Pengertian Kemasan : Manfaat Dan Contoh 10 Jenisnya

Berbicara mengenai kemasan memang cukup pelik. Pasalnya, ada banyak hal yang bisa dikategorikan ke dalam bentuk kemasan. Baik itu makanan, pakaian dan lain sebagainya. Namun untuk mempersingkatnya, maka disini akan dijelaskan mengenai kemasan dalam konteks global. Oleh karenanya, tidak peduli latar belakang dan apapun yang Anda cari, maka ini akan bisa membantu Anda.

Daftar Isi Penjelasan Lengkap Artikel Kemasan :

Berdasarkan dari fungsi dan kegunaannya, kemasan terbagi atas tiga bagian, yakni Kemasan primer, Kemasan sekunder dan Kemasan tersier. Tapi yang akan dibahas disini adalah kemasan dalam satu cakupan saja. Oleh karenanya, topik bisa dijelaskan dengan lebih fokus dan terkonsep. Kemasan primer sendiri adalah, suatu kondisi dimana kemasan akan langsung bersentuhan dengan produk.

Pengertian Kemasan Menurut Ahli

Untuk menambah wawasan Anda, berikut di bawah ini adalah pengertian kemasan menurut pendapat para ahli yang bisa menjadi bahan referensi bagi Anda :

1. Kotler & Keller

Pengemasan merupakan suatu aktivitas dalam merencanakan dan memproduksi sebuah wadah (bungkus) untuk digunakan sebagai pembungkus produk. Umumnya, fungsi dari sebuah kemasan adalah guna menjaga kualitas dan ketahanan produk. Tapi, saat ini kemasan memainkan peran penting sebagai salah satu media pemasaran.

2. Klimchuk dan Krasovec

Kemasan merupakan sebuah desain yang kreatif dengan gabungan bentuk, susunan, bahan, warna, tipografi, elemen desain dan citra dengan suatu informasi dari sebuah produk supaya terlihat lebih menarik saat dipasarkan. Kemasan ini memiliki fungsi sebagai pembungkus, pelindung, untuk mengirim, penympan dan juga membedakan produk satu dengan lainnya.

Manfaat, Fungsi dan Tujuan Penggunaan Kemasan Jenis Primer

Dilihat dari segi manfaat, kemasan primer memiliki begitu banyak keuntungan. Bukan hanya merupakan sebuah jenis strategi pengemasan yang baik dan menarik. Namun juga dikarenakan meningkatkan manfaat sebuah poduk, terutama untuk pada konsumennya. Karena kemasan jenis ini juga memiliki fungsi sebagai media perlindungan produk, dimana hal ini tentunya akan menambah kualitas.

1. Protection

Kemasan dengan jenis ini memiliki sebuah fungsi untuk melindungi. Yang mana akan menjamin kualitas sebuah produk ketika berada di tangan konsumen. Oleh karenanya, konsumen tidak perlu merasa was-was saat membeli produk yang menggunakan jenis kemasan primer.

2. Preservation

Ternyata, manfaatnya juga bisa digunakan sebagai pengawet. Disini, fungsi dari kemasan ini adalah membuat produk supaya bertambah lebih awet dan tahan lama. Oleh karenanya, konsumen tidak akan merasa dirugikan,

3. Communication

Kemasan ini juga bisa digunakan sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Seperti yang mungkin telah Anda ketahui, bahwa sebuah produk bukan hanya barang jualan. Kadang merupakan suatu teknik untuk melakukan komunikasi dengan para konsumen setia.

4. Art of Marketing

Di samping itu, kemasan ini juga memiliki sebuah fungsi bernama artistik. Yang mana produk yang dibuat menggunakan desain dan tampilan artistik. Salah satu tujuan utamanya adalah untuk menarik minat pasar supaya membeli produk yang dijual ini

Contoh Kemasan Primer

Ada banyak sekali contoh dari kemasan jenis ini yang beredar di pasaran. Tapi tidak banyak orang yang bisa mengenali jenis-jenisnya. Terutama bagi masyarakat awam yang memang tidak tahu menahu mengenai hal ini. Tentunya semua kemasan akan terlihat sama dan biasa saja. Untuk menanggulangi hal tersebut. Berikut adalah contoh 10 Jenis Kemasan,

  • Kemasan Tube
  • Kemasan Pot
  • Kaleng
  • Karton
  • Antiseptik
  • Botol
  • Handbody
  • Sachet
  • Spray
  • Label




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.