Pasar merupakan tempat dimana terjadinya kegiatan ekonomi seperti jual beli yang terjadi antara penjual dan pembeli. Dalam suatu transaksi biasanya terjadi setelah adanya negosiasi yang tentunya akan disepakati jika sudah dirasa salinng menguntungkan kedua belah pihak yang terlibat dalam transaksi tersebut.
A. Pengertian Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Definisi dari pasar persaingan tidak sempurna adalah suatu bentuk pasar yang mana hanya terdapat satu atau beberapa penjual saja yang menguasai harga dan pasar sedangkan jumlah pembelinya banyak. Pasar persaingan tidak sempurna juga dikatakan sebagai suatu bentuk pasar yang tidak terorganisir secara sempurna. Maka dari itu pasar ini dianggap tidak sempurnya karena terdapat kecacatan yang dapat menimbulkan ketidakadilan dalam pasar.
B. Ciri-Ciri Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Untuk memudahkan membedakan antara pasar sempurna dan pasar tidak sempurna, harus mengetahui dari ciri-cirinya. Adapaun ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna antara lain:
1. Terdapat sedikit penjual namun banyak pembeli
Dalam
pasar persaingan tidak sempurna ini, jumlah penjualnya sangatlah sedikit bahkan
ada juga pasar persaingan tidak sempurna ini yang hanya dikuasai oleh satu
penjual saja. Sedangkan dalam pasar ini jumlah pembeli sangat banyak, maka dari
itu penjual bisa memperoleh keuntungan secara maksimal.
2. Penjual berhak menentukan harga
Perbedaan besar dari pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna adalah penentuan harga pasarnya. Pada pasar persaingan sempurna ini harganya ditentukan oleh pasar melalui jumlah dari penawaran penjual dan permintaan konsumen yang terjadi, sedangkan dalam pasar persaingan tidak sempurna ini harga pasarnya ditentukan oleh penjual itu sendiri.
3. Penjual baru susah masuk dan bersaing
Akan
sangat sulit untuk produsen atau penjual baru yang inigin masuk ke dalam pasar
persaingan tidak sempurna ini. Karena pastinya penjual sebelumnya sudah lebih
dikenal dan adanya kemungkinan jika beberapa penjual lama takut tersaingi oleh
kompetitor baru lalu bekerja sama untuk menghancurkan produsen baru agar
persaingan berkurang.
4. Tidak ada barang pengganti
Dalam
pasar persaingan tidak sempurna ini, barang yang dijual merupakan produk-produk
yang khusus dan susah untuk dicari penggantinya atau barang yang mempunya
fungsi sama di tempat lain. Dalam artian lain pembeli hanya bisa atau harus
membeli barang di pasar tersebut untuk mendapatkan barang tersebut.
5. Barang yang dijual semacam
Barang yang dijual di pasar persaingan tidak sempurna bersifat homogen. Yaitu barang yang dijual oleh produsen atau penjual dalam pasar persaingan tidak sempurna ini adalah semacam atau sejenis.
C. Jenis Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pasar persaingan tidak sempurna
ini sedikitnya dibagi menjadi lima jenis bentuk pasar, yaitu pasar monopoli,
pasar monopolistik, pasar oligopoli, pasar monopsoni dan pasar oligopsoni.
1. Pasar Monopoli
Pasar Monopoli adalah suatu keadaan dimana hanya terdapat satu produsen ataupun penjual yang bisa menguasai pasar dan melayani semua konsumen. Perusahaan atau produsen yang menguasai pasar ini memiliki kekuatan yang besar, sudah cukup dikenal oleh masyarakat luas, dan kondisi keuangan yang sudah memadai. Dalam hal ini akan membuat produsen baru dengan modal kecil akan lebih sulit untuk mengalahkan produsen yang sudah lama dalam pasar monopoli ini. Karena produsen yang sudah dikenal masyarakat luas, biasanya mereka tidak lagi melakukan iklan terhadap brand utamanya, melainkan hanya mempromosikan pada produk-produk terbaru mereka saja.
Hal yang menjadi kekuatan lain yang dapat menghambat tumbuhnya para produsen baru adalah produsen-produsen lama pada pasar monopoli ini telah menetapkan hak paten (hak cipta) serta hak ekslusif terhadap produknya,. Namun yang harus dijaga oleh produsen lama agar “posisinya” sebagai penguasa pasar selain dengan meningkatkan kualitas tp juga harus selalu melakukan invosai dan menjaga tantangan kebutuhan konsumen. Beberapa contoh perusahaan dalam pasar monopoli di Indonesia ini adalah seperti perusahaan BUMN PLN (listrik), Telkom Indonesia, dan perusahan minyak bumi dan gas alam lainnya.
