin kemutuannya oleh pihak tertentu.
- Harga sesuai kemampuan konsumen, setiap konsumen harus membeli sebuah barang sesuai ekonomi yang ada, tidak meksakan diri sendir untuk membeli suatu produk.
- Barang tersebut bisa memberikan sebuah kegunaan bagi konsumen secara optimal, konsumen membeli sebuah produk dan tidak memerlukan barang yang lain dan barang tersebut bisa digunakan seoptimal mugkin.
Baca Juga : Cara Jualan Online Di Facebook Dengan Sukses
Perilaku Konsumen Irasional
Konsumen irasional adalah seorang konsumen yang mebeli sebuah barang tanpa memperdulikan kegunaannya trlebih dahulu.mari kita lihat contoh perilaku konsuen yang irasional
- Gengsi, seorang yang gengsi akan membeli sebuah produk yang mahal dengan cara apapun tanpa mementingkan kegunannya terlebih dahulu tanpa mementingkan perekonomiannya.
- Diskon yang menggoda, setiap konsumen akan membeli suatu produk yang sedang ada potongan harga tanpa mementingkan kegunaannya.
- Memiliki merek yang sudah dikenal banyak orang, seorang konsumen akan membeli barang yang memiliki merek ternama sebagai ajang pamer kepada keluarga, kerbat dan orang di sekitarnya.
- Tertarik terhadap iklan baik di media cetak maupun elektronik, seorang konsumen akan membeli suatu produk karena tertarik dengan barang yang ada di iklan media elektronik tanpa tau kegunannya.
Baca Juga : Jenis-Jenis Pekerjaan Beserta Gambarnya
Dalam dunia pemasaran, pemasar harus benar benar memahami teori perilaku konsumen. Karena faktanya, itu sangat penting bagi konsumen dan konsumen masa depan dengan mulai menganalisa pasar dengan perencanaan yang matang. Untuk itu mari kita simak beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen.
1. Faktor Sosial
Peran dari status sosial seseorang akan menunjukan jabatan ataupun kedudukan orang tersebut dalam sebuah kelompok sosial. Faktor sosial meliputi kelompok acuan, peran, keluarga, maupun status sosial. Yang dimaksud kelompok acuan adalah semua kelompok yang mempunyai pengarush secar tidak angsung atupun langsung terhadap sikap dan perilaku orang tertentu.
2. Faktor budaya
Selain faktor sosial, ada juga faktor budaya sangat penting bagi perilaku konsumen. Karena budaya merupakan sebuah penentu paling dasar. Masing masing budaya terdiri dari beberapa sub budaya yang lebih memperlihatkan sosaialisasi khusus kepada anggotanya. Sub budaya mencakup beberapa hal seperti Agama, Suku dan Ras bagi anggota anggotanya.
3. Faktor pribadi
Keputusan membeli atau tidaknya suatu barang atau produk akan sangat berpengaruh dan di pengaruhi oleh faktor pribadi. Karakteristik meliputi beberapa aspek seperti pekerjaan, ekonomi, kepribadian dan konsep diri sendiri, juga gaya hidup sang pembeli.
4. Faktor psikologi
Awal mula seseorang untuk memahami perilaku seorang konsumen adalah adanya rangsangan dari luar yang meliputi teknologo, politik, ekonomi dan budaya. Tugas seorang pemasar adalah mencermati apa yang terjadi dalam sebuah kesadaran suatu konsumen antara keputusan pembelian akhir dan rangsangan pembelian dari luar.
Dari pernyataan di atas, kita tahu bahawa perilaku konsumen akan dipengaruhi oleh beberapa faktor mulai dari
- Faktor sosial
- Faktor budaya
- Faktor pribadi
- Dan, Faktor psikologi
Semua itu akan sangt berpengaruh terhadap perilaku konsumen. Terutama perilaku linkungan yang paling berpengaruh sebagai suatu dasar utama adalah memahami suatu pengaruh lingkungan yang membentuk atupun menghambat suatu individu dalam mengambil sebuah keputusan berkonsumsi mereka.
Baca Juga : Membuat Website Gratis di HP Android Terbaru
Contoh Perilaku Konsumen
Di sekitar Masjid Agung tentunya akan sangat efektif untuk berjualan peralatan ibadah seperti Sajadah, Baju gamis, Peci dll. Tentunya konsumen akan lebih tertarik untuk membeli saat sedang mengunjungi masjid agung.
Sekian dulu artikel tentang beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen di atas, semoga bermanfaat dan jang lupa untuk di share ke media sosial favorit anda seperti facbook twitter google plus dan yang lain sebagainya. Mohon maaf jika ada kata kata yang kurang berkenan di hati anda saya mohon maaf yang sebesar besarnya. Sekian dan terima kasih telah berkunjung.
