Pengertian Pasar Monopoli Adalah Ciri-Ciri dan Macam Jenis

Dari zaman dulu kala hingga sekarang dalam dunia bisnis sering kali terjadi praktik monopoli. Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti sudah sering sekali mendengar pasar monopoli, namun pastinya masih banyak belum begitu paham dengan istilah itu.

A. Pengertian Pasar Monopoli

Secara umum definisi Pasar Monopoli adalah suatu keadaan dimana hanya terdapat satu produsen ataupun penjual yang bisa menguasai pasar dan melayani semua konsumen. Kondisi ini merupakan kondisi dimana persaingan pasar tidak sempurna karena ada kekuatan absolut yang mengusai pasar tersebut. Biasanya dalam hal ini produsen-produsen baru akan sangat sulit untuk bersaing dengan produsen-produsen yang memainkan pasar monopoli ini.

Produsen atau penjual yang sudah berhasil mengusai pasar biasanya tidak perlu lagi untuk promosi-promosi untuk meningkat brand utama mereka, karena pada umumnya brand mereka sudah dikenal oleh masyarakat luas. Jikapun melakukan promosi mungkin produsen atau penjual tersebut hanya promosi pada produk-produk terbaru saja.

Hak cipta merupakan salah satu kunci produsen atau penjual yang memainkan pasar monopoli ini karena perusahaan lain yang sejenis akan sulit berkembang. Namun untuk kasus ini produsen yang memainkan pasar monopoli ini juga memang benar-benar harus menjaga kualitas, pelayanan serta terus melakukan invasi-inovasi.

B. Ciri-Ciri Pasar Monopoli

Untuk mengetahui tentang bagaimana pasar monopoli itu terjadi, kita bisa melihat dari ciri-ciri pasar monopoli sebagai berikut:

1. Hanya Ada Satu Produsen

Seperti pada pada pengertian pasar monopoli diatas, ketika dalam suatu pasar hanya terdapat satu produsen maka produsen tersebut tidak mempunya pesaing sehingga dalam harga pun satu-satunya produsen itu bisa menawarkan harga sesuai ketentuan mereka sendiri tanpa harus menimbang dari kopentitor (pesaing). Namun dalam hali ini tentunya harga yang ditawarkan harus sesuai dengan nilai barang yang dijualkan tersebut.

2. Barang yang Diproduksi Tidak Ada Substitusi

Ketika sebuah produk yang sudah menyebarluas dimasyarakat dan produk atau barang tersebut tidak ada penggantinya yang sejenis maka produsen yang menyediakan dan memproduksi itu pasti mendapatkan banyak permintaan barang dari konsumen.

3. Produsen Baru Sulit Masuk ke Pasar Monopoli

Akan terjadi banyak kesulitan oleh pendatang atau produsen barang baru yang ingin masuk dalam perputaran pasar monopoli, dan beberapa kesulitan atau hambatan tersebut adalah sebgai berikut:

  • Adanya pembatasan legalitas yang Β sudah diatur dalam undang-undang
  • Kekurangan teknologi tinggi sehingga akan sulit membuat barang atau produk yang sejenis
  • Dibutuhkan modal yang cukup besar untuk membuat produk yang sejenis.

4. Produsen Menjadi Penentu Harga

Produsen yang sudah mengusai pasar akan berperan sebagai penentu harga (price maker). Namun, produsen ini dalam  mempengaruhi harga dan output produk lain produsen ini tidak akan begitu mempengaruhi karena barang yang dijual tidak sejenis.

5. Produsen Tidak Melakukan Promosi

Ketika produsen sudah tidak lagi promosi terdapat brand perusahaannya maka tentu perusahaan itu sudah termasuk perusahaan besar dimana produk-produk yang sudah diproduksi yang menyebar dimsayarakat sudah sangat cukup dikenal. Sehingga tidak perlu lagi untuk promosi terhadap brang utama mereka, melainkan mungkin hanya pada produk-produk terbaru mereka.

C. Jenis-Jenis Pasar Monopoli

Mengacu pada pengertian pasar monopoli, jenis-jenis pasar monopoli dibagi menjadi beberapa hal yaitu:

1. Monopoli Pemerintah dan Negara

Pemerintah dan negara sangat mampu dalam memonopoli pasar untuk berbagai bidang produksi dan pada kebutuhan-kebutuhan penting rakyatnya, Namun tujuan  pasar ini hanyalah untuk memenuhi kebutuhan rakyatnya secara meluas.

2. Monopoli Secara Alamiah

Suatu keadaan pasar monopoli yang bisa terjadi karena faktor sumber daya alam, iklim, keadaan alam yang hanya terjadi di suatu daerah dan tidak terdapat di daerah lain.

