Definisi Pengertian Permintaan dan Penawaran Hukum, Fungsi dan Faktor

Dalam bidang ilmu ekonomi tentu kita pasti mengenai naik turunnya harga suatu barang, hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, untuk faktor yang paling utama adalah terkait permintaan dan penawaran suatu barang tersebut. Dengan tidak seimbangnya antara penawaran dan permintaan bisa menimbulkan kelangkaan.

I. Permintaan

A. Pengertian Permintaan

Permintaan adalah sejumlah barang yang diminta atau dibeli pada suatu kesepakatan harga dan waktu tertentu. Permintaan erat kaitannya dengan keinginan konsumen akan suatu barang dan jasa yang ingin dipenuhi. Permintaan dapat diartikan sejumlah keseluruhan barang maupun jasa yang dibutuhkan dan ingin dibeli oleh konsumen dengan harga dan waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan.

B. Bunyi Hukum Permintaan

Jika harga suatu barang meningkat atau mengalami kenaikan maka jumlah permintaan barang yang diminta akan turun. Dan sebaliknya, jika harga suatu barang itu turun, maka jumlah barang yang akan diminta itu akan meningkat (Cateris Paribus)

C. Jenis Permintaan

Jenis permintaan dibagi menjadi dua yakni permintaan karena daya beli konsumen dan permintaan karena jumlah permintaan. Berikut adalah kedua pembagian tersebut dengan penjelasan yang lebih detail :

1. Berdasarkan Daya Beli Konsumen
  • Permintaan efektif, yakni sejumlah permintaan barang maupun jasa yang disertai dengan adanya daya beli konsumen dan dilaksanakan. Dengan kata lain konsumen yang membutuhkan barang atau jasa tersebut dan mampu untuk membayarnya.
  • Permintaan potensial, yaitu sejumlah permintaan barang maupun jasa yang disertai dengan adanya daya beli konsumen, namun belum dilaksanakan atau pembeli masih butuh pertimbangan untuk membeli atau membayarnya
  • Permintaan absolut, adalah sejumlah permintaan barang maupun jasa yang tidak disertai dengan adanya daya beli konsumen, dan cenderung  hanya berupa angan-angan belaka. Sehingga daya beli konsumen pun akan cenderung sedikit
2. Berdasarkan Jumlah Permintaan
  • Permintaan individu, yakni sejumlah permintaan individu terhadap barang atau jasa tertentu.
  • Permintaan pasar, yaitu hasil penjumlahan dari permintaan-permintaan individu terhadap barang atau jasa tertentu.

D. Faktor Permintaan

1. Harga Barang Itu Sendiri

Jika harga suatu barang semakin murah biasanya permintaan barang tersebut akan cenderung semakin meningkat dan begitupula sebaliknya, semakin mahal suatu barang makan permintaan barang tersebut akan cenderung semkin menurun.

2. Tingkat Pendapatan

Tingkat pendapatan konsumen sangat berpengaruh dalam permintaan barang maupun jasa karena semakin tinggi tingkat pendapatan, maka akan semakin meningkat permintaan terhadap suatu barang tersebut.

3. Selera Masyarakat

Selera atau kebiasaan juga akan memengaruhi permintaan suatu barang karena jika selera masyarakat terhadap suatu barang meningkat, permintaan terhadap barang itu pun akan meningkat. Contohnya celana panjang jeans yang sedang menjadi tren sekarang, akibatnya jumlah permintaan model celana panjang jeans akan cenderung meningkat.

4. Jumlah Penduduk

Sudah jelas jika semakin besar jumlah penduduk suatu daerah atau negara, maka permintaan atau kebutuhan barangpun juga akan semakin tinggi.

5. Prediksi Konsumen tentang Kondisi pada Masa Mendatang.

Konsumen yang terkadang berfikir kedepan biasanya memperkirakan jika harga suatu barang akan naik, sehingga konsumen akan lebih baik membeli barang itu sekarang hal ini akan mendorong konsumen tersebut untuk membeli lebih banyak saat ini guna menghemat belanja di masa mendatang.