Rekomendasi:
- Harga Diri : Pengertian dan Contohnya Stuart dan Sundeen (1991) mengatakan bahwa harga diri atau self esteem merupakan penilaian individu terhadap hasil yang dicapai dengan melihat seberapa jauh perilaku dapat memenuhi ideal dirinya. Dengan kata lain,…
- Pengertian Permintaan dan Penawaran : Hukum, Fungsi dan… Dalam bidang ilmu ekonomi tentu kita pasti mengenai naik turunnya harga suatu barang, hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, untuk faktor yang paling utama adalah terkait permintaan dan penawaran suatu…
- Pengertian Pasar Oligopoli : Karakteristik Ciri, Kelebihan… Manusia hidup bermasyarakat tidak akan lepas dari kegiatan perekonomian. Bahkan setiap haripun setiap manusia pasti terlibat dalam aktivitas ekonomi, seperti jual beli, pinjam meminjam dan lain sebagainya. Akan sangat mustahil…
- Pengertian Konsumen (Biologi) - Klasifikasi, Macam Jenis dan… Jagad.id - Konsumen atau heterotrof diambil dari bahasa Yunani yakni heterone yang berarti lainnya dan trophe yang berarti nutrisi. Ini merupakan organisme yang memerlukan senyawa organik tempat karbon akan diekstrak…
- Cara Aktifkan Fitur COD di Tokopedia Seller Jagad.id – Cara Aktifkan Fitur COD di Tokopedia Seller, Sebagai seller di marketplace, apa kamu sedang ingin tahu bagaimana triknya agar dapat COD di Tokopedia? Sebetulnya, langkah aktifkan COD di…
- 7 Ide Jualan Makanan Pedas Kekinian Jagad.id - Ide Jualan Makanan Pedas Kekinian, Gagasan berjualan makanan pedas mempunyai prospect usaha yang menggiurkan karena mayoritas warga Indonesia menyenangi cita-rasa itu. Oleh karena itu, sebagai pebisnis, kamu harus…
- 5 Peluang Usaha Rumahan, Laris Tahun 2023! Jagad.id - Peluang Usaha Rumahan 2023, Internet marketing sudah jadi taktik peningkatan gagasan usaha rumahan yang gampang dan menjanjikan. Oleh karena itu, basis online seperti sosial media sekarang benar-benar disukai…
- Pengertian Kegiatan Ekonomi Adalah : Pelaku, Tujuan, Jenis… Dalam kehidupan sehari-hari, setiap manusia pasti pernah melakukan kegiatan ekonomi. Karena manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa mungkin lepas dari orang lain. Baik dalam memenuhi kebutuhannya ataupun memenuhi kebutuhan…
- Personal Selling; Definisi dan Tujuan Jagad.id - Personal Selling adalah, Kegiatan yang penting dilaksanakan dalam usaha, terlebih bila ingin mencapai semakin banyak konsumen setia. Karena, individual selling memungkinkannya merek awareness satu perusahaan atau merk dapat…
- Rantai Makanan Hutan : Komponen, Manfaat, dan Contoh Hutan memegang peranan penting dalam siklus ekosistem. Terutama siklus makan dan dimakan yang ada didalamnya dinamai dengan rantai makanan di hutan. Pola ekosistem diikuti dengan interaksi antar makhluk hidup juga…
- Jadi Orang Baik Atau Jahat - Pilihan Hidup Jagad.id - Jadi Orang Baik Atau Jahat - Perilaku merupakan suatu hal yang merupakan cerminan sikap dari seseorang. Perilaku dibagi menjadi dua yaitu baik dan jahat, pada dasarnya segala sesuatu…
- Strategi Pemasaran Viral Tahun 2023 Jagad.id - Strategi Pemasaran Viral, Bila kamu ingin lakukan promo dalam usaha, ada banyak cara yang penting jadi perhatian. Tahun 2023 merupakan tahun yang akan marak dengan bisnis digital, maka dari…
- Pelaku Ekonomi, Pengertian dan Perannya Pelaku Ekonomi, Pengertian dan Perannya – Pengertian pelaku ekonomi adalah individu atau lembaga yang telibat dalam proses kegiatan ekonomi baik itu produksi, ditribusi, atau konsumsi. Yang memiliki peran dalam pelaku…
- Pengertian Inventaris Adalah : Arti, Tujuan dan Contoh Ketika mendengar kata inventaris apa yang ada di pikiran Anda? Sebuah catatan tentang sarana dan prasarana. Atau seperti daftar stok barang atau rekap barang yang sudah terjual. Lebih lengkapnya simak…
- Pengertian Supplier : Ciri Ciri, Fungsi, Macam Jenis,… Secara umum definisi atau pengertian Supplier merupakan pihak perusahaan atau perorangan yang memasok atau menjual sumber daya berbentuk bahan mentah ke pihak lainnya baik itu perusahaan atau perorangan agar nantinya…
