Pasar merupakan tempat dimana terjadinya kegiatan ekonomi seperti jual beli yang terjadi antara penjual dan pembeli. Dalam suatu transaksi biasanya terjadi setelah adanya negosiasi yang tentunya akan disepakati jika sudah dirasa salinng menguntungkan kedua belah pihak yang terlibat dalam transaksi tersebut.
A. Pengertian Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Definisi dari pasar persaingan tidak sempurna adalah suatu bentuk pasar yang mana hanya terdapat satu atau beberapa penjual saja yang menguasai harga dan pasar sedangkan jumlah pembelinya banyak. Pasar persaingan tidak sempurna juga dikatakan sebagai suatu bentuk pasar yang tidak terorganisir secara sempurna. Maka dari itu pasar ini dianggap tidak sempurnya karena terdapat kecacatan yang dapat menimbulkan ketidakadilan dalam pasar.
B. Ciri-Ciri Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Untuk memudahkan membedakan antara pasar sempurna dan pasar tidak sempurna, harus mengetahui dari ciri-cirinya. Adapaun ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna antara lain:
1. Terdapat sedikit penjual namun banyak pembeli
Dalam
pasar persaingan tidak sempurna ini, jumlah penjualnya sangatlah sedikit bahkan
ada juga pasar persaingan tidak sempurna ini yang hanya dikuasai oleh satu
penjual saja. Sedangkan dalam pasar ini jumlah pembeli sangat banyak, maka dari
itu penjual bisa memperoleh keuntungan secara maksimal.
2. Penjual berhak menentukan harga
Perbedaan besar dari pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna adalah penentuan harga pasarnya. Pada pasar persaingan sempurna ini harganya ditentukan oleh pasar melalui jumlah dari penawaran penjual dan permintaan konsumen yang terjadi, sedangkan dalam pasar persaingan tidak sempurna ini harga pasarnya ditentukan oleh penjual itu sendiri.
3. Penjual baru susah masuk dan bersaing
Akan
sangat sulit untuk produsen atau penjual baru yang inigin masuk ke dalam pasar
persaingan tidak sempurna ini. Karena pastinya penjual sebelumnya sudah lebih
dikenal dan adanya kemungkinan jika beberapa penjual lama takut tersaingi oleh
kompetitor baru lalu bekerja sama untuk menghancurkan produsen baru agar
persaingan berkurang.
4. Tidak ada barang pengganti
Dalam
pasar persaingan tidak sempurna ini, barang yang dijual merupakan produk-produk
yang khusus dan susah untuk dicari penggantinya atau barang yang mempunya
fungsi sama di tempat lain. Dalam artian lain pembeli hanya bisa atau harus
membeli barang di pasar tersebut untuk mendapatkan barang tersebut.
5. Barang yang dijual semacam
Barang yang dijual di pasar persaingan tidak sempurna bersifat homogen. Yaitu barang yang dijual oleh produsen atau penjual dalam pasar persaingan tidak sempurna ini adalah semacam atau sejenis.
C. Jenis Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pasar persaingan tidak sempurna
ini sedikitnya dibagi menjadi lima jenis bentuk pasar, yaitu pasar monopoli,
pasar monopolistik, pasar oligopoli, pasar monopsoni dan pasar oligopsoni.
1. Pasar Monopoli
Pasar Monopoli adalah suatu keadaan dimana hanya terdapat satu produsen ataupun penjual yang bisa menguasai pasar dan melayani semua konsumen. Perusahaan atau produsen yang menguasai pasar ini memiliki kekuatan yang besar, sudah cukup dikenal oleh masyarakat luas, dan kondisi keuangan yang sudah memadai. Dalam hal ini akan membuat produsen baru dengan modal kecil akan lebih sulit untuk mengalahkan produsen yang sudah lama dalam pasar monopoli ini. Karena produsen yang sudah dikenal masyarakat luas, biasanya mereka tidak lagi melakukan iklan terhadap brand utamanya, melainkan hanya mempromosikan pada produk-produk terbaru mereka saja.
Hal yang menjadi kekuatan lain yang dapat menghambat tumbuhnya para produsen baru adalah produsen-produsen lama pada pasar monopoli ini telah menetapkan hak paten (hak cipta) serta hak ekslusif terhadap produknya,. Namun yang harus dijaga oleh produsen lama agar “posisinya” sebagai penguasa pasar selain dengan meningkatkan kualitas tp juga harus selalu melakukan invosai dan menjaga tantangan kebutuhan konsumen. Beberapa contoh perusahaan dalam pasar monopoli di Indonesia ini adalah seperti perusahaan BUMN PLN (listrik), Telkom Indonesia, dan perusahan minyak bumi dan gas alam lainnya.