3. Monopoli Karena Hak Atas Kekayaan Intelektual

Merupakan suatu keadaan dimana monopoli pasar yang didapatkan oleh produsen ini karena memiliki hak kekayaan intelektual terhadap suatu produk, jenis-jenis dari hak kekayaan inteloektual adalah sebagai berikut:

  1. Hak cipta, yaitu hak ekslusif pencipta untuk mengatur penggunaan atas karyanya.
  2. Hak paten, yaitu hak ekslusif kepada penemu atas penemuannya di bidang teknologi untuk jangka waktu tertentu.
  3. Hak merk, yaitu hak ekslusif pemilik merk terdaftar untuk menggunakan sendiri merk tersebut atau mengijinkan pihak lain untuk memakaiknya dalam jangka waktu tertentu

4. Monopoli karena Efisiensi Kerja

Kemampuan suatu perusahaan dalam memproduksi barang/ jasa yang berkualitas dan dibutuhkan masyarakat dapat membuat perusahaan tersebut menjadi produsen tunggal yang menguasai suatu pasar.

5. Monopoli karena Bahan Baku

Monopoli ini adalah dimana suatu bahan baku tertentu dikuasai oleh satu perusahaan tertentu dan bahan baku tersebut sangat dibutuhkan oleh pasar, baik oleh produsen lain untuk diolah menjadi produk lain atau konsumen langsung untuk digunakan atau dikonsumsi.

5. Monopoli karena Penguasaan Teknologi dan Tenaga Ahli

Jenis pasar dimana adanya pengusaan teknologi dan tenaga ahli dalam bidang tertentu dimana teknologi dan tenaga ahli itu dikuasai oleh perusahaan itu saja.

7. Monopoli Karena Masyarakat

Monopoli karena masyakat cukup banyak dialami di Indonesia ini, dan hal ini terjadi karena masyarakat cenderung memilih produk-produk tertentu dengan anggapan mempunyai kualitas, unik dan bermanfaat serta mempunyai pelayanan yang baik.

D. Kelebihan Pasar Monopoli

Pasar monopoli seringkali dianggap sebagai pasar yang dapat mengeksploitasi para pekerja. Selain itu pasar monopoli juga dapat merusak sumber daya yang berdampak mendapatkan stigma buruk olehΒ  masyarakat terhadap kehadiran dari perusahaan tersebut. Namun dalam sisi lain pasar monopoli juga mempunyai kebaikan yaitu:

1. Efisiensi serta pertumbuhan ekonomi

Kebaikan yang pertama adalah perusahaan mempunyai kemampuan untuk mengakumulasi keuntungan kedepannya (jangka panjang). Hal ini ini menyebabkan riset-riset pengetahuan dan teknologi perusahaan tersebut bisa terdanai. Dan dengan peningkatan efisiensi ini juga akan meningkatkan output yang lebih tinggi dan itu dapat mendorong tumbuhnya ekonomi yang lebih luas lagi kedepannya.

2. Menghindari adanya produk tiruan dan juga persaingan yang tidak bermanfaat

Dengan menghindari adanya produk tiruan kebanyakan perusahaan akan sangat lebih mementingkan keuntungan mereka, salah satunya dengan menurunkan harga produk yang ditawarkan atau bahkan menurunkan kualitas sehingaa harga produk bisa ditekan serendah mungkin. Dan hal ini akan membuat kompetitor yang akan bersaing dalam produk yang sejenis akan berfikir ulang untuk menyainginya.

3. Memunculkan skala ekonomi yang menurunkan biaya produksi

Perusahaan-perusahaan yang bisa menikmati skala ekonomi umumnya adalah perusahaan yang besar sehingga perusahaan itu mampu untuk menurunkan biaya produksi. Hal tersebut dapat dimaklumi lantaran di dalam pasar monopoli perusahaan tidak harus mengeluarkan biaya penjualan misalnya biaya promosi, iklandan lain-lain seperti yang dialami oleh pasar-pasar dengan persaingan sempurna pada umumnya.

E. Kekurangan Pasar Monopoli

Pasar Monopoli tidak hanya mempunyai kebaikan saja, seperti pada umumnya semua hal akan mempunyai kebaikan dan keburukan, untuk keburukan pasar monopoli adalah sebagai berikut:

1. Adanya penyimpangan dari alokasi sumber daya

Adanya kekuatan monopoli dapat memicu munculnya penyalahgunaan alokasi sumber daya. Perusahaan monopoli bisa membatasi produksi dengan senjaga untuk bisa memaksimalkan keuntungan. Karena bisa menetapkan harga yang sangat tinggi saat permintaan barang meningkat namun tidak ditambah dengan persediaan barang sehingga terdapat kenaikan harga barang tersebut.

2. Adanya ketidakadilan atau kesenjangan di dalam pembagian pendapatan

Dengan menguasai pasar monopoli sehingga bisa memanfaatkan untuk mempengaruhi harga yang ada. Dan ini membuat penguasa pasar monopoli mendapatkan keuntungan di atas normal baik itu dalam jangka pendek ataupun dalam jangka panjang, sehingga pemerataan pendapatan akan semakin sulit.

3. Mengurangi kesejahteran dari konsumen

Terjadinya peningkatan harga barang karena peran penguasa pasar monopoli berdampaknya juga ada pada konsumen yang harus membayarkan pembelian produk di atas biaya guna produksi komoditas sehingga itu bisa menurunkan kesejahteraan konsumen.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.