Dalam pasar monopolistik sebagai seorang produsen harus lebih aktif dalam promosi dan iklan produk serta brand utama perusahaannya karena dalam pasar ini harga bukan menjadi faktor utama dalam menarik konsumen, akan tetapi lebih kepada bagaimana membangun persepsi dimasyarakat terhadap produk yang dijual oleh perusahaan.
A. Pengertian Pasar Monolistik
Pasar monopolistik adalah suatu jenis pasar dengan jumlah produsen yang menghasilkan barang yang identik sama akan tetapi dalam setiap produk-produknya mempunyai perbedaan atau memiliki ciri khasnya masing-masing. Bentuk pasar ini bisa dikatakan juga sebagai pasar persaingan tidak sempurna seperti halnya pasa monopoli dan pasar oligopoli yakni pasar yang tidak teroganisir dengan baik.
B. Ciri-Ciri Pasar Monopolistik
1. Terdapat Banyak Produsen/ Penjual
Seperti pada pasar persaingan sempurna yang mana mempunyai jumlah produsen yang banyak. Dalam hal ini dengan produsen yang banyak tentu setiap produsen mengalami persaingan yang begitu ketat. Dengan kata lain Produsen tidak mempunyai cukup kekuatan yang dapat menentukan nilai harga barang mereka karena harganya yang ditentukan dalam pasar monopolistik ini adalah nilai harga rata-rata dari produk dari produsen-produsen lain. Selain itu, dampak dari banyak produsen dalam pasar monopolisitik tentu kasus dalam praktik kolusi (kesepakatan produsen melakukan penaikan harga pasar) pasti lebih sulit dilakukan karena koordinasi antar produsen pun juga lebih sulit dilakukan karena jumlahnya banyak.
2. Adanya Diferensiasi Produk
Adanya diferensiasi produk adalah ketika dalam sebuah kondisi diamana banyak
produsen yang memproduksi produk yang hampir serupa dengan produk pesaingnya.
Sebagai contoh; produk-produk dengan berbagai macam brand seperti Adidas, Nike,
Fila, dan Puma yang sama-sama memproduksi sepatu dengan jenis running shoes,
namun pada setiap produk yang mereka produksi mempunyai karakteristik atau ciri-ciri
khas masing-masing.
Kondisi dalam pasar monopolistik ini, jika ada kenaikan harga dari salah satu produsen saja namun harga produk dari produsen-produsen lain tetap sama atau tidak mengalami kenaikan, maka yang akan terjadi adalah permintaan akan produk yang naik tersebut akan turun. Contoh ketika merk sepatu Adidas menaikan harga produk running shoesnya namun merk lain seperti Nike, Fila, atau Puma tidak naik harganya, maka banyak konsumen pasti akan beralih membeli produk yang lebih rendah harganya. Diferensiasi produk ini sendiri dapat dilakukan dalam segi karakteristik produknya maupun dalam segi kualitas produknya.
3. Adanya persaingan Kualitas, Harga dan Cara Pemasaran Produknya
Dalam pasar monopolistik berbagai produsen akan cenderung saling bersaing
dalam harga, kualitas maupun dalam cara pemasarannya. Hal ini dikarenakan dalam
pasar ini barang atau produk yang dipasarkan cenderung serupa dan hanya
memiliki perbedaan pada masing-masing ciri khas dari produsen yang memproduksi
barang tersebut. Semakin tinggi kualitas barang yang ditawarkan tentu dari
produsen bisa menawarkan barang dengan lebih tinggi namun agar produknya bisa
laku di pasar maka produsen tersebut harus lebih giat dalam pemasaran
produknya, contohnya bisa dengan memberikan desain yang menarik agar produknya
bisa diminati kemudian dibeli oleh konsumen
4. Produsen Mudah Keluar Masuk Pasar
Dalam pasar monopolistik ini, produsen bebas untuk masuk atau pun keluar dari pasar ini. Kondisi dimana produsen sedikit, biasanya keuntungan yang didapat akan tinggi, dan begitu pula sebaliknya ketika dalam suatu pasar itu produsennya banyak makan keuntungan yang didapat juga semakin sedikiit. Dalam pasar ini dalam kondisi tertentu yang mana produsen sudah merasa tidak tertarik dengan pasar ini atau sudah tidak bisa mendapatkan keuntungan sesuai yang diinginkan maka produsen akan meninggalkan pasar monopolistik ini.
5. Produsen Harus Melakukan Promosi
Agar produk-produk produsen bisa dikenal dan diminati masyarakat, tentu sangat dibutuhkan pengenalan produk, yakni dengan cara melakukan iklan dan promosi terhadap brand atau produk-produk yang dijual di pasar.