Baca Juga : Pengertian Pasar Monopoli Adalah – Ciri-Ciri dan Macam Jenis
2. Pasar Oligopoli
Pengertian Pasar Oligopoli adalah suatu keadaan pasar dimana di dalamnya terdapat beberapa produsen atau penjual yang menguasai pasar dengan banyak konsumen atau pembeli. Pasar oligopoli juga termasuk salah satu dari jenis pasar persaingan tak sempurna, dimana barang yang dijual bersifat homogen meskipun produsennya banyak dan berbeda-beda.
Setiap
kebijakan yang diambil produsen yang berkuasa pada pasar ini akan mempengaruhi
penjualan mereka yang menjadi produsen yang memproduksi barang sejenis, karena
keuntungan yang mereka dapatkan sangat tergantung kepada persaingannya. Juga
perlu dilakukan mempromosikan usaha mereka untuk mengenalkan produk kepada
masyarakat luas serta bersaing dengan produsen lain.
Persaingan yang ketat ini tentu akan menciptakan beragam nilai jual produk, karena apabila terjadi penurunan harga oleh satu produsen maka perusahaan lainnya pun juga akan berpengaruh dan harus ikut menurunkan harga agar konsumen mereka tidak berpaling kepada perusahaan yang menjual dengan harga lebih murah. Contoh dari pasar oligopoli ini adalah industri rokok, industri sabun, industri odol, industri baja, dll.
Baca Juga : Pengertian Pasar Oligopoli – Karakteristik Ciri, Kelebihan dan Kekurangannya
3. Pasar Monopolistik
Suatu
jenis pasar dengan jumlah produsen yang dan menghasilkan barang yang identik
sama akan tetapi dalam setiap produk-produknya mempunyai perbedaan atau
memiliki ciri khasnya masing-masing. Penjual pada pasar monopolistik ini tidak
terbatas, dan produsen baru dapat dengan mudah masuk ke dalam pasar ini. Di
pasar monopolistik faktor yang paling menentukan kesuksesan produsen adalah
bagaimana para produsen itu bisa terus melakukan inovasi dan mempromosikan
produk mereka.
Pada pasar monopolistik kekuatan utama penjualan produknya adalah dari produk yang ditawarkan itu yang memiliki ciri khasnya baik dari segi kualitas, fungsi, corak, kemasan, bentuk,dll. Dengan kata lain faktor harga tidak menjadi yang utama. Karena pada dasarnya harga bukan merupakan faktor utama keberhasilan penjualan. Contoh pasar monopolistik ini yaitu seperti perabotan rumah tangga, makanan kemasan, minuman aneka rasa, pakaian, dll.
Baca Juga : Pengertian Pasar Monopolistik – Karakteristik Ciri, Kelebihan dan Kekurangannya
4. Pasar Monopsoni
Pasar
monopsoni diartikan sebagai pasar dimana
terdapat banyak penjual namun jumlah pembelinya hanya ada satu saja. Pada pasar
ini pembeli yang menjadi pemegang kekuasaan tertinggi sehingga karena pembeli
lebih diuntungkan. Harga produk bisa menjadi seperti apa yang diinginkan
konsumen (pembeli), namun meskipun seperti itu penjual akan tetap berusaha
memperoleh untung yang sebesar-besarnya. Kualitas dari produk yang dijual
produsen juga terjamin karena pada dasarnya setiap pedagang selalu berusaha
memberikan yang terbaik untuk konsumen agar tidak kalah saing dengan produsen
yang lain.
5. Pasar Oligopsoni
Pasar
oligopsoni adalah suatu jenis pasar dimana terdapat banyak penjual dan beberapa
pembeli. Harga barang atau jasa dalam pasar oligopsoni ini cenderung lebih
stabil. Harga produk di pasar oligopsi ini lebih ditentukan oleh konsumen (pembeli),
akan tetapi penjual tidak juga tidak sampai mengalami kerugian atau tak berdaya
dalam penentuan harga pasar. Kebanyakan barang yang dijual adalah bahan-bahn
mentah atau hasil dari alam. Konsumen pada pasar oligopsoni kebanyakan
merupakan pedagang yang akan mengolah lagi barang pada pasar tersebut menjadi
barang jadi.
