Manusia hidup bermasyarakat tidak akan lepas dari kegiatan perekonomian. Bahkan setiap haripun setiap manusia pasti terlibat dalam aktivitas ekonomi, seperti jual beli, pinjam meminjam dan lain sebagainya. Akan sangat mustahil apabila manusia zaman sekarang tidak pernah terlibat dalam kegiatan perekonomian sementara manusia yang hidup di masa sangat tradisional pun sudah mengalami kegiatan perekonomian.
Salah satu tempat yang penuh dengan kegiatan ekonomi dan jual beli adalah pasar. Dalam dunia perekonomian terdapat berbagai jenis pasar. Salah satunya adalah pasar oligopoli yang akan dibahas pada artikel ini. Pasar Oligopoli juga merupakan bagian dari pasar persaingan tidak sempurna juga seperti halnya pasar monopoli.
A. Pengertian Pasar Oligopoli
Secara umum definisi Pasar Oligopoli adalah suatu keadaan pasar dimana di dalamnya terdapat beberapa produsen atau penjual yang menguasai pasar dengan banyak konsumen atau pembeli. Pasar Oligopoli merupakan salah satu pasar persaingan tidak sempurna dimana barang yang dijual di pasar ini bersifat homogen dan sulit dibedakan meskipun diproduksi oleh beberapa produsen yang berbeda. Jenis pasar seperti ini biasanya didominasi oleh dua atau lebih produsen tapi tidak lebih dari sepuluh produsen.
Pada umumnya produsen-produsen di pasar persaingan Oligopoli ini akan lebih aktif melakukan iklan atau promosi karena produk yang dijual di pasar itu sifatnya homogen dan dapat saling menggantikan satu dengan yang lain. Melalui iklan atau promosi tersebut produsen bisa membentuk persepsi kepada konsumen tentang perbedaan suatu produk dengan produk lain yang ada di pasar.
Ketatnya persaingan antar produsen di pasar Oligopoli ini membuat para produsen melakukan berbagai upaya agar dapat bertahan. Karena persaingan di pasar ini akan mempengaruhi pada penentuan harga produk yang dijual kepada konsumen, Maka jika ada salah satu perusahaan menurunkan harga maka perusahaan lain pun juga akan ikut menurunkan harga agar tidak kehilangan konsumen mereka.
B. Ciri-Ciri Pasar Oligopoli
Mengacu pada pengertiannya pasar oligopoli di atas, maka ciri-ciri pasar Oligopoli adalah sebagai berikut:
- Terdapat beberapa produsen saja yang menguasai pasar jenis ini.
- Jenis produk yang dijual bersifat homogen saja dan dapat saling menggantikan. Misalnya, sabun mandi dengan berbagai pilihan bentuk, warna, dan aroma.
- Kebijakan produsen utama yang menguasai pasar ini biasanya akan mempengaruhi kepada kebijakan-kebijakan produsen lainnya.
- Harga barang cenderung sama, jika ada perbedaanpun juga sangat tipis perbedaannya.
- Bagi produsen atau penjual baru akan sangat sulit untuk memasuki pasar ini karena produsen lama akan bermain harga untuk lebih menarik konsumen.
- Sangat membutuhkan strategi iklan atau promosi serta inovasi secara terus menerus agar dapat bertahan di pasar ini.
C. Jenis-Jenis Pasar Oligopoli
Secara umum pasar oligopoli ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu pasar oligopoli murni dan pasar oligopoli terdiferensiasi dan untuk penjelasannya adalah sebagai berikut:
1. Pasar Oligopoli Murni
Bentuk pasar ini disebut juga dengan sebutan Pure Oligopoli, yaitu jenis pasar yang mana didalamnya terdapat beberapa produsen dan produk yang dijual itu sifatnya sama sehingga akan sulit untuk dapat dibedakan. Cara untuk dapat mengenali dan membedakannya dapat dilakukan dengan cara melihat merk atau brand pada kemasan produk. Contohnya seperti adalah industri air mineral, semen, seng, serta lain-lain.
2. Pasar Oligopoli Terdiferensiasi
Jenis pasar oligopoli disebut juga dengan sebutan Differentiated Oligopoly, yakni pasar yang di dalamnya itu terdapat beberapa produsen yang mana produk yang dijual sifatnya homogen. Produk pada pasar jenis ini akan sangat sulit dibedakan kualitasnya, namun masih bisa dibedakan jika dibedakan dengan melihat coraknya. Contohnya seperti industri sabun, rokok, sepeda motor, serta lain-lain.