C. Kelebihan dan Kekurangan Pasar Monopolistik
Seperti halnya jenis pasar-pasar yang lain, pasar monopolistik tentu juga mempunyai kelebihan maupun kelemahannya. Kelebihan serta kekurangan pasar monopolistik ini adalah sebagai berikut :
1. Kelebihan Pasar Monopolistik
- Dengan Jumlah produsen yang tidak dibatasi serta juga terdapat persaingan bisnis diantara produsen baik dalam kualitas harga maupun kualitas produk yang ditawarkan, hal ini menjadi sebuah keuntungan bagi konsumen karena mendapatkan penawaran produk yang beragam dan konsumen bisa memilih prooduk yang benar-benar sesuai seperti yang dhirapkan.
- Produsen secara bebas dapat masuk keluar pasar dengan mudah sehingga hal tersebut dapat mendorong para produsen untuk terus melakukan inovasi dalam membuat produk-produk yang berkualitas dan yang diharapkan konsumen.
- Dalam pasar ini kebutuhan konsumen akan sangat besar karena produk-produk yang ditawarkan produsen adalah produk kebutuhan sehari-hari.
- Dengan banyak produsen yang menawarkan produk dalam pasar ini maka konsumen bisa benar-benar mendapatkan produk yang diharapkan oleh konsumen itu sendiri
2. Kekurangan Pasar Monopolistik
a) Persaingan yang ketat
Dalam pasar monopolistik ini produsen memang harus lebih siap untuk
bersaing dalam kualitas, harga barang yang ditawarkan serta juga bersaing dalam
pelayanannya, karena banyaknya produsen dalam pasar ini tentu kesiapan modal
juga mental produsen juga sangat penting. Kebanyakan produsen yang belum cukup
mental bersaing dan kesiapan modal yang cukup pasti akan lebih mudah keluar
dari pasar ini.
b) Butuh modal besar
Seperti pada poin diatas dalam pasar monopolistik ini membutuhkan modal yang sangat besar, baik itu dalam segi untuk produksi produk, operasional, serta pemasaran yang meliputi ikland dan promosi. Para pemain atau produsen di pasar ini merupakan mereka-mereka yang sudah mempunyai modal besar serta juga sedikit banyak mempunyai pengalaman yang baik.
c) Harus Melakukan Inovasi
Masih berkaitan dengan poin yang pertama diatas, dengan produsen yang
banyak tentu produsen dituntu untuk bisa selalu melakukan berbagai inovasi baik
dalam segi kualitas produk harga dan lainnya karena hal ini sangat berkaitan
erat dengan selera dan kebutuhan konsumen yang sering kali berubah pada kondisi
tertentu.
D. Contoh Pasar Monopolistik
Tanpa kita sadari sebenarnya produk-produk dari pasar monopolistik sudah sangat sering temui pada kehidupan sehari-hari, yakni seperti shampo, sabun mandi, Televisi, sepatu, air mineral, dan lain-lain.
Seperti contoh pada
pasar air mineral misalnya, terdapat banyak produsen yang memproduksi air
mineral seperti Aqua, Le Minerale, Club, atau Cleo dan lain-lain. Tentu masing-masing
produsen mempunyai ciri khas tersendiri seperti model kemasannya, kualitas,
atau ukuran-ukuran yang membedakan produknya dengan produk kompetitornya.
Contoh lain juga yakni
seperti pada jenis produk shampo, juga terdapat beberapa jenis produsen seperti
lifeboy, sunsilk, dave, rejoice, dan lain-lain dan tentunya juga sama-sama mempunyai
ciri khasnya masing seperti model kemasan, variant jenis shamponya serta juga
mempunyai keunggulannya masing-masing. Hal ini tentu yang menilai dan yang
dipilih oleh konsumen yaitu pada produk yang dibutuhkan sesuai selera dan
kebutuhan konsumen.