Baca Juga : Pengertian Pasar Monopoli Adalah – Ciri-Ciri dan Macam Jenis
2. Pasar Oligopoli
Pengertian Pasar Oligopoli adalah suatu keadaan pasar dimana di dalamnya terdapat beberapa produsen atau penjual yang menguasai pasar dengan banyak konsumen atau pembeli. Pasar oligopoli juga termasuk salah satu dari jenis pasar persaingan tak sempurna, dimana barang yang dijual bersifat homogen meskipun produsennya banyak dan berbeda-beda.
Setiap
kebijakan yang diambil produsen yang berkuasa pada pasar ini akan mempengaruhi
penjualan mereka yang menjadi produsen yang memproduksi barang sejenis, karena
keuntungan yang mereka dapatkan sangat tergantung kepada persaingannya. Juga
perlu dilakukan mempromosikan usaha mereka untuk mengenalkan produk kepada
masyarakat luas serta bersaing dengan produsen lain.
Persaingan yang ketat ini tentu akan menciptakan beragam nilai jual produk, karena apabila terjadi penurunan harga oleh satu produsen maka perusahaan lainnya pun juga akan berpengaruh dan harus ikut menurunkan harga agar konsumen mereka tidak berpaling kepada perusahaan yang menjual dengan harga lebih murah. Contoh dari pasar oligopoli ini adalah industri rokok, industri sabun, industri odol, industri baja, dll.
Baca Juga : Pengertian Pasar Oligopoli – Karakteristik Ciri, Kelebihan dan Kekurangannya
3. Pasar Monopolistik
Suatu
jenis pasar dengan jumlah produsen yang dan menghasilkan barang yang identik
sama akan tetapi dalam setiap produk-produknya mempunyai perbedaan atau
memiliki ciri khasnya masing-masing. Penjual pada pasar monopolistik ini tidak
terbatas, dan produsen baru dapat dengan mudah masuk ke dalam pasar ini. Di
pasar monopolistik faktor yang paling menentukan kesuksesan produsen adalah
bagaimana para produsen itu bisa terus melakukan inovasi dan mempromosikan
produk mereka.
Pada pasar monopolistik kekuatan utama penjualan produknya adalah dari produk yang ditawarkan itu yang memiliki ciri khasnya baik dari segi kualitas, fungsi, corak, kemasan, bentuk,dll. Dengan kata lain faktor harga tidak menjadi yang utama. Karena pada dasarnya harga bukan merupakan faktor utama keberhasilan penjualan. Contoh pasar monopolistik ini yaitu seperti perabotan rumah tangga, makanan kemasan, minuman aneka rasa, pakaian, dll.
Baca Juga : Pengertian Pasar Monopolistik – Karakteristik Ciri, Kelebihan dan Kekurangannya
4. Pasar Monopsoni
Pasar
monopsoni diartikan sebagai pasar dimana
terdapat banyak penjual namun jumlah pembelinya hanya ada satu saja. Pada pasar
ini pembeli yang menjadi pemegang kekuasaan tertinggi sehingga karena pembeli
lebih diuntungkan. Harga produk bisa menjadi seperti apa yang diinginkan
konsumen (pembeli), namun meskipun seperti itu penjual akan tetap berusaha
memperoleh untung yang sebesar-besarnya. Kualitas dari produk yang dijual
produsen juga terjamin karena pada dasarnya setiap pedagang selalu berusaha
memberikan yang terbaik untuk konsumen agar tidak kalah saing dengan produsen
yang lain.
5. Pasar Oligopsoni
Pasar
oligopsoni adalah suatu jenis pasar dimana terdapat banyak penjual dan beberapa
pembeli. Harga barang atau jasa dalam pasar oligopsoni ini cenderung lebih
stabil. Harga produk di pasar oligopsi ini lebih ditentukan oleh konsumen (pembeli),
akan tetapi penjual tidak juga tidak sampai mengalami kerugian atau tak berdaya
dalam penentuan harga pasar. Kebanyakan barang yang dijual adalah bahan-bahn
mentah atau hasil dari alam. Konsumen pada pasar oligopsoni kebanyakan
merupakan pedagang yang akan mengolah lagi barang pada pasar tersebut menjadi
barang jadi.
