Secara umum definisi atau pengertian Direktur adalah seseorang yang memimpin suatu perusahaan, baik itu pemiliki perusahaan atau seseorang yang dipilih pemilik perusahaan untuk menjalankan atau memimpin perusahaan. Direktur juga bisa diartikan sebagai orang yang bertugas untuk memberikan bimbingan melalui pengarahan, nasihat, bantuan, penerangan dan lain sebagainya.
A. Macam Macan Direktur
1. Direktur utama
Secara singkat dijelaskan bahwa direktur utama merupakan orang yang bertanggung jawab sebagai koordinator, komunikator, pengambil keputusan, pemimpin, pengelola, sekaligus berperan sebagai eksekutor dalam sebuah perusahaan.
2. Direktur operasional
Direktur
operasional adalah direktur yang bertanggung jawab terhadap segala kegiatan
operasional yang ada didalam perusahaan seperti proses perencanaan hingga
pelaksanaan operasional.
3. Direktur keuangan
Direktur keuangan merupakan direktur yang memiliki tugas tidak jauh berbeda dengan direktur lainnya, hanya saja lingkup tugasnya seputar keuangan perusahaan.
4. Direktur pemasaran
Direktur
pemasaran merupakan direktur yang bertangguangjawab atas operasi pemasaran
secara keseluruhan pada perusahaan, seperti merencanakan, mengarahkan dan
mengawasi seluruh kegiatan pemasaran di perusahaan.
5. Direktur personalia
Direktur
personalia adalah direktur yang memiliki tangguang jawab yang cukup besar
dimana tugasnya adalah mengatur dan mengelola seluruh karyawan yang ada
diperusahaan. Salah satu tugasnya yaitu membantu karyawan untuk menyesuaikan
diri dengan perusahaan tersebut agar dapat bekerja dengan maksimal.
B. Tugas Tugas direktur
1. Tugas direktur secara umum
- Mengimplementasikan visi dan misi dari perusahaan yang dipimpin.
- Menyusun strategi bisnis untuk memajukan perusahaan.
- Melakukan evaluasi terhadap perusahaan yang dipimpin.
- Melakukan rapat pada semua jajaran yang ada dalam perusahaan tersebut.
- Menunjuk orang yang mampu memimpin.
- Mengawasi jalannya bisnis perusahaan.
2. Tugas direktur secara khusus
a). Direktur utama
- Memimpin dan bertanggungjawab dalam menjalankan perusahaan.
- Bertanggung jawab atas kerugian yang dialami perusahaan dan bertanggung jawab atas keuntungan yang diperoleh perusahaan.
- Menentukan dan memutuskan sebuah kebijakan dalam perusahaan.
- Merencanakan, mengembangkan serta mengelola berbagai sumber pendapatan dan pembelanjaan kekayaan milik perusahaan.
- Mengkoordinasikan dan melakukan pengawasan pada semua kegiatan yang ada di perusahaan.
- Mengangkat atau mempekerjakan seorang karyawan yang di rasa mampu yang tentunya melalui berbagai tes dan memberhentikan karyawan apabila tidak produktif lagi dalam melakukan pekerjaannya.
- Menjadi perwakilan perusahaan dalam hubungannya dengan dunia luar perusahaan.
b). Direktur operasional
- Membantu tugas-tugas direktur utama.
- Bertangguang jawab terhadap seluruh proses operasional mulai dari produksi proyek hingga kualitas hasil produksi.
- Bertanggung jawab terhadap pengembangan kualitas produk maupun karyawan yang terlibat.
- Menyusun strategi dalam pemenuhan target perusahaan serta cara pencapaiannya.
- Mengawasi dan menentukan semua kebutuhan dalam proses operasional perusahaan.
- Membuat laporan kegiatan untuk diberikan kepada direktur utama.
3. Direktur keuangan
- Bertanggung jawab terhadap kinerja keuangan perusahaan.
- Membuat laporan keuangan perusahaan.
- Mengawasi keuangan perusahaan.
- Menyusun strategi dan meningkatkan pertumbuhan keuangan perusahaan.
- Meminimalisir resiko keuangan yang dapat merugikan perusahaan.
- Jeli melihat peluang perusahaan.
