Dalam bidang ilmu ekonomi tentu kita pasti mengenai naik turunnya harga suatu barang, hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, untuk faktor yang paling utama adalah terkait permintaan dan penawaran suatu barang tersebut. Dengan tidak seimbangnya antara penawaran dan permintaan bisa menimbulkan kelangkaan.
I. Permintaan
A. Pengertian Permintaan
Permintaan adalah sejumlah barang yang diminta atau dibeli pada suatu kesepakatan harga dan waktu tertentu. Permintaan erat kaitannya dengan keinginan konsumen akan suatu barang dan jasa yang ingin dipenuhi. Permintaan dapat diartikan sejumlah keseluruhan barang maupun jasa yang dibutuhkan dan ingin dibeli oleh konsumen dengan harga dan waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan.
B. Bunyi Hukum Permintaan
Jika harga suatu
barang meningkat atau mengalami kenaikan maka jumlah permintaan barang yang
diminta akan turun. Dan sebaliknya, jika harga suatu barang itu turun, maka
jumlah barang yang akan diminta itu akan meningkat (Cateris Paribus)
C. Jenis Permintaan
Jenis permintaan dibagi menjadi dua yakni permintaan karena daya beli konsumen dan permintaan karena jumlah permintaan. Berikut adalah kedua pembagian tersebut dengan penjelasan yang lebih detail :
1. Berdasarkan Daya Beli Konsumen
- Permintaan efektif, yakni sejumlah permintaan barang maupun jasa yang disertai dengan adanya daya beli konsumen dan dilaksanakan. Dengan kata lain konsumen yang membutuhkan barang atau jasa tersebut dan mampu untuk membayarnya.
- Permintaan potensial, yaitu sejumlah permintaan barang maupun jasa yang disertai dengan adanya daya beli konsumen, namun belum dilaksanakan atau pembeli masih butuh pertimbangan untuk membeli atau membayarnya
- Permintaan absolut, adalah sejumlah permintaan barang maupun jasa yang tidak disertai dengan adanya daya beli konsumen, dan cenderung hanya berupa angan-angan belaka. Sehingga daya beli konsumen pun akan cenderung sedikit
2. Berdasarkan Jumlah Permintaan
- Permintaan individu, yakni sejumlah permintaan individu terhadap barang atau jasa tertentu.
- Permintaan pasar, yaitu hasil penjumlahan dari permintaan-permintaan individu terhadap barang atau jasa tertentu.
D. Faktor Permintaan
1. Harga Barang Itu Sendiri
Jika
harga suatu barang semakin murah biasanya permintaan barang tersebut akan
cenderung semakin meningkat dan begitupula sebaliknya, semakin mahal suatu
barang makan permintaan barang tersebut akan cenderung semkin menurun.
2. Tingkat Pendapatan
Tingkat
pendapatan konsumen sangat berpengaruh dalam permintaan barang maupun jasa
karena semakin tinggi tingkat pendapatan, maka akan semakin meningkat
permintaan terhadap suatu barang tersebut.
3. Selera Masyarakat
Selera
atau kebiasaan juga akan memengaruhi permintaan suatu barang karena jika selera
masyarakat terhadap suatu barang meningkat, permintaan terhadap barang itu pun
akan meningkat. Contohnya celana panjang jeans yang sedang menjadi tren
sekarang, akibatnya jumlah permintaan model celana panjang jeans akan cenderung
meningkat.
4. Jumlah Penduduk
Sudah jelas jika semakin besar jumlah penduduk suatu daerah atau negara, maka permintaan atau kebutuhan barangpun juga akan semakin tinggi.
5. Prediksi Konsumen tentang Kondisi pada Masa Mendatang.
Konsumen yang terkadang berfikir kedepan biasanya memperkirakan jika harga suatu barang akan naik, sehingga konsumen akan lebih baik membeli barang itu sekarang hal ini akan mendorong konsumen tersebut untuk membeli lebih banyak saat ini guna menghemat belanja di masa mendatang.
II. Penawaran
A. Pengertian Penawaran
Penawaran
adalah sejumlah keseluruhan barang maupun jasa yang tersebar di pasar untuk
dijual kepada pembeli pada waktu dan harga tertentu.