Rekomendasi:
- Trik Produk Jadi Best Seller, GRATIS! Jagad.id - Trik Produk Jadi Best Seller , Best seller ialah istilah yang kerap dipakai dalam usaha retail dan kita saksikan di sampul buku atau pada gerai-gerai penjual produk seperti…
- Pengertian Permintaan dan Penawaran : Hukum, Fungsi dan… Dalam bidang ilmu ekonomi tentu kita pasti mengenai naik turunnya harga suatu barang, hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, untuk faktor yang paling utama adalah terkait permintaan dan penawaran suatu…
- Pengertian Konflik Sosial Adalah : Bentuk, Penyebab dan… Konflik sosial ini sangat sering sekali muncul dan di temukan di sekitaran kita. Umumnya, konflik seperti ini akan mudah terjadi jika ada sebuah perbedaan yang menyebabkan masalah. Misalnya saja perbedaan…
- Analogi : Pengertian, Ciri, Macam, Contoh Kalimat dan… Jagad.id - Pengertian analogi - Pernahkah Anda mendengar atau membaca suatu istilah yang sulit bagi Anda untuk mengerti? Kemudian pada kalimat selanjutnya yang ditulis atau diucapkan menjelaskan istilah yang sulit…
- Metamorfosis Tidak Sempurna Jangkrik - Proses Daur Hidup dan… Metamorfosis Jangkrik – Ketika sekolah kita pasti pernah belajar IPA dan di pelajaran IPA ada BAB mengenai metamorfosis yang terjadi pada hewan. Semua makhluk mengalami daur hidup tak terkecuali dengan…
- Pengertian Konflik Adalah : Teori, Penyebab, Macam Jenis dan… Konflik ini merupakan sebuah permasalahan yang terjadi dan penyebab pada sebuah kerusuhan. Secara gamblang, demikianlah pengertian yang sering kita simpulkan mengenai apa itu konflik. Konflik bisa terjadi pada siapa saja…
- Contoh Deskripsi Online Shop Yang Menarik Jagad.id - Contoh Deskripsi Online Shop, Salah satunya langkah supaya berjualan online makin laku dengan membuat jargon dan deskripsi toko yang memikat. Tak perlu kebingungan karena itu, karena ada banyak contoh…
- 8 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Jagad.id - Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online, Langkah meningkatkan usaha online memang berlainan bila dibanding dengan usaha memakai mekanisme konservatif. Tetapi, tidak berarti sistem pengembangannya selalu sulit dan sulit untuk…
- Pengertian Bea Cukai : Tugas, Fungsi, Macam Jenis dan Contoh Dalam proses jual beli antar negara, bagi mereka yang sering melaksanakan kegiatan jual beli ekspor dan impor tentunya akan terbiasa dengan istilah bea cukai. Namun tentu saja tidak semua masyarakat…
- Pertumbuhan Ekonomi : Teori, Faktor dan Cara Mengukur Setiap individu ataupun Negara tentu saja menginginkan pertumbuhan ekonomi yang senantiasa meningkat dari masa ke masa. Dengan adanya pertumbuhan ekonomi yang meningkat, maka kesejahteraan masyarakat juga akan dapat diperoleh dengan…
- Prinsip Ekonomi : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan 10… Pembahasan kali ini mengenai prinsip ekonomi. Kata ekonomi memang sangat sering kita dengar dan bahkan sudah bisa kita pahami dengan baik. Tapi bagaimana dengan prinsip ekonomi? Untuk bisa mengetahui pengertian…
- Pengertian Kode Etik : Arti, Tujuan, Fungsi, Prinsip,… Kode etik berasal dari kata “kode” dan “etik”. dimana kode berarti kumpulan peraturan atau prinsip yang sistematis dan kata etik sendiri berarti azas akhlak (moral). Kode etik diartikan sebagai norma…
- Pengertian Rugi : Arti, Rumus dan Contoh Kasus Jagad.id - Kerugian tentunya tidak ingin dirasakan oleh semua manusia. Kerugian tidak hanya terbatas tentang uang tetapi juga barang, waktu, dan tenaga. Pengertian Rugi merupakan suatu kondisi dimana seseorang tidak…
- Pengertian Komisi : Arti, Faktor, Perhitungan Dan… Secara umum definisi atau pengertian komisi adalah suatu imbalan berupa uang yang diberikan karena jasanya dalam jual beli. Komisi tersebut merupakan hal yang wajar sebagai imbalan atas jasa seseorang yang…
- Pengertian Pasar Monopolistik : Karakteristik Ciri,… Dalam pasar monopolistik sebagai seorang produsen harus lebih aktif dalam promosi dan iklan produk serta brand utama perusahaannya karena dalam pasar ini harga bukan menjadi faktor utama dalam menarik konsumen,…