D. Kelebihan Pasar Oligopoli
Semua bentuk pasar tentu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sama halnya dengan jenis pasar oligopoli. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangna pasar Oligopoli:
- Persaingan ketat yang terjadi di pihak produsen tentu akan memberikan keuntungan bagi konsumen. Karena para konsumen akan mendapatkan produk terbaik dan promo dari masing-masing produsen. Sehingga konsumen pun bisa memilih produk yang benar-benar sesuai yang diharapkan dengan karena pilihannya banyak. Kondisi persaingan seperti ini juga akan dapat memicu inovasi dari para produsen untuk menambah variant produknya dan juga akan lebih memaksimalkan kepuasan untuk para konsumennya
- Produsen akan lebih menyesuaikan harga produk dengan kemampuan target konsumennya masing-masing. Maka dari itu konsumen secara tidak langsung menjadi tolak ukur harga yang akan ditawarkan oleh produsen
E. Kekurangan Pasar Oligopoli
- Kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh produsen yang paling berpengaruh akan sangat mempengaruhi pada kondisi pasar termasuk juga produsen lainnya.
- Akan sangat sulit bagi para produsen baru masuk ke dalam pasar ini karena modal yang dibutuhkanpun cukup besar untuk bisa ikut bersaing dengan produsen lainnya yang lebih dulu turun ke pasar ini. Sehingga dengan kondisi tersebut menyebabkan pertumbuhan ekonomi juga akan berjalan lambat karena persaingan yang terjadi hanya ada pada beberapa produsen besar saja.
- Modal yang harus dikeluarkan untuk iklan dan promosi cukup besar untuk membranding produsen yang baru dan hal ini bisa dikatakan sebagai pemboran ekonomi, terlebih juga dengan iklan dan promosi yang begitu besar harus juga disertai dengan kualitas dan harganya.
- Pasti akan terjadi perang harga antar produsen yang tentunya juga akan membuat mempengaruhi terhadap perubahan harga di pasaran, terlebih jika hal tersebut dilakukan oleh produsen besar dan yang lebih dulu ada di pasar oligopoli ini.
F. Sistem Harga Pasar Oligopoli
Dalam pasar oligopoli ada beberapa sistem harga yang berlaku. Berikut sistem harga dalam pasar oligopoli lengkap dengan penjelasannya:
- Pada kasus deferensi yang kuat,
produsen akan bertindak sangat berhati-hati dan juga akan menganggap kuva
permintaan yang paling rendah sehingga para produsen dapat menentukan posisi
optimal dalam tingkat output Q* dan harga P*.
- Kasus
kinked demand atau kurva permintaan yang patah. Asumsinya ialah jika ada salah
satu produsen yang menurunkan harga, lalu diikuti oleh produsen yang lainnya
dan jika harga dinaikkan tetapi tidak diikuti oleh produsen yang lainnya.
- Tendensi
untuk para produsen oligopoli untuk bekerjasama di bidang penentuan harga
produk.
- Tendensi
untuk para produsen untuk melakukan persaingan bukan di dalam bentuk harga,
namun di dalam bentuk persaingan mutu ataupun persaingan pelayananan atau yang
lainnya.
- Kurva permintaan perusahaan di misalkan
beberapa persen (%). Contohnya kurva permintaan perusahaan 15% dari permintaan
pasar.
G. Contoh Pasar Oligopoli
Perusahaan yang menjual barang seperti motor, mobil,
perusahaan rokok, industri telekomunikasi, jasa penerbangan, industri baja, air
mineral, industri sabun mandi dan lain-lain.