4. Direktur pemasaran
- Melakukan identifikasi, pengembangan serta evaluasi terhadap strategi pemasaran yang sudah dijalankan berdasarkan dengan visi misi perusahaan dan kebutuhan pasar.
- Merumuskan, mengarahan serta melakukan koordinasi pada kebijakan terkait dengan pemasaran barang/jasa.
- Menjalin kerjasama yang intensif dengan manajer promosi untuk mendiskusikan materi promosi yang sesuai.
- Menyusun strategi harga yang sesuai dengan kebutuhan pasar dan tujuan promosi.
- Memantau daftar penawaran produk/jasa dari kompetitor.
5. Direktur personalia
- Menangani semua karyawan diperusahaan.
- Sebagai penghubung antara manajemen dan staf serta membantu dalam pengkomunikasian mereka.
- Memberi tahu semua karyawan apabila terjadi perubahan kebijakan.
- Merancang program atau acara yang akan meningkatkan moral karyawan guna untuk meningkatkan produktifitas mereka.
- Mengawasi semua pemutusan hubungan kerja karyawan.
- Menjawab semua pertanyaan karyawan terkait gaji.
C. Tipe direktur yang ideal
- Direktur yang ideal harus mampu berkomunikasi dengan baik.
- Memiliki sikap berani dan menginspirasi.
- Seorang direktur harus selalu menjadi diri sendiri.
- Harus selalu menghagai orang lain.
- Selalu bersikap tenang walaupun berada pada kondisi dibawa tekanan.
- Memiliki sikap renda hati.
- Jujur.
- Kreatif.
- Dapat memanajemen waktu dengan baik.
- Memiliki sikap tekun dan selalu bersemangat.
- Cerdas.
- Bertanggung jawab.
- Rela berkorban untuk kepentingan banyakorang ketimbang kepentingan pribadi.
- Mencintai dan dicintai kelompoknya.
D. Tipe direktur yang tidak baik
- Bersikap otoriter.
- Mencapur adukan antara urusan pribadi dan pekerjaan.
- Tidak bertanggung jawab.
- Suka memerintah.
- Jarang melakukan diskusi.
- Tidak memberikan kepercayaan penuh.
- Tidak memberikan pujian.
- Membiarkan atau berdiam diri apabila terjadi konflik yang terjadi antar karyawannya atau antar divisi pada perusahaannya.
- Kurang wawasan dan tidak open minded.
- Tidak memiliki visi sehingga tidak mampu menjalankan tim.
- Terlalu mengandalkan pengalaman masa lalu.
- Terlibat politik kantor.
- Menyalagunakan sumber daya.
- Tidak mampu melihat peluang.
- Tidak mempu berbuat adil.
Rekomendasi:
- 15 Pengertian Strategi : Strategi Pembelajaran dan… 15 Pengertian Strategi Menurut Para Ahlli, Strategi Pembelajaran dan Perusahaan – Dalam mencapai tujuan yang ingin Anda capai maka dibutuhkan sebuah cara dan rencana yang tepat dan sesuai dengan target…
- Tugas Administrasi Keuangan Administrasi keuangan merupakan cabang dari ilmu administrasi dan erat kaitannya dengan sistem keuangan. Tak heran jika tugas administrasi keuangan hampir sama dengan staff keuangan yaitu mengurus segala hal yang berkaitan…
- Kompetitif (Ekonomi) : Pengertian, Syarat, dan Bentuknya Teori harga pasar menyebutkan bahwa harga suatu barang ditentukan oleh permintaan dan penawaran pasar terkait barang yang bersangkutan. Yang harus dipahami adalah hal tersebut hanya berlaku untuk pasar kompetitif atau…
- Pengertian Anggaran Adalah : Arti, Tujuan, Jenis, Kelebihan… Jagad.id - Anggran merupakan suatu rencana keuangan yang disusun secara sistematis dalam satuan kegiatan dan satuan uang atas dasar untuk melihat tindakan apa yang harus dilakukan untuk mencapai dan mewujudkan…
- Pengertian Rugi : Arti, Rumus dan Contoh Kasus Jagad.id - Kerugian tentunya tidak ingin dirasakan oleh semua manusia. Kerugian tidak hanya terbatas tentang uang tetapi juga barang, waktu, dan tenaga. Pengertian Rugi merupakan suatu kondisi dimana seseorang tidak…
