Pengertian Modal : Sumber Modal dan Jenis Modal

Pengertian Modal Menurut Para Ahli, Sumber Modal dan Jenis Modal – Modal adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan. Dengan adanya modal, perusahaan bisa melaksanakan aktivitas produksi dan aktivitas aktivitas bisnis. Meskipun tanpa modal (dalam bentuk uang), perusahaan tetap bisa beroperasi tetapi aktivitasnya sangat terbatas.

Sebagian besar orang salah dalam mengartikan apa itu modal. Oleh karena itu, kali ini saya akan memberikan informasi mengenai pengertian dan definisi apa itu modal menurut para ahli.

Definisi Modal Menurut Ahli

1. Profesor Bakker

Prof. Bakker mengatakkan bahwa modal bisa diartikan sebagai barang barang konkret yang masih ada dalam rumah tangga perusahaan yang berada dalam neraca bagian debit, maupun berupa daya beli atau nilai tukar barang barang yang tercatat di neraca pada bagian kredit.

2. Lawrence J. Gitman

Lawrence J. Gitman mengatakan bahwa pengertian modal adalah pinjaman jangka panjang yang dimiliki perusahaan atau setiap hal yang ada di bagian kanan neraca perusahaan selain kewajiban saat ini.

3. Bambang Riyanto

Bambang Riyanto mengatakan bahwa modal merupakan hasil produksi yang dipergunakan kembali untuk produksi yang lebih lanjut. Dalam perkembangannya, modal ditekankan kepada nilai, daya beli atau kekuasaan menggunakan yang ada di dalam barang barang modal.

4. Drs. Moekijat

Drs. Moekijat berpendapat bahwa modal bisa dirumuskan menjadi beberapa rumusan dasar. Modal normal dianggap terdiri dari uang tunai, kredit, hak membuat, serta menjual sesuatu, mesin mesin atau pun gedung gedung.

Namun, sering juga istilah modal digunakan dalam menggambarkan hak milik total yang terdiri dari jumlah yang ditanam, surplus dan keuntungan keuntungan yang tidak dibagi bagi.

Sumber Modal Perusahaan

Adanya modal bagi perusahaan pasti ada sumber yang memberikan modal tersebut. Modal sendiri bisa dibagi menjadi dua sumber yaitu sumber dari dalam perusahaan (internal) dan dari luar perusahaan (eksternal).

1. Sumber Internal

Sumber modal dari dalam ini (internal) berasal dari semua aktivitas atau kegiatan usaha yang dijalankan oleh perusahaan yang menghasilkan keuntungan. Beberapa sumber modal perusahaan dari dalam yang dapat digunakan yakni laba ditahan, akumulasi penyusutan dan beberapa sumber modal lain.

2. Sumber Eksternal

Lain halnya dengan sumber internal yang terlihat terbatas (hanya dari hasil aktivitas usahanya saja), sumber modal dari luar atau eksternal ini berasal dari pihak pihak luar perusahaan yang sering sekali digunakan oleh perusahaan dalam mendapatkan modal yakni bank, koperasi, kreditur, supplier dan pasar modal.

Setelah mengetahui darimana saja sumber modal perusahaan, saatnya membahas mengenai jenis jenis modal perusahaan, supaya pembahasan artikel tentang modal semakin lengkap.

Jenis Jenis Modal Perusahaan

Jika kita melihat sumber modal maka akan ada 2 sumber yang terkait dengan modal suatu perusahaan, yaitu sumber modal internal dan sumber modal eksternal. Namun, jika kita melihat jenis modal perusahaan kita akan melihat system modal yang termasuk kedalam jenis jenis modal perusahaan.

1. Modal Pinjaman

Sudah menjadi hal umum ketika modal berasal dari pinjaman. Tentu saja ini juga merupakan modal yang di dapatkan dari hasil peminjaman kepada pihak di luar perusahaan. Beberapa contoh modal pinjaman perusahaan adalah dari penerbitan obligasi.

Selain itu, modal pinjaman bisa berasal dari pinjaman kepada kreditur, bank, koperasi dan modal dagang. Selain itu bisa juga dari perseorangan yang memang memiliki harta banyak untuk di pinjam sebagai modal sebuah perusahaan.

2. Modal Sendiri

Sudah jelas bahwa jenis modal sendiri ini merupakan setiap modal yang didapatkan dari hasil pinjaman kepada pihak luar perusahaan. Jika kita lihat secara umum, modal sendiri sama halnya dengan modal internal.

Modal sendiri ini bisa saja dari hasil produksi yang kemudian keuntungannya dijadikan modal untuk produksi lebih lanjut.

Kesimpulan

Pengertian Modal adalah segala hal yang bersangkutan dukungan usaha dalam produksi oleh suatu perusahaan. Modal ini bisa berasal dari dalam dan dari luar (internal dan eksternal). Jenis jenis modal perusahaan ini ada 2 macam yaitu modal berupa pinjaman dan bisa modal sendiri.

Demikianlah informasi mengenai pengertian modal yang bisa saya sampaikan untuk Anda. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.