Rekomendasi:
- Pengertian Bisnis : Arti, Bentuk, Tujuan, Fungsi, Manfaat,… Jagad.id - Bisnis berasal dari bahasa Inggris yaitu bussines yang berarti perusahaan, urusan usaha. Bisnis bukanlah sesuatu yang asing ditelinga masyarakat pada umunya, Setiap hari jutaan orang melaksanakan kegiatan bisnis.…
- Pengertian Investasi Adalah : Tujuan, Jenis dan Contoh Pada era sekarang ini siapa yang tidak tahu tentang investasi. Investasi merupakan salah satu cara dari sekian banyak cara untuk mencari dan mendapatkan keuntungan. Istilah investasi sangat berkaitan erat dengan…
- Pasar Modern : Pengertian, Ciri Ciri, Kelebihan dan… Baik, di kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pasar modern yang mana lebih spesifik pada pengertian, ciri-ciri, kelebihan, hingga kekurangan pasar modern. Langsung saja kita simak artikel berikut. A.…
- Produk Best Seller Yang Laris Tahun 2022 Jagad.id - Produk Best Seller Yang Laris Tahun 2022, Produk best seller maknanya penting dalam pemasaran sebab bisa memancing ketertarikan customer untuk beli. Biasanya, beberapa orang yakin saat produk itu…
- Pengertian Transaksi : Bukti dan Bisnis Sebagai manusia kita tidak hanya serta merta hidup dalam sebuah lingkungan dengan berbagai individu lain. Sebagai manusia, kita mempunyai kebutuhan-kebutuhan pokok juga kebutuhan sekunder untuk dipenuhi demi kelangsungan hidup kita.…
- Pengertian Entrepreneur Para Ahli dan Macam Contoh… Secara umum, istilah enterpreneur ditujukan kepada seseorang yang melalukan sebuah kegiatan berwirausaha. Dan memiliki ciri-ciri yang cukup melekat dengan kemampuannya untuk mengenali suatu kondisi yang menguntungkan, jeli dalam mencari peluang…
- Pengertian Pasar Monopolistik : Karakteristik Ciri,… Dalam pasar monopolistik sebagai seorang produsen harus lebih aktif dalam promosi dan iklan produk serta brand utama perusahaannya karena dalam pasar ini harga bukan menjadi faktor utama dalam menarik konsumen,…
- Pengertian Pasar Monopoli Adalah : Ciri-Ciri dan Macam Jenis Dari zaman dulu kala hingga sekarang dalam dunia bisnis sering kali terjadi praktik monopoli. Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti sudah sering sekali mendengar pasar monopoli, namun pastinya masih banyak belum…
- Pengertian Ekspor Adalah : Arti, Tujuan, Manfaat dan Contoh Dalam kegiatan perdagangan, istilah ekspor bukanlah istilah yang asing. Ekspor menjadi kegiatan yang sering dilakukan perusahaan maupun negara dalam hubungan perdagangan internasional. Sayangnya, tidak semua orang paham dan tahu apa…
- Pembangunan Ekonomi : Tujuan, Perencanaan, Faktor dan… Untuk bisa meningkatkan keberhasilan sebuah Negara dalam bidang ekonomi, maka Negara tersebut harus mengupayakan pembangunan ekonomi yang maksimal. Pembangunan ekonomi sesungguhnya sangat erat kaitannya dengan beragam sistem kehidupan ini. Oleh…
- Kebutuhan Manusia : Macam Jenis, Berdasarkan Sifat dan Waktu Contoh kebutuhan manusia, Jenis jenis kebutuhan manusia, Pembagian kebutuhan manusia, 100 kebutuhan manusia, Artikel tentang kebutuhan manusia, Faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia, Sebutkan kebutuhan manusia yang bersifat rohani, Kebutuhan manusia…
- Kompetitif (Ekonomi) : Pengertian, Syarat, dan Bentuknya Teori harga pasar menyebutkan bahwa harga suatu barang ditentukan oleh permintaan dan penawaran pasar terkait barang yang bersangkutan. Yang harus dipahami adalah hal tersebut hanya berlaku untuk pasar kompetitif atau…
- Negara Berkembang : Pengertian, Ciri Ciri dan Contoh Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan negara berkembang? Jika belum mengetahuinya, di sini kami akan mengulas pengertian, ciri-ciri karakteristik, dan contoh-contoh negara berkembang. Untuk itu, simak terus artike ini. Pengertian…
- Kelebihan Dan Kekurangan kolam Terpal Yang Simpel jagad.id - Sejujurnya, menjalankan peternakan ikan yang sangat menguntungkan melibatkan pemikiran yang baik dan kemampuan untuk membuat keputusan cerdas yang dapat membantu menghemat biaya Anda.Dimulai dengan pemilihan kolam ikan dan…
- Kekurangan Jualan Online Yang Perlu Di Ketahui jagad.id-Pasar online adalah platform e-niaga yang menjual produk dari berbagai merek pihak ketiga yang berbeda. adalah pasar online paling populer sejauh ini, Ini setara supermarket online, di mana Anda dapat…
