15 Pengertian Strategi : Strategi Pembelajaran dan Perusahaan

15 Pengertian Strategi Menurut Para Ahlli, Strategi Pembelajaran dan Perusahaan – Dalam mencapai tujuan yang ingin Anda capai maka dibutuhkan sebuah cara dan rencana yang tepat dan sesuai dengan target tujuan. Cara dan rencana yang dimaksudkan adalah suatu strategi yang Anda gunakan dalam mencapai tujuan.

Pada kesempatan kali ini, saya telah berhasil merangkum definisi strategi secara umum, strategi dalam pembelajaran dan juga strategi perusahaan. Semua akan saya berikan informasinya menurut pendapat para ahli mengenai apa itu strategi.

Daftar Isi Penjelasan Lengkap Pengertian Strategy :

Pengertian Strategi dalam Arti Luas Menurut Ahli

1. Bussines dictionary

Menurut Business dictionary, strategi merupakan merode atau rencana yang dipilih untuk membawa masa depan yang diinginkan, seperti pencapaian tujuan ataupun solusi dalam memecahkan masalah.

2. Carl Von Calusewits (1780-1831)

Menurut Carl Von Clausewits, strategi adalah penggunaan pertempuran untuk memenangkan peperangan atau dalam bahasa inggrisnya adalah (β€œthe use of engagements for the object of war”)

3. A. Halim

Menurut A. Halim strategi adalah suatu cara dimana sebuah lembaga ataupun organisasi mencapai suatu tujuan sesuai dengan peluang dan acaman lingkungan eksternal yang dihadapu serta kemampuan dan juga sumber daya.

4. Siagian (2004)

Menurut Siagian, strategi merupakan serangkaian keputusan dan tindakan mendasar yang dibuat oleh manajemen puncak dan di implementasikan oleh selurut jajaran dalam organisasi dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

5. Hamel dan Prahald

Menurut mereka berdua, strategi adalah tindakan yang bersifat incremental atau selalu meningkat dan terus menerus, serta dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh pelanggan di masa depan.

Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli

Untuk sub bab kedua saya akan membagikan informasi mengenai apa itu strategi tapi dalam ruang lingkup yang lebih spesifik, yaitu di lingkungan pembelajaran. Apa sih maksud strategi dalam pembelajaran ? Baiklah, simak terus artikel ini.

1. Kemp (1995)

Menurut Kemp, strategi pembalajaran merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan seorang guru dan siswa agar tujuan pembelajaran bisa tercapai secara efektif dan juga efisien.

2. Kozma (2007)

Kozma menyebutkan bahwa strategi pembelajaran bisa diartikan sebagai sesuatuΒ  yang dipilih, maksudnya sesuatu yang dapat memberikan fasilitas ataupun bantuan kepada peserta didik menuju kepada tercapainya tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.

3. Gerlach dan Ely (1990)

Menurut Gerlach dan Ely, Strategi pembelajaran adalah cara cara yang dipilih untuk menyampaikan metode pembelajaran di dalam lingkungan pembelajaran tertentu. Mereka juga menjabarkan bahwa strategi pembelajaran dimaksudkan meliputi sifat, lingkup, dan urutan kegiatan pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman belajar yang baik kepada peserta didik.

4. Gropper (1998)

Pendapat Gropper ini disebutkan oleh Wiryawan dan Noorhadi pada tahun 1998. Strategi Pembelajaran adalah pemilihan atas berbagai jenis latihan tertentu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai oleh peserta didik dalam proses belajarnya harus bisa di praktekkan.

5. Miarso (2004) dalam buku Warsita (2008: 266)

Menurut Miarso, strategi pembelajaran merupakan suatu kondisi yang di ciptakan oleh guru dengan sengaja supaya peserta di fasilitasi dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah di tetapkan.

Strategi di dalam ruang lingkup Perusahaan

Beberapa ahli berpendapat mengenai Pengertian startegi perusahaan.

1. Morrisey

Menurut morrisey, startegi perusahaan merupakan proses untuk menentukan arah yang harus dituju oleh perusahaan supaya bisa tercapai segala visi dan misi perusahaan.

2. Pearce dan Robinson

Menurut Pearce dan Robinson, strategi dalam perusahaan adalah rencana main dari suatu perusahaan, yang mencerminkan kesadaran perusahaan mengenai kapan, dimana dan bagaimana harus bersaing dalam menghadapi lawan (perusahaan lain) dengan tujuan tertentu yang telah di tetapkan.

3. Glueck dan Jauh (1989)

Strategi perusahaan menurut mereka adalah rencana yang disatukan, luas dan berintegrasi yang menghubungkan keunggulan strategis perusahaan dengan tantangan lingkungan. Kemudian dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama dari perusahaan bisa dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh organisasi/perusahaan.

4. Lynch

Strategi perusahaan adalah pola atau rencana yang mengintegrasikan tujuan utama atau kebijakan perusahaan dengan rangkaian tindakan dalam sebuah pernyataan yang bisa saling mengikat satu sama lain.

5. Craig dan Grant (1996)

Menurut mereka, strategi adalah penetapan sasaran dan tujuan jangka panjang atau targeting and long-term goals sebuah perusahaan dan arah tindakan serta alokasi sumber daya yang diperlukan dalam mencapai sasaran dan tujuan.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.