Rekomendasi:
- Pengertian dan Peran : Rumah Tangga Konsumen, Produsen,… Di dalam suatu kegiatan ekonomi, pastinya ada juga yang disebut dengan pelaku ekonomi. Apakah yang dimaksud dengan pelaku ekonomi? Sebenarnya pelaku ekonomi adalah subjek baik perorangan ataupun kelompok yang melakukan…
- Kelebihan Dan Kekurangan kolam Terpal Yang Simpel jagad.id - Sejujurnya, menjalankan peternakan ikan yang sangat menguntungkan melibatkan pemikiran yang baik dan kemampuan untuk membuat keputusan cerdas yang dapat membantu menghemat biaya Anda.Dimulai dengan pemilihan kolam ikan dan…
- Pengertian Distribusi Adalah : Fungsi, Tujuan, Macam dan… Jagad.id - Kata distribusi ini sudah bukan hal yang asing lagi ditelinga sebagian besar masyarakat di Indonesia. Apalagi yang bekerja pada bidang bisnis dan pemasaran produk. Namun, tahukah anda tentang…
- Pengertian E-Commerce : Jenis, Metode Transaksi dan Contoh… Jagad.id - Sekarang ini, semakin banyak orang yang merasa nyaman memakai e-commerce sebab hanya dengan berbelanja online, maka kita tidak lagi harus repot pergi ke tempat perbelanjaan. Hanya dengan berkunjung…
- Pengertian Bisnis F&B Dan Contohnya Jagad.id - Pengertian Bisnis F&B, Usaha F&B ialah tipe usaha yang beroperasi di sektor minuman dan makanan. Usaha ini dapat berbentuk usaha kulineran seperti restaurant, cafe, toko bahan makanan, dan…
- Ide Jualan Yang Menjanjikan 2023 Jagad. id - Ide Jualan Yang Menjanjikan, Tahukah kamu apa contoh gagasan berjualan terlaku yang mempunyai prospect janjikan? Untuk seorang pemula, tentukan gagasan saat mengawali sebuah usaha pasti sebagai hal…
- Pengertian Produktivitas : Arti, Konsep, Faktor dan Penyebab… Secara umum definisi atau pengertian produktivitas adalah istilah yang digunakan dalam kegiatan produksi sebagai perbandingan antara luaran (output) dan masukan (input). Produktivitas juga dapat diartikan sebagai suatu ukuran yang menyatakan…
- Pengertian Mitra Usaha Adalah : Arti, Ciri Ciri dan Contoh Jagad.id - Pengertian kata mitra adalah persahabatan, pertemanan atau kerjasama. Sebagai makhluk sosial, manusia pasti membutuhkan orang lain, termasuk dalam bidang ekonomi. Ketika membuka sebuah usaha atau bisnis, bekerjasama dengan…
- Cara Usaha Kue Kering Lebaran, LAKU KERAS! Jagad.id - Cara usaha kue kering lebaran, Mendekati hari raya, usaha kue kering adalah usaha yang mempunyai potensi untuk hasilkan keuntungan yang besar. Masalahnya kue kering selalu menjadi satu diantara…
- Pengertian Komoditas Adalah : Macam Jenis, Kriteria dan… Komoditas adalah suatu barang nyata yang diperdagangkan atau disimpan dalam jangka waktu tertentu serta dapat dipertukarkan dengan produk lainnya dengan jenis yang sama. Jenis-jenis Komoditas Komoditas hasil pertanian, berupa makanan…
- 5 Kelebihan Berjualan Di Tiktok Shop, Pasti Cuan! Jagad.id - Kelebihan Berjualan Di Tiktok Shop, Siapa sih yang tidak mengenal TikTok? Sekarang ini, sosial media satu ini benar-benar terkenal dan pemakainya semakin bertambah sehari-harinya. Kekhasan basis TikTok dibandingkan…
- Pengertian Improvement : Arti, Prinsip, Manfaat, Tahap Dan… Jagad.id - Pengertian Improvement - Improvement atau continuous improvement merupakan usaha-usaha sistematis dan berkelanjutan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengeliminasi suatu masalah dan upaya mengembangkan atau memperbaiki produk, pelayanan maupun…
- Strategi Affiliate marketing Super Jitu Jagad.id - Strategi Affiliate marketing, atau pemasar affiliate sebuah karier yang memberikan keuntungan, karena ini memungkinkannya kamu untuk memperoleh komisi dari satu perusahaan. Tetapi, jadi pemasar affiliate tidak berbuah hasil…
- Pasar Tradisional : Pengertian, Ciri Ciri, Kelebihan dan… Pengertian pasar tradisional adalah salah satu bentuk pasar yang mana berdasarkan kegiatan. Kegiatan dalam pasar tradisional terdapat transaksi yang dilakukan secara tradisional atau secara langsung. Di mana penjual bertemu dengan…
- Pengertian Pasar Oligopoli : Karakteristik Ciri, Kelebihan… Manusia hidup bermasyarakat tidak akan lepas dari kegiatan perekonomian. Bahkan setiap haripun setiap manusia pasti terlibat dalam aktivitas ekonomi, seperti jual beli, pinjam meminjam dan lain sebagainya. Akan sangat mustahil…