- Pelaku Ekonomi, Pengertian dan Perannya Pelaku Ekonomi, Pengertian dan Perannya – Pengertian pelaku ekonomi adalah individu atau lembaga yang telibat dalam proses kegiatan ekonomi baik itu produksi, ditribusi, atau konsumsi. Yang memiliki peran dalam pelaku…
- Pengertian HRD : Fungsi, Tugas, Tanggungjawab dan Gaji Ketika kita melamar pekerjaan, biasanya kita selalu diarahkan ke HRD untuk menjalani wawancara. Nah, sekarang apa kita tahu pengertian, kepanjangan, tugas, dan gaji HRD? Untuk lebih lengkapnya, simak terus artikel…
- Pengertian Kegiatan Ekonomi Adalah : Pelaku, Tujuan, Jenis… Dalam kehidupan sehari-hari, setiap manusia pasti pernah melakukan kegiatan ekonomi. Karena manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa mungkin lepas dari orang lain. Baik dalam memenuhi kebutuhannya ataupun memenuhi kebutuhan…
- 5 Produk Dropship Yang Akan Laris Tahun 2023 Jagad.id - Produk Dropship Yang Akan Laris Tahun 2023, Dropshipper terhitung dalam usaha online yang banyak disukai karena cukup fleksibel dan tidak memerlukan tempat atau modal besar. Tetapi, tidak gampang jadi…
- Budidaya ikan lele di kolam terpal Yang Efisien jagad.id - Budidaya ikan lele di kolam terpal dapat diibaratkan dengan budidaya hidroponik untuk budidaya tanaman, dimana luas lahan tidak serta merta membatasi petani.Inovasi tersebut, selain mengatasi kurangnya lahan subur…
- Pengertian Pendidikan : Fungsi, Macam Jenis dan Contoh Jagad.id - Pengertian pendidikan merupakan suatu pembelajaran mengenai wawasan, pengetahuan, kebiasaan, keterampilan dari beberapa orang atau kelompok secara turun temurun dari generasi ke generasi melalui pelatihan, pengajaran, dan penelitian. Seperti…
- Sumber Daya Manusia : Materi, Pengertian, Fungsi dan Contoh Jagad.id - Pengertian Sumber Daya Manusia - Suatu negara pasti mempunyai dan membutuhkan sumber daya manusia untuk memenuhi tujuan yang ingin dicapai oleh negara tersebut, misalnya dalam bidang ekonomi, sosial,…
- Apa itu Ecommerce dan Contohnya ? Jagad.id - Indonesia adalah negara dengan populasi lebih dari 270 juta orang, menjadikannya negara terpadat keempat di dunia. Dengan populasi yang begitu besar, tidak mengherankan jika ecommerce berkembang pesat di…
- Pengertian Inflasi Adalah : Arti, Penyebab, Dampak, Jenis,… Sama seperti ekspor dan impor, kata inflasi juga akrab digunakan dalam bidang perekonomian. Inflasi menjadi sebuah kondisi yang sering terjadi dan dalam kurun waktu yang lama. Inflasi sendiri erat kaitannya…
- Pengertian Mitra Usaha Adalah : Arti, Ciri Ciri dan Contoh Jagad.id - Pengertian kata mitra adalah persahabatan, pertemanan atau kerjasama. Sebagai makhluk sosial, manusia pasti membutuhkan orang lain, termasuk dalam bidang ekonomi. Ketika membuka sebuah usaha atau bisnis, bekerjasama dengan…
- Cara Menentukan Segmentasi Pasar Dengan Mudah Jagad.id - Cara Menentukan Segmentasi Pasar, usaha yang perlu dilaksanakan oleh aktor usaha untuk kesuksesan dalam usaha. Karena berguna untuk tingkatkan efektifitas marketing produk dan service. Cara Menentukan Segmentasi Pasar…
- Pengertian Mesin Secara umum definisi atau Pengertian Mesin adalah serangkaian alat yang berguna untuk mengubah gaya menjadi sebuah energi, dimana energi tersebut dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk berbagai kegiatan. Penggunaan mesin dipercaya…
- Rumah Tangga Pemerintah : Peran dan Contoh Agar roda perekonomian di suatu negara bisa berjalan dengan baik maka perlu adanya pemerintah yang dapat mengatur, mengendalikan serta mengontrol perekonomian. Dengan begitu rakyat akan hidup dengan layak dan damai…
- Resep Pisang Nugget untuk Jualan Jagad.id - Resep Pisang Nugget, Apakah Anda mencari peluang bisnis yang menjanjikan? Pisang nugget bisa menjadi salah satu opsi yang menarik untuk dicoba. Pisang nugget adalah camilan yang terbuat dari…
- Pasar Persaingan Tidak Sempurna : Pengertian, Ciri, Jenis… Pasar merupakan tempat dimana terjadinya kegiatan ekonomi seperti jual beli yang terjadi antara penjual dan pembeli. Dalam suatu transaksi biasanya terjadi setelah adanya negosiasi yang tentunya akan disepakati jika sudah…