Pengertian Optimis Manfaat dan Cara Menjadi Pribadi yang Optimis



Optimis merupakan alah satu sifat yang dianggap baik oleh banyak orang atau bahkan semua orang. Dengan rasa optimis, maka seseorang akan menjadi lebih semangat untuk menjalankan hidupnya. Ternyata optimis tidak selalu baik, karena ada akibat yang bisa saja terjadi pada seseorang jika dirinya terlalu optimis. Disini Anda akan mengetahui apa yang dimaksud degan optimis, apa saja manfaatnya, akibat dari terlalu optimis dan juga bagaimana caranya agar menjadi seseorang yang optimis.

A. Pengertian Optimis

Sifat optimis memang sangat baik untuk dimiliki setiap orang dalam menjalani kehidupannya dan juga untuk menghadapi berbagai hal. Optimis merupakan sifat yang memiliki banyak dampak positif dan kebalikan dari optimis adalah pesimis. Orang yang memiliki sifat pesimis tentunya memiliki banyak pandangan negatif pada saat menghadapi persoalan atau bisa juga dikatakan kalah sebelum berperang.

Setelah kita mengetahui sedikit gambaran mengenai sifat optimis, maka kita akan mengetahui apa yang dimaksud dengan optimis. Menurut kamus besar bahasa Indonesia atau KBBI, sifat optimis merupakan suatu sifat seseorang yang selalu berpandangan positif (baik) dalam menghadapi segala hal atau persoalan.

B. Manfaat Optimis

Ada banyak sekali manfaat yang dapat kita rasakan jika memiliki sifat yang optimis. Bahkan dengan memiliki sifat optimis, kehidupan kita kedepannya juga akan menjadi lebih baik. Mari kita lihat apa saja manfaat dari sifat optimis.

1. Mengatasi Stress

Setiap orang pasti memiliki masalah dalam hidupnya, jika masalah tersebut sudah terlalu besar dan dirasa sulit untuk diatasi maka terkadang akan membuat orang yang menghadapinya akan menglami stress. Stress ada yang ringan dan ada juga yang berat, tergantung dari besarnya masalah dan bagaimana orang tersebut dapat mengatasi stressnya. Salah satu manfaat dari sifat optimis yaitu dapat membantu mengatasi stress yang dialami.

2. Membuat Anda Lebih Maju

Dengan memiliki sifat optimis, maka orang tersebut akan sulit lari dari maalah yang menerpanya. Sebaliknya, ia akan percaya diri untuk menghadapi permasalahan tersebut. Orang dengan sifat optimis akan selalu membuat masalah yang ada menjadi suatu pelajaran sehinga di kemudian hari ia akan berhati-hati dalam mengambil suatu langkah sehingga akan membuat dirinya menjadi lebih maju.

3. Jadi Lebih Sehat

Hingga saat ini belum banyak yang menyadari bahwa pikiran memang sangat mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Pernahkah Anda mendengar istilah β€œhati yang sehat adalah obat”? Istilah tersebut memang benar adanya karena pikiran yang sehat juga akan membuat tubuh menjadi lebih sehat, dan sebaliknya.

4. Bantu Melalui Masa Sulit

Manfaat yang selanjutnya yaitu dapat membantu Anda dalam melalui masa-masa sulit di dalam hidup. Hal ini terjadi karena seseorang dengan pemikiran yang optimis akan beranggapan bahwa masalah yang ada hanya sementara.

5. Membantu Anda Mengambil Keputusan yang Tepat

Seseorang yang optimis cenderung memiliki pemikiran yang lebih bijak sehingga lebih mudah dalam mengambil keputusan yang tepat. Meskipun dalam situasi yang mendesak, dia akan tetap tenang dan tidak stress.

6. Lebih Panjang Umur

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pikiran akan sangat mempengaruhi kesehatan kita. Jika tubuh kita sehat maka akan terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya, sehingga umur pun akan lebih panjang.

7. Hidup Akan Lebih Bahagia

Orang optimis pastinya akan memiliki rasa percaya diri yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang pesimis. Jika rasa percaya diri muncul, pastinya kita akan jauh lebih merasa bahagia karena kita dipenuhi dengan pikiran-pikiran yang lebih positif.

C. Cara Menjadi Pribadi yang Optimis

Tentunya sifat otpimis tidak timbul dengan sendirinya. Banyak orang yang ingin menjadi optimis tetapi tidak mengetahui bagaimana caranya. Nah, untuk Anda yang ingin menjadi pribadi yang optimis, yuk ikuti beberapa cara berikut ini.

1. Ubahlah Sudut Pandang

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah merubah sudut pandang. Secara tidak sadar, sudut pandang kita akan sangat mempengaruhi tingkah laku sehari-harinya. Cara untuk merubah sudut pandang bisa dengan cara yang sederhana terlebih dahulu seperti tidak mengeluh dengan berbagai pekerjaan yang ada. Karena seharusnya Anda merasa bersyukur karena masih memiliki pekerjaan.

2. Selalu Merasa Bersyukur

Cara yang kedua ini memang sangat penting untuk dilakukan. Kita harus senantiasa bersyukur dengan nikmat yang telah diberikan Tuhan.

3. Jangan Takut Bermimpi

Orang sukses adalah orang yang optimis dengan impian-impian di dalam hidupnya. Mereka akan fokus untuk mendapatkan impian tersebut tanpa takut gagal.

4. Lakukan Aktivitas yang Menyenangkan dan Sehat

Lakukanlah aktivitas yang menyenangkan dan juga sehat untuk mental dan juga tubuhmu. Ini dilakukan agar pikiran bisa berpikir dengan jernih dan fisik dapat melakukan berbagai kegiatan yang positif.

Hidup kita hanya sekali jadi sebaiknya milikilah sifat optimis agar kehidupan kita menjadi lebih baik, lebih sehat dan lebih bahagia.






Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.