- Pengertian Penjualan : Tujuan, Jenis dan Faktor Pengaruh Kehidupan manusia berawal dari kehidupan primitif yang hanya bergantung kepada keadaan alam, kehidupan sederhana dengan teknologi apa adanya hingga saat ini kehidupan manusia terdiri dari berbagai kegiatan. Kegiatan-kegiatan ini dilakukan…
- Pembangunan Ekonomi : Tujuan, Perencanaan, Faktor dan… Untuk bisa meningkatkan keberhasilan sebuah Negara dalam bidang ekonomi, maka Negara tersebut harus mengupayakan pembangunan ekonomi yang maksimal. Pembangunan ekonomi sesungguhnya sangat erat kaitannya dengan beragam sistem kehidupan ini. Oleh…
- Pengertian Ideologi : Definisi, Fungsi, Macam Jenis dan… Di dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara tentu memerlukan pedoman dan aturan yang sifatnya mengikat. Meskipun aturan tersebut tidak tertulis dalam Undang-Undang ataupun peraturan negara. Segala aturan yang berlaku inilah disebut…
- Metamorfosis Tidak Sempurna dan Contoh hewan Pengertian Metamorfosis Tidak Sempurna dan Contoh hewan – Metamorfosis adalah daur hidup yang dialami oleh makhluk disepanjang tahap kehidupannya. Hewan yang mengalami metamorfosis terbagi menjadi dua jenis yaitu metamorfosis sempurna…
- Pengertian Vendor : Macam Jenis, Tugas dan Tanggung Jawab Dewasa ini, persaingan antar perusahaan sangatlah ketat. Keadaan ini memaksa perusahaan untuk selalu menyesuaikan diri dengan apa yang diinginkan oleh pasar. Setiap perusahaan pun berlomba-lomba untuk memenuhi permintaan pasar tersebut…
- Pengertian Komoditas Adalah : Macam Jenis, Kriteria dan… Komoditas adalah suatu barang nyata yang diperdagangkan atau disimpan dalam jangka waktu tertentu serta dapat dipertukarkan dengan produk lainnya dengan jenis yang sama. Jenis-jenis Komoditas Komoditas hasil pertanian, berupa makanan…
- Pengertian Logistik Adalah : Tujuan , Manfaat, dan Aktivitas Pengiriman barang adalah cara yang digunakan untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lainnya, dimana pengiriman barang tersebut kini telah memiliki sebuah manajemen yang biasa disebut dengan logistik. Dalam…
- Pengertian Promosi Adalah : Strategi, Jenis, Media, Manfaat… Perkembangan dunia marketing seakan tidak ada habisnya. Terlebih lagi, dimana pada era digital ini pertumbuhan perdagangan bergerak semakin cepat dan dinamis, karena dukungan beragam aplikasi jual beli. Hal ini tentunya…
- 5 Kelebihan Berjualan Di Tiktok Shop, Pasti Cuan! Jagad.id - Kelebihan Berjualan Di Tiktok Shop, Siapa sih yang tidak mengenal TikTok? Sekarang ini, sosial media satu ini benar-benar terkenal dan pemakainya semakin bertambah sehari-harinya. Kekhasan basis TikTok dibandingkan…
- Pengertian Lapak : Jenis Lapak Untuk Jualan Online – Ciri… Jagad.id - Pengertian Lapak - Kata “lapak” memang sudah tidak asing lagi ya di telinga kita. Biasanya lapak ini dihubungkan dengan bisnis tertentu. Nah, disini kita akan mengetahui apa yang…
- 8 Situs Online Shop Luar Negeri, Pasti Cuan!! Jagad.id - Situs Online Shop Luar Negeri, Ingin meluaskan usaha online kamu dengan mempromosikan ke luar negeri? Membuat online shop di website marketplace luar negeri menjadi opsi! Yup, ada banyak…
- 5 Produk Dropship Yang Akan Laris Tahun 2023 Jagad.id - Produk Dropship Yang Akan Laris Tahun 2023, Dropshipper terhitung dalam usaha online yang banyak disukai karena cukup fleksibel dan tidak memerlukan tempat atau modal besar. Tetapi, tidak gampang jadi…
- Cara Usaha Kecil Kecilan Di Desa - Peluang Kesempatan Di era globalisasi ini, mencari pekerjaan sangat sulit. Jumlah pencari kerja yang semakin bertambah tidak diimbangi dengan jumlah lapangan kerja yang cukup. Setiap orang akan terus mencari pekerjaan dengan kemampuan…
- Pasar Tradisional : Pengertian, Ciri Ciri, Kelebihan dan… Pengertian pasar tradisional adalah salah satu bentuk pasar yang mana berdasarkan kegiatan. Kegiatan dalam pasar tradisional terdapat transaksi yang dilakukan secara tradisional atau secara langsung. Di mana penjual bertemu dengan…
- Distributor Adalah : Pengertian, Jenis dan Fungsi Distributor, Pengertian, Jenis dan Fungsinya,- Dalam dunia bisnis, banyak pelaku ekonomi yang melakukan perannya sebelum produk sampai di tangan konsumen. Salah satunya distributor. Distributor adalah seseorang yang menyalurkan produk dari…