B. Bunyi Hukum Penawaran
Jika
suatu harga suatu barang maupun jasa tinggi atau jasa meningkat maka jumlah
barang maupun jasa yang ditawarkan juga akan semkain banyak juga, begitu pula
sebaliknya jika semakin murah suatu barang maupun jasa itu maka akan sedikit
juga jumlah barang atau jasa yang ditawarkan
C. Jenis Penawaran
Jenis-jenis
penawaran dibagi menjadi dua jenis yaitu:
1. Penawaran Perorangan
Jenis
penawaran yang dilakukan oleh seorang produsen pada harga dan waktu tertentu
2. Penawaran Pasar
Jenis
penawaran ini adalah keseluruhan jumlah dari penawaran barang atau jasa yang
dilakukan oleh sekelompok produsen atau sekelompok penjual pada tingkat harga
dan waktu tertentu.
D. Faktor Penawaran
1. Harga
Harga
tentu menjadi faktor utama dalam penawaran harga ini karena semkain harga naik
maka barang yang ditawarkanpun juga akan semakin banyak. Contohnyanya adalah
ketika seorang petani punya lahan yang ditanami jagung atau kacang-kacangan.
Ketika harga jagung tersebut naik, maka
petani itu akan mengurangi penanaman kacang dan menggantinya dengan jagung
karena tentunya lebih menguntungkan.
2. Biaya Produksi
Biaya
produksi menjadi faktor penting kedua setelah harga atau bahka biaya produksi
inilah yang mempengaruhi harga, karena semakin besar biaya produksi yang
dibutuhkan maka harga barang yang ditawarkanpun juga akan semakin besar, dan
juga sebaliknya jika biaya produksi semakin murah maka harga barang yang
ditawarkanpun juga akan semakin murah.
3. Tingkat Teknologi
Perusahaan
yang sudah menggunakan teknologi yang lebih maju atau tinggi dalam meningkatkan
hasil produksinya akan semakin cepat hal ini juga bisa menekan harga jual
menjadi semakin murah dan begitu pula sebaliknya bagi perusahaan yang belum
menggunakan teknologi tinggi maka dalam produksinya akan lambat dan hal ini
juga bisa menyebabkan peningkatan harga.
4. Jumlah Produsen
Semakin
banyak jumlah produsen, tentu akan semakin banyak pula jumlah barang yang
ditawarkan. Misalnya, jika ada beberapa produsen es krim yang memutuskan untuk
berhenti berjualan dan keluar dari pasar, maka tentu jumlah es krim yang
ditawarkan di pasar akan turut berkurang.
5. Kebijakan Pemerintah
Kebijakan
pemerintah yang berupa penarikan pajak terhadap produsen tentu akan menjadi
beban dari penjual dan tentu akan mengurangi laba. Maka semakin besar pajak, maka
jumlah barang yang ditawarkan akan menurun, begitu pula sebaliknya.
Kebijakan
lain pemerintah yang berupa subsidi akan sangat membantu para produsen untuk mengurangi
biaya produksi, sehingga mengurangi harga yang ditawarkan dan menambah laba. Semakin
besar subsidi, maka jumlah barang yang ditawarkanpun akan bertambah.
6. Faktor Alam
Alam juga sangat mempengaruhi penawaran dan ketersediaan barang, misalnya bagi petani dan nelayan. Para petani padi, pada saaat iklim yang tidak menentu dapat menyebabkan gagal panen, sehingga jumlah beras yang ditawarkan akan berkurang. Nelayan ketika melaut ada beberapa jenis ikan yang hanya ada pada saat musim tertentu saja, maka dari itu ketika tidak musimnya maka keberadaan barang tersebut di pasar juga tidak akan banyak.
7. Prediksi Produsen tentang Kondisi pada Masa Mendatang
Produsen
yang mempunyai prediksi akan ada kenaikan barang yang diproduksinya kedepan.
Maka, pada saat ini produsen akan mengurangi stok penjualannya dan menunggu
hingga bulan depan untuk mendapatkan keuntungan yang mungkin akan diperoleh
akibat naiknya harga tersebut.