Rekomendasi:
- Pengertian Pasar Oligopoli : Karakteristik Ciri, Kelebihan… Manusia hidup bermasyarakat tidak akan lepas dari kegiatan perekonomian. Bahkan setiap haripun setiap manusia pasti terlibat dalam aktivitas ekonomi, seperti jual beli, pinjam meminjam dan lain sebagainya. Akan sangat mustahil…
- Pengertian E-Commerce : Jenis, Metode Transaksi dan Contoh… Jagad.id - Sekarang ini, semakin banyak orang yang merasa nyaman memakai e-commerce sebab hanya dengan berbelanja online, maka kita tidak lagi harus repot pergi ke tempat perbelanjaan. Hanya dengan berkunjung…
- Pengertian Komisi : Arti, Faktor, Perhitungan Dan… Secara umum definisi atau pengertian komisi adalah suatu imbalan berupa uang yang diberikan karena jasanya dalam jual beli. Komisi tersebut merupakan hal yang wajar sebagai imbalan atas jasa seseorang yang…
- Analogi : Pengertian, Ciri, Macam, Contoh Kalimat dan… Jagad.id - Pengertian analogi - Pernahkah Anda mendengar atau membaca suatu istilah yang sulit bagi Anda untuk mengerti? Kemudian pada kalimat selanjutnya yang ditulis atau diucapkan menjelaskan istilah yang sulit…
- Segmentasi Pasar : Pengertian, Syarat, Tujuan, Manfaat, dan… Jagad.id - Segmentasi Pasar - Dalam ilmu pemasaran, ada yang namanya segmentasi pasar. Perusahaan yang ingin besar harus pandai menguasai segmentasi pasar tersebut. Karena pembagian pasar sangat menentukan produksi dan…
- Cara Usaha Kue Kering Lebaran, LAKU KERAS! Jagad.id - Cara usaha kue kering lebaran, Mendekati hari raya, usaha kue kering adalah usaha yang mempunyai potensi untuk hasilkan keuntungan yang besar. Masalahnya kue kering selalu menjadi satu diantara…
- Cara Usaha Kecil Kecilan Di Desa - Peluang Kesempatan Di era globalisasi ini, mencari pekerjaan sangat sulit. Jumlah pencari kerja yang semakin bertambah tidak diimbangi dengan jumlah lapangan kerja yang cukup. Setiap orang akan terus mencari pekerjaan dengan kemampuan…
- Peluang Usaha Tahun 2023, Pasti Cuan! Jagad.id - Peluang Usaha Tahun 2023, Pergantian tahun selain menjadi transisi waktu juga menjadi kesempatan untuk memprediksi peluang tahun depan. Untuk kamu yang mau usaha namun takut rugi? berikut ulasan…
- Pengertian Lapak : Jenis Lapak Untuk Jualan Online – Ciri… Jagad.id - Pengertian Lapak - Kata “lapak” memang sudah tidak asing lagi ya di telinga kita. Biasanya lapak ini dihubungkan dengan bisnis tertentu. Nah, disini kita akan mengetahui apa yang…
- Pengertian Reseller : Sistem Kerja, Syarat, Keuntungan,… Dengan semakin berkembangnya bisnis jual beli atau perdagangan yang memakai media internet sebagai basis utama. Dari sini, kemudian mulai bermunculan berbagai pekerjaan baru dari mulai dropshipper hingga reseller. Dalam ulasan…
- Kebutuhan Sekunder : Pengertian, Faktor Penyebab dan… Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas kebutuhan primer atau kebutuhan pokok manusia dalam sehari-hari. Nah, kali ini kita akan membahas pengertian kebutuhan sekunder atau kebutuhan kedua setelah kebutuhan primer manusia…
- 9 Ide Aplikasi Pendidikan Terbaik Untuk Startup Jagad.id - Tren telah berubah dan teknologi baru seperti AR telah menjadi bagian penting dari aplikasi seluler. Mari kita lihat ide aplikasi pendidikan terbaik lainnya untuk pemula yang dapat membantu…
- Pengertian Permintaan dan Penawaran : Hukum, Fungsi dan… Dalam bidang ilmu ekonomi tentu kita pasti mengenai naik turunnya harga suatu barang, hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, untuk faktor yang paling utama adalah terkait permintaan dan penawaran suatu…
- Pengertian Penjualan : Tujuan, Jenis dan Faktor Pengaruh Kehidupan manusia berawal dari kehidupan primitif yang hanya bergantung kepada keadaan alam, kehidupan sederhana dengan teknologi apa adanya hingga saat ini kehidupan manusia terdiri dari berbagai kegiatan. Kegiatan-kegiatan ini dilakukan…
- Pengertian Konflik Sosial Adalah : Bentuk, Penyebab dan… Konflik sosial ini sangat sering sekali muncul dan di temukan di sekitaran kita. Umumnya, konflik seperti ini akan mudah terjadi jika ada sebuah perbedaan yang menyebabkan masalah. Misalnya saja perbedaan…
