Apa itu SpaceX? Perusahaan Luar Angkasa Milik Elon Mask

Jagad.id – Apa itu SpaceX? Siapa pun yang tertarik dengan dunia teknologi mungkin telah menemukan perusahaan SpaceX, yang didirikan oleh Elon Musk. Inilah semua yang perlu Anda ketahui. Dengan eksplorasi ruang angkasa menjadi yang terdepan dalam beberapa tahun terakhir, kami melihat lebih banyak perusahaan melakukan upaya untuk mencapai langit.

Salah satu perusahaan yang paling terkenal dengan tujuan ini adalah SpaceX, yang didirikan oleh Elon Musk, yang mungkin Anda kenal dari perusahaan lain yang ia dirikan, Tesla.

Namun, SpaceX tidak hanya melihat eksplorasi ruang angkasa, dan Anda mungkin tidak tahu bahwa ia telah meluncurkan beberapa roket. Teruslah membaca untuk mengetahui semua yang perlu Anda ketahui tentang SpaceX.

Apa Itu SpaceX?

Seperti yang telah kami sebutkan, SpaceX didirikan oleh Elon Musk karena ia ingin membuat penerbangan luar angkasa menjadi kenyataan yang lebih terjangkau. Ini digolongkan sebagai perusahaan kedirgantaraan swasta dan didirikan secara resmi pada tahun 2002.

Awalnya, Musk ingin menempatkan rumah kaca yang berisi benih dan gel nutrisi di Mars, dengan tujuan untuk membangun kehidupan di sana dan mempelajari reaksi tanaman. Namun, selama proses negosiasi dengan perusahaan roket Rusia, menjadi jelas bahwa akan lebih murah bagi Musk untuk membentuk perusahaan yang dapat membangun roket itu sendiri.

Misi pertama SpaceX datang dengan roket Falcon 1, yang dirancang untuk mengirim satelit kecil ke orbit. Falcon 1 lebih terjangkau dibandingkan dengan pesaingnya karena bahan dan fakta bahwa itu dikembangkan untuk digunakan lebih dari sekali.

Falcon 1 pertama kali diluncurkan pada tahun 2006, dimulai dengan sukses tetapi mengalami kebocoran bahan bakar dan kebakaran, yang berarti ia harus mendarat lebih awal. Sudah ada gambaran kan Apa itu SpaceX? Baca seterusnya yah!

Apa Misi SpaceX?

Pernyataan misi untuk SpaceX mengklaim bahwa mereka ingin merevolusi teknologi luar angkasa, dengan tujuan keseluruhan untuk memungkinkan orang hidup dengan aman di planet lain.

Sepertinya tujuan utama Musk juga adalah untuk meluncurkan misi berawak ke Mars, seperti yang disinggung dengan rencana awalnya untuk mengirim benih ke sana. Kolonisasi Mars telah berada di garis depan pikirannya sejak perusahaan itu didirikan dua dekade lalu, dengan klaim bahwa ia ingin umat manusia menjadi spesies multi-planet.

Bagaimana SpaceX didanai?

SpaceX adalah perusahaan swasta, meskipun dapat menerima pendanaan dari berbagai sumber. Falcon 1 diluncurkan dengan modal swasta, meskipun ketika Falcon 9 diluncurkan pada 2010, sebagian didanai oleh pemerintah AS.

Perusahaan akan menerima kontrak pribadi untuk layanan penerbangan luar angkasa, dengan SpaceX mengumumkan pada bulan September 2015 bahwa mereka telah menandatangani kontrak untuk meluncurkan satelit komunikasi untuk HISPASAT dan satelit komunikasi Arabsat 6A Arab Saudi menggunakan roket Falcon-nya.

Pada bulan Mei tahun ini, penilaian pribadi perusahaan mencapai sekitar $ 127 miliar, karena usaha luar angkasa baru mencari untuk mendatangkan $ 1.725 miliar modal baru.

Apa yang telah dicapai SpaceX?

SpaceX telah mencapai banyak hal pada masanya dan bisa dibilang telah mengubah wajah eksplorasi ruang angkasa. Pada tahun 2006, perusahaan memenangkan kontrak untuk merancang dan mendemonstrasikan sistem pasokan untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional setelah NASA mengumumkan penutupan program Pesawat Ulang-aliknya.

Roket berbahan bakar cair Falcon 1 yang disebutkan di atas telah dikirim ke Earths Orbit pada tahun 2009. Dan dua tahun kemudian, SpaceX menggunakan Falcon untuk menjadi perusahaan pertama yang berhasil meluncurkan, mengorbit dan memulihkan pesawat ruang angkasa yang dapat digunakan kembali sebagian, yang disebut Dragon.

Kemudian pada tahun 2012, SpaceX menggunakan kapsul Dragon untuk berlabuh dengan Stasiun Luar Angkasa Internasional pada misi pasokan pertamanya, yang belum pernah dilakukan oleh perusahaan komersial sebelumnya.

Bergerak maju ke Februari 2015, SpaceX meluncurkan Deep Space Climate Observatory (disingkat DSCOVR), satelit cuaca luar angkasa yang menandai operasi pertama perusahaan di luar orbit Bumi.

Roket Falcon 9 juga mendarat setelah dua kegagalan pada tahun 2015. Ia mampu terbang lebih jauh ke luar angkasa dan itu adalah misi ruang angkasa praktis yang sebenarnya daripada penerbangan uji sederhana, mengirimkan 9 satelit ke orbit Bumi sebelum masuk kembali.

Pada tahun 2017, Falcon 9 mencapai penerbangan kedua pertama di dunia setelah pengiriman kargo ke luar angkasa, menjadikannya penggunaan kembali pertama dari roket orbital. Ini berarti booster kelas orbital dapat diterbangkan dan diterbangkan kembali, yang lebih hemat biaya karena itu adalah bagian roket yang paling mahal.

Sejak penerbangan itu, booster tahap pertama Falcon 9 kini telah mendarat dan memulihkan 45 dari 53 upaya.

Dan pada 2019, SpaceX mengembangkan versi baru pesawat ruang angkasa Dragon, yang sekarang dikenal sebagai Crew Dragon, yang akan digunakan untuk mengangkut astronot NASA ke ISS dan kemudian mengembalikannya ke Bumi.

Dan pada bulan April 2021, kapal milik SpaceX sendiri, Starship, dipilih oleh NASA untuk membantu mendaratkan manusia di Bulan. NASA memberi perusahaan kontrak $ 2,9 miliar, dengan gagasan bahwa Starship akan sepenuhnya dapat digunakan kembali, mengurangi biaya penerbangan berikutnya.

Sepertinya tujuan utama perusahaan adalah untuk mendaratkan manusia di Mars, meskipun belum ada tanggal pasti kapan misi ini akan dimulai. Namun, insinyur pengembangan Mars utama perusahaan, Paul Wooster, mengklaim bahwa perusahaan berada di jalur untuk mencapai Mars dalam tahun 2020-an.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang apa itu SpaceX, perusahaan untuk mengeksplorasi luar angkasa miliki Elon Mask. Semoga dari ulasan diatas dapat memberikan informasi yang anda butuhkan dan bermanfaat buat anda yah! Terima kasih!

error: This content is protected by DMCA