Rekomendasi:
- Pengertian HTTP : Internet, Fungsi dan Cara Kerja Jagad.id - Pengertian HTTP adalah salah satu bagian penting dan tidak bisa dipisahkan dalam beberapa proses seperti mengirim file, browsing dan lainnya yang berkaitan dengan aplikasi web. Namun, apa sebenarnya…
- Pengertian Produk Adalah : Macam Jenis dan Contoh Manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lainnya. Dalam kehidupan sehari-hari pasti manusia membutuhkan produk, yang mana beberapa produk tersebut merupakan salah satu kebutuhan manusia untuk bisa memenuhinya…
- Pasar Tradisional : Pengertian, Ciri Ciri, Kelebihan dan… Pengertian pasar tradisional adalah salah satu bentuk pasar yang mana berdasarkan kegiatan. Kegiatan dalam pasar tradisional terdapat transaksi yang dilakukan secara tradisional atau secara langsung. Di mana penjual bertemu dengan…
- Pengertian Distribusi Adalah : Fungsi, Tujuan, Macam dan… Jagad.id - Kata distribusi ini sudah bukan hal yang asing lagi ditelinga sebagian besar masyarakat di Indonesia. Apalagi yang bekerja pada bidang bisnis dan pemasaran produk. Namun, tahukah anda tentang…
- Marketing Mix 7P Jagad.id - Marketing Mix 7P, Taktik bauran marketing 7P ialah sebuah ide yang kerap diaplikasikan dalam pemasaran usaha atau usaha. Taktik usaha ini terdiri dari 7 komponen, salah satunya produk,…
- 6 Perbedaan Sales Dan Marketing Jagad.id - Perbedaan Sales dan Marketing, Beberapa orang sering kesusahan pahami ketidaksamaan pemasaran dan sales hingga ke-2 nya dipandang mempunyai makna yang serupa. Walau memang sama sama dengan sasaran, jalinan…
- Jenis-Jenis Pembangkit Listrik Di Berbagai Negara jagad.id-Berbagai Jenis-jenis Pembangkit Listrik Keberadaan modern bergantung pada listrik. arus listrik sekarang menggerakkan segalanya mulai dari perumahan hingga mobil. Dinamika tentang bagaimana dan di mana pembangkit listrik berfungsi terus berubah…
- Pengertian Kompensasi : Arti, Jenis, Kriteria, Faktor,… Secara umum definisi atau pengertian kompensasi adalah imbalan-imbalan finansial yang diterima oleh orang-orang yang bekerja atas jasa atau hasil kerjanya pada suatu organisasi atau perusahaan dimana imbalan tersebut dapat berupa…
- Pengertian Rugi : Arti, Rumus dan Contoh Kasus Jagad.id - Kerugian tentunya tidak ingin dirasakan oleh semua manusia. Kerugian tidak hanya terbatas tentang uang tetapi juga barang, waktu, dan tenaga. Pengertian Rugi merupakan suatu kondisi dimana seseorang tidak…
- Pengertian Operasional : Arti, Ruang Lingkup, Fungsi, Peran… Secara umum definisi atau pengertian operasional adalah suatu pedoman dalam melakukan suatu kegiatan. Kata operasional juga sering dikaitkan dengan kata menajemen yaitu manajemen operasional dimana manajemen operasional ini merupakan suatu…
- Pengertian Perdagangan Internasional Adalah : Teori,… Pada kesempatan kali ini, kita akan mencoba menguraikan sebuah pembahasan mengenai perdagangan internasional, mulai dari pengertian, kebijakan, manfaat dan contohnya. Dan untuk mempersingkat waktu kita, langsung saja simak penjelasan selengkapnya…
- Pengertian Pasar Adalah : Ciri-Ciri, Fungsi, Jenis, dan… Pasar dalam pengertian sempit merupakan suatu tempat dimana bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual-beli barang maupun jasa. Pengertian pasar ini tidak merujuk pada suatu tempat tertentu saja akan…
- Prinsip Ekonomi : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan 10… Pembahasan kali ini mengenai prinsip ekonomi. Kata ekonomi memang sangat sering kita dengar dan bahkan sudah bisa kita pahami dengan baik. Tapi bagaimana dengan prinsip ekonomi? Untuk bisa mengetahui pengertian…
- Definisi Kompensasi : Tujuan, SDM, dan Contoh 10 Pengertian Kompensasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Contoh dan SDM - Pengertian kompensasi adalah seluruh imbalan yang di terima oleh pekerja atas jasa ataupu hasil kerjanya kepada sebuah organisasi ataupun…
- Pengertian Bisnis : Arti, Bentuk, Tujuan, Fungsi, Manfaat,… Jagad.id - Bisnis berasal dari bahasa Inggris yaitu bussines yang berarti perusahaan, urusan usaha. Bisnis bukanlah sesuatu yang asing ditelinga masyarakat pada umunya, Setiap hari jutaan orang melaksanakan kegiatan bisnis.…