II. Penawaran

A. Pengertian Penawaran

Penawaran adalah sejumlah keseluruhan barang maupun jasa yang tersebar di pasar untuk dijual kepada pembeli pada waktu dan harga tertentu.

B. Bunyi Hukum Penawaran

Jika suatu harga suatu barang maupun jasa tinggi atau jasa meningkat maka jumlah barang maupun jasa yang ditawarkan juga akan semkain banyak juga, begitu pula sebaliknya jika semakin murah suatu barang maupun jasa itu maka akan sedikit juga jumlah barang atau jasa yang ditawarkan

C. Jenis Penawaran

Jenis-jenis penawaran dibagi menjadi dua jenis yaitu:

1. Penawaran Perorangan

Jenis penawaran yang dilakukan oleh seorang produsen pada harga dan waktu tertentu

2. Penawaran Pasar

Jenis penawaran ini adalah keseluruhan jumlah dari penawaran barang atau jasa yang dilakukan oleh sekelompok produsen atau sekelompok penjual pada tingkat harga dan waktu tertentu.

D. Faktor Penawaran

1. Harga

Harga tentu menjadi faktor utama dalam penawaran harga ini karena semkain harga naik maka barang yang ditawarkanpun juga akan semakin banyak. Contohnyanya adalah ketika seorang petani punya lahan yang ditanami jagung atau kacang-kacangan. Ketika harga jagung tersebut  naik, maka petani itu akan mengurangi penanaman kacang dan menggantinya dengan jagung karena tentunya lebih menguntungkan.

2. Biaya Produksi

Biaya produksi menjadi faktor penting kedua setelah harga atau bahka biaya produksi inilah yang mempengaruhi harga, karena semakin besar biaya produksi yang dibutuhkan maka harga barang yang ditawarkanpun juga akan semakin besar, dan juga sebaliknya jika biaya produksi semakin murah maka harga barang yang ditawarkanpun juga akan semakin murah.

3. Tingkat Teknologi

Perusahaan yang sudah menggunakan teknologi yang lebih maju atau tinggi dalam meningkatkan hasil produksinya akan semakin cepat hal ini juga bisa menekan harga jual menjadi semakin murah dan begitu pula sebaliknya bagi perusahaan yang belum menggunakan teknologi tinggi maka dalam produksinya akan lambat dan hal ini juga bisa menyebabkan peningkatan harga.

4. Jumlah Produsen

Semakin banyak jumlah produsen, tentu akan semakin banyak pula jumlah barang yang ditawarkan. Misalnya, jika ada beberapa produsen es krim yang memutuskan untuk berhenti berjualan dan keluar dari pasar, maka tentu jumlah es krim yang ditawarkan di pasar akan turut berkurang.

5. Kebijakan Pemerintah

Kebijakan pemerintah yang berupa penarikan pajak terhadap produsen tentu akan menjadi beban dari penjual dan tentu akan mengurangi laba. Maka semakin besar pajak, maka jumlah barang yang ditawarkan akan menurun, begitu pula sebaliknya.

Kebijakan lain pemerintah yang berupa subsidi akan sangat membantu para produsen untuk mengurangi biaya produksi, sehingga mengurangi harga yang ditawarkan dan menambah laba. Semakin besar subsidi, maka jumlah barang yang ditawarkanpun akan bertambah.

6. Faktor Alam

Alam juga sangat mempengaruhi penawaran dan ketersediaan barang, misalnya bagi petani dan nelayan. Para petani padi, pada saaat iklim yang tidak menentu dapat menyebabkan gagal panen, sehingga jumlah beras yang ditawarkan akan berkurang. Nelayan ketika melaut ada beberapa jenis ikan yang hanya ada pada saat musim tertentu saja, maka dari itu ketika tidak musimnya maka keberadaan barang tersebut di pasar juga tidak akan banyak.

7. Prediksi Produsen tentang Kondisi pada Masa Mendatang

Produsen yang mempunyai prediksi akan ada kenaikan barang yang diproduksinya kedepan. Maka, pada saat ini produsen akan mengurangi stok penjualannya dan menunggu hingga bulan depan untuk mendapatkan keuntungan yang mungkin akan diperoleh akibat naiknya harga tersebut.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.