Dalam pasar monopolistik sebagai seorang produsen harus lebih aktif dalam promosi dan iklan produk serta brand utama perusahaannya karena dalam pasar ini harga bukan menjadi faktor utama dalam menarik konsumen, akan tetapi lebih kepada bagaimana membangun persepsi dimasyarakat terhadap produk yang dijual oleh perusahaan.
A. Pengertian Pasar Monolistik
Pasar monopolistik adalah suatu jenis pasar dengan jumlah produsen yang menghasilkan barang yang identik sama akan tetapi dalam setiap produk-produknya mempunyai perbedaan atau memiliki ciri khasnya masing-masing. Bentuk pasar ini bisa dikatakan juga sebagai pasar persaingan tidak sempurna seperti halnya pasa monopoli dan pasar oligopoli yakni pasar yang tidak teroganisir dengan baik.
B. Ciri-Ciri Pasar Monopolistik
1. Terdapat Banyak Produsen/ Penjual
Seperti pada pasar persaingan sempurna yang mana mempunyai jumlah produsen yang banyak. Dalam hal ini dengan produsen yang banyak tentu setiap produsen mengalami persaingan yang begitu ketat. Dengan kata lain Produsen tidak mempunyai cukup kekuatan yang dapat menentukan nilai harga barang mereka karena harganya yang ditentukan dalam pasar monopolistik ini adalah nilai harga rata-rata dari produk dari produsen-produsen lain. Selain itu, dampak dari banyak produsen dalam pasar monopolisitik tentu kasus dalam praktik kolusi (kesepakatan produsen melakukan penaikan harga pasar) pasti lebih sulit dilakukan karena koordinasi antar produsen pun juga lebih sulit dilakukan karena jumlahnya banyak.
2. Adanya Diferensiasi Produk
Adanya diferensiasi produk adalah ketika dalam sebuah kondisi diamana banyak
produsen yang memproduksi produk yang hampir serupa dengan produk pesaingnya.
Sebagai contoh; produk-produk dengan berbagai macam brand seperti Adidas, Nike,
Fila, dan Puma yang sama-sama memproduksi sepatu dengan jenis running shoes,
namun pada setiap produk yang mereka produksi mempunyai karakteristik atau ciri-ciri
khas masing-masing.
Kondisi dalam pasar monopolistik ini, jika ada kenaikan harga dari salah satu produsen saja namun harga produk dari produsen-produsen lain tetap sama atau tidak mengalami kenaikan, maka yang akan terjadi adalah permintaan akan produk yang naik tersebut akan turun. Contoh ketika merk sepatu Adidas menaikan harga produk running shoesnya namun merk lain seperti Nike, Fila, atau Puma tidak naik harganya, maka banyak konsumen pasti akan beralih membeli produk yang lebih rendah harganya. Diferensiasi produk ini sendiri dapat dilakukan dalam segi karakteristik produknya maupun dalam segi kualitas produknya.
3. Adanya persaingan Kualitas, Harga dan Cara Pemasaran Produknya
Dalam pasar monopolistik berbagai produsen akan cenderung saling bersaing
dalam harga, kualitas maupun dalam cara pemasarannya. Hal ini dikarenakan dalam
pasar ini barang atau produk yang dipasarkan cenderung serupa dan hanya
memiliki perbedaan pada masing-masing ciri khas dari produsen yang memproduksi
barang tersebut. Semakin tinggi kualitas barang yang ditawarkan tentu dari
produsen bisa menawarkan barang dengan lebih tinggi namun agar produknya bisa
laku di pasar maka produsen tersebut harus lebih giat dalam pemasaran
produknya, contohnya bisa dengan memberikan desain yang menarik agar produknya
bisa diminati kemudian dibeli oleh konsumen
4. Produsen Mudah Keluar Masuk Pasar
Dalam pasar monopolistik ini, produsen bebas untuk masuk atau pun keluar dari pasar ini. Kondisi dimana produsen sedikit, biasanya keuntungan yang didapat akan tinggi, dan begitu pula sebaliknya ketika dalam suatu pasar itu produsennya banyak makan keuntungan yang didapat juga semakin sedikiit. Dalam pasar ini dalam kondisi tertentu yang mana produsen sudah merasa tidak tertarik dengan pasar ini atau sudah tidak bisa mendapatkan keuntungan sesuai yang diinginkan maka produsen akan meninggalkan pasar monopolistik ini.
5. Produsen Harus Melakukan Promosi
Agar produk-produk produsen bisa dikenal dan diminati masyarakat, tentu sangat dibutuhkan pengenalan produk, yakni dengan cara melakukan iklan dan promosi terhadap brand atau produk-produk yang dijual di pasar.
