Home Pengetahuan Pengertian Rumah Tangga Pemerintah : Peran dan Contoh

Rumah Tangga Pemerintah : Peran dan Contoh

Rumah Tangga Pemerintah Peran dan Contoh

Agar roda perekonomian di suatu negara bisa berjalan dengan baik maka perlu adanya pemerintah yang dapat mengatur, mengendalikan serta mengontrol perekonomian. Dengan begitu rakyat akan hidup dengan layak dan damai karena perekonomian yang tumbuh dan juga berkembang. Dalam kegiatan perekonomian, pemerintah ini berperan sebagai konsumen dan produsen.

Berperan sebagai konsumen karena melakukan pembelanjaan rutin, contohnya seperti pembayaran gaji secara rutin pegawai pemerintah. Dan bertindak sebagai produsen karena menyediakan berbagai fasilitas umum, memonopoli berbagai sektor produksi seperti makanan, bahan bakar dan air.

Peranan Rumah Tangga Pemerintah

  1. Mengatur kegiatan ekonomi melalui tindakan-tindakan nyata, peraturan dan perundang-undangan. Hal tersebut bisa dilaksanakan oleh pemerintah karena memiliki berbagai alat untuk membantu melaksanakannya.
  2. Mengontrol kegiatan ekonomi dengan cara mengawasi lalu lintas keuangan. Dan pemerintah juga memiliki hak yang tidak bisa dimiliki oleh orang lain yaitu mencetak dan mengedarkan uang di masyarakat.
  3. Sebagai penguasa untuk menjalankan ketertiban di dalam masyarakat.



Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.