Contoh Visi dan Misi Dirjen Pajak Indonesia
Contoh Visi dan Misi Dirjen Pajak Indonesia

Bagi Anda yang sudah duduk di bangku kuliahan, atau telah terjun ke dalam dunia kerja, mungkin sudah tidak asing lagi mendengar kata visi dan misi. Kata visi dan misi ini biasanya mudah kita temui di halaman depan sekolah, di ruang tunggu kantor, perusahaan, dan lain lain. Tapi tahukah Anda apa sebenarnya arti dari visi dan misi tersebut?

Pada kesempatan kali ini, seperti judul yang sudah Anda lihat, kita akan membahas seputar visi dan misi, mulai dari pengertian, perbedaannya, serta contoh dari visi dan misi itu sendiri. Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

A. Pengertian Visi

Pertama tama, mari kita merujuk pada definisi yang dikeluarkan oleh pusat Jakarta di dalam kamus besar bahasa Indonesia. Visi adalah kemampuan untuk melihat pada inti persoalan, atau pandangan atau wawasan ke depan. Dalam artian yang lebih khusus, visi adalah suatu tujuan, cita-cita, atau impian yang menjadi sebuah target sasaran di masa mendatang, dan biasanya menjadi sebuah hal wajib yang dimiliki oleh sebuah instansi, lembaga, organisasi dan beragam perkumpulan baik yang bersifat komersil maupun non-komersil.

Visi tidak bisa dikatakan sempurna apabila didalamnya tidak terkandung sifat sifat pokoknya. Berikut di bawah ini adalah sifat sifat yang wajib terkandung di dalam sebuah visi.

  1. Memiliki pandangan jauh ke depan
  2. Dirancang bukan untuk kondisi saat ini, melainkan lebih dipersiapkan untuk yang akan datang
  3. Berasaskan pada prinsip nilai-nilai yang menjunjung tinggi kehidupan masyarakat

Adapun hakikat atau makna yang terkandung di dalam visi antara lain yaitu:

  1. Suatu tujuan, harapan dan cita-cita yang biasanya dituang ke dalam bentuk tulisan. Tujuan tersebut bisa berasal dari individual maupun organisasi.
  2. Tujuan utama dari sebuah organisasi yang dicetuskan saat pertama kali organisasi tersebut didirikan.
  3. Suatu tulisan singkat yang merangkum tujuan dari berdirinya sebuah lembaga, instansi, organisasi, atau perkumpulan yang terstruktur dengan baik.

B. Pengertian Misi

Jika kita merujuk pada definisi KBBI, misi adalah perutusan yang dikirimkan oleh suatu negara ke negara lain untuk melakukan tugas khusus dalam bidang diplomatic, baik itu dalam hal politik, perdagangan, kesenian, dan sebagainya. Adapun pengertian yang lebih fleksibel dan fungsional, misi adalah tahapan atau lagkah kerja yang harus dilalui, agar visi dapat tercapai dan berhasil diraih. Dalam praktek, misi tidak hanya dibatasi untuk organisasi. Pengertian misi juga bisa diaplikasikan pada individu atau personal.

Beberapa makna yang terkandung di dalam misi antara lain, sebagai berikut:

  1. Misi merupakan rincian dari visi dalam bentuk langkah kerja atau tahapan.
  2. Misi adalah upaya dari sebuah organisasi, atau individu dalam rangka mewujudkan visi
  3. Misi adalah susunan atau sekumpulan tahapan yang harus dipenuhi agar tercapainya visi

C. Perbedan Antara Visi dan Misi

Diatas baru saja kita menjelaskan mengenai pengertian visi dan misi secara terpisah, sekaligus makna yang terkandung pada keduanya. Meskipun visi dan misi memiliki keterkaitan yang sangat erat, namun terdapat beberapa perbedaan secara kaifiat antara keduanya. Berikut di bawah ini adalah beberapa perbedaan antara visi dan misi.

  1. Visi merupakan tujuan, harapan, impian atau pun cita cita, sedangkan misi adalah serangkaian langkah atau tahap yang harus dilaksanakan agar misi tersebut dapat terwujud.
  2. Apabila visi berorientasi untuk masa depan dan bersifat jangka panjang, sebaliknya, misi justru bersifat jangka pendek dan berlaku untuk saat ini.
  3. Meski tidak sepenuhnya, namun umumnya visi lebih bersifat permanen sebab berkaitan erat dengan konsistensi dari sebuah organisasi atau perusahaan. Sedangkan misi jauh lebih bersifat fleksibel dan dapat berubah ubah sesuai kondisi, namun tetap berpegang teguh pada prinsip dengan tujuan akhir visi tercapai.
  4. Secara kontekstual, uraian visi jauh lebih ringkas dan pendek dibandingkan dengan uraian misi. Karena pada dasarnya, misi merupakan penjabaran langsung dari visi itu sendiri.
  5. Visi berisikan deretan penyataan secara umum terkait dengan tujuan, sedangkan misi berisikan konteks yang jauh lebih spesifik dan terperinci.

D. Contoh Visi dan Misi

Berikut di bawah ini adalah beberapa contoh visi dan misi dari beberapa lembaga, instansi atau perusahaan:

1). Dinas Pendidikan Provinsi Jakarta

Visi
  • Mewujudkan Pendidikan yang Tuntas dan Berkualitas Untuk Semua
Misi
  • Mewujudkan akses yang merata dan berkeadilan
  • Mewujudkan pembelajaran yang bermutu
  • Mewujudkan efektivitas birokrasi dalam pelayanan pendidikan
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pendidikan
  • Meningkatkan Peran ekosistem pendidikan
  • Mewujudkan tata kelola, akuntabilitas, dan transparansi pendidikan

2). Departemen Agama

Visi
  • Terwujudnya masyarakat Indonesia yang TAAT BERAGAMA, RUKUN, CERDAS, MANDIRI DAN SEJAHTERA LAHIR BATIN.
Misi
  • Meningkatkan kualitas kehidupan beragama.
  • Meningkatkan kualitas kerukunan umat beragama.
  • Meningkatkan kualitas raudhatul athfal, madrasah, perguruan tinggi agama, pendidikan agama, dan pendidikan keagamaan.
  • Meningkatkan kualitas penyelenggaraan ibadah haji.
  • Mewujudkan tata kelola kepemerintahan yang bersih dan berwibawa.

3). Unilever Indonesia

Visi
  • Untuk meraih rasa cinta dan penghargaan dari Indonesia dengan menyentuh kehidupan setiap orang Indonesia setiap harinya.
Misi
  • Kami bekerja untuk menciptakan masa depan yang lebih baik setiap hari.
  • Kami membantu konsumen merasa nyaman, berpenampilan baik dan lebih menikmati hidup melalui brand dan layanan yang baik bagi mereka dan orang lain.
  • Kami menginspirasi masyarakat untuk melakukan langkah kecil setiap harinya yang bila digabungkan bisa mewujudkan perubahan besar bagi dunia.
  • Kami senantiasa mengembangkan cara baru dalam berbisnis yang memungkinkan kami tumbuh dua kali lipat sambal mengurangi dampak terhadap lingkungan, dan meningkatkan dampak sosial.

Beberapa contoh dari visi dan misi diatas sekaligus menutup pembahasan artikel kita kali ini. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita semua. Terima kasih.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.