- Distributor Adalah : Pengertian, Jenis dan Fungsi Distributor, Pengertian, Jenis dan Fungsinya,- Dalam dunia bisnis, banyak pelaku ekonomi yang melakukan perannya sebelum produk sampai di tangan konsumen. Salah satunya distributor. Distributor adalah seseorang yang menyalurkan produk dari…
- Pengertian Negosiasi Adalah : Tujuan, Struktur, Ciri dan… Pernahkah anda menginginkan sebuah barang namun ternyata sudah habis dan hampir dimiliki oleh seseorang? Ketika anda menawarkan sebuah barang lain kepada calon pemilik barang tersebut dan mengharapkan barang itu anda…
- Definisi Spesifikasi : Pengertian, Elemen, Jenis, Manfaat… Jagad.id - Definisi Spesifikasi - Spesifikasi memegang peranan yang sangat penting dalam mencapai prinsip pengadaan barang/jasa yang efisien, efektif, transparan, terbuka, bersaing, adil, dan akuntabel. Di samping itu, spesifikasi juga…
- Pengertian Devisa Adalah : Jenis, Fungsi, dan Sumber Apakah anda sudah tahu mengenai devisa? Pengertian tentang devisa banyak dibahas dalam konteks dan materi pelajaran ekonomi. Pengertian devisa sendiri sebetulnya telah masuk dalam kurikulum di sekolah-sekolah dan menjadi salah…
- Pengertian Penjualan : Tujuan, Jenis dan Faktor Pengaruh Kehidupan manusia berawal dari kehidupan primitif yang hanya bergantung kepada keadaan alam, kehidupan sederhana dengan teknologi apa adanya hingga saat ini kehidupan manusia terdiri dari berbagai kegiatan. Kegiatan-kegiatan ini dilakukan…
- Pengertian Karyawan : Defenisi, Jenis, Tipe, Peran dan… Secara umum pengertian karyawan adalah mereka yang berkerja di suatu perusahaan atau lembaga untuk mengerjakan tugas operasional dan mengharapkan balas jasa berupa komisi (uang). Sederhananya definisi karyawan memiliki arti yaitu…
- Pengertian dan Peran : Rumah Tangga Konsumen, Produsen,… Di dalam suatu kegiatan ekonomi, pastinya ada juga yang disebut dengan pelaku ekonomi. Apakah yang dimaksud dengan pelaku ekonomi? Sebenarnya pelaku ekonomi adalah subjek baik perorangan ataupun kelompok yang melakukan…
- Waspada Penipuan Di Media Sosial Jagad.id-Banyak investor menggunakan Internet dan media sosial untuk membantu mereka membuat keputusan investasi. Sementara alat online ini dapat memberikan banyak keuntungan bagi investor, alat yang sama ini dapat menjadi target…
- Pengertian Logistik Adalah : Tujuan , Manfaat, dan Aktivitas Pengiriman barang adalah cara yang digunakan untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lainnya, dimana pengiriman barang tersebut kini telah memiliki sebuah manajemen yang biasa disebut dengan logistik. Dalam…
- Pengertian Faktur Adalah : Arti, Fungsi, Jenis, Komponen dan… Secara umum definisi atau pengertian Faktur adalah suatu perhitungan penjualan atau suatu perincian pengiriman barang yang mencatat tentang daftar barang, harga barang dan lain-lain. Faktur bisa juga disebut dengan “invoice”…
- Pengertian Ekspor Adalah : Arti, Tujuan, Manfaat dan Contoh Dalam kegiatan perdagangan, istilah ekspor bukanlah istilah yang asing. Ekspor menjadi kegiatan yang sering dilakukan perusahaan maupun negara dalam hubungan perdagangan internasional. Sayangnya, tidak semua orang paham dan tahu apa…
- Cara Melihat Pesanan Di Tiktok Shop, OTOMATIS! Jagad.id - Cara Melihat Pesanan Di Tiktok Shop, Selainnya jadi basis untuk mengupload video berdurasi singkat, TikTok sekarang sudah diperlengkapi feature e-commerce yang sediakan beragam keperluan pemakainya. Setiap lakukan transaksi…
- Pengertian Inventaris Adalah : Arti, Tujuan dan Contoh Ketika mendengar kata inventaris apa yang ada di pikiran Anda? Sebuah catatan tentang sarana dan prasarana. Atau seperti daftar stok barang atau rekap barang yang sudah terjual. Lebih lengkapnya simak…
- Pengertian Jasa : Definisi, Karakteristik, Klasifikasi dan… Sebagai manusia, kita memiliki berbagai macam kebutuhan seperti kebutuhan primer, kenutuhan sekunder, kebuuhan tersier, kebutuhan jasmani, kebutuhan rohani, dan lain sebagainya. Berbagai macam kebutuhan manusia tersebut dapat berupa barang maupun…
- Cara Membedakan Flashdisk Asli Dan Palsu Flashdisk merupakan salah satu perangkat yang sangat berguna untuk memudahkan perpindahan data dari satu komputer ke komputer lain. Kini pilihan Flashdisk menjadi semakin beragam, sehingga menyulitkan pengguna untuk memilih Flashdisk…