C. Kelebihan dan Kekurangan Pasar Monopolistik
Seperti halnya jenis pasar-pasar yang lain, pasar monopolistik tentu juga mempunyai kelebihan maupun kelemahannya. Kelebihan serta kekurangan pasar monopolistik ini adalah sebagai berikut :
1. Kelebihan Pasar Monopolistik
- Dengan Jumlah produsen yang tidak dibatasi serta juga terdapat persaingan bisnis diantara produsen baik dalam kualitas harga maupun kualitas produk yang ditawarkan, hal ini menjadi sebuah keuntungan bagi konsumen karena mendapatkan penawaran produk yang beragam dan konsumen bisa memilih prooduk yang benar-benar sesuai seperti yang dhirapkan.
- Produsen secara bebas dapat masuk keluar pasar dengan mudah sehingga hal tersebut dapat mendorong para produsen untuk terus melakukan inovasi dalam membuat produk-produk yang berkualitas dan yang diharapkan konsumen.
- Dalam pasar ini kebutuhan konsumen akan sangat besar karena produk-produk yang ditawarkan produsen adalah produk kebutuhan sehari-hari.
- Dengan banyak produsen yang menawarkan produk dalam pasar ini maka konsumen bisa benar-benar mendapatkan produk yang diharapkan oleh konsumen itu sendiri
2. Kekurangan Pasar Monopolistik
a) Persaingan yang ketat
Dalam pasar monopolistik ini produsen memang harus lebih siap untuk
bersaing dalam kualitas, harga barang yang ditawarkan serta juga bersaing dalam
pelayanannya, karena banyaknya produsen dalam pasar ini tentu kesiapan modal
juga mental produsen juga sangat penting. Kebanyakan produsen yang belum cukup
mental bersaing dan kesiapan modal yang cukup pasti akan lebih mudah keluar
dari pasar ini.
b) Butuh modal besar
Seperti pada poin diatas dalam pasar monopolistik ini membutuhkan modal yang sangat besar, baik itu dalam segi untuk produksi produk, operasional, serta pemasaran yang meliputi ikland dan promosi. Para pemain atau produsen di pasar ini merupakan mereka-mereka yang sudah mempunyai modal besar serta juga sedikit banyak mempunyai pengalaman yang baik.
c) Harus Melakukan Inovasi
Masih berkaitan dengan poin yang pertama diatas, dengan produsen yang
banyak tentu produsen dituntu untuk bisa selalu melakukan berbagai inovasi baik
dalam segi kualitas produk harga dan lainnya karena hal ini sangat berkaitan
erat dengan selera dan kebutuhan konsumen yang sering kali berubah pada kondisi
tertentu.
D. Contoh Pasar Monopolistik
Tanpa kita sadari sebenarnya produk-produk dari pasar monopolistik sudah sangat sering temui pada kehidupan sehari-hari, yakni seperti shampo, sabun mandi, Televisi, sepatu, air mineral, dan lain-lain.
Seperti contoh pada
pasar air mineral misalnya, terdapat banyak produsen yang memproduksi air
mineral seperti Aqua, Le Minerale, Club, atau Cleo dan lain-lain. Tentu masing-masing
produsen mempunyai ciri khas tersendiri seperti model kemasannya, kualitas,
atau ukuran-ukuran yang membedakan produknya dengan produk kompetitornya.
Contoh lain juga yakni
seperti pada jenis produk shampo, juga terdapat beberapa jenis produsen seperti
lifeboy, sunsilk, dave, rejoice, dan lain-lain dan tentunya juga sama-sama mempunyai
ciri khasnya masing seperti model kemasan, variant jenis shamponya serta juga
mempunyai keunggulannya masing-masing. Hal ini tentu yang menilai dan yang
dipilih oleh konsumen yaitu pada produk yang dibutuhkan sesuai selera dan
kebutuhan konsumen.