- Cara Media Sosial Memengaruhi Perilaku Konsumen Jagad.id - Cara Media Sosial Memengaruhi Perilaku Konsumen - Media sosial telah menjadi kebutuhan pokok sehari-hari dalam kehidupan konsumen, dengan 71% menggunakan media sosial lebih banyak pada tahun 2021 dibandingkan…
- Perilaku Konsumen : Teori, Jenis, Faktor dan Contoh Perilaku konsumen adalah suatu proses yang dilewati oleh individu atau kelompok dalam pencarian, pembelian, penggunaan, evaluasi serta pembuang produk / jasa setelah digunakan untuk pemenuhan kebutuhan dirinya. Perilaku konsumen dapat…
- Pengertian Produksi Adalah : Tujuan, Faktor, Proses dan… Mungkin sebagian diantara kita pernah melihat atau menyaksikan bagaimana sebuah sepatu diproses hingga memiliki bentuk yang utuh dan dapat digunakan. Proses atau langkah pembuatan sepatu tersebut itulah yang disebut dengan…
- Pasar Modern : Pengertian, Ciri Ciri, Kelebihan dan… Baik, di kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pasar modern yang mana lebih spesifik pada pengertian, ciri-ciri, kelebihan, hingga kekurangan pasar modern. Langsung saja kita simak artikel berikut. A.…
- Cara Sukses Berjualan Di Facebook Jagad.id – Cara Sukses Berjualan Di Facebook, Memulai usaha online sekarang telah lebih gampang, pasalnya kamu dapat aktifkan feature berjualan di beberapa sosial media, satu diantaranya Facebook. Menjadi satu diantara…
- 100 Contoh Ucapan Terima Kasih untuk Customer Online Shop Jagad.id - Contoh Ucapan Terima Kasih untuk Customer Online Shop, Di zaman saat ini, usaha online sebagai tipe usaha yang banyak disukai beberapa pebisnis dan diputuskan oleh customer. Nach, buat…
- 8 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Jagad.id - Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online, Langkah meningkatkan usaha online memang berlainan bila dibanding dengan usaha memakai mekanisme konservatif. Tetapi, tidak berarti sistem pengembangannya selalu sulit dan sulit untuk…
- Trik Produk Jadi Best Seller, GRATIS! Jagad.id - Trik Produk Jadi Best Seller , Best seller ialah istilah yang kerap dipakai dalam usaha retail dan kita saksikan di sampul buku atau pada gerai-gerai penjual produk seperti…
- Definisi Konsumen (Ekonomi) : Peran, Jenis, Hak dan… Konsumen adalah setiap orang yang menggunakan barang maupun jasa yang tersedia dari masyarakat untuk kepentingannya sendiri, orang lain maupun makhluk hidup yang lain guna untuk memenuhi kebutuhannya serta tidak untuk…
- Pengertian Rohani : Arti, Ciri, Faktor, Gejala Gangguan Dan… A. Pengetian Rohani Menurut Para Ahli 1. Jalaluddin Kesehatan rohani atau kesehatan mental merupakan suatu kondisi bathin yang senantiasa berada dalam keadaan tenang, aman juga tentram. Dan upaya untuk menemukan…
- Pengertian Etika Bisnis Adalah : Prinsip, Tujuan dan Contoh Dalam kehidupan sehari-hari tentu kita akan melakukan berbagai aktifitas, dan pastinya disetiap aktifitas kita pasti memiliki aturan-aturan atau norma yang tertulis maupun yang tidak tertulis. Berbicara tentang bisnis tentu pasti…
- Pengertian Vendor : Macam Jenis, Tugas dan Tanggung Jawab Dewasa ini, persaingan antar perusahaan sangatlah ketat. Keadaan ini memaksa perusahaan untuk selalu menyesuaikan diri dengan apa yang diinginkan oleh pasar. Setiap perusahaan pun berlomba-lomba untuk memenuhi permintaan pasar tersebut…
- Cara Usaha Kecil Kecilan Di Desa - Peluang Kesempatan Di era globalisasi ini, mencari pekerjaan sangat sulit. Jumlah pencari kerja yang semakin bertambah tidak diimbangi dengan jumlah lapangan kerja yang cukup. Setiap orang akan terus mencari pekerjaan dengan kemampuan…
- Pengertian Penjualan : Tujuan, Jenis dan Faktor Pengaruh Kehidupan manusia berawal dari kehidupan primitif yang hanya bergantung kepada keadaan alam, kehidupan sederhana dengan teknologi apa adanya hingga saat ini kehidupan manusia terdiri dari berbagai kegiatan. Kegiatan-kegiatan ini dilakukan…
- Komponen Ekosistem Biotik Dan Abiotik Komponen Ekosistem Biotik Dan Abiotik - Ekosistem dapat diartikan sebagai hubungan timbal balik atau interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Selain itu ekosistem merupakan tingkatan organisasi kehidupan yang mencakup organisme…