- Pengertian Operasional : Arti, Ruang Lingkup, Fungsi, Peran… Secara umum definisi atau pengertian operasional adalah suatu pedoman dalam melakukan suatu kegiatan. Kata operasional juga sering dikaitkan dengan kata menajemen yaitu manajemen operasional dimana manajemen operasional ini merupakan suatu…
- Pengertian Pasar Adalah : Ciri-Ciri, Fungsi, Jenis, dan… Pasar dalam pengertian sempit merupakan suatu tempat dimana bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual-beli barang maupun jasa. Pengertian pasar ini tidak merujuk pada suatu tempat tertentu saja akan…
- Metamorfosis Tidak Sempurna dan Contoh hewan Pengertian Metamorfosis Tidak Sempurna dan Contoh hewan – Metamorfosis adalah daur hidup yang dialami oleh makhluk disepanjang tahap kehidupannya. Hewan yang mengalami metamorfosis terbagi menjadi dua jenis yaitu metamorfosis sempurna…
- Pembangunan Ekonomi : Tujuan, Perencanaan, Faktor dan… Untuk bisa meningkatkan keberhasilan sebuah Negara dalam bidang ekonomi, maka Negara tersebut harus mengupayakan pembangunan ekonomi yang maksimal. Pembangunan ekonomi sesungguhnya sangat erat kaitannya dengan beragam sistem kehidupan ini. Oleh…
- Pengertian Pasar Monopolistik : Karakteristik Ciri,… Dalam pasar monopolistik sebagai seorang produsen harus lebih aktif dalam promosi dan iklan produk serta brand utama perusahaannya karena dalam pasar ini harga bukan menjadi faktor utama dalam menarik konsumen,…
- Metamorfosis Tidak Sempurna Jangkrik - Proses Daur Hidup dan… Metamorfosis Jangkrik – Ketika sekolah kita pasti pernah belajar IPA dan di pelajaran IPA ada BAB mengenai metamorfosis yang terjadi pada hewan. Semua makhluk mengalami daur hidup tak terkecuali dengan…
- Nimfa Adalah : Pengertian dan Contoh Nama ini (Nimfa) berasal dari bahasa Yunani Kuno "númphē (νῠ́μφη)", yang berarti "pengantin wanita, istri muda, gadis muda, menantu perempuan, peri, musim semi, atau air". Dalam mitologi Yunani, nimfa merupakan…
- Pasar Modern : Pengertian, Ciri Ciri, Kelebihan dan… Baik, di kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pasar modern yang mana lebih spesifik pada pengertian, ciri-ciri, kelebihan, hingga kekurangan pasar modern. Langsung saja kita simak artikel berikut. A.…
- Manfaat Jualan Online Bagi Pelaku Usaha jagad.id - Bisnis yang mengabaikan ritel atau perdagangan internet cenderung melihat volume perdagangan mereka menurun karena klien mereka mulai melakukan pembelian online dari pengecer ini adalah salah satu Manfaat Jualan…
- Ritel : Definisi, Contoh Dan Jenis Jagad.id – Definis Usaha Ritel, Tahukah kamu apakah itu usaha retail? Usaha retail ialah aktivitas jual-beli dengan jumlah ketengan. Saat ini, perubahan di dunia usaha makin hebat dan banyak macamnya.…
- Rahasia Kehadiran Mobil Avanza Terbaru yang Sedang Viral… Mobil Avanza terbaru saat ini telah beredar di pasaran dan di media sosial. Banyak para masyarakat pecinta Toyota yang telah menanti kehadiran mobil Avanza terbaru. Terlebih lagi sosial media telah…
- Perilaku Konsumen : Teori, Jenis, Faktor dan Contoh Perilaku konsumen adalah suatu proses yang dilewati oleh individu atau kelompok dalam pencarian, pembelian, penggunaan, evaluasi serta pembuang produk / jasa setelah digunakan untuk pemenuhan kebutuhan dirinya. Perilaku konsumen dapat…
- Pengertian Devisa Adalah : Jenis, Fungsi, dan Sumber Apakah anda sudah tahu mengenai devisa? Pengertian tentang devisa banyak dibahas dalam konteks dan materi pelajaran ekonomi. Pengertian devisa sendiri sebetulnya telah masuk dalam kurikulum di sekolah-sekolah dan menjadi salah…
- Pengertian Rugi : Arti, Rumus dan Contoh Kasus Jagad.id - Kerugian tentunya tidak ingin dirasakan oleh semua manusia. Kerugian tidak hanya terbatas tentang uang tetapi juga barang, waktu, dan tenaga. Pengertian Rugi merupakan suatu kondisi dimana seseorang tidak…
- Pengertian HRD : Fungsi, Tugas, Tanggungjawab dan Gaji Ketika kita melamar pekerjaan, biasanya kita selalu diarahkan ke HRD untuk menjalani wawancara. Nah, sekarang apa kita tahu pengertian, kepanjangan, tugas, dan gaji HRD? Untuk lebih lengkapnya, simak terus artikel…