Rekomendasi:
- Pengertian Kegiatan Ekonomi Adalah : Pelaku, Tujuan, Jenis… Dalam kehidupan sehari-hari, setiap manusia pasti pernah melakukan kegiatan ekonomi. Karena manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa mungkin lepas dari orang lain. Baik dalam memenuhi kebutuhannya ataupun memenuhi kebutuhan…
- Pengertian Perdagangan Internasional Adalah : Teori,… Pada kesempatan kali ini, kita akan mencoba menguraikan sebuah pembahasan mengenai perdagangan internasional, mulai dari pengertian, kebijakan, manfaat dan contohnya. Dan untuk mempersingkat waktu kita, langsung saja simak penjelasan selengkapnya…
- 6 Ide Usaha Untuk Pelajar, Tanpa Ganggu Sekolah! Jagad.id – Ide Usaha Untuk Pelajar, Perkembangan teknologi membantu kita untuk menghasilkan uang tanpa harus ngantor seharian full, bagaimana caranya? Berikut akan kami ulas ide usaha untuk para pelajar yang…
- Pengertian Penjualan : Tujuan, Jenis dan Faktor Pengaruh Kehidupan manusia berawal dari kehidupan primitif yang hanya bergantung kepada keadaan alam, kehidupan sederhana dengan teknologi apa adanya hingga saat ini kehidupan manusia terdiri dari berbagai kegiatan. Kegiatan-kegiatan ini dilakukan…
- Apa itu Konsultan SEO dan Pentingkah Untuk Bisnis? Jagad.id - Jelajahi apa yang dapat disumbangkan oleh konsultan SEO untuk bisnis Anda dan cara menyewa konsultan yang tepat untuk tujuan bisnis Anda. Konsultan membantu bisnis meningkatkan peringkat situs web…
- Contoh Deskripsi Online Shop Yang Menarik Jagad.id - Contoh Deskripsi Online Shop, Salah satunya langkah supaya berjualan online makin laku dengan membuat jargon dan deskripsi toko yang memikat. Tak perlu kebingungan karena itu, karena ada banyak contoh…
- 10 Aplikasi Simulator Saham Terbaik Untuk Anda Jagad.id - Jika Anda memiliki banyak waktu di tangan dan tidak ada yang harus dilakukan, mengapa tidak meningkatkan keterampilan menghasilkan uang Anda dengan beberapa aplikasi simulator saham terbaik ini. Simulator…
- Pengertian Pasar Persaingan Sempurna : Ciri-Ciri, Contoh,… Pasar Persaingan Sempurna diartikan sebagai suatu pasar yang mana kondisi penjualnya sangatlah banyak sedangkan yang dijual adalah produk yang mempunyai cukup banyak varian akan tetapi memiliki jenis yang sama dan…
- Pengertian Kemasan : Manfaat Dan Contoh 10 Jenisnya Berbicara mengenai kemasan memang cukup pelik. Pasalnya, ada banyak hal yang bisa dikategorikan ke dalam bentuk kemasan. Baik itu makanan, pakaian dan lain sebagainya. Namun untuk mempersingkatnya, maka disini akan…
- Pengertian Lembaga : Arti, Jenis, Fungsi Dan Unsur Membahas tentang lembaga sesungguhnya lebih merujuk pada sesuatu bentuk, sekaligus mengandung makna yang abstrak. Karena dalam pengertian lembaga juga mengandung tentang seperangkat norma, peraturan-peraturan yang menjadi ciri lembaga tersebut. Secara…
- 7 Ide Bisnis Digital Tahun 2023 Jagad.id - Ide bisnis digital tahun 2023, Usaha digital ialah aktivitas perdagangan yang hadirnya manfaatkan perkembangan tehnologi, terhitung kehadiran jagat maya. Walaupun mempunyai rintangannya tertentu, menekuni usaha digital memberikanmu beberapa…
- Pengertian Modal : Sumber Modal dan Jenis Modal Pengertian Modal Menurut Para Ahli, Sumber Modal dan Jenis Modal – Modal adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan. Dengan adanya modal, perusahaan bisa melaksanakan aktivitas…
- Pengertian Lapak : Jenis Lapak Untuk Jualan Online – Ciri… Jagad.id - Pengertian Lapak - Kata “lapak” memang sudah tidak asing lagi ya di telinga kita. Biasanya lapak ini dihubungkan dengan bisnis tertentu. Nah, disini kita akan mengetahui apa yang…
- Tips Sukses Usaha Online Dari Nol jagad.id - Tips Sukses Usaha Online Dari Nol, Membuat usaha kerap dimengerti sebagai rintangan yang susah ditemui oleh pelaku bisnis. Ini karena aktor usaha tidak ketahui langkah mengawali usaha dari 0. Walau…
- Pengertian Affiliate : Cara Kerja, Macam Jenis, Kelebihan,… Jagad.id - Pengertian Affiliate - Menjadi bagian dari affiliate atau afiliasi menjadi strategi bagus khususnya untuk blogger yang sedang mencari tambahan atau ingin mencari penghasilan dari blog. Untuk sekarang ini,…