- Pengertian Arsip Adalah : Arti, Fungsi, Jenis, Sifat dan… Secara umum definisi atau pengertian Arsip adalah sebuah catatan rekaman kegiatan ataupun sumber informasi dengan berbagai macam jenis bentuk yang dibuat oleh perseorangan, kelompok maupun lembaga. Arsip juga diartikan sebagai…
- Pengertian K3 : Tujuan, Fungsi dan Peran Jagad.id - Di dalam bekerja, tentu kita memiliki resiko, baik resiko kecil maupun besar. Karena pada dasarnya, setiap manusia yang menjalankan aktivitasnya selalu diiringi dengan resiko tanpa kita sadari. Begitu…
- Pengertian Perusahaan : Arti, Unsur, Jenis, Fungsi dan… Secara umum definisi atau pengertian Perusahaan adalah suatu lembaga dalam bentuk organisasi yang beroperasi dengan tujuan untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat sehingga bisa memperoleh keuntungan. Perusahaan juga dapat…
- Pengertian Kontribusi : Arti, Strategi Dan Jenis Secara teoritis, masyarakat awam mengartikan kontribusi sebagai suatu sumbangsi atau keikutsertaan seseorang dalam suatu kegiatan tertentu. Kontribusi juga diartikan sebagai adanya campur tangan masyarakat baik dalam bentuk uang, tenaga, fikiran…
- Pengertian Transaksi : Bukti dan Bisnis Sebagai manusia kita tidak hanya serta merta hidup dalam sebuah lingkungan dengan berbagai individu lain. Sebagai manusia, kita mempunyai kebutuhan-kebutuhan pokok juga kebutuhan sekunder untuk dipenuhi demi kelangsungan hidup kita.…
- Tugas Staff Admin Dalam dunia administrasi ada banyak sekali jenisnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing perusahaan atau instansi. Misalnya, admin sosial media, produksi, penjualan, gudang, dan masih banyak lagi. Masing-masing mempunyai tugas yang relatif…
- Pengertian Konsultan : Cara Kerja, Tipe dan Manfaat Konsultan diambil dari bahasa Latin yakni Consultare to deliberate yakni seorang profesional yang bertugas memberikan saran ahli pada bidang tertentu seperti hukum, bisnis, pendidikan, sumber daya manusia, keuangan, pemasaran, teknik,…
- Cara Membangun Branding : Arti dan Contohnya Jagad.id - Cara Membangun Branding, Branding ialah proses yang penting dilaksanakan oleh tiap perusahaan supaya produk atau jasanya menempel di pikiran customer, ditambah saat harus berkompetisi di pasar. Karena, dalam…
- Pengertian Administrasi Adalah : Unsur, Tujuan, Jenis, Ciri… Tentu saja kita sudah sangat sering mendengar kata administrasi dalam kehidupan ini. Sebagaimana yang kita ketahui hal ini seringkali berkaitan dengan kegiatan surat-menyurat, catat-mencatat, dan lain sebagainya. Oleh karena itu,…
- Pengertian Kredibilitas : Perusahaan, Komunikator dan Hal… Kredibilitas merupakan kinerja seseorang yang dapat dipercaya serta dipertanggungjawabkan. Kredibilitas merupakan persepsi seseorang pada sifat orang lain yang dapat dipercaya. Kata kredibilitas umumnya dipakai untuk kesaksian seseorang pada sebuah perusahaan…
- Pengertian Operasional : Arti, Ruang Lingkup, Fungsi, Peran… Secara umum definisi atau pengertian operasional adalah suatu pedoman dalam melakukan suatu kegiatan. Kata operasional juga sering dikaitkan dengan kata menajemen yaitu manajemen operasional dimana manajemen operasional ini merupakan suatu…
- Definisi Kompensasi : Tujuan, SDM, dan Contoh 10 Pengertian Kompensasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Contoh dan SDM - Pengertian kompensasi adalah seluruh imbalan yang di terima oleh pekerja atas jasa ataupu hasil kerjanya kepada sebuah organisasi ataupun…