- Distributor Adalah : Pengertian, Jenis dan Fungsi Distributor, Pengertian, Jenis dan Fungsinya,- Dalam dunia bisnis, banyak pelaku ekonomi yang melakukan perannya sebelum produk sampai di tangan konsumen. Salah satunya distributor. Distributor adalah seseorang yang menyalurkan produk dari…
- Pengertian Pasar Persaingan Sempurna : Ciri-Ciri, Contoh,… Pasar Persaingan Sempurna diartikan sebagai suatu pasar yang mana kondisi penjualnya sangatlah banyak sedangkan yang dijual adalah produk yang mempunyai cukup banyak varian akan tetapi memiliki jenis yang sama dan…
- Pengertian Penjualan : Tujuan, Jenis dan Faktor Pengaruh Kehidupan manusia berawal dari kehidupan primitif yang hanya bergantung kepada keadaan alam, kehidupan sederhana dengan teknologi apa adanya hingga saat ini kehidupan manusia terdiri dari berbagai kegiatan. Kegiatan-kegiatan ini dilakukan…
- Marketing Mix 7P Jagad.id - Marketing Mix 7P, Taktik bauran marketing 7P ialah sebuah ide yang kerap diaplikasikan dalam pemasaran usaha atau usaha. Taktik usaha ini terdiri dari 7 komponen, salah satunya produk,…
- Cara Memulai Usaha Mebel Jagad.id - Cara Memulai Usaha Mebel, Apa kamu berminat untuk memulai usaha mebel? Kesempatan usaha yang ini memang sangat menarik di Indonesia. Bahkan juga, keinginan produk mebel dari pasar usaha…
- Pengertian Resiko : Contoh Macam Jenis Resiko Usaha Dalam membuka sebuah usaha atau suatu bisnis tertentu memang harus membutuhkan keberanian, tekad, dan manajemen juga strategi bisnis yang baik dan tepat. Menjalankan sebuah usaha atau bisnis membutuhkan tekad yang…
- Prinsip Ekonomi : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan 10… Pembahasan kali ini mengenai prinsip ekonomi. Kata ekonomi memang sangat sering kita dengar dan bahkan sudah bisa kita pahami dengan baik. Tapi bagaimana dengan prinsip ekonomi? Untuk bisa mengetahui pengertian…
- Cara Jadi Reseller Skincare Laku Keras Jagad.id - Cara Jadi Reseller Skincare, Jadi reseller skincare dapat dilaksanakan oleh semuanya orang, baik yang telah eksper dalam usaha atau pemula. Skincare sebagai salah satunya keperluan khusus mayoritas wanita,…
- Cara Membangun Branding : Arti dan Contohnya Jagad.id - Cara Membangun Branding, Branding ialah proses yang penting dilaksanakan oleh tiap perusahaan supaya produk atau jasanya menempel di pikiran customer, ditambah saat harus berkompetisi di pasar. Karena, dalam…
- Perilaku Konsumen ; Tipe dan Definisi Jagad.id - Perilaku konsumen, Pelajari sikap customer adalah cara penting yang penting dilaksanakan dalam peningkatan usaha. Karena, dengan ketahui bagaimana sikap customer, sebuah usaha dapat sesuaikan taktik pemasaran supaya produk…
- 8 Situs Online Shop Luar Negeri, Pasti Cuan!! Jagad.id - Situs Online Shop Luar Negeri, Ingin meluaskan usaha online kamu dengan mempromosikan ke luar negeri? Membuat online shop di website marketplace luar negeri menjadi opsi! Yup, ada banyak…
- Strategi Pemasaran Usaha Kecil Untuk Anda! Jagad.id - Buat strategi pemasaran usaha kecil Anda dan mulailah menghasilkan lebih banyak hari ini. Dengan menggunakan strategi yang tepat, usaha anda akan mendapatkan peningkatan yang signifikan. Meskipun anda memiliki…
- 6 Perbedaan Sales Dan Marketing Jagad.id - Perbedaan Sales dan Marketing, Beberapa orang sering kesusahan pahami ketidaksamaan pemasaran dan sales hingga ke-2 nya dipandang mempunyai makna yang serupa. Walau memang sama sama dengan sasaran, jalinan…
- Tips Memilih Franchise Agar Tidak Rugi Jagad.id - Tips Memilih Franchise, Tentu saja, pilih usaha tidak bisa sembarangan. Dibutuhkan penelitian panjang yang masak supaya usaha yang diputuskan tidak zonk. Berikut sejumlah panduan yang dapat kamu kerjakan…
- Pengertian Affiliate : Cara Kerja, Macam Jenis, Kelebihan,… Jagad.id - Pengertian Affiliate - Menjadi bagian dari affiliate atau afiliasi menjadi strategi bagus khususnya untuk blogger yang sedang mencari tambahan atau ingin mencari penghasilan dari blog. Untuk sekarang ini,…