- Contoh Marketing Mix 7P Jagad.id - Contoh Marketing Mix 7P, Taukah kamu bagaimana cara menerapkan marketing mix 7P ? berikut akan kami ulas untuk anda bagaimana contoh dan implementasinya dalam dunia marketing. Contoh Implementasi…
- Kompetitif (Ekonomi) : Pengertian, Syarat, dan Bentuknya Teori harga pasar menyebutkan bahwa harga suatu barang ditentukan oleh permintaan dan penawaran pasar terkait barang yang bersangkutan. Yang harus dipahami adalah hal tersebut hanya berlaku untuk pasar kompetitif atau…
- Pengertian Transceiver : Macam Jenis dan Contoh Definisi atau pengertian Transceiver adalah pemancar atau penerima kombinasi yang ada di dalam satu paket. Istilah ini berlaku untuk perangkat komunikasi nirkabel seperti perangkat telepon nirkabel, telepon seluler, radio genggam…
- Pasar Tradisional : Pengertian, Ciri Ciri, Kelebihan dan… Pengertian pasar tradisional adalah salah satu bentuk pasar yang mana berdasarkan kegiatan. Kegiatan dalam pasar tradisional terdapat transaksi yang dilakukan secara tradisional atau secara langsung. Di mana penjual bertemu dengan…
- Rantai Makanan Sungai : Ciri-ciri Ekosistem, Komponen, dan… Jagad.id - Rantai makanan sungai dikatakan sebagai sesuatu paling penting dalam semua ekosistem. Hubungan rantai makanan dan ekosistem pun sangat erat. Pada pembahasan kali ini akan mengulas mengenai rantai makanan…
- Pasar Persaingan Tidak Sempurna : Pengertian, Ciri, Jenis… Pasar merupakan tempat dimana terjadinya kegiatan ekonomi seperti jual beli yang terjadi antara penjual dan pembeli. Dalam suatu transaksi biasanya terjadi setelah adanya negosiasi yang tentunya akan disepakati jika sudah…
- Pengertian E-Commerce : Jenis, Metode Transaksi dan Contoh… Jagad.id - Sekarang ini, semakin banyak orang yang merasa nyaman memakai e-commerce sebab hanya dengan berbelanja online, maka kita tidak lagi harus repot pergi ke tempat perbelanjaan. Hanya dengan berkunjung…
- Distributor Adalah : Pengertian, Jenis dan Fungsi Distributor, Pengertian, Jenis dan Fungsinya,- Dalam dunia bisnis, banyak pelaku ekonomi yang melakukan perannya sebelum produk sampai di tangan konsumen. Salah satunya distributor. Distributor adalah seseorang yang menyalurkan produk dari…
- Pengertian Customer Service : Syarat, Tugas Dan Fungsi Secara umum definisi atau pengertian customer service adalah aktivitas yang diperuntukkan atau ditujukan untuk memberikan kepuasan atau kenyamanan kepada Kostumer atau nasabah melalui pelayan yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan…
- 5 Aspek Utama Untuk Memulai Iklan di Media Sosial Jagad.id - Beriklan di jejaring sosial adalah salah satu cara terbaik bagi merek Anda untuk mendapatkan visibilitas dan jangkauan. Itu juga bisa meningkatkan jumlah keseluruhan prospek dan konversi. Lantas, bagaimana…
- Prinsip Ekonomi : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan 10… Pembahasan kali ini mengenai prinsip ekonomi. Kata ekonomi memang sangat sering kita dengar dan bahkan sudah bisa kita pahami dengan baik. Tapi bagaimana dengan prinsip ekonomi? Untuk bisa mengetahui pengertian…
- Peluang Usaha Tahun 2023, Pasti Cuan! Jagad.id - Peluang Usaha Tahun 2023, Pergantian tahun selain menjadi transisi waktu juga menjadi kesempatan untuk memprediksi peluang tahun depan. Untuk kamu yang mau usaha namun takut rugi? berikut ulasan…
- Pengertian Permintaan dan Penawaran : Hukum, Fungsi dan… Dalam bidang ilmu ekonomi tentu kita pasti mengenai naik turunnya harga suatu barang, hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, untuk faktor yang paling utama adalah terkait permintaan dan penawaran suatu…
- 5 Kelebihan Berjualan Di Tiktok Shop, Pasti Cuan! Jagad.id - Kelebihan Berjualan Di Tiktok Shop, Siapa sih yang tidak mengenal TikTok? Sekarang ini, sosial media satu ini benar-benar terkenal dan pemakainya semakin bertambah sehari-harinya. Kekhasan basis TikTok dibandingkan…
- 4 Ide Usaha Untuk Fresh Graduate, Auto Cuan!! Jagad.id - Ide Usaha Untuk Fresh Graduate, habis lulus lalu mencari kerja? Kenapa tidak mandiri dan bikin usaha sendiri? Berikut ide usaha untuk kamu yang baru lulus kuliah yang dapat…