Rumah Tangga Konsumen Pengertian, Peran, Macam Jenis dan Contoh



Pelaku ekonomi adalah suatu subjek baik itu perorangan, organisasi ataupun juga pemerintah yang melakukan kegiatan ekonomi. Apa saja yang meliputi kegiatan ekonomi? Kegiatan ekonomi yang dimaksud yaitu produksi, konsumsi dan juga distribusi. Sedangkan pelaku kegiatan ekonomi terdiri dari empat komponen atau empat kelompok yaitu rumah tangga konsumen, rumah tangga produsen, rumah tangga pemerintah dan juga masyarakat luar negeri. Dan pada kesempatan kali ini pembahasan mengenai pengertian dan juga peran dari rumah tangga konsumen dan rumah tangga pemerintah.

A. Pengertian Rumah Tangga Konsumen (RTK)

Rumah Tangga Konsumen (RTK) adalah keluarga atau masyarakat yang melakukan berbagai kegiatan konsumsi baik itu berupa barang ataupun jasa dengan tujuan untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya yang memang tidak terbatas. Untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya sehari-hari pelaku kegiatan ekonomi konsumen ini secara terus menerus menggunakan barang dan juga jasa yang produsen hasilkan. Kegiatan seperti bekerja juga termasuk ke dalam bagian konsumsi karena manusia bekerja dengan tujuan untuk mendapatkan upah yang biasanya berupa uang dan kemudian uang tersebut dapat ditukar dengan barang atau jasa yang mereka butuhkan.

B. Peranan Rumah Tangga Konsumen

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa keluarga termasuk ke dalam rumah tangga konsumen karena peranannya yang sangat penting dalam kegiatan ekonomi. Apa saja peranannya? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini:

1. Sebagai Penyedia Faktor Produksi

Faktor produksi yang didapatkan dari rumah tangga konsumen dapat berupa modal, bahan baku dan juga tenaga kerja. Faktor produksi tersebutlah yang nantinya akan dimanfaatkan oleh rumah tangga produsen (RTP) untuk memproduksi berbagai barang atau jasa.

2. Mendapatkan Imbalan dari Faktor Produksi yang Diberikan

Setelah faktor produksi dijual ke perusahaan atau produsen, maka rumah tangga konsumen nantinya akan menerima upah atau imbalan seperti gaji. Jadi bisa dikatakan bahwa konsumen bekerja di perusahaan tersebut, sehingga tiap bulannya mendapatkan gaji.

3. Membeli dan Menggunakan Barang atau Jasa

Setelah gaji sudah di dapatkan oleh konsumen, maka mereka akan menggunakan gaji tersebut untuk membeli barang atau jasa yang dibutuhkan. Karena kebutuhan hidup yang secara terus menerus, maka konsumen tidak akan ada habisnya untuk membeli berbagai produk dari produsen. Dan hal tersebutlah yang menjadi peranan utama dari rumah tangga konsumen.

4. Membayar Pajak Pada Pemerintah

Saat ingin membeli barang atau jasa tentunya ada pajak yang juga harus dibayarkan. Pajak tersebut memang sangat wajib dibayarkan pada pemerintah, karena dari pajak tersebut akan digunakan untuk membiayai berbagai macam pengeluaran publik. Pada saat ini pajak yang harus dibayar oleh rumah tangga konsumen telah mengalami peningkatan dan untuk pembayarannya sendiri bisa dilakukan secara online melalui DJP Online. Tentunya dengan pembayaran secara online akan mempermudah rumah tangga konsumen dalam membayar pajak dimana pun dan kapan pun.

C. Jenis Pendapatan Rumah Tangga Konsumen

Ada beberapa jenis pendapatan dari rumah tangga konsumen, antara lain sebagai berikut:

1. Sewa (rent)

Suatu balas jasa yang diterima oleh rumah tangga konsumen karena telah menyewakan tanahnya ke pihak lain.

2. Upah (wage)

Rumah tangga konsumen menerima balas jasa berupa upah karena telah bekerja di suatu perusahaan dalam kegiatan produksi.

3. Bunga (interest)

Rumah tangga konsumen menerima balas jasa dari perusahaan karena telah meminjamkan dana sebagai modal untuk kegiatan produksi.

4. Laba (profit)

Rumah tangga konsumen menerima balas jasa dari rumah tangga produsen karena telah memberikan tenaga dan juga pikiran untuk mengelola perusahaan, sehingga laba pun bisa didapatkan.

Demikian penjelasan mengenai pengertian dan juga peran dari rumah tangga konsumen dan rumah tangga produsen, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kalian!






Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.