Kelebihan Kekurangan Introvert - Arti Introvert Adalah

Dalam kehidupan ini manusia memang diciptakan dengan memiliki kemampuan cara berpikir yang unik, keunikan ini sendiri yang menjadikan manusia terlihat berbeda-beda. Dari perbedaan ini maka manusia akan dapat menilai perilaku sifat yang dimiliki orang lain atau dirinya sendiri. Baik atau buruk seseorang sebenarnya itu sangat relatif, karena sudut pandang pada satu orang berbeda dengan orang yang lainnya. Seperti halnya yang akan saya bahas kali ini, yaitu INTROVERT .

Introvert adalah suatu istilah yang digunakan bagi seseorang yang memiliki sifat yang cenderung penyendiri dan penganalisa. Tidak semua orang yang menyendiri dapat disebut sebagai introvert. Banyak orang yang menentukan seseorang introvert hanya karena dia sedang sendiri. Masyarakat sekarang ini lebih memilih menghabiskan waktu dengan menyendiri, karena perkembangan jaman dan akses komunikasi yang mudah membuat banyak orang cenderung berkomunikasi secara tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi melalui perantara telpon internet dll.  Introvert bukanlah orang yang pemalu untuk berkomunikasi dengan banyak orang atau hal lainnya, tetapi mereka lebih memilih untuk fokus menganalisa suatu hal yang dipandangnya penting. Mungkin masih banyak yang penasaran dengan sifat yang satu ini, saya akan memberikan penjelasan kelebihan dan kekurangan yang ada pada sifat Introvert

Kelebihan Introvert :

– Lebih mengedepankan Tindakan nyata daripada sekedar omongan belaka 

Bagi seorang Introvert mereka akan lebih memilih melakukan tindakan yang nyata dari pada hanya sekedar ucapan. Terkadang dapat dijumpai juga seorang introvert yang langsung blakblakan tentang seseuatu jika dia rasa itu adalah saat yang tepat untuk mengungkapkan kebenaran.

– Memiliki Empati dan kepekaan terhadap orang lain walaupun tidak diperlihatkan

Walaupun Introvert terlihat tidak mau melibatkan dirinya dalam suatu masalah tetapi sebenarnya dia mencari solusi yang dapat digunakan, akan tetapi kebiasaanya untuk menganalisa pemikiranya benar atau salah membuat dia seakan terlihat diam dan tidak peduli di mata orang lain.

– Memiliki Fokus pada Visi dan Misi yang sangat kuat

Kebiasaan si introvert yang tidak mau ikut campur dengan urusan yang tidak melibatkan dirinya membuat introvert cenderung fokus pada tujuannya yang menurutnya lebih penting daripada ikut campur dalam hal yang bukan urusannya.

– Pendengar yang baik dan penasehat yang bijaksana

Saat anda bercerita dengan dia walaupun terlihat cuek dan tidak peduli, Introvert sebenarnya mendengarkan den menganalisa semua itu baik untuk memberikan feedback bagi anda ataupun pembelajaran untuk dirinya sendiri nantinya. Anda mungkin akan diberikan saran yang sangat kritis serta tajam tapi tetap rasional dan bijaksana dalam penyampaiannya.

– Mampu menjaga rahasia

Introvert mampu menjaga rahasia dengan sangat baik, karena mereka cenderung untuk tidak terlalu percaya pada orang lain. Buktinya dia selalu mengandalkan kemampuan diri sendiri dari pada percaya dengan kerja kelompok. Kebiasaan introvert juga akan memikirkan 3 kali hal yang ada dalam pikiranya sebelum dia ucapkan.

– Terhindar Dari Pergaulan Negatif 

Introvert cenderung untuk tidak terlibat dalam suatu kelompok akan tetapi jikapun mereka terlibat dipastikan dirinya tidak akan terlalu nampak dalam kelompok tersebut. Lebih memilih sendiri dan menganalisa apakah suatu tindakan dalam kelompok yang dilihatnya tersebut benar atau tidak, dan introvert akan menjadikanya sebagai bekal untuk dirinya sendiri ataupun saran yang baik kepada orang lain.

Introvert Anti Sosial

Seperti halnya kehidupan ada hitam ada putih ada panas ada dingin, ada hidup ada mati. nah maka selain kelebihan tentunya kekurangan juga terdapat dalam Introvert.

Kekurangan Introvert :

-Terlihat Cukek, Dingin, dan Tidak Peduli 

Bagi sebagian orang mungkin akan membenci dengan sekilas mata seorang yang memiliki sifat Introvert. Saya beri contoh : Jika ada seorang yang mengalami kecelakaan di jalan dan orang tersebut sudah ditolong banyak orang. Maka si Introvert akan berlalu pergi mengingat sudah sangat banyak orang yang menolongnya, dan jika dia ikut melibatkan diri hanya akan menambah masa serta membuat sesak yang membuat proses evakuasi jadi terhalang dan berjalan lambat.

– Tidak Memiliki Banyak Teman

Introvert akan terlihat tidak memiliki banyak teman, tetapi dalam hidupnya dia memiliki sahabat yang sangat setia daripada 1000 teman yang akan pergi saat temanya dalam keadaan susah.

– Kuper dengan Istilah Baru yang digunakan dilingkungannya 

Introvert tidak begitu peduli dengan hal-hal sepele yang hanya membuat waktunya habis untuk hal yang tidak penting. Saat masyarakat heboh dengan suatu hal yang kecil introvert hanya akan sekilas cukup tau informasi yang ada tampa mendalami hal tersebut.

Di atas merupakan sebuah kelebihan dan kekurangan introvert, jika anda membandingkan seseorang dengan tulisan diatas bisa jadi memiliki perbedaan yang sangat jauh. Perlu diketahui Introvert bisa dilatar belakangi oleh banyak hal, dan yang melatarbelakangi tersebut akan sangat berpengaruh dengan sifat yang dimiliki oleh seseorang introvert.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.