- Pengertian Humas Adalah : Peran, Tujuan dan Tugas Mungkin banyak diantara kita yang sudah tidak asing lagi saat mendengar kata “Humas”. Tapi sudahkah kita tahu, apa humas itu sebenarnya? Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba menjelaskan kepada…
- Pengertian Laba Adalah : Arti, Unsur dan Faktor Umumnya untuk mengukur berhasil atau tidaknya sebuah perusahaan dalam melakukan bisnis, itu dilihat dari pendapatan labanya. Tak dipungkiri lagi, pendapatan laba sangat berpengaruh terhadap jalannya aktivitas perusahaan. Hal itu dikarenakan…
- Pengertian Instansi Adalah : Arti, Macam Jenis dan Contohnya Kata ini tentunya sudah sangat tidak asing bagi Anda. Instansi merujuk pada badan atau lembaga pemerintahan. Penggunaan kata ini sering diikuti dengan kata pemerintah sebagai penjelas kepemilikan dan menekankan bahwa…
- Pengertian Etika Bisnis Adalah : Prinsip, Tujuan dan Contoh Dalam kehidupan sehari-hari tentu kita akan melakukan berbagai aktifitas, dan pastinya disetiap aktifitas kita pasti memiliki aturan-aturan atau norma yang tertulis maupun yang tidak tertulis. Berbicara tentang bisnis tentu pasti…
- Pengertian Inventaris Adalah : Arti, Tujuan dan Contoh Ketika mendengar kata inventaris apa yang ada di pikiran Anda? Sebuah catatan tentang sarana dan prasarana. Atau seperti daftar stok barang atau rekap barang yang sudah terjual. Lebih lengkapnya simak…
- Pengertian Dokumentasi Adalah : Jenis-jenis, Tujuan, Tugas… Dokumentasi merupakan sebuah cara yang dipergunakan dalam menyediakan dokumen akan bukti yang akurat dari pencatatan sumber informasi khusus dari suatu karangan atau bentuk lain seperti wasiat, undang-undang buku dan lain…
- Pengertian Inventarisasi Adalah : Arti, Tujuan dan Contoh Jagad.id - Pengertian Inventarisasi - Administrasi yang baik merupakan salah satu komponen yang harus ada dalam suatu instansi atau perusahaan. Dengan adanya hal tersebut data yang diinginkan oleh pimpinan akan…
- Drama : Pengertian, Tujuan dan Macam Macam Drama berasal dari bahasa Yunani, yaitu dromai yang artinya adalah berbuat, beraksi, bertindak, dan sebagainya. Secara harfiah, drama adalah salah satu jenis karya sastra yang ditulis berbentuk dialog dan dipentaskan…
- Pengertian Dana Adalah : Arti, Jenis, Konsep, Sumber dan… A. Pengertian Dana Apa itu Dana ? Secara umum definisi atau pengertian Dana adalah himpunan dari uang dengan jumlah tertentu dalam tunai maupun nontunai. Dalam dunia bisnis kata dana juga…
- Pengertian Bebas Finansial : Cara dan Contoh Setiap orang tentu menginginkan agar hidupnya bebas dari masalah keuangan. Tanpa harus belerja keras membanting tulang, uang mengalir dengan sendirinya tanpa henti. Berbagai macam jenis kebutuhan pun terpenuhi tanpa harus…
- Pengertian Pedoman : Arti, Tujuan, Fungsi, Manfaat Dan… Jagad.id - Pengertian Pedoman merupakan suatu kumpulan dari ketentuan dasar yang dapat memberikan arah bagaimana sesuatu harus dilakukan dan bisa juga diartikan sebagai hal pokok atau yang bersifat dasar yang…
- Pengertian ISP Adalah : Fungsi, Macam Jenis, dan Contoh Jagad.id - Pengertian ISP - Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terjadi di Indonesia membawa perubahan dalam beberapa aspek. Salah satunya kemunculan bisnis atau usaha yang menjadikan internet sebagai kebutuhan…
- Manajemen Sumber Daya Manusia : Pengertian, Fungsi, Tujuan… Jagad.id - Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM),- Setiap perusahaan membutuhkan sistem manajemen baik keuangan, sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Sistem manajemen yang dijalankan dengan baik akan memperlancar proses…